Harga Tiket Busway

Transjakarta atau busway adalah salah satu transportasi massal yang pertama kali diperkenalkan di Jakarta sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan. Saat kemunculan pertamanya, transportasi ini menarik banyak perhatian, selain karena merupakan transportasi massa modern yang diterapkan di Indonesia, namun juga karena berbagai kontroversi yang mengikutinya. Dibalik itu semua, busway hingga kini masih menjadi transportasi massa fvorit masyarakat Jakarta. Kini bahkan moda transportasi yang sama juga diadaptasi di berbagai daerah di Indonesia. Termasuk di Jakarta sendiri, sistem dan fasilitasnya terus mengalami transformasi. Seperti dalam hal pembayaran misalnya. Jika Anda belum pernah menggunakan transportasi massal satu ini, Anda harus membaca informasi tentang harga tiket busway dan bagaimana cara menggunakan transportasi massal satu ini.

Tips Bepergian dengan Busway, Harga Tiket Busway Terjangkau Jaminan Perjalanan Nyaman

Busway sebagai alat transportasi massa dihadirkan di kota besar seperti Jakarta dengan tujuan untuk menarik masyarakat agar beralih menggunakan transportasi umum. Tujuannya tak lain adalah untuk mengurangi volume kemacetan di ibukota yang semakin parah setiap harinya, serta mengurangi tingkat polusi akibat kendaraan bermotor. Karena itulah moda transportasi modern dengan segala kecanggihan teknologi dan berbagai fasilitas penunjang kenyamanan penumpang di dalamnya dihadirkan untuk menarik minat masyarakat. Apalagi ditambah dengan harga tiket busway yang dibandrol sangat terjangkau juga diharapkan semakin menarik minat masyarakat kembali menggunakan alat transportasi umum. Sebagai transportasi modern, di dalam busway sudah dilengkapi dengan fasilitas mewah. Sebut saja misalnya ruangan ber-AC yang bebas asap rokok. Selain itu, susunan tempat duduknya juga berbeda dengan bus pada umumnya. Sangat nyaman dan tampak mewah. Apalagi bagi penumpang wanita, Anda tak perlu khawatir, karena pemerintah juga sudah menambahkan armada khusus untuk penumpang wanita. Sangat nyaman dan aman untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan di tengah kota Jakarta yang macet. Pada awal masa beroperasinya, busway menggunakan sistem pembayaran seperti kendaraan transportasi umum lainnya, yaitu menggunakan uang cash. Namun semenjak tahun 2013, sistem pembayaran untuk busway kemudian ditingkatkan dengan menggunakan uang elektronik. Karena itu setiap warga Jakarta harus memiliki uang elektronik ini. Hal ini akan semakin memudahkan dan mempercepat transaksi pembayaran. Selain itu, aturan khusus yang diberlakukan bagi pengguna busway juga harus Anda ketahui sebelum mengendarai transportasi umum ini. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum menggunakan busway.
  • Lihat Informasi Jalur Busway Tujuan
Busway memiliki banyak armada yang melayani berbagai rute perjalanan. Akan sangat membingungkan jika Anda tidak mengetahui koridor serta halte keberangkatan dan halte tujuannya. Karena itu, sebelum mulai menggunakan transportasi modern ini, Anda harus mengetahui tujuan dan rute perjalanan yang harus ditempuh terlebih dahulu. Anda bisa mengeceknya di fitur peta digital yang ada di setiap ponsel berbasis android. Atau, alternatif lainnya, Anda juga bisa mengeceknya di situs resmi busway yang disediakan oleh masing-masing pengelola transportasi umum ini. Dengan begitu akan semakin memudahkan perjalanan Anda.
  • Pastikan Naik di Halte yang Benar
Hal yang juga harus diketahui penumpang sebelum menggunakan transportasi busway adalah memastikan Anda naik di halte yang benar. Hal ini karena di setiap pemberhentian busway, terdapat dua buah halte dengan arah tujuan yang berbeda. Karena itu pastikan Anda memilih halte yang benar ke arah tujuan Anda.
  • Menyiapkan Uang Elektronik
Inilah yang paling penting. Sistem pembayaran busway saat ini sudah tidak lagi menggunakan uang cash. Jadi Anda harus menyiapkan uang elektronik. Uang elektronik ini berbentuk kartu prabayar yang bisa diisi ulang. Kartu ini bisa Anda dapatkan dengan membeli di bank-bank tertentu yang menerbitkannya dengan berbagai nama. Jika memang tidak bisa, Anda masih bisa membelinya di halte-halte busway. Satu buah kartu prabayar ini dibandrol dengan harga 40 ribu rupiah dengan isi saldo sebesar 20 ribu rupiah. Anda pun bisa memilih kartu prabayar dari bank apapun sesuai kebutuhan. Kartu e-money ini harus diaktifkan terlebih dahulu oleh petugas halte agar Anda bisa menggunakannya. Setelah aktif, Anda langsung bisa menggunakannya. Cara kerjanya, Anda hanya perlu menempelkan kartu di pintu masuk halte, maka saldo akan langsung terpotong dan Anda bisa menikmati perjalanan ke tujuan. Saldo akan terpotong hanya ketika Anda melakukan tap-in. Dengan sistem ini, meskipun harga tiket busway tergolong sangat terjangkau, Anda tidak bisa menggunakan uang cash dan tidak bisa menggunakan layanan dari busway. Jika saldo e-money di dalam kartu prabayar Anda habis, tak perlu khawatir karena bisa diisi ulang. Anda bisa mengisi ulang di ATM sesuai bank yang mengeluarkan kartu tersebut, di halte-halte busway, maupun di minimarket merchant e-money. Inovasi yang sangat memudahkan bukan?
  • Patuhi Tata Tertib yang Sudah Diterapkan dan Jangan Segan untuk Bertanya
Bagi pengguna baru transportasi umum ini, Anda harus tahu bahwa ada peraturan yang diterapkan ketika Anda menggunakan alat transportasi umum ini. Peraturan itu seperti misalnya pemisahan tempat duduk khusus untuk penumpang wanita dan penumpang umum. Ada juga kursi prioritas yang dikhususkan untuk penumpang lansia dan penyandang disabilitas. Peraturan yang tak kalah penting adalah larangan membawa benda tajam, hewan peliharaan dan benda-benda berbau tajam. Aturan lain yang harus dipatuhi adalah larangan makan dan minum di dalam busway. Jika ada hal yang tidak Anda mengerti jangan pernah malu untuk bertanya pada petugas yang ada di dalam bus maupun di halte.
Harga Tiket Busway
Harga Tiket Busway

Tarif Harga Tiket Busway dan Jam Operasionalnya

Setelah mengetahui tips bagaimana menggunakan busway yang benar agar perjalanan Anda tetap nyaman, Anda juga harus tahu berapa harga tiket busway yang harus dibayarkan untuk satu kali perjalanan. Harga tiket ini berbeda tergantung jam operasionalnya. Secara umum, penumpang akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.500 sekali perjalanan. Sedangkan untuk anak-anak yang memiliki tinggi di bawah 90cm tidak akan dikenakan biaya. Karena bus ini beroperasi dengan jam operasi dari pagi hingga malam hari, ada juga harga tiket khusus yang diberlakukan pada jam-jam tertentu seperti pada tabel di bawah ini.
Jam Operasi Harga Tiket
05.00 – 07.00Rp 2.000
07.00 – 24.00Rp 3.500
Berdasarkan jadwal dan tarif tiket busway di atas, pada pukul 05.00 – 07.00 WIB penumpang akan mendapatkan harga tiket berbeda dengan jam-jam operasional lainnya, yaitu hanya Rp 2.500. Berbeda dengan jam operasional lain yang dipatok dengan harga Rp 3.500. Sebagai salah satu alat transportasi umum yang banyak peminatnya, busway menawarkan banyak keunggulan bagi penumpangnya. Kemudahan akses, kemudahan transaksi pembayaran serta harga tiket busway yang terjangkau membuat alat transportasi ini diharapkan bisa menjadi pilihan transportasi utama masyarakat perkotaan terutama Jakarta. Dengan begitu masyarakat bisa beralih ke transportasi umum sehingga kemacetan pun bisa berkurang.