CV Pelaut

CV Pelaut

Dalam setiap perekrutan pegawai, CV merupakan salah satu hal yang penting. Begitu juga dengan perekrutan pegawai kelautan, CV pelaut merupakan salah satu hal yang harus disediakan oleh calon pegawai. Hal tersebut dikarenakan CV merupakan salah satu hal yang pertama kali dilihat oleh perekrut atau kru manager ketika dalam tahap perekrutan.

Namun meski begitu, terdapat beberapa perekrut atau kru manager yang hanya melihat sekilas tentang CV karena mungkin dianggap tidak menarik. Oleh karena itu, jika Anda merupakan salah satu calon pegawai kelautan yang ingin melamar kerja, buatlah CV pelaut dengan detail dan benar.

Loading...

Pengertian Curriculum Vitae

Curriculum vitae atau biasa dikenal dengan CV adalah sebuah dokumen yang berisikan tentang data diri seorang pelamar kerja. CV merupakan salah satu dokumen yang harus ada dan dilampirkan ketika melamar kerja. Dalam curriculum vitae, terdapat beberapa hal yang harus dicantumkan seperti nama lengkap, alamat, tempat tinggal, latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja.

Dalam pembuatan CV, tidak ada batasan seberapa banyak informasi data diri yang Anda cantumkan. Yang terpenting adalah informasi yang Anda cantumkan dalam CV tersebut dapat menggambarkan tentang diri Anda.

Loading...

Info Kapal Laut Lainnya

Pentingnya Sebuah Curriculum Vitae

Pembuatan CV atau Curriculum Vitae yang menarik merupakan hal yang sangat penting. Karena dalam perekrutan pegawai kerja, terdapat banyak CV yang diterima oleh pihak rekrutmen.

Maka dari itu, CV yang menarik atau berbeda dengan yang lain dapat menjadi salah satu nilai tambah bagi Anda, karena akan mendapatkan perhatian khusus bagi para tim rekrutmen. Anda dapat membuat CV yang menarik dengan memanfaatkan template CV yang terdapat banyak di Internet.

Selain itu, meskipun pembuatan CV tidak memiliki batasan jumlah informasi yang dicantumkan. Ada baiknya Anda membuat CV yang tidak terlalu panjang dan bertele-tele. Karena CV yang singkat dan padat namun memiliki informasi yang lengkap merupakan CV yang disukai oleh para tim rekrutmen.

Hampir setiap proses perekrutan pekerja mencantumkan CV dalam setiap persyaratannya. Begitu juga dengan perekrutan pegawai kelautan. Dalam perekrutan pegawainya, calon pegawai harus mencantumkan contoh CV pelaut secara detail. Contoh Curriculum vitae pelaut harus mencerminkan informasi mengenai data diri, pendidikan dan pengalaman kerja sebagai pelaut.

Tips Membuat CV Pelaut

Dalam kelautan, pencantuman contoh CV merupakan salah satu syarat untuk melamar kerja sebagai pegawai kelautan. CV pelaut pada dasarnya hampir sama dengan CV yang dicantumkan dalam melamar kerja lainnya. Namun, dalam beberapa bidang seperti pelaut rating, perwira, dan lain-lain, terdapat beberapa informasi yang spesifik yang harus dicantumkan. Berikut adalah cara membuat CV pelaut untuk melamar kerja di bidang kelautan.

1.    Mudah Dibaca

Dalam pembuatan contoh CV, pastikan CV tersebut ditulis tangan atau diketik menggunakan komputer agar mudah dibaca oleh tim rekrutmen. Karena, jika CV yang Anda buat sulit dibaca oleh tim rekrutmen, maka bisa jadi CV yang Anda kirimkan tidak akan dibaca oleh tim rekrutmen dan hal tersebut menjadi salah satu faktor Anda tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2.    Mencantumkan Foto Terbaru

Dalam membuat sebuah contoh CV, pastikan Anda mencantumkan foto diri Anda yang terlihat profesional dan resmi. Meskipun dalam sebuah perekrutan pegawai kelautan terdapat persyaratan melampirkan foto, namun, memberikan foto pada sebuah CV pelaut Anda merupakan suatu keharusan agar tim perekrut mudah melihat visual Anda.

3.    Detail Kontak Diri Anda

Salah satu hal terpenting dalam pembuatan CV adalah kontal diri Anda. Sebaiknya kontak diri Anda diletakkan di bagian paling atas di CV pelaut Anda. Hal tersebut dilakukan agar tim rekrutmen yang melihat CV Anda dapat dengan mudah mencari kontak Anda ketika ingin langsung mengontak Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melampirkan informasi kontak orang terdekat Anda atau keluarga Anda yang selalu mengerti keberadaan Anda. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi apabila Anda tidak dapat dihubungi oleh tim rekrutmen.

4.    Pengalaman Berlayar

Dalam sebuah pembuatan Curriculum Vitae atau CV baik itu CV pelaut atau CV biasa, pengalaman kerja atau pengalaman berlayar merupakan salah satu hal yang harus dicantumkan. Dalam perekrutan pegawai kelautan, pengalaman berlayar akan menjadi nilai tambah untuk pertimbangan tim rekrutmen.

Dalam memasukkan pengamalan berlayar, tulis pengalaman tersebut secara detail seperti rank/jabatan, employer, nama dan tipe kapal, dan tanggal bekerja. Dengan mencantumkan informasi detail tentang pengalaman berlayar, dapat membuat Anda lebih dipertimbangkan oleh tim rekrutmen.

5.    Tipe Kapal

Mencantumkan tipe kapal dalam sebuah contoh CV pelaut dapat menjadikan nilai tambah bagi Anda. Dengan mencantumkan tipe kapal yang pernah menjadi tempat Anda bekerja, dapat membuat tim rekrutmen lebih mudah menilai apakah Anda cocok ditempatkan di posisi yang Anda lamar. Selain itu, mencantumkan tipe kapal secara detail seperti tipe mesin, berat, dan sistem kapal yang digunakan merupakan suatu keharusan yang perlu Anda cantumkan di CV pelaut Anda.

6.    Sertifikat dan Dokumen

Mencantumkan informasi tentang sertifikat dan dokumen yang Anda miliki dalam sebuah CV pelaut merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dalam contoh CV pelaut 2020, mencantumkan informasi tentang sertifikat dan dokumen dapat mempermudah tim rekrutmen untuk menilai apakah Anda memenuhi persyaratan untuk mengisi posisi yang kosong atau tidak.

Biasanya sertifikat dan dokumen yang dicantumkan berupa MLC, STCW 2010, dan lain-lain. Selain itu, cantumkan juga masa waktu dokumen dan sertifikat yang dimiliki. Karena di Indonesia, biasanya sertifikat atau dokumen pelaut mempunyai masa berlaku selama 5 tahun.

Pada dasarnya pembuatan CV pelaut hampir mirip dengan pembuatan CV untuk melamar pekerjaan lainnya. Namun, dalam pembuatan CV ini, terdapat beberapa hal detail tentang kelautan yang harus dicantumkan sebagai nilai tambah untuk memperkenalkan diri Anda dan memberitahu skill Anda tentang kelautan.

Selain itu, pembuatan CV pelaut seperti tips diatas dapat digunakan untuk membuat contoh CV rating dan contoh CV perwira deck. Hanya saja, untuk menambah nilai dari CV pelaut yang Anda buat.

Mungkin yang membedakan adalah beberapa informasi yagn berhubungan tentang pelaut rating untuk membuat contoh CV pelaut rating dan informasi yang mencakup tentang perwira deck yang harus dicantumkan pada contoh CV pelaut perwira deck.

Selain itu, dalam membuat CV pelaut, Anda harus memberikan informasi secara detail dan jujur. Pembuatan CV pelaut harus sesuai dengan kemampuan, pengalaman, dan pendidikan yang telah Anda lakukan.

Jangan pernah membuat CV pelaut dengan mengada-ada atau membuat keterangan palsu tentang kemampuan, pengalaman, dan pendidikan Anda. Karena hal tersebut akan mempersulit Anda ketika melalui tahap wawancara dengan tim rekrutmen.

Selain itu, jika Anda membuat CV pelaut secara abal-abal, hal tersebut akan berakibat fatal ketika Anda diterima namun tidak punya kemampuan sesuai dengan jabatan yang Anda isi tersebut.