Harga Tiket Bus NPM

Harga Tiket Bus NPM

Indonesia dengan struktur geografis yang beragam membuat setiap daerah memiliki kondisi alam yang beragam pula. Karena faktor geografis ini jugalah, disediakan berbagai jenis alat transportasi untuk menunjang perpindahan atau mobilisasi masyarakat agar lebih mudah. Salah satu moda transportasi yang paling banyak diminati karena bisa menempuh berbagai medan adalah bus. Setiap daerah biasanya dilalui oleh jenis bus berbeda dengan rute perjalanan yang berbeda pula. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan dari atau ke daerah Padang dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan armada bus NPM. Hingga saat ini, hanya ada dua rute perjalanan yang dilayani oleh bus ini dengan harga tiket bus NPM pun bervariasi tergantung pada kelas bus dan jarak rute perjalanannya.

Sejarah dan Fasilitas yang Mempengaruhi Harga Tiket Bus NPM

Bus NPM (Naiklah Perusahaan Minang) merupakan salah satu perusahaan otobus (PO) terbesar dan tertua di Padang. Perusahaan Otobus ini pertama kali didirikan pada tahun 1937 dengan rute perjalanan antar kota antar provinsi di kawasan Sumatera Barat saja. Kemudian pada tahun 1980 perusahaan otobus ini mengembangkan rute perjalanan hingga ke daerah Jawa. Hingga saat ini NPM pun menjadi perusahaan otobus terbesar di Sumatera yang tidak hanya melayani rute perjalanan antar kota antar provinsi saja, namun juga antar kota antar pulau.

Sama seperti Perusahaan Otobus lain, NPM juga memberikan penawaran dan berbagai pilihan rute perjalanan dan fasilitas yang bervariasi pula. Inilah yang mempengaruhi harga tiket bus NPM yang bervariasi tergantung kelas dan fasilitas yang disediakan di dalamnya. Belum lagi NPM juga baru saja meluncurkan armada terbaru yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan premium.

Sejauh ini ada dua jenis kelas yang ditawarkan oleh NPM, yaitu kelas jumbo Non AC dan kelas eksekutif. Setiap armada bus NPM menggunakan armada-armada berkualitas keluaran Mercedes Benz dan juga Golden Dragon. Seri terbaru armada bus NPM yang menggunakan armada Mercedes Benz chassis OH 1836 bahkan sudah menggunakan armada yang memiliki suspensi udara. Hal ini tentu akan mempengaruhi kenyamanan penumpang di dalamnya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sejauh ini NPM memiliki dua kelas bus dengan rute perjalanan yang bervariasi. Dua kelas bus ini tentu saja memiliki fasilitas berbeda dengan tetap mengutamakan kenyamanan bagi penumpangnya. Selain penggunaan armada berkualitas dari pabrikan bus terbaik, masing-masing armada bus juga dilengkapi dengan fasilitas tambahan yang akan menambah kenyamanan penumpang meskipun untuk perjalanan jauh.

Kelas pertama bus NPM adalah kelas bus besar/bus jumbo non AC. Kelas bus ini juga menggunakan armada keluaran pabrik Mercedes Benz sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang bus di dalamnya jelas terjamin. Untuk soal fasilitas, fasilitas yang diberikan kepada penumpang di dalam bus ini adalah fasilitas standar bus antar kota antar provinsi pada umumnya. Namun Anda tak perlu khawatir karena meskipun fasilitas standar namun tingkat kenyamanan penumpang tetap diutamakan.

Seperti namanya, bus ini tidak memiliki fasilitas pendingin ruang atau AC di dalamnya. Meskipun begitu Anda tak perlu khawatir karena penumpang akan tetap merasa nyaman dengan kondisi kabin yang bersih serta tempat duduk yang nyaman. Selain itu, untuk rute perjalanan jarak jauh, yaitu rute perjalanan antar kota antar pulau, Anda juga tak perlu khawatir karena juga disediakan fasilitas makan sehingga penumpang bisa beristirahat sekaligus mengisi ulang tenaga saat dalam perjalanan.

Berbeda dengan kelas bus eksekutif yang memiliki fasilitas cukup mewah di dalamnya. Kelas bus ini merupakan kelas paling mewah dari armada bus yang melayani rute perjalanan dari Sumatera Barat ke Jawa dan sebaliknya ini. Karena fasilitasnya yang cukup mewah inilah yang membuat harga tiket bus NPM kelas eksekutif juga lebih mahal dibandingkan kelas bus jumbo Non AC.

Fasilitas yang disediakan di dalam bus kelas eksekutif ini antara lain tentu saja adanya ruang berpendingin (AC). Dalam satu kabin bus ini pun tidak diisi dengan terlalu banyak penumpang karena kapasitas penumpang di dalamnya hanya 41 kursi saja. Untuk menunjang kenyamanan penumpang, pada masing-masing kursi juga dilengkapi dengan bantalan tangan serta sandaran kaki. Dengan begitu meskipun sedang melakukan perjalanan jarak jauh yang memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari, penumpang akan tetap dijamin kenyamanannya.

Masih dari segi kenyamanan untuk penumpang, disediakan juga fasilitas wifi di dalam bus. Ditambah lagi dengan fasilitas tempat untuk mengisi ulang daya baterai yang berada pada masing-masing kursi. Dengan dua fasilitas yang saling melengkapi tersebut, perjalanan Anda dijamin akan tetap nyaman dan tidak akan membosankan dengan adanya wifi. Jika baterai ponsel habis, tak perlu repot turun mencari terminal untuk mengisi ulang daya baterai karena sudah ada tempat charger hp di masing-masing kursi penumpang.

Saat melakukan perjalanan jauh, biasanya penumpang juga akan membawa barang bawaan lebih banyak. Karena itu juga disediakan bagasi atau tempat penyimpanan barang yang cukup luas di dalamnya. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa terganggu dengan barang bawaan yang banyak karena barang bawaan Anda dijamin aman. Fasilitas yang tak kalah penting adalah toilet.

Baca juga : Info Lengkap Bus Murni Jaya Beserta Harga Tiket Terbarunya

Rute dan Daftar Harga Tiket Bus NPM

Karena melayani perjalanan dalam jarak jauh yang bisa ditempuh selama beberapa hari, perusahaan otobus ini juga akan memberikan layanan berupa makan dan snacks yang bisa Anda nikmati selama perjalanan. Tidak hanya makan, fasilitas layanan lain yang diberikan adalah snack untuk menemani perjalanan. Untuk melengkapi informasi untuk Anda, berikut ini adalah daftar harga tiket bus  NPM yang bisa menjadi referensi.

Rute PerjalananKelasHarga Tiket
Padang-Pariaman-JambiExecutiveRp 165.000
Bukittinggi-MedanExecutiveRp 220.000
Padang-Pariaman-MedanExecutiveRp 230.000
Jakarta-BukittinggiJumbo Non AC ExcecutiveRp 300.000 Rp 400.000
Jakarta-PadangJumbo Non AC ExecutiveRp 300.000 Rp 400.000
Tangerang-BukittinggiJumbu Non AC ExcecutiveRp 300.000 Rp 400.000
Tangerang-PadangJumbo Non AC ExcecutiveRp 300.000 Rp 400.000
Bandung-BukittinggiJumbo Non AC ExcecutiveRp 320.000 Rp 425.000
Bandung-PadangJumbo non AC ExcecutiveRp 320.000 Rp 425.000
Depok-BukittinggiJumbo non AC ExcecutiveRp 320.000 Rp 425.000

Itulah tadi penjelasan lengkap tentang Perusahaan Otobus NPM. Perusahaan Otobus terbesar di Sumatera Barat ini merupakan layanan transportasi yang awalnya melayani rute antar kota antar provinsi di Provinsi Sumatera Barat saja, kini terus dikembangkan menjadi bus antar kota antar pulau yang tidak hanya melayani rute perjalanan di Sumatera Barat saja namun juga hingga ke Pulau Jawa. Sebagai salah satu moda transportasi yang sangat diandalkan oleh masyarakat karena bisa menjangkau wilayah dan perjalanan lebih luas, perusahaan otobus pun kini terus berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumennya. Seperti juga pada perusahaan otobus NPM ini. Meskipun sejauh ini NPM hanya memiliki dua kelas perjalanan dengan rute dan harga tiket bus NPM seperti yang dijelaskan di atas, namun ini tentu saja sudah menjadi alat mobilitas yang sangat membantu bagi masyarakat.