Harga Tiket Bus ALS

Harga Tiket Bus ALS

Kenyamanan dalam berkendara menggunakan kendaraan umum saat ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini sesuai dengan misi pemerintah untuk menggalakkan naik angkutan umum guna mengurangi polusi dan kemacetan. Ini jugalah yang tercermin dari salah satu armada bus Lintas Sumatera (ALS) yang merupakan salah satu alat transportasi pilihan para penumpang dengan tujuan beberapa wilayah di Sumatera. Harga tiket bus ALS sendiri juga bervariasi. Sama seperti jenis bus-bus lainnya yang mematok harga tiket sesuai dengan fasilitas dan jauhnya jarak atau rute yang ditempuh.

Harga Tiket Bus ALS, Angkutan Lintas Sumatera dengan Fasilitas Terbaik

Perusahaan Otobus (PO) Antar Lintas Sumatera ini sendiri merupakan salah satu angkutan umum antar kota antar pulau yang pertama kali didirikan di Medan Sumatera Utara. Karena mengusung jenis perjalanan antar kota antar pulau, maka sudah pasti fasilitas yang disediakan di dalamnya juga dimaksimalkan untuk menunjang kenyamanan penumpang dalam perjalanan.

Anda sebagai penumpang pun tak perlu khawatir karena harga tiket bus ALS ini juga akan disesuaikan dengan fasilitas atau kelas busnya dan jarak rute yang ditempuh. Hal ini juga sesuai visi yang diusung oleh perusahaan otobus ini. Perusahaan ini selalu berkomitmen untuk mengutamakan kenyamanan penumpang saat menggunakan layanan yang diberikan. Karena itulah ALS juga senantiasa memberikan yang terbaik untuk penumpangnya.

Guna mewujudkan komitmennya, Perusahaan Otobus ALS ini terus berusaha mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanannya. Tidak hanya dari segi fasilitas dan layanan, bahkan armada yang digunakan pun merupakan armada terbaik yaitu dengan menggunakan produk dari Marcedes Benz yang sudah terkenal dengan kualitas kendaraan terbaiknya. Tak hanya itu saja, armada yang digunakan adalah armada terbaru yang sudah dilengkapi dengan air suspensi.

Tak berhenti sampai disitu saja, layanan yang diberikan untuk menunjang kenyamanan penumpang juga diberikan dalam bentuk fasilitas di dalam bus. Jenis fasilitas yang diberikan ini bervariasi dan dikelompokkan dalam kelas-kelas yang berbeda. Perbedaan kelas dan fasilitas yang ada di dalamnya inilah yang kemudian menentukan harga tiket bus ALS yang harus dibayarkan oleh penumpang. Sejauh ini ada 4 kategori kelas yang disediakan oleh ALS dengan jenis fasilitas yang berbeda di dalamnya, yaitu kelas ekonomi, kelas AC non toilet, AC toilet dan kelas Super Excecutive. Keempatnya memiliki fasilitas yang berbeda-beda yang nantinya akan menentukan harga tiket bus ALS itu sendiri.

Kelas pertama adalah kelas ekonomi. Kelas ini memang memiliki harga tiket yang paling murah diantara semua jenis kelas. Ini karena memang fasilitas yang diberikan tidaklah selengkap fasilitas bus di kelas lainnya. Dari susunan kursi, kelas bus ini hampir sama dengan kelas bus lain yang melayani perjalanan antar kota antar provinsi, yaitu menggunakan formasi kursi 2-3. Untuk fasilitas pendukung, penumpang tidak akan mendapatkan fasilitas selengkap kelas lainnya, karena di dalam bus ini tidak tersedia pendingin ruangan maupun toilet. Namun, tak perlu khawatir karena kursi penumpangnya juga sudah tergolong nyaman.

Selanjutnya ada kelas AC non toilet. Kelas ini sedikit di atas kelas ekonomi. Seperti namanya, kelas bus ini menawarkan fasilitas yang lebih banyak dibandingkan bus kelas ekonomi. Fasilitas pendingin ruangan di dalam bus akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman. Tentu saja dengan adanya kursi penumpang nyaman yang sudah menjadi standar fasilitas dari perusahaan otobus ini. Dari segi konfigurasi kursi, bus ini menggunakan formasi atau konfigurasi 2-2 yaitu 2 kursi di sebelah kiri dan 2 kursi di sebelah kanan. Sayangnya, pada kelas ini masih belum dilengkapi dengan fasilitas toilet di dalam bus.

Fasilitas tak jauh berbeda juga akan Anda dapatkan pada kelas selanjutnya, yaitu kelas AC toilet. Sama seperti kelas sebelumnya, fasilitas standar seperti kursi penumpang yang nyaman juga sudah ditempatkan di dalam bus. Sama seperti kelas sebelumnya, konfigurasi formasi tempat duduk pada kelas ini juga menggunakan formasi 2-2 yaitu 2 buah kursi di bagian kanan dan 2 buah kursi di bagian kiri. Pengaturan ini akan membuat ruang gerak penumpang jadi lebih luas dan tentunya membuat perjalanan semakin nyaman.

Tak hanya itu saja, pada kelas ini juga terdapat fasilitas pendingin ruangan yang akan membuat perjalanan penumpang semakin nyaman meskipun dalam kondisi cuaca yang panas. Fasilitas tambahan yang ditempatkan pada kelas bus ini adalah adanya toilet di dalam bus yang akan semakin menambah kenyamanan perjalanan Anda.

Jenis kelas terakhir yang disediakan adalah kelas super Excecutive. Pada kelas ini semua fasilitas ditingkatkan, mulai dari jumlah tempat duduk, formasi tempat duduk, fasilitas hiburan dan kenyamanan penumpang pun turut ditingkatkan. Berbeda dengan kelas sebelumnya, pada kelas ini formasi susunan kursi yang digunakan adalah 1-2. Formasi ini biasanya digunakan pada bus-bus lain dengan kelas tinggi atau termasuk kelas tertinggi. Selain itu, fasilitas pendingin ruangan, toilet dan LCD TV di dalam bus juga akan membuat perjalanan Anda semakin nyaman.

Baca juga : Info Lengkap Bus Primajasa Beserta Harga Tiket Terbarunya

Daftar Rute dan Harga Tiket Bus ALS

Setelah mengetahui fasilitas dan kelas apa saja yang dimiliki bus ALS, selanjutnya Anda juga harus tahu daftar harga tiket bus ALS beserta rute yang dilayaninya.

Rute PerjalananKelas BusHarga Tiket
Jakarta-PekanbaruAC ToiletRp 400.000
Jakarta-MedanAC ToiletRp 530.000
Bandung-Bandar LampungNon AC AC ToiletRp 250.000 Rp 270.000
Bandung-Muara EnimNon AC AC toiletRp 250.000 Rp 270.000
Bandung-SolokNon AC AC ToiletRp 360.000 Rp 440.000
Bandung-PadangNon AC AC ToiletRp 360.000 Rp 440.000
Bandung-JambiNon AC AC ToiletRp 290.000 Rp 340.000
Bandung-PalembangNon AC AC ToiletRp 270.000 Rp 290.000
Bandung-PekanbaruNon AC AC ToiletRp 360.000 Rp 440.000
Bandung-Pematang SiantarNon AC AC ToiletRp 440.000 Rp 570.000
Medan-PadangAC Non Toilet Super ExcecutiveRp 195.000 Rp 295.000
Medan-BukitinggiAC Non ToiletRp 185.000
Medan-PalembangAC ToiletRp 380.000
Medan-BandungAC Non Toilet AC ToiletRp 460.000 Rp 570.000
Medan-CikampekAC Non ToiletRp 450.000
Medan-JakartaAC Non Toilet AC ToiletRp 440.000 Rp 530.000
Medan -YogyakartaAC Non ToiletRp 490.000
Medan-SemarangAC Non ToiletRp 490.000
Medan-MalangAC ToiletRp 695.000

Berdasarkan penjelasan dan daftar harga tiket bus di atas, bisa diketahui jika bus ini tidak hanya mengantarkan untuk rute antar kota antar provinsi saja, namun juga antar kota di luar pulau. Karena perjalanan yang cukup jauh itulah maka tak heran jika perusahaan Otobus ALS senantiasa berkomitmen untuk terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan guna memberikan kenyamanan penumpang. Dengan informasi tentang rute, kelas bus dan juga fasilitas yang ada di dalamnya serta harga tiket bus ALS seperti yang dijelaskan di atas, kini Anda bisa merencanakan perjalanan jarak jauh Anda dengan lebih mudah.