Juru Mudi

Juru Mudi Kapal

Juru mudi adalah salah satu profesi yang dibutuhkan di kapal atau angkutan laut lainnya. Juru mudi juga biasa disebut dengan kelasi kapal. Jika Anda ingin menjalani profesi ini maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Mungkin juga Anda ingin mengetahui berapa gaji kelasi juru mudi saat ini.

Apa saja tanggung jawab seorang juru mudi, bagaimana cara mendaftarnya, berapa kisaran nominal gajinya, berikut informasinya.

Tentang Kelasi Juru Mudi

Juru mudi juga biasa disebut sebagai AB, namun tahukah Anda apakah itu AB? AB adalah singkatan dari bahasa Inggris yang mana berupa Able Bodied Seaman. Untuk di negara kita ini istilah kelasi kapal sering dipakai daripada AB.

Arti Juru Mudi Menurut KBBI

Bila dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘kelasi’ diartikan sebagai profesi awak kapal yang paling rendah. Bisa juga diartikan sebagai golongan awak kapal terendah dan digolongkan menjadi kelasi kepala, kelasi satu, dan kelasi dua.

Sedangkan kata ‘juru’ diartikan sebagai orang yang pandai dalam suatu pekerjaan namun masih memerlukan latihan, kecermatan, dan kecakapan. Terakhir ada kata ‘mudi’ yang menyertai nama profesi ini, kata ini diartikan sebagai awak kapal yang tugasnya melayani kemudi atau pengemudian kapal.

Info Kapal Laut Lainnya

Pekerjaan Sebagai Juru Mudi

Sampai saat ini Anda sudah cukup paham apakah profesi juru mudi itu. Anda memang belum tahu tanggung jawab dan tugasnya secara spesifik, namun pengertian dari profesi tadi cukup memberikan gambaran tentang profesi ini. Yaitu seseorang yang bertanggungjawab atas kemudi kapal yang mana untuk menentukan kemana kapal melaju.

AB atau kelas juru mudi juga bertanggung jawab di beberapa hal seperti urusan perawatan. Baik itu perawatan bagian kapal, membantu proses kargo, membantu proses sandar kapal, dan masih banyak lagi.

Tanggung Jawab Kelasi Juru Mudi

Ada beberapa tanggung jawab juru mudi kapal yang mana harus diketahui siapa saja calon kelasi kapal. Dengan mengetahui tugas kelasi kapal terlebih dahulu, Anda bisa mengerti gambaran apa yang akan Anda lakukan serta akan mempermudah Anda dalam tes wawancara nanti.

Adapun beberapa tanggung jawab seorang kelasi kapal antara lain membantu operasi kargo di pelabuhan, memelihara cat dan baja baik di deck maupun di sisi kapal, memelihara beberapa bagian kapal seperti gigi roda, tali pintal, dan kabel mooring, menjaga gangway, menangani sampah, peralatan, dan kargo sebagaimana arahan perwira, mengemudikan crane dan derek ketika dibutuhkan, membantu operasi kargo di pelabuhan, membantu proses sandar kapal saat lepas landas, serta menjaga dan memegang kemudi.

Nantinya jika Anda sudah cukup senior ketika menjadi kelasi kapal atau sudah dianggap memiliki manajerial yang baik Anda bisa diangkat menjadi mandor atau bosun.

Cara Menjadi Kelasi Juru Mudi

Untuk Anda yang sudah mantap menjadi juru mudi atau ab, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara jadi ab. Prosedur untuk menjadi seorang kelasi kapal telah diatur dalam sebuah peraturan resmi.

Peraturan tersebut tak lain adalah Peraturan STCW 1978 Amandemen 2010: Regulasi II/5 dan STCW 1978 Amandemen 2010 Seksi Kode A-II/5. Sebuah peraturan yang fokusnya bahwa untuk bisa menjadi ab di kapal cargo dan pesiar maka diharuskan mempunyai kompetensi dan mempunyai sertifikasi Rating As Able Deck.

Sedangkan untuk bisa menjadi juru mudi di kapal tanker, Anda diharuskan memiliki BOCT atau Basic of Chemical Tanker. Cara untuk bisa memiliki sertifikasi Rating As Able Deck adalah dengan mengikuti Able Seafarer Deck Program.

Program Able Seafarer Deck ini bisa Anda ikuti dalam diklat atau pendidikan yang menyediakannya. Nantinya Anda akan mendapatkan materi dan diberi training supaya bisa melakukan pekerjaan menjadi ab. Namun demikian, sebelum mengikuti program tersebut ada beberapa dokumen yang harus Anda miliki dan dikumpulkan nantinya.

Dokumen tersebut antara lain KTP asli dan fotocopy nya, ijazah umum dan transkrip nilai minimal SLTP (baik yang asli maupun fotocopy), akte kelahiran asli dan fotocopy, sertifikat BST asli maupun fotocopy, RFNW asli maupun fotocopy, SAT asli dan fotocopy, PSCRB asli dan fotocopy, serta AFF asli dan fotocopy.

Ada juga syarat lain yang harus Anda penuhi selain mengumpulkan dokumen di atas. Syarat tersebut adalah bahwasanya Anda harus berbadan sehat dan tidak warna, dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit. Anda juga harus memiliki masa layar selama 12 bulan yang mana dibuktikan dengan buku pelaut masa layar baik yang asli maupun fotocopy.

Gaji Kelasi Juru Mudi

Berbicara soal gaji profesi juru mudi kapal maka sama saja membicarakan nominal yang relatif dan bervarian. Relatif disini karena bagi seseorang mungkin saja nominal sekian sudah banyak, namun bagi orang lain sedikit.

Nominalnya juga bervarian sebab masing-masing perusahaan kapal memiliki kebijakan sendiri terkait penggajian karyawan. Meskipun begitu, bisa diambil kisaran angka berapa gaji per bulan dari profesi juru mudi kapal. Kisaran tersebut adalah 2 sampai 7 juta rupiah. Tak menutup kemungkinan akan kurang dari dua juta rupiah.

Mungkin nominal ini bagi Anda kecil dan tidak sebanding dengan tanggung jawabnya, namun bagi orang lain mungkin nominal ini sudah besar dan cukup. Terkait berapapun nominalnya, sekali lagi, akan berbeda-beda di setiap perusahaan kapal. Oleh karena itu, jika Anda masih menganggap nominal tersebut kecil atau tidak cukup Anda bisa meningkatkan skill Anda. Skill yang tak laik adalah skill berbahasa Inggris.

Skill berbahasa Inggris tak hanya memberikan Anda gaji menjadi anak buah kapal yang lebih besar saja. Melainkan juga akan memudahkan Anda dalam perekrutan, terutama saat wawancara atau tes. Jika Anda memiliki skill ini pula maka Anda bisa diinginkan lebih banyak jenis perusahaan kapal.

Seperti agen manning, perusahaan shipping, dan agen crewing lainnya. Jika Anda sudah memiliki kredibilitas dan dikenal sebagai karyawan yang baik maka tetap ada saja kemungkinan Anda yang dicari perusahaan.

Gaji juru mudi di dalam Indonesia sebenarnya bisa dibilang kecil jika dibandingkan dengan kelasi kapal luar negeri. Di luar negeri, kisaran gaji per bulan seorang kelasi kapal adalah 1.000 sampai 1.700 USD. Yang mana jika dikonversikan ke rupiah bisa 14 juta sampai 23,8 juta rupiah.

Mendaftarkan Diri Sebagai Juru Mudi

Menjadi seorang juru mudi memang mengharuskan seseorang tersebut melakukan tugas-tugas layaknya menjadi pengemudi kapal. Ia harus bertanggung jawab terhadap apapun yang berkaitan dengan jalannya kapal, dari lajunya kapal hingga perawatan bagian-bagian di kapal.

Anda bisa segera mendaftarkan diri Anda menjadi seorang juru muri, dengan catatan memang sudah berlayar minimal 12 bulan. Jika belum, Anda bisa mencoba posisi lainnya dulu yang tidak membutuhkan masa layar. Anda pun juga bisa segera menuju pendaftaran program training juru mudi kapal yang telah dijelaskan di atas.

error: Content is protected !!