Contoh Power Point

Contoh Power Point

Inilah berbagai contoh power point yang keren dan menarik untuk skripsi, makalah, proposal, laporan PKL, serta untuk tugas kelompok. Tampilan presentasi yang baik dan menarik berfungsi untuk menyampaikan ide kamu kepada audiens. Slide yang baik akan memudahkan audiens dengan mudah paham, yakin, dan bertindak seperti yang kamu harapkan. Dengan menggunakan slide yang menarik, sebagai presenter kamu akan lebih mudah sekaligus percaya diri dalam menjelaskan makna yang dikandung dalam slide presentasi yang kamu tampilkan nantinya.

Mengolah slide presentasi menggunakan aplikasi microsoft office powerpoint masih menjadi pilihan utama. Hal tersebut dikarenakan mayoritas pengguna komputer di Indonesia lebih familiar menggunakan produk microsoft. Microsoft PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Power Point bisa dijalankan pada komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer pada umumnya.

Program dari Microsoft ini, Microsoft office power point adalah program aplikasi untuk membuat presentasi elektronik yang handal. Presentasi power point dapat berupa teks, grafik, objek gambar, clipart, movie, suara dan objek yang dibuat program lain. Berikut contoh – contoh membuat power point yang bisa kamu jadikan referensi :

Contoh Power Point Skripsi

Untuk mengolah slide presentasi pada sidang skripsi bisa dibilang tidak mudah. Dibutuhkan sebuah pemikiran dan kerja keras untuk memilih konten, gambar, grafik dan struktur yang baik untuk presentasi kamu saat skripsi.

Sebagaimana yang kita ketahui presentasi skripsi berlangsung antara 10-20 menit. Dalam waktu yang singkat tersebut, kebanyakan kita sering merasa bingung dalam mengelompokkan materi. Kita juga merasa kesulitan membuat struktur yang baik, serta kurang mampu membuat slide yang baik dan menarik. Sehingga akhirnya kita pun membuat slide apa adanya, yang pada umumnya membosankan dan tidak asyik.

Terdapat tiga tahap yang harus kamu lakukan untuk membuat slide presentasi skripsi yang baik yaitu membuat konsep presentasi, menyusun struktur presentasi, dan membuat desain slide presentasi skripsi kamu.

  1. Merangkai Konsep Presentasi Skripsi
    Sebuah Konsep adalah sebuah gambaran tentang cerita, pesan atau informasi yang akan disampaikan saat melakukan presentasi. Membuat konsep presentasi skripsi yang baik bukanlah pekerjaan mudah. Dibutuhkan sebuah kerja keras dan kerja cerdas untuk bisa melakukannya. Untuk itu langkah yang harus kamu lakukan adalah mengelompokkan materi, guna mendapatkan gambaran ringkas dari keseluruhan isi skripsi kamu nantinya.
  2. Merangkai Struktur Presentasi Skripsi
    Dapat setelah kamu memiliki konsep yang jelas tentang materi yang akan kamu sampaikan, langkah selanjutnya adalah membuat struktur presentasi. Hal ini dilakukan supaya kamu mampu menyampaikan presentasi kamu secara baik dan ter struktur. Dengan begitu kamu akan tampil lebih baik dan memudahkan audiens / pendengar dan dewan penguji mengikuti alur presentasi yang kamu berikan.
  3. Mengolah Desain Presentasi Skripsi
    Dan setelah kamu memiliki konsep, dan struktur untuk presentasi kamu, kini saatnya kamu membuat desain slide presentasi. Untuk slide presentasi skripsi yang perlu kamu ke depan kan adalah kesederhanaan dan kejelasan. Sederhana maksudnya setiap kalimat yang kamu tampilkan tidak boleh terlampau panjang dan harus mudah dipahami. Sedangkan kejelasan maksudnya penggunaan latar belakang, warna, jenis font dan ukuran font harus mudah dibaca. Ciptakan kontras yang baik untuk slide presentasi skripsi kamu. Buat perbedaan antar elemen dalam slide kamu dan berikan penekanan pada konten yang akan kamu fokus dan lakukan.

Baca Juga : Contoh Jurnal yang Baik dan Benar

Contoh Power Point Proposal

Melakukan presentasi proposal adalah presentasi di mana kamu memaparkan rencana awal penelitian kamu dan berusaha untuk meyakinkan penguji bahwa topik kamu layak untuk diteliti. Bagi mereka yang gagal meyakinkan penguji, maka biasanya akan diminta untuk membuat proposal penelitian ulang atau istilahnya ganti topik. Tentu kamu tidak mau kan, kalau proposal penelitian yang sudah kamu cari dan buat dengan susah payah ternyata diganti topiknya? Berikut cara untuk membuat presentasi power point proposal yang baik dan benar.

  1. Mennguasai Pentingnya Penelitian serta Masalah yang kamu ajukan
    Disaat kamu ingin mengajukan topik penelitian, pastikan bahwa kamu memahami urgensi penelitian atau setidaknya memastikan bahwa apa yang kamu teliti itu penting dan berdampak, bukan hanya sekedar menyontek dari skripsi – skripsi sebelumnya. Kamu juga harus mengetahui apa tujuan yang ingin kamu dapatkan dari penelitian tersebut nantinya.
  2. Memahami Mengapa Kamu Memilih Metodologi Penelitian ini
    Saat kamu sudah mendapatkan topik yang meyakinkan, maka selanjutnya jawaban yang harus kamu siapkan adalah jawaban dari pertanyaan, Mengapa kamu sangat ingin menggunakan metodologi penelitian tersebut?. Mengapa tidak menggunakan metodologi lainnya saja? Apa kelebihan dan kekurangan dari metodologi penelitian yang kamu lakukan tersebut?
  3. Memikirkan Gambaran Keluaran atau Hasil Penelitian kamu
    Pastikan saat kamu coba mengajukan proposal penelitian dan mempresentasikannya, pastikan kamu dapat menggambarkan dengan jelas seperti apakah hasil atau keluaran dari penelitian kamu. Pastikan juga bahwa hasil penelitian tersebut dapat menjawab dan memenuhi tujuan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya.
  4. Melatih kemampuan untuk Memperlancar Presentasi kamu
    Silahkan persiapkan diri untuk membawakan presentasi proposal dengan cara berlatih dan membuat script atas apa yang ingin kamu bawakan. Umumnya, kamu memiliki waktu terbatas untuk membawakan power point ini, biasanya hanya berkisar 10 menit. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu bisa membawakan presentasi kamu secara lancar, sistematis, dan tepat waktu tentunya.

Contoh Power Point Makalah

Power Point Makalah adalah salah satu jenis karya tulis yang bersifat ilmiah dengan pembahasan permasalahan tertentu. pada umumnya pembuatan makalah bertujuan untuk memenuhi tugas tertentu seperti tugas akademik dan tugas non akademik yang di berikan oleh tenaga pendidik kepada anak didiknya.

Terdapat empat ciri-ciri power point makalah, antara lain:

  1. Akurat dan Menyeluruh
    Maksudnya disini ialah makalah yang dibuat haruslah menyajikan fakta-fakta dan gagasan yang akurat, lengkap dan tuntas.
  2. Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya
    Maksudnya disini ialah ciri yang paling penting dari setiap makalah, dimana makalah yang bagus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik sejenis.
  3. Seimbang
    Makalah yang dibuat harus mempunyai sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing.
  4. Tertata dengan Baik
    Penulisan sebuah makalah harus tertata dengan baik dan rapi, mempunyai tujuan yang jelas sehingga mudah untuk dipahami oleh pembaca.

Terdapat empat fungsi dari power point makalah, antara lain:

  1. Makalah dibuat untuk melatih penulis agar mampu menyusun karya ilmiah secara benar dan cermat, sehingga menjadi semakin menarik dan mudah untuk dicerna oleh pembacanya.
  2. Memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulisnya.
  3. Memberikan sumbangan pemikiran baik berupa konsep teoris maupun konsep praktis.
  4. Memberikan manfaat bagi perkembangan konsep keilmuan maupun pemecahan masalah.

Terdapat empat jenis dari power point makalah, antara lain:

  1. Makalah Deduktif
    Makalah deduktif adalah makalah yang berdasarkan pada kajian teoritis dan relevan dengan permasalahan yang dibahas.
  2. Makalah Induktif
    Makalah ini merupakan suatu makalah yang ditulis berdasarkan data yang empiris dan bersifat objektif berdasar pada apa yang di peroleh dari lapangan.
  3. Makalah Kajian
    Makalah kajian adalah makalah yang biasanya digunakan sebagai sarana pemecahan suatu permasalan yang kontroversial.
  4. Makalah Kerja
    Makalah kerja merupakan makalah yang dibuat dari hasil penelitian, dan memungkinkan penulis untuk berargumentasi dari suatu permasalahan yang dibahas dan didapatkan dari proses penelitian tersebut.

Susunan Power Point Makalah:

Judul

Nama yang dipakai untuk buku, skripsi, makalah atau bab yang di dalamnya dapat tersirat kan secara pendek isi atau maksud.

Pendahuluan

Pada bagian ini dikemukakan persoalan yang akan dibahas latar belakang masalah, masalah, prosedur pemecahan masalah dan sistematika uraian.

Isi

Mendemonstrasikan kemampuannya dalam menjawab masalah yang diajukan. Bagian ini boleh saja terdiri atas lebih dari satu bagian.

Kesimpulan

Bagian ini merupakan kesimpulan dan bukan ringkasan isi. Kesimpulan adalah makna yang diberikan penulis terhadap hasil diskusi/uraian yang telah dibuatnya pada bagian isi. Dalam mengambil kesimpulan tersebut, penulis makalah harus mengacu kembali ke permasalahan yang diajukan dalam bagian pendahuluan.

Contoh Power Point Menarik

Membuat Slide Judul Presentasi Dengan Baik. Dengan cara memberi font dan menciptakan kontras antar font kamu bisa membuat slide power point untuk judul yang lebih menarik.

Membuat Slide Presentasi Lebih Indah dengan Gambar dan Kata Kunci. Pilihan pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengganti slide tersebut dengan ber fokus pada gambar dan kata kunci yang tepat. Pahami setiap poin yang ingin kamu sampaikan. Ganti setiap poin dengan gambar relevan yang mampu menjelaskan poin yang kamu maksud. Berikan kata kunci yang mewakili poin tersebut.

Membuat Slide Powerpoint Kutipan yang Lebih Menarik. Pilihan kedua kamu bisa menambahkan kotak agar tulisan yang berisi kutipan tampak lebih menonjol lagi. Terlihat teks lebih dominan dan kontras dibandingkan latar belakang slide. Gunakan cara ini jika kamu ingin memberikan penekanan lebih kuat pada teks yang disampaikan sang tokoh.

Membuat Slide Rangkuman Sebuah Presentasi Powerpoint. Di akhir sebuah presentasi, kita sering melihat presenter akan membuat slide rangkuman atau kesimpulan atas poin-poin yang telah disampaikan. Banyak orang yang membuat slide rangkuman hanya dengan bullet point, Apa yang kamu rasakan? Bosan? Tentu. Cara lebih baik untuk membuat slide rangkuman mirip dengan teknik gambar dan kata kunci. Pada pilihan nya mengganti gambar dengan simbol / icon. Presentasi terasa memiliki alur yang lebih kuat.

Membuat Slide Divider Antar Bagian. Sebagai seorang presenter yang memberikan paparan, tidak jarang kamu membutuhkan slide untuk memberikan jeda istirahat sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya. Selain itu, kamu juga membutuhkan slide divider atau slide antar bagian. Ini berguna untuk menunjukkan bahwa materi presentasi telah berpindah dari satu sub topik ke sub topik berikutnya. Biasanya PowerPoint menarik ini digunakan untuk materi presentasi yang relatif panjang.

Baca Juga : Contoh Pidato Terbaru dan Terlengkap

Contoh Power Point Keren

Masalah dan pertanyaan untuk kamu untuk mempresentasikan tugas kamu, “Bagaimana saya berdiri di depan kelas dan membuat pesan saya didengar?”

Caranya adalah dengan menggunakan desain slide Power Point yang keren. Presentasi Power Point yang berkesan bukan hanya apa yang didengar oleh audiens, tetapi apa yang mereka lihat. Dengan kata lain, kamu mungkin memiliki materi terbaik yang pernah ada, tetapi jika terlihat buruk, audiens mungkin menilai nya dengan kasar atau bahkan melupakan apa yang kamu katakan.

Bayangkan kamu sedang mempresentasikan penelitian di kelas kampus. Atau anggaplah kamu seorang eksekutif perusahaan yang mengajukan konsep dalam mencari pendanaan. Tidak peduli apa yang kamu presentasikan, dan kepada siapa kamu presentasi, tujuannya benar-benar sama: persuasi. Membuat kesan yang menguntungkan, kamu mencari pengertian, persetujuan, dan kesepakatan dengan teman-teman kamu.

Kamu bisa menggunakan template desain slide Power Point yang sudah dibuat alias kamu tidak perlu repot-repot untuk membuatnya, kamu dapat mempercayakannya kepada para profesional dan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada materi kamu saat persentasi.

Power Point modern tersebut adalah situs Envato Elements. Elements menyediakan semua template power point yang dapat diunduh dengan biaya bulanan yang rendah. Kamu akan menemukan template presentasi, stok gambar, font, grafik, dan lainnya disini.

Contoh Power Point Kelompok

Ambil Perhatian Pemirsa kamu. Kesan pertama dihitung. Jika kamu ingin dilihat dengan kekaguman, kamu memerlukan slide pembuka yang menciptakan minat audiens untuk mendengar dan melihat presentasi kamu.

Perkenalkan Tim kamu. Kita percaya bahwa pemateri terhubung dengan individu di balik tugas yang dikerjakan. Menampilkan “Tim kamu” yang menampilkan anggota kelompok. Juga, ketika ingin mendatangkan perhatian dengan sebuah presentation pitch deck, tim kamu menjadi sama pentingnya dengan konsep pekerjaan kamu.

Bagikan Analisis SWOT kamu. Setelah kamu memperkenalkan tim, kamu bisa mulai membangun materi besar kamu. Salah satu cara untuk menilai pekerjaan kamu adalah dengan menggunakan analisis SWOT, dimana kamu mendata Kekuatan/Strengths, Kelemahan/Weakness, Peluang/Opportunities, dan Ancaman/Threats yang ada terhadap pekerjaan yang sedang kamu lakukan bersama team.

Menjelaskan Pekerjaan kamu dan Tim. Jadi, kamu telah mengisyaratkan pekerjaan kamu sampai sekarang dan inilah saatnya untuk menarik perhatian kembali. Ini akan menjadi saat yang tepat untuk menggunakan slide atau video untuk memamerkan hasil pekerjaan kamu bersama tim.

Contoh Power Point Laporan PKL

Format Power Point laporan PKL SMK terdiri dari:

  • Judul laporan PKL yang ditulis dengan awalan huruf kapital atau seluruhnya ditulis menggunakan huruf kapital. Cantumkan pula lokasi tempat kegiatan PKL dilakukan dengan menambahkan kata hubung ‘di’ atau ‘pada’. Logo atau lembaga pendidikan juga perlu dicantumkan pada bagian tengah sampul.
  • Data diri pembuat laporan: nama, nomor induk siswa atau nomor absen, kelas, identitas pendek sekolah beserta alamat
  • Lembar pengesahan laporan PKL yang menunjukkan bahwa laporan tersebut sudah melalui proses koreksi yang dilakukan beberapa pihak, misalnya pembimbing, kepala sekolah, hingga kepala tempat magang
  • Motto (dapat diambil dari kutipan tokoh-tokoh terkenal atau dibuat berdasarkan kondisi diri sendiri)
  • Identitas siswa, sekolah, serta perusahaan tempat magang
  • Kata pengantar laporan: judul diletakkan pada bagian tengah, memperhatikan penggunaan huruf kapital, mengucapkan syukur pada Tuhan YME, memohon kritik dan saran dari para pembaca, menyebutkan terima kasih pada para pihak yang sudah membantu proses pembuatan laporan, peutup, tanda tangan penyusun, tanggal pembuatan, nama penyusun laporan PKL
  • Daftar isi dan daftar gambar laporan PKL:
  1. Lembar pengesahan sekolah
  2. Lembar pengesahan perusahaan
  3. Lembar pengesahan penguji sekolah/tempat studi
  4. Identitas sekolah
  5. Identitas siswa
  6. Identitas perusahaan
  7. Kata pengantar
  8. Daftar isi
  9. Daftar gambar
  10. Daftar tabel
  11. BAB I (PENDAHULUAN): Latar Belakang PKL, Tujuan PKL, Alasan Pemilihan Lokasi PKL, Metode Pengumpulan Data, Manfaat PKL, Kerangka Laporan
  12. BAB II (PROFIL PERUSAHAAN): Data Umum Perusahaan, Sejarah Perusahaan , Visi dan Misi Perusahaan, Aset Perusahaan, Tata Tertib Perusahaan, Jam Kerja Perusahaan
  13. BAB III (PEMBAHASAN): Dasar Teori, Pembahasan
  14. BAB IV (KESIMPULAN DAN SARAN): Kesimpulan, Saran
  15. Daftar Pustaka
  16. Lampiran-Lampiran

Download Contoh Power Point Terlengkap

Contoh Power Point
Contoh Power Point

Untuk Anda yang mau download powerpoint keren seperti diatas bisa langsung klik disini download power point.

Secara umum, pembahasan umum laporan PKL memuat poin-poin yang sudah disebutkan di atas. Tidak jarang pula sekolah memberikan format khusus terkait pembahasan yang harus dituliskan di dalam laporan dan contoh power point lainnya.

error: Content is protected !!