Marlin Test

Marlin Test

Marlin test adalah tes yang diujikan pada setiap calon pelaut untuk membuktikan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Apapun posisinya, semua yang melamar pekerjaan dalam bidang kelautan harus lolos pada tes ini.

Marlin test telah dirancang sesempurna mungkin sehingga membuat perusahaan yang mengadakan perekrutan memiliki kemudahan dalam menemukan kandidat terbaik. Oleh karena itu, Anda yang sudah bercita-cita bekerja di laut harus lolos atau setidaknya mengerti bagaimana tes marlin ini.

Kisi kisi marlin test tak lain adalah bentuk tes ini sendiri. Tak seperti kisi-kisi ujian pelajaran akademis yang mana mungkin akan menyebutkan materi sebagai kisi-kisinya. Dalam marlin test pelaut ada beberapa bentuk soal, diantaranya ada soal mendengarkan atau listening, struktur kata dan kalimat atau grammar, kosakata atau vocabulary, waktu dan angka atau time and number, pronunciation atau pengucapan, dan reading atau membaca.

Info Kapal Laut Lainnya

Karena terdiri dari beberapa jenis, maka artikel tips mengerjakan marlin test kali ini juga akan dibagi menjadi masing-masing jenis. Dengan demikian, informasi tips mengerjakan tes ini akan lebih bermanfaat dan lebih mudah dipahami. Berikut masing-masing tipsnya.

Tips Mengerjakan Tes Listening Marlin Test (Mendengarkan)

Soal pertama yang akan Anda hadapi dalam marlin test adalah soal mendengarkan. Anda sebenarnya pernah menjumpai soal yang seperti ini, yaitu saat Anda SMP atau SMA. Pada latihan ujian nasional atau ujian nasionalnya Anda diberi soal bahasa Inggris listening. Soal itu pula akan Anda temui dalam marlin test untuk bisa menjadi pelaut. Adapun beberapa tips yang bisa Anda catat adalah sebagai berikut.

Baca Soal Dulu Baru Memutar Audionya

Percayalah bahwa membaca soalnya dulu baru mendengarkan audionya akan memudahkan Anda dalam memahami apa yang dikatakan oleh speaker. Misalnya saja, contoh soal marlin test ini menanyakan kemana seseorang pergi yang dikatakan speaker. Berarti saat audio diputar, fokuslah terhadap nama sebuah tempat, karena pastilah itu jawabannya.

Tak menutup kemungkinan speaker menyebutkan dua atau lebih nama tempat. Jika demikian maka dengarkan baik-baik mana jawabannya sesuai dengan soal yang telah Anda baca. Benar adanya bukan? Bahwa jika soal diketahui terlebih dahulu, maka menjawab soal tak terlalu sulit lagi.

Gunakan Kesempatan Mendengar Sebaik Mungkin

Anda hanya akan diberi kesempatan mendengarkan audio sebanyak dua kali saja. Maka dari itu, gunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin. Jikalau sampai kesempatan habis Anda belum terlalu mengerti, setidaknya Anda sudah konsentrasi saat mendengarkannya. Pastilah ada beberapa hal yang Anda ketahui dan bisa Anda terka ketika menjawabnya.

Sering Melihat Film atau Mendengar Audio Berbahasa Inggris Sebelum Tes

Jadikan sering melihat film atau mendengar audio berbahasa Inggris adalah kebiasaan Anda sebelum menjalani marlin test pelaut. Sebab, Anda akan terbiasa mendengarkan ucapan bahasa Inggris, dan secara tidak langsung otak Anda akan belajar mencerna apa yang dimaksud orang yang berbicara dengan bahasa Inggris.

Tips Mengerjakan Grammar Marlin Test (Struktur Kata)

Tipe soal selanjutnya adalah marlin test grammar atau kosa kata. Sama dengan tipe sebelumnya, yaitu tidak ada kunci jawaban marlin test. Lebih spesifik lagi ada beberapa materi yang diuji pada tipe soal ini, diantaranya adalah tenses, preposition atau kata depan, dan struktur kalimat. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

Belajar Tenses

Ada belasan tenses utama yang harus Anda ketahui, setidaknya dasar dan contohnya saja akan lebih baik jika Anda ketahui. Namun pada dasarnya, tenses terbagi menjadi tiga bagian umum, yaitu past tenses, present tenses, dan future. Yang mana masing-masing tenses utama ini menghasilkan tenses-tenses lain yang lebih spesifik, misalnya past continuous tenses atau present continuous tenses.

Jika waktu belajar Anda tinggal sedikit, maka ambil pokok-pokok dan cari saja ciri khas dari masing-masing tense. Contohnya, mengerti kata were taken biasanya dipakai di kalimat apa atau mungkin mengerti kata being digunakan untuk kalimat seperti apa.

Kembali Mengucapkan Kalimat yang Anda Susun

Di jenis soal ketiga Anda akan disuruh menyusun kata. Beberapa calon pelaut mungkin mulai panik saat diberikan banyak kata yang teracak. Kali ini Anda bisa menyusun sesuai pengetahuan Anda dulu, barulah coba baca dalam hati kalimat yang Anda buat. Apakah terdengar aneh? Jika iya, maka susun kembali kata-kata tersebut.

Sering Membaca Bacaan Bahasa Inggris

Dengan sering membaca teks berbahasa Inggris Anda akan lebih memahami bagaimana cara menggunakan kata. Hal ini akan memudahkan Anda mengerjakan seluruh jenis soal di tipe soal marlin test ini.

Tips Mengerjakan Vocabulary Marlin Test (Kosakata)

Juga ada tiga jenis lebih spesifik pada tipe soal marlin test ini, diantaranya yaitu penentuan kosakata dengan cara mengelompokkan, dengan ada gambarnya, dan dengan menentukan kategori kata. Tipsnya adalah sebagai berikut.

Jangan Menghafalkan Kamus

Di tipe soal ini memang hanya mereka yang memiliki cukup kosakata lah yang bisa lolos. Namun tidak dibenarkan jika cara menggapainya adalah dengan menghafalkan isi kamus. Tidak akan ada habisnya dan jelas boros waktu.

Sering Berlatih Tipe Soal Vocabulary

Baik di internet maupun di buku ajar bahasa Inggris sudah banyak berisi latihan soal vocabulary Inggris. Manfaatkan saja media ini.

Sering Membaca Teks Bahasa Inggris

Sering membaca teks dengan bahasa Inggris lagi-lagi menjadi tips dalam mengerjakan marlin test pelaut. Benar adanya, dengan sering menemui kata-kata bahasa Inggris Anda akan menemukan kata baru yang sebelumnya belum Anda temui. Anda pun akan mencari artinya, sehingga sama saja Anda akan memperkaya kosakata bahasa Inggris Anda.

Tips Mengerjakan Time and Number Marlin Test (Waktu dan Angka)

Bisa dikatakan tipe soal marlin test pelaut ini adalah yang paling mudah. Apalagi jika Anda terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, maka menentukan bahasa Inggris suatu angka atau waktu tak lagi sulit.

Jika Anda merasa sulit mengerjakan tes ini, maka tipsnya adalah untuk menghafalkan bahasa Inggris angka dari 0 sampai 10, kemudian mempelajari aturan menggunakan angka dan bagaimana meletakkan kata-kata keterangan waktu.

Tips Mengerjakan Pronunciation Marlin Test (Pengucapan)

Anda tidak disuruh berbicara pada tes marlin ini, melainkan memilih kata yang pengucapannya sama. Contoh soal marlin test ini Anda diberi empat kata yaitu towel, courage, hour, dan our. Maka yang dipilih adalah kata towel. Sebab pengejaan o pada kata towel ini memang berbeda dari lainnya.

Pengejaan towel adalah towel biasa, sedangkan courage dieja korej, hour dan our dibaca auer. Tips mengerjakannya adalah berlatih speaking bahasa Inggris sebelum berangkat mengerjakan tes marlin. Bisa juga dengan sering-sering mendengarkan audio bahasa Inggris yang sudah ada teksnya, supaya Anda tahu bagaimana cara mengeja suatu kata.

Tips Mengerjakan Reading Marlin Test (Membaca)

Tipe soal marlin test terakhir adalah membaca. Anda akan diberi suatu teks bahasa Inggris yang mana di dalamnya ada lima kata rumpang dan harus Anda isi. Tips mengerjakan soal ini adalah dengan memilihnya dulu sesuai pemikiran Anda kemudian mencoba membacanya bersama keseluruhan kalimat. Jika terdengar kurang pas maka bisa saja kata lain jawabannya.

Itulah beberapa tips mengerjakan marlin test yang bisa Anda gunakan. Tips di atas berpotensi besar membawa Anda lolos ke tahap seleksi selanjutnya jika disertai dengan materi berbahasa Inggris yang cukup.