Teks Ulasan

Teks Ulasan

Info lengkap mengenai teks ulasan mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, kelebihan, kekurangan, dan contoh terbarunya ada disini. Menonton film adalah sebuah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, karena menjadi ajang liburan dari kesibukkan kerja dan salah satu tontonan yang bisa dilakukan dengan teman adalah menonton bioskop. Kesan dalam menonton memang berbeda, tergantung dari siapa yang menilainya dan penilaian tentang sebuah hal yang disaksikan masuk dalam bahasan teks ulasan.

Pengertian Teks Ulasan

Pengertian teks ulasan adalah teks yang berisi tentang penilaian atau ulasan mengenai sebuah karya dan penilaian karya dihasilkan dari membaca, menonton atau mendengarkan. Secara umum semua karya seni memiliki bilai jual yang berbeda-beda dan setiap karya pasti memiliki target penyukanya. Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak insan kreatif untuk menghasilkan karya.

Loading...

Sebuah karya yang dihasilkan dengan kreatifitas dan ketekunan akan memiliki nilai yang tinggi. Seorang pembuat karya tentu membutuhkan kritikan atau saran agar bisa mengembangkan dirinya, semakin rendah hati maka akan semakin cepat sukses. Pengertian teks ulasan dimaksudkan untuk memberikan suntikan motovasi kepada pencipta karya, karena ulasan dihasilkan dari pengguna karya atau penonton.

Ciri Ciri Teks Ulasan

  • Ciri-ciri teks ulasan punya struktur yang jelas dengan rincian orientasi, tafsiran, evaluasu dan rangkuman
  • Informasi dihasilkan dari sudut pandang penulis mengenai suatu karya
  • Pandangan dihasilkan dari sebuah fakta yang dijelaskan dengan rinci merupakan salah satu ciri-ciri teks ulasan
  • Istilah lain untuk ciri-ciri teks ulasan adalah resensi

Struktur Teks Ulasan

  1. Orientasi

Pada bagian orientasi sebuah karya akan diberikan gambaran umunya, sehingga ulasan bisa dilakukan dengan baik. Dengan tahap orientasi pembaca akan paham mengenai hal apa yang akan di ulas. Tahapan orientasi sangatlah penting, karena mempermudah pembaca dalam menangkap maksud dari tulisan. Orientasi menjadi tahap awal pembuatan teks ulasan.

Loading...
  1. Tafsiran

Tafsiran adalah bagian struktur teks ulasan yang akan memberi penjelasan secara rinci tentang sebuah karya dan dengan tafsiran pembaca bisa mengetahui berbagai hal mengenai sebuah karya yang diulas. Contoh tafsiran yang banyak ditemukan dalam struktur teks ulasan seperti keunikan pemeran dalam sebuah drama korea, kualitas kata-kata yang muncul dalam buku dan berbagai contoh lainnya.

  1. Evaluasi

Evaluasi adalah bagian yang mengungkapkan pandangan atau penilaian dari penulis terhadap sebuah karya yang dibaca atau ditontonnya dan evaluasi dilaksanakan dengan cara yang baik. Pada tahap evaluasi, penulis akan menyebutkan berbagai bagian penting dalam sebuah karya yang diulas, baik yang bernilai baik ataupun buruk.

  1. Rangkuman

Rangkuman adalah bagian akhir dalam pembuatan struktur teks yang biasanya berisi kesimpulan dari sebuah ulasan dan dengan rangkuman. Maka teksnya ini akan menjadi sebuah teks ulasan yang utuh. Pada bagian ini, penulis biasanya memberikan komentar mengenai suatu karya dan bagus atau tidaknya sebuah karya akan disimpulkan di bagian rangkuman.

Teks Ulasan

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

  1. Unsur Karya

Sebuah seni pasti memiliki berbagai unsur didalamnya dan setiap seni diciptakan dengan cara yang bervariasi. Dalam kaidah kebahasaan teks, tentu akan menonjolkan berbagai unsur-unsur dalam sebuah karya seni seperti kelebihan, kekurangan dan lain-lain. Suatu karya seni memiliki nilai yang berbeda, tergantung dari siapa yang menilainya.

  1. Kata Persuasif

Kata persuasif adalah berbagai kata yang mengandung unsur ajakan untuk melakukan suatu hal dan kata persuasif disini sesuai dengan keinginan penulis. Dalam penulisan teks ulasan, tentu akan menggunakan berbagai kata yang sifatnya ajakan, permintaan atau himbauan. Namun semua katanya tidak memaksa, karena hanya sekedar opini yang dikeluarkan penulis.

  1. Konjungsi Internal dan Eksternal

Konjungsi internal adalah konjungsi yang menggabungkan antara argumen dalam dua klausa dan konjungsi internal bisa dikelompokkan menjadi penambahan, perbandingan, waktu dengan sebab akibat. Sedangkan konjungsi eksternal adalah konjungsi yang menggabungkan 2 peristiwa sekaligus. Dalam pembuatan teks biasanya mengandung konjungsi internal dengan eksternal.

  1. Ungkapan Perbandingan

Dalam pembuatan teks pasti ada ungkapan perbandingan didalamnya, baik persamaan atau perbedaan. Dengan perbandingan yang baik, maka pengguna karya akan mudah memahami isi teks dan pengguna juga bisa mengambil keputusan mengenai bagus tidaknya sebuah karya. Semakin bagus sebuah karya, maka akan ungkapan perbandingan yang menguntungkan.

  1. Kata Kerja Material

Kata kerja material adalah kata kerja yang berisikan predikat dalam sebuah kalimat dan acuan dalam kata kerja material adalah sebuah tindakan atau berbagai bentuk aktivitas. Kata kerja material bisa juga diisi dengan kata benda dan kata sifat. Kata kerja material selalu digunakan dalam pembuatan teks ulasan suatu karya.

Kelebihan dan Kekurangan Teks Ulasan

  1. Kelebihan
  • Menambah wawasan berkaitan dengan karya
  • Pembaca bisa memiliki rasa menghargai terhadap karya ciptaan orang lain
  • Kritis terhadap suatu karya
  1. Kekurangan
  • Informasi mengenai suatu karya, tergantung dari pemahaman penulis
  • Pilihan kata yang tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia, akan menimbulkan pemahaman yang berbeda

Contoh Teks Ulasan

  1. Judul : Kapten Tsubasa
  • Orientasi

Film Kapten Tsubasa adalah film kartun yang bercerita tentang sepak bola dan film ini adalah anime yang populer di Indonesia. Kebanyakan penyuka film kapten tsubasa adalah anak-anak dan film ini pernah tayang di beberapa stasiun tv ternama di Indonesia. Film Tsubasa menceritakan perjalanan karir seorang pemain bola asal Jepang.

  • Tafsiran

Dalam cerita awalnya, film menggambarkan contoh teks ulasan kesederhanaan seorang anak muda yang sekolah di sebuah SD bernama Nankatsu. Penulis juga memberikan suasana yang beragam dalam film dan berbagai rintangan selalu dihadapi untuk mencapai kemenangan. Bagian ini menceritakan perjuangan seorang kapten sepak bola yang ingin selalu memang meski dalam keadaan apapu.

Rival abadi kapten tsubasa saat di jepang adalah Hyuga dan keduanya selalu melangsungkan partai final yang seru, meskipun ujungnya dimenangkan Tsubasa. Kemudian Tsubatsa melanjutkan mimpinya untuk pergi ke Brazil dan menjadi pemain terbaik di dunia. Para pesaingnya yang berasal dari berbagai negara, harus tunduk oleh Tsubasa dan sampai akhirnya tsubasa bisa membawa timnas Jepang juara dunia.

  • Evaluasi

Film biasanya menceritakan tahap awal dengan zona lebih pendek dibandingkan dengan tahap akhirnya dan pada tahap pertengahan sampai akhir, perjuangan tsubasa terkesan lebih mudah. Film ini akan lebih bagus dengan cerita berbagai kegagalan dulu sebelum mencapai sukses, karena rintangannya selalu mudah dilewati tsubasa dan pada pertengahan sampai akhir, kapten tsubasa tidak pernah mengalami kekalahan dalam satu pertandinganpun.

Selebihnya film ini sangat menarik dan memberikan hal positif bagi para penikmatnya. Film ini memiliki kisah perjuangan yang sangat mendalam, sehingga para penontonnya bisa ikut terbawa suasana. Penonton bisa meniru kegigihan yang dimiliki tsubasa dan bisa ikut mencontoh berbagai cara tsubasa dalam mengatasi masalah.

  • Rangkuman

Dengan melupakan berbagai kekurangan yang dimiliki film, cerita dalam kapten tsubasa sangatlah menarik dan pembuatan film dilakukan dengan suasana yang pas. Film ini dikemas dengan latar belakang cerita yang jelas, jadi sangat mudah dipahami penonton dan film ini sangat cocok dengan kultur yang ada di Indonesia.

Sekian ulasan lengkap mengenai teks ulasan dan semoga semua bahasan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pembacanya.