Lowongan Pelaut

3 min read

Lowongan Pelaut

Pekerjaan merupakan salah satu kebutuhan yang harus dilakukan oleh setiap orang demi keberlangsungan hidupnya. Di dunia, terdapat berbagai macam jenis pekerjaan. Untuk mendapatkan pekerjaan, setiap orang berusaha mencari lowongan kerja sesuai dengan kemampuannya. Berbagai jenis lowongan kerja seperti lowongan teknisi, lowongan tenaga administrasi, lowongan guru, hingga lowongan pelaut.

Lowongan kerja pelaut merupakan salah satu jenis pekerjaan yang banyak dicari. Hal tersebut dikarenakan besarnya gaji yang dihasilkan dari pekerjaan sebagai pelaut. Selain itu, banyaknya sekolah-sekolah khusus kelautan membuat lulusan ahli kelautan banyak mengincar pekerjaan sebagai pelaut.

Jenis Pekerjaan Pelaut

Pekerjaan pelaut terdiri dari beberapa jenis. Sebagian besar pekerjaan sebagai pelaut digaji menggunakan uang dollar. Oleh karena itu, banyak orang ingin bekerja sebagai pelaut. Berikut adalah beberapa jenis pekerjaan pelaut.

Deck Departemen

Pelaut yang bekerja di bagian deck departemen terdiri dari beberapa bagian, yakni.

  1. Captain bertugas dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kapal secara keseluruhan. Selain itu, seorang kapten juga memiliki tanggung jawab terhadap kru kapalnya. Gaji yang diperoleh seorang captain adalah $4000.
  2. Chief officer. Chief officer memiliki tugas untuk mengendalikan dan memastikan semua muatan yang terdapat didalam kapal akan aman dan mengawasi pelaksanaan bongkar muat kapal. Selain itu, seorang chief officer bertugas sebagai supervisi perawatan kapal. Gaji yang diperoleh seorang chief officer berkisar antara $3200 -$3800.
  3. Second officer. Second officer bertugas sebagai penanggung jawab terhadap alat-alat navigasi kapal dan menyiapkan garis haluan kapal. Selain itu, tugas second officer adalah untuk menjaga buku-buku publikasi nautika tetap pada tempatnya. Gaji yang dapat diperoleh oleh petugas second officer adalah $2500 – $2800.
  4. Third officer. Third officer adalah petugas kapal yang bertanggung jawab terhadap alat keselamatan yang berada di kapal. Selain itu, tugas third officer adalah untuk menyiapkan dokumen kapa yang diperlukan oleh kapten kapal. Gaji yang diperoleh petugas third officer adalah $1800 – $2300.
  5. Pump man. Pump man adalah petugas kapal yang bertugas untuk mengawasi pompa-pompa muatan diatas kapal. Gaji yang didapat petugas pump man adalah $1000 – $1500
  6. Kepala kerja. Kepala kerja adalah petugas yang bertanggun jawab terhadap perawatan kapal melalui order dari chief officer. Gaji seorang pegawai kepala kerja adalah $1000-$1500.
  7. Juru mudi. Juru mudi adalah petugas kapal yang bertugas untuk mengemudikan kapal. Gaji seorang juru mudi kapal adalah $800 – $900.
  8. Kelasi adalah petugas kapal yang bertugas melakukan perawatan kapal seperti mengecat kapal, membersihkan karat kapal, dan lain-lain. Gaji yang didapat oleh seorang kelasi adalah $500 – $700.

Info Kapal Laut Lainnya

Engine Departemen

  1. Chief engineer. Chief engineer adalah petugas kapal yang bertanggung jawab penuh terhadap mesin kapal dan menjadi supervisi bagi kru mesin. Gaji seorang chief engineer adalah $3000 – $3800.
  2. Second engineer. Second engineer adalah petugas kapal yang bertanggung jawab terhadap mesin penggerak utama dan melakukan perawatannya. Gaji seorang second engineer adalah $2400 – $2800.
  3. Third engineer. Third engineer adalah petugas kapal yang bertanggun jawab terhadap perawatan mesin pompa dan generator kapal. Gaji yang didapat oleh seorang third engineer adalah $1800 – $2200.
  4. Electrical adalah petugas kapal yang bertanggung jawab terhadap peralatan-peralatan kelistrikan kapal. Gaji seorang electrical adalah $1700 – $2000.
  5. Welder adalah petugas kapal yang bertugas untuk melakukan peotongan logam atau pengelasan. Gaji seorang welder adalah $1200 – $1600.
  6. Oiler adalah petugas kapal yang bertugas untuk membantu engineer untuk melakukan perawatan mesin. Selain itu, seorang oiler bertugas untuk menjaga kebersihan kapal. Gaji seorang oiler adalah $500 – $700

Catering Departemen

  1. Chef cook. Chef cook adalah seorang petugas kapal yang bertanggung jawab terhadap semua perbekalan makanan dan minuman para kru kapal. Gaji seorang chef cook adalah $900 – $1000.
  2. Messman adalah petugas kapal yang bertugas membantu chef cook untuk menyiapkan makanan. Gaji seorang messman adalah $500 – $700.

Namun, untuk menjadi seorang pelaut bukan perkara yang mudah. Butuh sekolah khusus dan pelatihan khusus untuk dapat bekerja sebagai pelaut. Hampir setiap hari terdapat lowongan pelaut yang dapat Anda coba.

Lowongan Kerja Pelaut

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak terdapat informasi yang mengabarkan tentang job pelaut terbaru. Dengan melakukan pencarian di internet, maka info lowongan pelaut terbaru akan mudah untuk didapat.

Untuk menjadi seorang pelaut, harus melalui beberapa tahap seleksi yang harus dilalui oleh calon pelaut. Biasanya, tahap seleksi untuk menjadi pelaut adalah tes dasar, tes fisik, dan tes kesehatan.

Selain itu, beberapa dokumen juga diperlukan dan menjadi syarat untuk menjadi pelaut. Dokumen yang biasa dibutuhkan dalam perekrutan calon pelaut. Di Indonesia, terdapat banyak situs lowongan pelaut yang dapat dikunjungi.

Salah satu situs yang membahas tentang pelaut adalah situs info pelaut. Dengan mengunjungi situs pelaut terpercaya yang ada di internet. Anda akan mendapatkan berbagai informasi tentang pelaut, terutama tentang info job pelaut. Selain itu, di situs tersebut juga terdapat informasi mengenai lowongan kerja pelaut dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, Anda juga dapat mencari informasi mengenai lowongan pelaut di Jakarta atau di daerah tempat tinggal Anda. Dengan mengunjungi situs tersebut, Anda akan mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja pelaut hari ini atau terbaru.

Meskipun terdapat lowongan pelaut, namun Anda harus berhati-hati untuk memilih lowongan kerja tersebut. Terdapat banyak penipuan yang mengatasnamakan lowongan kerja pelaut. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati apabila mencari lowongan kerja termasuk lowongan kerja pelaut.

Tips Mendapatkan Kerja Sebagai Pelaut

1.    Persiapkan CV

CV atau Curriculum Vitae merupakan salah satu dokumen wajib yang harus Anda siapkan. CV merupakan dokumen yang berisikan tentang data diri, kontak diri anda, pendidikan, dan pengalaman kerja.

2.    Alamat Perusahaan

sebelum mengirimkan lamaran, pastikan terlebih dahulu alamat perusahaan yang akan Anda lamar benar dan jelas keberadaannya. Jangan sampai Anda tertipu dengan perusahaan abal-abal yang dapat merugikan Anda.

3.    Waspada Broker

Jangan pernah tergiur untuk menggunakan jasa broker. karena sebagian besar perusahaan kelautan tidak pernah menggunakan jasa broker untuk merekrut pegawai. Bisa jadi, Anda dapat tertipu dengan broker yang Anda gunakan tersebut.

4.    Jangan Menjadi Pemilih

Memilih sebuah perusahaan memang sangat diperlukan. Namun, ada baiknya Anda jangan terlalu menjadi pemilih. Jika Anda merupakan orang yang baru lulus dari pendidikan, coba saja melamar diperusahaan kelautan meskipun perusahaan tersebut kecil dan memiliki gaji yang sedikit lebih rendah dari lainnya.

Karena dengan begitu, Anda akan mendapatkan pengalaman kerja yang dapat Anda jadikan senjata utama untuk melamar di perusahaan kelautan besar nantinya.

Demikianlah beberapa tips untuk mendapatkan lowongan pelaut yang perlu anda pahami agar Anda tidak tertipu ketika mencari lowongan pelaut di situs online maupun offline.

Jadwal Kapal Lambelu

KeepCorn
1 min read

Jadwal Kapal Tol Laut

KeepCorn
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *