Monitoring Pergerakan Kapal

Monitoring Pergerakan Kapal

Monitoring pergerakan kapal adalah teknologi yang masih cukup baru. Sebelumnya memang di dunia kelautan Indonesia telah mengajarkan bagaimana cara melakukan monitoring kapal mancanegara. Barulah belakangan ini muncul website yang memberikan info tentang monitoring pergerakan kapal.

Monitoring Pergerakan Kapal di Selat Sunda

Website tersebut adalah pmmc monitoring kapal bakauheni, memberikan info monitor kapal di Selat Sunda. Lebih tepatnya lagi pergerakan kapal yang berada di antara Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Merak. Tak hanya seperti titik-titik keterangan kapal saja.

Namun dari titik yang ada (yang mana menandakan kapal) bisa di klik untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Jika di klik maka akan muncul gambar kapal yang bersangkutan, durasi berada di air (Selat Sunda), status, ETA, tujuan, dari mana, SOG, dan lain-lain. Anda bisa melihat lebih detail OPP merak bakauheni di website tersebut.

Monitoring pergerakan kapal merak bakauheni jelas sangat bermanfaat. Baik untuk siapapun yang terjun di dunia kelautan, hingga siapa saja yang sekedar ingin mengetahui pergerakan kapal di Selat Sunda. Memang baru pergerakan kapal di Selat Sunda saja yang bisa dimonitori. Untuk wilayah laut lainnya di Indonesia mungkin sedang dibuat atau belum siap saja dipublikasikan.

Saat Anda membuka website nya sendiri nanti, mungkin saja website tersebut tidak bisa dibuka atau ada keterangan bahwa ada masalah. Jika demikian, Anda bisa kembali lagi sesaat kemudian. Sebab biasanya website sedang di maintenance jika ada orang yang membukanya namun tidak bisa. Wajar saja, karena inovasi ini bisa dikatakan masih cukup baru dan membutuhkan pembaruan atau perawatan.

Info Kapal Laut Lainnya

Monitoring kapal merak dan monitoring kapal bakauheni tak hanya mudah diketahui saja. Tak hanya bisa diakses kapan saja dan di mana saja, melainkan juga bisa memberikan manfaat. Mungkin saja Anda membutuhkan informasi pergerakan kapal untuk memonitori barang cargo, mengetahui informasi saudara yang datang menggunakan kapal, dan lain sebagainya.

Jadwal Penyeberangan Kapal

Selain informasi monitoring pergerakan kapal ada informasi lain yang tak kalah pentingnya untuk Anda ketahui. Jika itu tentang pergerakan kapal, maka jadwal keberangkatan kapal mungkin akan Anda butuhkan. Berikut ini jadwal keberangkatan kapal ferry dari Pelabuhan Merak ke Pelabuhan Bakauheni.

Di dermaga 1 dan 4, kapal yang beroperasi adalah Mabuhay Nusantara, Elysis, Kirana II, Wira Kencana, dan Mustika Kencana. Kapal Dharma Kencana IX, Menggala, Mitra Nusantara, Farina Nusantara, Duta Banten, dan SMS Mulawarman beroperasi di dermaga 2. Di dermaga 3 diantaranya kapal Adinda Windu Karsa, SMS Sagita, Wira Artha, Zoey, dan Dharma Rucitra I. Sedangkan di dermaga 3 ada Zoey, Dharma Rucitra I, SMS Sagita, dan Adinda Windu Karsa.

Di dermaga 5 ada kapal Dorothy, ALS Elvina, Neomi, Reinna, dan Salvino. Kapal Nusa Agung, Jagantara, Virgo 1 B, dan wira Berlian beroperasi di dermaga 7. Sedangkan dermaga 8 hanya diperuntukkan kapal-kapal eksklusif, seperti Jatra III dan Portlink III. Jadwal-jadwal kapal yang beroperasi antara Pelabuhan Merak dengan Pelabuhan Bakauheni ini terhitung per 13 Agustus 2019.

Daftar Harga Kapal Ferry

  1. ASDP Indonesia Ferry telah menetapkan biaya tiket kapal ferry untuk kapal-kapal di atas (Pelabuhan Merak-Pelabuhan Bakauheni) cabang Merak. Untuk orang dewasa yang menggunakan kapal reguler dibebankan biaya 15 ribu rupiah dan 8 ribu rupiah saja untuk anak-anak. Sedangkan jika dikehendaki kelas eksklusif maka per orang untuk dewasa adalah 50 ribu dan 34 ribu untuk anak-anak.

Bisa juga mengantar kendaraan Anda yang mana bisa disebut sebagai cargo. Masing-masing jenis kendaraan berbeda tarifnya dan telah diklasifikasikan menjadi beberapa golongan. Golongan 1 atau untuk sepeda biaya di kapal kelas reguler adalah 22 ribu dan 62 ribu di kapal eksklusif.

Golongan 2 atau untuk kendaraan roda dua adalah 51 ribu untuk kapal reguler dan 88 ribu untuk kelas eksklusif. Golongan 3 diisi oleh kendaraan roda tiga dan kendaraan roda dua yang berkapasitas 250cc atau lebih, tarifnya untuk kelas reguler 114 ribu dan 147 ribu untuk kelas eksklusif.

Mobil Sedan, Jeep, dan mobil dengan panjang sampai 5 meter masuk golongan 4 Pnp, yang mana biayanya 374 ribu di kapal reguler atau 579 ribu di kapal eksklusif. Sedangkan transportasi barang seperti pickup dan box yang panjangnya sampai 5 meter masuk ke golongan 4 Brg, harganya 326 ribu untuk kelas reguler dan 385 ribu untuk kelas eksklusif.

Bus sedang dan truk sedang masuk golongan 5. Untuk truk sedang biayanya 645 ribu untuk reguler dan 687 ribu untuk eksklusif. Jika bus sedang maka 774 ribu untuk reguler dan untuk eksklusif 1 juta lebih 19 ribu.

Perusahaan Angkutan Penyeberangan

Ada beberapa angkutan penyeberangan sekaligus yang beroperasi di Selat Sunda. Sebelum Anda membeli tiket atau menggunakan jasanya, bisa diketahui dulu siapa saja perusahaan yang menyediakan dan apa nama kapalnya.

Perusahaan pertama adalah PT. ASDP Indonesia Ferry, yang mana menyediakan Kmp. Portlink 5, Jatra 1, Jatra 2, Jatra 3, Batu Mandi, Sebuku, Portlink, dan Portlink III. PT. Windu Karsa menyediakan dua kapal saja, yaitu Windu Karsa Pratama dan Adinda Windu Karsa. Ada empat kapal yang disediakan PT. Dharma Lautan Utama, yaitu Dharma Rucitra 1, Dharma Kencana IX, Kirana II, dan Mustika Kencana.

  1. Jemla Ferry menyediakan kapal Mufidah, Rajarakata, Menggala, Duta Banten, Virgo 18, Athaya, dan Jagantara. Trimas Kanaya, Trimas Laila, dan Trimas Fadhila disediakan oleh PT. Tri Sakti Lautan Mas. PT. Munic Line menyediakan kapal Caitlyn, Caitlyn 7, Munic 1, Munic 9, Neomi, dan Elysia.
  2. Bukit Merapin Nusantara Line memberikan Anda opsi apakah akan menggunakan kapal Seira atau Suki 2. Di PT. Surya Timur Line menyediakan kapal Amarisa, Shalem, Rishel, dan Zoey. Ada juga PT. Putera Master Sarana Penyeberangan menyediakan kapal Nusa Jaya, Nusa Dharma, Nusa Putera, Nusa Agung, Nusa Bahagia, dan Nusa Mulia.

Untuk Anda yang mencari kapal Royal Nusantara, Titian Nusantara, dan Mitra Nusantara. Kapal-kapal lainnya yang juga tersedia antara lain kapal Reinna, Dorothy, Royce 1, Elvina, Elisa, Sagita, Mulawarman, Farina Nusantara, Safira Nusantara, dan lain-lain.

Informasi monitoring pergerakan kapal, bagaimana cara melakukannya, dan bagaimana cara mencari informasi di sana sudah Anda ketahui. Anda juga sudah mengetahui jadwal keberangkatan dan perusahaan apa saja yang menyediakan kapal yang beroperasi dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak. Untuk selanjutnya Anda yang memang akan melakukan perjalanan laut di Selat Sunda atau mengirimkan barang bisa segera melakukannya.

Sebab Anda sudah tahu berapa biayanya dan kapal apa saja yang bisa Anda pilih. Barulah selanjutnya Anda bisa memonitori kapan sampainya barang cargo kiriman Anda. Yaitu dengan mengandalkan monitoring pergerakan kapal yang disediakan oleh pmmc monitoring kapal di Selat Sunda. Itulah ulasan lengkap mengenai monitoring pergerakan kapal, semoga berguna dan bermanfaat.