Harga Tiket Bus Maju Lancar

Harga Tiket Bus Maju Lancar

Bepergian dengan bus menjadi pilihan bagi sebagian masyarakat. Bus Maju Lancar merupakan salah satu bus yang beroperasi di Gunung Kidul, Wonosari, dan Jakarta bahkan mulai merambah ke wilayah lainnya. Harga tiket Bus Maju Lancar sangat terjangkau dengan adanya fasilitas yang lengkap sehingga sering menjadi pilihan utama masyarakat sekitar untuk bepergian.

Serba Serbi Bus Maju Lancar termasuk Penentuan Harga Tiket Bus Maju Lancar

Bus Maju Lancar adalah perusahaan otobus (PO) yang beroperasi di Jawa Tengah. Bus ini menjadi idaman bagi semua kalangan. Apabila Anda termasuk salah satu penggemar Bus Maju Lancar, berikut fakta menarik yang perlu Anda tahu.

  1. Sejarah Pendirian Maju Lancar merupakan PO yang didirikan oleh Bapak H Sutrisno dan istrinya Ibu Hj Sri Hartati. Keduanya memulai bisnis PO pada 1986. Saat awal pendirian, mereka masih menyediakan 2 unit bus untuk beroperasi dari Wonosari ke Yogyakarta dan sebaliknya. Mereka memasang tarif tiket yang sangat terjangkau pada masa itu sehingga banyak masyarakat menyukainya. Akhirnya Maju Lancar bisa menjangkau semua kalangan masyarakat.
  2. Perkembangan Berkat layanan dan tarif yang memuaskan, Maju Lancar berhasil berkembang dengan sangat pesat. Bapak Sutrisno dan Ibu Sri akhirnya menambahkan bus menjadi 4 unit bus pada 1991. Pada masa ini trayek yang dibuka oleh Maju Lancar sangat disenangi karena menjadi transportasi bagi pemudik dari Gunung Kidul ke arah Jabodetabek. Pada 1998 telah tercatat adanya 64 unit bus yang dimiliki oleh Maju Lancar.
  3. Permasalahan saat Krisis Moneter Seperti yang kita ketahui, pada 1998 terjadi krisis moneter besar-besaran di Indonesia. Hal tersebut berdampak ke semua masyarakat termasuk PO Maju Lancar. Pada kala itu biaya perawatan bus Maju Lancar meningkat sehingga membuat harga tiket Bus Maju Lancar meningkat pula. Akibatnya terjadi penurunan jumlah penumpang secara drastis. Penambahan jumlah armada bahkan tidak bisa menutupi kurangnya pemasukan. Masalah lainnya adalah biaya perawatan ikut meningkat sehingga membuat PO Maju Lancar hampir mengalami kerugian.
  4. Bangkit dari keterpurukan Bapak Sutrisno senantiasa tekun mengatasi masalah yang dia alami. Bersama dengan anak-anaknya, Bapak Sutrisno mulai mengatur operasional sehingga bisa melewati krisis moneter. Salah satu keberuntungan yang didapatkan oleh Bapak Sutrisno adalah asal PO Maju Lancar yang asli Gunung Kidul. Hal tersebut dianggap oleh pemerintah daerah sebagai sumbangsih besar untuk pajak daerah dimana pajak tersebut digunakan untuk perbaikan fasilitas, sarana, dan prasarana Gunung Kidul. Pemerintah pun senantiasa mendorong masyarakatnya untuk menggunakan PO Maju Lancar ketika bepergian.
  5. Jenis bus yang semakin beragam Setelah bangkit dari keterpurukannya, PO Maju Lancar terus menambah armada dan memperbaiki fasilitas yang ada. Saat ini telah tersedia bus kelas Patas non AC dan AC, VIP reguler dan senja, serta super excecutive. Masing-masing telah tersedia fasilitas yang sesuai dengan kelasnya dan memiliki tarif yang berbeda pula. Apabila Anda berdomisili di Gunung Kidul atau daerah yang menjadi trayek PO Maju Lancar, Anda bisa menggunakan jasanya dan memilih kelas bus sesuai kebutuhan dan kenyamanannya.

Baca Juga : Info Lengkap Bus Haryanto Beserta Harga Tiket Terbarunya

Harga Tiket Bus Maju Lancar berdasarkan Trayek dan Kelas Bus

Bus Maju Lancar menghadirkan banyak kelas dengan berbagai trayek. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kenyamanan. Masing-masing memiliki fasilitas yang menarik. Di bawah ini merupakan fasilitas yang akan didapatkan ketika memilih salah satu kelas bus.

  1. Patas Patas terdiri atas non AC dan AC. Patas Non AC dilengkapi dengan LCD TV yang bisa menampilkan video, bentuk tempat duduk sepasang, toilet, dan WiFi. Untuk Patas AC ditambahi dengan pelengkap AC, bantal, selimut, pembersihan tempat duduk lebih intens, stop kontak setiap tempat duduk, foot rest, dan smoking area. Harga tiket Bus Maju Lancar menyesuaikan dengan jadwal keberangkatan mulai jam 13.00.
  2. VIP Kelas VIP terdiri atas 2 jenis yaitu VIP reguler dan VIP senja. Keduanya sama-sama dilengkapi dengan AC, TV LCD, video DVD, WiFi, selimut, bantal, pembersihan tempat duduk sepasang lebih intens, stop kontak setiap tempat duduk, foot rest, snack, toilet,dan smoking area. Jadwal keberangkatan VIP reguler mulai pukul 13.00 sedangkan VIP senja mulai pukul 14.00.
  3. Super Excecutive Kelas tertinggi dengan fasilitas terbaik dimiliki oleh Super Excecutive. Fasilitas yang ada mulai dari AC, TV LCD, video DVD, WiFi, selimut, bantal, pembersihan tempat duduk sepasang lebih intens, stop kontak setiap tempat duduk, foot rest, cooling box, snack, makan satu kali, toilet,dan smoking area. Kelas super excecutive berangkat lebih awal yaitu pukul 12.30.

Setelah tahu fasilitas masing-masing kelas, Anda bisa mengetahui trayek yang dilalui oleh PO Maju Lancar, jenis kelasnya, dan harga tiket yang berlaku masing-masing. Berikut informasi lengkap mengenai harga tiket Bus Maju Lancar tahun 2020 yang bisa dijadikan sebagai pedoman sebelum bepergian.

TrayekJenis KelasHarga Tiket
Bandung – Wonosari melewati Kebumen dan YogyakartaPatas non ACRp 140.000
Pulo Gadung – Wonosari melewati Bekasi, Temanggung, Magelang, dan YogyakartaPatas ACRp 170.000
Cikupa Tangerang – Wonosari melewati Kali Deres, Grogol, Kebumen, dan YogyakartaPatas non ACRp 130.000
Poris Plawad Tangerang – Wonosari melewati Kali Deres, Grogol, Kebumen, dan YogyakartaPatas ACRp 170.000
Bogor – Wonosari melewati Cibinong, Pal Depok, Kebumen, dan YogyakartaVIP Patas non ACRp 185.000 Rp 130.000
Lebak Bulus – Wonosari melewati Bekasi, Kebumen, dan YogyakartaSuper excutive VIP Patas Non ACRp 220.000 Rp 185.000 Rp130.000
Kreo Ciledug – Wonosari melewati Bekasi, Kebumen, dan YogyakartaSuper excutive VIP Patas Non ACRp 220.000 Rp 185.000 Rp 130.000
Jakarta – Wonosari melewati YogyakartaSuper excutive VIP Patas Non ACRp 220.000 Rp 185.000 Rp 130.000
Merak – Wonosari melewati Serang, Balaraja, BSD, Temanggung, Magelang, dan YogyakartaVIPRp 210.000

Tarif di atas merupakan tarif yang berlaku pada 2020. Tarif tersebut masih bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan kepada penumpang melalui internet terlebih dulu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menuju loket PO Maju Lancar untuk mengetahui harga tiket Bus PO Maju Lancar yang paling terbaru berdasarkan rute dan kelas yang dibutuhkan dan diinginkan.

Tarif tersebut berlaku untuk perjalanan trayek pergi dan pulang sehingga berlaku bagi semua penumpang yang berasal dari Wonosari atau dari kota Merak, Jakarta, Kreo Ciledug, Lebak Bulus, Bogor, Poris Plawad tangerang, Cikupa Tanger, Pulo Gadung, dan Bandung. Jika Anda berangkat dari kota di tengah trayek yang dilewati, maka akan terjadi penyesuaian tarif. Umumnya kondektur sudah memiliki rumusan tersendiri dalam menentukan harga tiket tersebut sehingga adil bagi setiap penumpang.

Sekian informasi mengenai trayek dan harga tiket Bus Maju Lancar yang bisa disampaikan. Diharapkan adanya informasi di atas dapat membantu penumpang menyiapkan biaya untuk memenuhi kewajiban membayar tiket sesuai trayek yang diinginkan. Selamat melakukan perjalanan.

error: Content is protected !!