Daftar Perusahaan Pelayaran

4 min read

Perusahaan Pelayaran

Perusahaan pelayaran merupakan salah satu jenis usaha yang bergerak di jasa transportasi laut. Perusahaan pelayaran dapat memberi suatu manfaat yang sangat besar bagi kegiatan perpindahan barang melalui jalur perairan. Dalam kegiatannya, pelayaran dibagi menjadi dua jenis, yakni pelayaran niaga dan pelayaran non niaga. Pelayaran niaga mencakup tentang shipping business, commercial shiiping, dan merchant marine.

Info Kapal Laut Lainnya

Selain itu, jika dilihat dari trayek atau rute yang dilayari, pelayaran terbagi menjadi 2 macam, yakni kegiatan pelayaran  nasional dan kegiatan pelayaran internasional.

Perusahaan Pelayaran Di Indonesia

Di Indonesia, perusahaan pelayaran mengawasi rute atau wilayah pelayaran yang terbagi menjadi dua macam, yakni east bond dan west bond. Oleh karena itu, perusahan pelayaran di Indonesia yang berada di rute-rute tersebut merupakan perusahaan pelayaran yang strategis untuk dikembangkan.

Namun, karena fenomena perubahan iklim yang tidak menentu dan tidak dapat ditebak, pelabuhan atau perusahaan pelayaran di Indonesia bisa jadi tidak akan dilewati karena perubahan rute pelayaran menuju barat akibat perubahan iklim tersebut.

Karena Indonesia terletak pada jalur Internasional, maka di Indonesia terdapat peraturan-peraturan yang harus ditaati  terkait tentang maritim law atau hukum laut internasional. Hukum laut internasional berisikan tentang aspek-aspek pelayaran.

Meski Indonesia disebut dengan negara maritim dan memiliki banyak perusahaan pelayara, namun hingga kini, kegiatan bisnis pelayaran di Indonesia masih dipegang oleh perusahaan pelayaran asing, sehingga ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia utnuk dapat mendominasi bisnis pelayaran di Indonesia.

Berikut adalah daftar perusahaan pelayaran luar negeri yang melakukan bisnis pelayaran di Indonesia.

Perusahaan Pelayaran
Perusahaan Pelayaran

CHH Shipping International Co., LTD

Perusahaan pelayaran asal China ini memiliki kantor di Indonesia. Perusahaan pelayaran ini bergerak di bidang penyedia layanan kru asing yang profesional. Selain di Indonesia, perusahaan pelayaran asal China ini memiliki beberapa kantor di Asia Tenggara lainnya, seperti Vietnam dan Myanmar.

Timur Ship Management

Timur Ship Management merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang berasal dari Singapura. Perusahaan ini memiliki kantor di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini menyediakan pasokan layanan manajemen kapal terintegrasi penuh ke sektor pengiriman dan lepas pantai.

PT. Trans Marina Interkontinental

Perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan tata letak aset laut bersertifikat ini merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang berasal dari Singapura. Perusahaan ini memiliki kantor di Indonesia.

Selain perusahaan pelayaran luar negeri, Indonesia memiliki lebih dari 100 perusahaan pelayaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian besar perusahaan pelayaran Indonesia memiliki kantor pelayaran di Jakarta. Berikut adalah daftar beberapa perusahaan kapal di Indonesia.

PT. Indobaruna Bulk Transport

Indobaruna Bulk Transport merupakan salah satu perusahaan pelayaran yang bertempat di Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang penanganan transportasi kargo curah khusus. PT. Indobaruna Bulk Transport telah beroperasi selama 4 dekade dan menjadikan perusahaan pelayaran ini menjadi salah satu perusahaan pengiriman kapal kargo terbaik di Indonesia.

Aliyah Est Indonesia

Aliyah Est Indonesia merupakan salah satu perusahaan kapal yang memiliki kantor pelayaran di Jakarta. Aliyah Est Indonesia bergerak di bidang penyedia pelaut untuk komunitas kapal pengiriman, seperti kapal tanker kimia, kapal kargo, kapal pasokan, kapal kontainer, dan juga lepas pantai dan dengan kapal penumpang.

PT. Josh Larsen

Josh Larsen merupakan salah satu perusahaan pelayaran lokal asli Indonesia yang bergerak di bidang pelayanan industri perkapalan di Indonesia. Perusahaan ini telah beroperasi lebih dari 60 tahun. PT. Josh Larsen memiliki kantor pelayaran di Jakarta.

PT. Masaji Prayasa Cargo

Masaji Prayasa Cargo merupakan salah satu perusahaan pelayaran dari Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang. Selain itu, perusahaan pelayaran ini juga menyediakan jasa proyek logistik seperti perencanaan, desain operasional, transportasi darat dan laut, kegiatan bongkar / muat di pelabuhan serta layanan bea cukai. PT. Masaji Prayasa Cargo memiliki kantor pelayaran di daerah Cilincing, Jakarta.

Jika Anda mempunya kebutuhan atau membutuhkan kru untuk perusahaan pelayaran atau membutuhkan jasa pengangkutan, Anda dapat menghubungi kantor pelayaran terdekat agar mempermudah dalam memenuhi kebutuhan Anda.

Perusahaan Kapal
Perusahaan Kapal

Penyelenggaraan Perusahaan Pelayaran

Untuk menyelenggarakan atau mendirikan sebuah perusahaan pelayaran, dapat dilakukan oleh Badan Hukum Indonesia berupa Badan Usaha Swasta atau Badan Usaha Milik Daerah atau Negara (BUMD/N) atau dapat dilakukan oleh koperasi.

Namun sayangnya, dari ketiga Badan usaha tersebut, justru BUMN/D yang merupakan milik pemerintah belum sepenuhnya berperan secara signifikan terhadap perkembangan pelayaran di Indonesia.

Manfaat Perusahaan Pelayaran

Perusahaan pelayaran atau pelabuhan memiliki berbagai manfaat, diantaranya adalah

  1. Meningkatkan perekonomian di daerah sekitar perusahaan pelayaran dan sebagai penunjang terhadap kelancaran perdagangan antar pulau atau antar negara melalui jalur laut.
  2. Sebagai sarana pendukung kelancaran produksi suatu perusahaan atau pabrik. Perusahaan pelayaran atau pelabuhan dibutuhkan sebagai sarana untuk memperlancar pemasaran hasil-hasil produk perusahaan tersebut. Selain itu, adanya perusahaan pelayaran juga dapat mempermudah perusahaan atau pabrik dalam mendatangkan bahan pokok untuk produksi.
  3. Selain sebagai meningkatkan ekonomi, perusahaan pelayaran dapat digunakan untuk mendukung pertahanan dan keamanan suatu negara.

Syarat Perusahaan Pelayaran

Untuk mendirikan sebuah perusahaan pelayaran, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Karena hal tersebut telah tertera dalam pasal 15 Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 1969 tentang perhubungan laut. Berikut adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menyelenggarakan perusahaan pelayaran.

  • Merupakan perusahaan pelayaran milik Negara atau milik daerah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  • Merupakan badan hukum yang berbentuk PT atau Perseroan Terbatas.
  • Memiliki unit kapal lebih dari 1 unit.
  • Memiliki modal kerja yang cukup sebagai jaminan kelancaran usaha.
  • Melaksanakan kebijaksanaan dalam melakukan angkutan laut nusantara.

Apabila suatu perusahaan pelayaran sudah memenuhi persyaratan tersebut, maka perusahaan pelayaran memiliki kewajiban yang harus ditaati, diantaranya adalah.

  • Melaksanakan ketentuan sesuai dengan surat perjanjian yang dibuat bersama.
  • Menerima pengangkutan barang, penumpang, hewan, dan lain-lain sesuai dengan teknis kapal.
  • Memberikan prioritas kepada pengangkutan barang sandang pangan sesuai dengan persyaratan teknik bahan-bahan industri dan ekspor.
  • Memberitahu pejabat terkait yang ditunjuk langsung oleh Menteri Perhubungan tentang tarif pengangkutan yang dipergunakan, manifest, keanggotaan Conference atau bentuk kerjasama lainnya, dan lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan.
Jenis Jenis Pelayaran
Jenis Jenis Pelayaran

Jenis-Jenis Pelayaran

Sesuai dengan pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 1969 yang berkaitan tentang perhubungan laut, jenis-jenis pelayaran terbagi menjadi 3 bagian, yakni

Pelayaran dalam Negeri

  • Pelayaran nusantara. Pelayaran nusantara adalah pelayaran yang melayani rute antar pulau di Indonesia tanpa memandang jurusan/
  • Pelayaran lokal. Pelayaran lokal adalah pelayaran yang bertugas untuk menlayani kegiatan pelayaran nusantara dan pelayaran luar negeri.
  • Pelayaran rakyat. Pelayaran rakyat adalah pelayaran nusantara yang dilakukan dengan menggunakan perahu tradisional.
  • Pelayaran penundaan laut. Pelayaran penundaan laut adalah pelayaran nusantara dengan menggunakan kapal tongkang yang ditarik oleh kapal tunda.

Pelayaran luar Negeri

  • Pelayaran samudera dekat. Pelayaran samudera dekat adalah pelayaran dilakukan dengan rute pelabuhan-pelabuhan negara tetangga dengan jarak tidak lebih dari 3000 mil.
  • Pelayaran samudra. Pelayaran samudra adalah pelayaran yang dilakukan dengan rute ke luar negeri.

Pelayaran Khusus

Pelayaran khusus adalah pelayaran yang dilakukan dengan rute dalam dan luar negeri dengan menggunakan kapal-kapal khusus untuk mengangkut hasil industri, pertambangan, dan hasil usaha lainnya.

Perusahaan pelayaran merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan. Namun meski begitu, jika Anda ingin mendirikan sebuah perushaaan pelayaran, Anda harus memenuhi beberapa persayaratan yang tertera di atas.

Jadwal Kapal Lambelu

KeepCorn
1 min read

Jadwal Kapal Tol Laut

KeepCorn
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *