Contoh Cover Letter

Contoh Cover Letter

Inilah contoh cover letter singkat untuk magang maupun melamar kerja sebagai fresh graduate di perusahaan menggunakan bahasa Indonesia dan Inggris. Cover Letter adalah sebuah surat pengantar dari dokumen CV yang akan kamu kirimkan saat hendak melamar pekerjaan. Biasanya, Cover Letter berisi:

  • Paragraf pembuka, yaitu dari mana kamu tahu info lowongan pekerjaan ini, dan kenapa kamu tertarik dengan lowongan pekerjaan ini.
  • Paragraf isi, yaitu alasan utama kenapa perusahaan tersebut harus memilih kamu untuk menempati posisi tersebut. Dengan kata lain, kamu harus “menjual” atau “meningkatkan” potensi diri kamu sendiri agar diterima bekerja di perusahaan tersebut.
  • Paragraf penutup, yaitu ucapan terima kasih, berkas apa saja yang disertakan, dan harapan untuk dipanggil wawancara.

Cover letter seharusnya bisa mencerminkan kemampuan kamu, beserta pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu ambil. Tapi sayangnya, seringkali para calon pegawai / karyawan tak menunjukkan hal tersebut dengan tepat di dalam cover letter.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tahu bagaimana cover letter yang menarik dengan melihat contoh cover letter di bawah ini.

Kita tahu bahwa menulis surat pengantar tidaklah mudah. Kamu telah menghabiskan hampir 2 dekade dalam hidup kamu di dunia pendidikan, bagi sebagian orang, mereka juga bergabung secara aktif dalam bidang olah raga, kegiatan sekolah, klub, perhimpunan, dan lain-lain. Dan kemudian ada juga pengalaman ketika magang, kerja paruh waktu, pelatihan industri dan sebagainya. Jadi bagaimana bisa sepucuk surat pengantar begitu menyiksa?

Surat pengantar apa yang kamu inginkan? Seperti yang telah dijelaskan, cover letter ialah sebuah dokumen yang dikirim dengan CV kamu untuk menyediakan informasi tambahan tentang keterampilan dan pengalaman. Surat ini seperti promosi dagang yang memungkinkan kamu untuk berjualan kepada si perekrut kerja tentang mengapa kamu berkualitas dan sesuai untuk pekerjaan yang kamu lamar nantinya.

Baca Juga : Contoh Power Point Keren yang Baik dan Benar

Contoh Cover Letter Bahasa Indonesia

Cover letter akan menjadi perhatian tersendiri saat kamu mengajukan surat lamaran kerja. Cover letter Bahasa Indonesia yang baik akan menambah nilai plus agar kamu dilirik rekruter. Penting buat kamu memahami bagaimana cara membuat cover letter yang baik dan berkualitas. Nah, berikut ini adalah contoh cover letter yang bisa kamu pelajari:

Tiyarman Gulo

Padang, Sumatera Barat

0857-8909-8765

[email protected]

Dengan hormat,

Bersama ini saya menyampaikan kepada bapak/ibu pimpinan, tentang minat saya untuk posisi yang saya sebut di atas. Saya melihat iklan lowongan pekerjaan yang tertulis di koran Jawa Pos pada tanggal 21 September 2019.” – Pembuka

Saya menyelesaikan studi S1 di Fakultas Management – Universitas Brawijaya (UB) Malang, tahun 2019. Pekerjaan terakhir saya sebagai marketing di PT Bentoel Internasional tbk, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi rokok. Sebelumnya saya bekerja di PT Sampoerna tbk, sebagai kepala bagian selama kurang lebih dua tahun dan di PT Gudang Garam sebagai marketing selama tiga tahun.

Saya sangat tertarik dengan posisi kerja sebagai marketing sehingga dalam setiap kesempatan saya berniat untuk meningkatkan kemampuan di dalam diri saya sehingga bisa menjadi pekerja yang lebih baik lagi. Saya sudah memperkenalkan diri melalui ketrampilan yang saya miliki mulai dari ketrampilan dalam mengoperasikan komputer baik software ataupun hardware. Selain saya bisa bekerja di perkantoran, saya juga mengenal tentang design grafik dan cara pengolahan grafik.

Saya merupakan pribadi yang bisa beradaptasi dengan mudah terlebih dalam menyesuaikan budaya organisasi. Saya juga bisa menyesuaikan diri dengan teman satu tim untuk bisa mencapai target lebih baik dari sebelumnya.

Pada saat kuliah, saya selalu aktif dan ikut serta dalam melakukan kegiatan kemahasiswaan. Organisasi kampus yang pernah saya ikuti adalah forum lintas wacana dan juga forum kreatif bakat dengan menduduki jabatan sebagai sekretaris.

Saya merasa yakin dengan kombinasi pengalaman saya dan pendidikan sekiranya saya bisa menguntungkan perusahaan Anda. Rasa antusiasme yang tinggi dalam melakukan berbagai kegiatan di luar akademik sudah memberikan pelajaran terbaik dalam meningkatkan kepemimpinan karena ketrampilan komunikasi yang saya miliki sangat baik. Selain melampirkan resume saya juga melampirkan beberapa sertifikat untuk refrensi.” – Isi

Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan supaya bisa berbicara dengan bapak atau ibu pimpinan dalam waktu dekat dan menjelaskan mengapa saya calon yang kompatibel untuk posisi tersebut.” – Penutup

Hormat saya,

ttd.

Tiyarman Gulo

Dengan menuliskan cover letter yang benar-benar sempurna dan bisa dipahami, besar peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Ingatlah, kamu pasti mendapatkan banyak pesaing dari berbagai kalangan yang bahkan lebih pintar. Jadi, sudah seharusnya kamu menunjukkan kualitas diri yang baik melalui cover letter.

Contoh Cover Letter Fresh Graduate

Apakah kamu baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja? Jika iya, maka yang kamu butuhkan saat ini adalah membuat cover letter atau surat lamaran kerja yang nantinya akan sukses menarik perhatian dari HRD untuk merekrut kamu. Cover letter adalah salah satu dari beberapa hal pertama yang perlu kamu siapkan saat melamar pekerjaan. Mungkin, kamu seringkali hanya fokus pada resume atau CV saat melamar, namun nyatanya surat permohonan kerja juga merupakan dokumen pendukung terpenting yang kamu butuhkan dalam usaha mendapatkan pekerjaan dengan perusahaan impian kamu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui contoh cover letter fresh graduate ini:

Yth: HRD PT. Ceria Bersama

Dengan hormat,

Berdasarkan infromasi lowongan yang saya dapatkan dari portal lowongan kerja, Job-Like.com, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar di perusahaan Anda dengan posisi Marketing Associate.” – Pembuka

Saya adalah lulusan S1 jurusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Indonesia tahun 2017. Dengan gelar sebagai S.Ikom, saya yakin bahwa saya cocok dengan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi ini. Sebagai mahasiswa, saya telah belajar mengenai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu mengembangkan dan mendorong strategi pemasaran yang efektif.

Untuk pengalaman kerja, saya memiliki pengalaman magang di salah satu perusahaan ternama, PT. Unilever Indonesia, pada divisi Marketing. Di sana, saya belajar mengenai bagaimana perusahaan menentukan produk atau layanan apa yang akan dijual, bagaimana mencapai demografi target, dan bagaimana menanggapi tuntutan pesaing. Tidak hanya itu, saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan profesional berpengalaman yang mengajari saya cara mudah dalam memahami konsep pemasaran yang kompleks dan pada waktu-waktu tertentu.

Selain pengalaman magang, saya juga memiliki pengalaman berorganisasi aktif di mana saya menjadi anggota BEM Universitas di divisi Humas. Pengalaman tersebut terbukti membantu saya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Saya juga merupakan pribadi terampil yang memungkinkan saya berbaur dengan budaya kelompok atau tim dan terus berusaha mencapai tujuan bersama di tengah kegagalan dan kemunduran.” – Isi

Hormat saya,

Tiyarman Gulo

Menulis cover letter fresh graduate yang baik dan benar merupakan salah satu aspek paling dasar untuk diperhatikan, di mana masih banyak lulusan baru yang membuatnya secara asal-asalan. Juga perlu diingat, sebelum mengirimkan cover letter, pastikan bahwa kamu mengecek ulang tata dan susunan bahasa yang kamu gunakan.

Contoh Cover Letter Email

Menulis cover letter pada email sebetulnya tidak sulit. Kesulitan akan dialami kalau kamu memaksakan diri untuk mengirimkan lamaran kerja untuk posisi yang tidak sesuai dengan kualifikasi kamu. Sekarang mari kita bahas satu-persatu kenapa cover letter ini efektif, efisien dan mau tidak mau membuat si recruiter tergerak untuk membaca CV yang dilampirkan secara lebih detail.

  • Subjek Email. Secara jelas menyebutkan posisi yang dilamar beserta dengan pengalaman relevan yang dimiliki. Dengan email subject seperti ini, si recruiter pasti langsung tertarik untuk membaca lebih rinci isi dari email tersebut.
  • Isi Email. Cover letter pada email harus diusahakan singkat dan padat. Tidak ada satu paragraf pun yang ditulis lebih dari tiga baris.  Ingat, email kamu hanya akan dibaca tidak lebih dari sepuluh detik.
  • Pengalaman Yang Relevan. Supaya tepat sasaran, tuliskan relevant experience kedalam cover letter yang dituliskan pada email kamu. Tiap Paragraf  secara tepat sasaran menyebutkan “hal yang paling penting dan mendesak” yang dicari oleh si recruiter.

Ketika email subject kamu tidak memancing perhatian si recruiter, jangan salahkan kalau email kamu mungkin terlewat untuk dibaca. Itulah pula sebabnya kenapa sedari dulu perlu penekanan betapa pentingnya untuk “sadar diri” dengan hanya mengirimkan CV kamu untuk melamar posisi yang minimal memenuhi 90% dari seluruh kualifikasi yang kamu miliki.

Contoh Cover Letter Bahasa Inggris

Kita akan membahas tentang surat lamaran pekerjaan atau cover letter yang ditulis dalam bahasa Inggris. Sebelum kita masuk ke contoh cover letter, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunannya.

  1. Pembukaan. Pertama, pada siapa surat tersebut ditujukan. Biasanya, poin ini merujuk pada pihak HRD atau kepala manajer, dan bisa juga yang lain bergantung pada referensi yang didapat. Kedua, salutation atau salam. Gunakan ‘Dear Sir/Madam’ apabila kita belum mengetahui pasti kepada siapa surat tersebut ditujukan. Namun jika sudah mengerti secara jelas penerima surat tersebut, gunakan ‘Dear Mr./Mrs./Ms.’ diikuti nama belakang yang bersangkutan.
  2. Isi. Selanjutnya, pastikan isi surat tidak terlalu panjang. Sebenarnya, keberadaan cover letter hanyalah sebagai formalitas dan seringkali tidak dilirik oleh pihak instansi. Namun, bukan berarti kita boleh membuat cover letter dengan asal-asalan. Tuliskan background singkat tentang pendidikan dan pengalaman kerja yang menonjol dan sertakan pula dari mana informasi lowongan kerja didapat. Kita juga bisa menyebutkan kelengkapan data yang disertakan dalam amplop/email yang dikirim, seperti curriculum vitae (CV) dan portfolio.
  3. Penutup. Untuk penutup, tidak ada ketentuan khusus. Gunakan bahasa formal dan tuliskan nama lengkap. Selain itu, pastikan untuk tidak membuat kesalahan dalam penulisan maupun tanda baca. Jangan ragu meminta teman atau rekan untuk mengoreksi surat yang sudah dibuat sebelum dikirimkan.

Agar lebih mudah memahami bentuk dari cover letter dalam bahas inggris, silahkan amati contoh cover letter bahasa inggris berikut ini.

Jakarta, July 15, 2020

Attention To : Human Resources Department
PT. Uni Level Indonesia
Jl. Budi Luhur 1-5
Karawang

Dear Sir/Madam,

Based on the advertisement posted on situslowongankerja.com on 1 July 2018, I found that your company is looking for a Full-Stack Developer. Through the skills and experiences listed below, I believe to be a strong candidate for this job.” Pembukaan 

Having the professional and academic experience in computer and software engineering, the field of programming and development industry has been familiar to mine. I’m a Computer Science graduate from Indonesia University, majoring in Informatics System. I’ve worked as a freelance developer for three years after graduating, and as a Software Engineer for a start-up company BukaTapak since 2015-2017.” – Isi

“I hope my past experience is intriguing enough. If you demand further details, please feel free to contact me on +62812345678. Thank you for your time. I am looking forward to hearing from you soon.” – Penutup

Sincerely,

Tiyarman Gulo

Contoh Cover Letter Singkat

Jangan menggunakan copy-paste
Ketika kamu kehabisan kata-kata, copy-paste bukan jalan keluar. Coba review beberapa artikel di beberapa contoh cover letter. Kamu akan mendapatkan ide bagaimana harus memulainya. Kata-kata apa yang tepat dan menimbulkan kesan orisinal serta individual. Selain itu HR juga sudah akrab dengan kata-kata pasaran ber modal copy-paste. Dan copy-paste adalah isu yang sangat dihindari perusahaan.

Padat
Surat lamaran intinya menyampaikan antusiasme mu terhadap pekerjaan ini. Jangan memuat kisah hidupmu secara lengkap atau mendaftar semua kemampuan kamu. Itu akan kamu sampaikan di resume. Ketika surat kamu terlihat seperti koran, maka kemungkinan besar akan diabaikan.

Ringan dan bersih
Tidak perlu menggunakan kata-kata sulit dalam hal ini, pengetahuanmu yang rinci sudah ada di CV. Jadi paragraf ini memang berisi ketulusanmu yang ingin berkonstribusi untuk perusahaan. Jangan tulis tangan. No! Gunakan program pengolah kata seperti Ms Word dan pastikan rekan Loker Jogja mengaktifkan fitur cek ejaan.

Sertakan pencapaian paling relevan dengan angka
Beberapa hal yang harus disampaikan: Informasi darimana kamu mendengar lowongan ini, pekerjaan / kesibukan apa yang kamu lakukan saat ini atau pengalaman kerja terakhir yang paling relevan dengan posisi yang dilamar, lebih baik jika kamu menyebutnya secara kuantitatif, tampilkan pencapaian terbesar / terbaik kamu seperti meningkatkan 20% penjualan produk, tambahkan pendidikan tertinggi anda dan prestasi terbaik nya. Kemudian tutup dengan pernyataan antusiasme kamu serta kesiapan untuk interview. Terakhir ucapkan terima kasih.

Baca Ulang
Baca ulang lamaran anda, pastikan ejaan dan tata bahasanya benar baik dalam bahasa indonesia dan bahasa Inggris.

Contoh Cover Letter Magang

Tak banyak perbedaan antara cover letter untuk melamar magang dan pekerjaan penuh waktu. Namun, kamu tetap harus fokus pada kebutuhan perusahaan akan karyawan magang. Cantumkan lah beberapa hal yang dapat kamu kontribusikan bagi perusahaan bila kamu diterima. Berikut ini adalah contoh cover letter magang yang bisa menjadi referensi kamu:

Jakarta, November, 2020

Hal: Permohonan Magang Kerja

Yth, Manajer Sumber Daya Manusia

PT. Teknologi Jaya Besar

Jakarta Timur

Dengan hormat,

Saya adalah mahasiswa tingkat akhir S1 jurusan Komputer.  Pada semester ini saya diharuskan melakukan Praktek Kerja (MAGANG) di salah satu perusahaan.  Oleh karena itu saya ingin mengirimkan surat permohonan magang ini kepada bapak / ibu.

Saya melakukan Praktek Kerja pada bagian komputer karena bagian tersebut sesuai dengan jurusan yang saya dapatkan saat ini. Saya Tiyarman Gulo, saya dapat bekerja dalam sebuah tim.  Mempunyai loyalitas tinggi terhadap sesuatu yang saya tekuni, kerja keras, kejujuran, komunikatif dan berpenampilan menarik adalah modal utama saya dapat cepat menerima tugas baru dan dapat cepat beradaptasi di lingkungan kerja.

Dengan pengalaman berorganisasi yang baik, bersama ini, saya Mohon izin untuk melampirkan daftar riwayat hidup, transkrip nilai semester 1 sampai dengan semester 11, pas foto terbaru dan file file lain yang sekiranya dibutuhkan.

Besar harapan saya, Permohonan Magang saya ini dapat dikabulkan.  Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

 

Tiyarman Gulo

Itulah beberapa contoh cover letter yang bisa Anda gunakan, semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!