Contoh Teks Ulasan

Teks Ulasan

Contoh teks ulasan singkat drama, cerpen, buku, film, puisi, dan novel laskar pelangi beserta penjelasan mengenai strukturnya ada lengkap disini. Teks ulasan baik itu drama, film, buku ataupun yang lain– merupakan susunan ulasan yang terdiri dari orientation atau orientasi, interpretative recount atau tafsiran, evaluation atau evaluasi dan summary atau rangkuman. Penjelasan dari masing-masing bagian adalah sebagai berikut:

1. Orientasi

Bagian pertama dari teks ulasan merupakan orientasi yang berisi tentang sebuah gambaran umum atau pengenalan dari karya yang akan dibahas. Gambaran umum tersebut dapat berisi tentang nama, fungsi dan lain sebagainya.

2. Tafsiran

Bagian tafsiran dapat argumen tentang pandangan dari penulis ulasan yang berdasarkan atas fakta tentang karya yang sedang diulis. Pandangan tersebut juga dapat ditambah dengan perbandingan karya yang diulas dengan karya lain yang memiliki kemiripan. Sehingga metode penulisan dapat berupa comparison atau perbandingan. Pun juga kelebihan dan kekurangan karya ulasan dapat ditulis di bagian ini.

3. Evaluasi

Tahap ini merupakan penilaian penulis teks ulasan terhadap karya, penampilan dan produksi dengan lebih terperinci. Isinya dapat berupa bagian-bagian karya, ciri dan kualitas yang dimiliki oleh karya yang diiulas. Selain itu tahap ini juga dapat berupa hasil penafsiran dari perbandingan yang telah dilakukan sebelumnya.

4. Rangkuman

Bagian terakhir berisi tentang ulasan akhir yang berupa simpulan dari karya yang diulas tersebut. Opini juga dapat dimunculkan di bagian rangkuman.

Tujuan dari pembuatan teks ulasan adalah agar pembaca ulasan menjadi tertarik akan karya yang dibahas. Berikut ini adalah bebeberapa contoh teks ulasan yang dapat ditulis dari novel, film, buku, cerpen, puisi dan lain sebagainya.

Contoh Teks Ulasan Novel Laskar Pelangi

Salah satu novel populer di Indonesia adalah Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Berikut ini adalah contoh teks ulasan novel Laskar Pelangi yang menggunakan penulisan per bagian dengan runtut.

Adanya keterbatasan tidak pernah membuat anggota Laskar Pelangi berputus asa. Keterbatasan tersebut malah membuat mereka semakin terpacu untuk melakukan sesuatu dengan cara yang lebih baik. Terkadang mereka malah memiliki cara kreatif yang tidak pernah terlintas di pikiran orang lain. Kisah ini terjadi di daerah Belitung Timur ketika SD Muhammadiyyah terancam akan dibubarkan jika tidak memiliki lebih dari 10 anak untuk bersekolah. Tepat ketika detik-detik penutupan sekolah, Harun dan ibunya datang untuk mendaftar di SD Muhammadiyyah.

Berawal dari kedatangan Harun itulah cerita dari Laskar Pelangi mulai bergulir. Sebutan Laskar Pelangi adalah nama yang diberikan Bu Muslimah karena kesenangan anak-anak terhadap pelangi. Selain itu, siswa siswi  SD Muhammadiyah juga kerap mengharumkan nama sekolah meskipun dengan keadaan yang sangat terbatas.

Novel ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dipetik untuk remaja bahkan orang dewasa. Salah satu manfaat tersebut antara lain adalah motivasi untuk tetap bertahan dalam keterbatasan. Bahkan novel Laskar Pelangi ini juga telah difilmkan dengan judul yang sama.

Sepuluh anak yang menjadi anggota Laskar Pelangi ini memiliki karakter dan bakat masing-masing yang berbeda. Peratama adalah Ikal sebagai tokoh “aku”. Ikal memiliki teman sebangku jenius yang bernama Lintang. Selain itu, ada juga seniman berbakat yang bernama Mahar. Seniman ini memiliki seorang pengikut keturunan Tionghoa yang berma A Kiong. Sahara adalah satu-satunya murid perempuan yang memiliki karakter keras kepala dan pendirian yang kuat. Ada juga Syahdan yang memiliki keluarga nelayan.Borek adalah murid yang memiliki perawakan berotot dan kuat. Trapani adalah seorang sosok yang sangat mencintai ibunya. Harun murid dengan keterbelakangan mental yang datang terakhir dan Kucai si ketua kelas.

Selain terjual lebih dari 1 juta copy, novel yang ditulis Andrea Hirata ini tak hanya populer di Indonesia ini sudah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Tercatat di Kompas 2012, novel ini telah terbit di 20 negara antara lain Brazil, Jepang, Korea Selatan, China, Taiwan, Vietnam, Malaysia, Australia, Selandia Baru, India, Pakistan, Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Jerman, Belanda, Italia, Spanyol, Turki dan Amerika Serikat. Selain itu kesuksesan yang diraih oleh novel Laskar Pelangi adalah mampu mendapat penghargaan dalam nobel sastra.

Contoh Teks Ulasan Film Mengenai Strukturnya

Di bawah ini adalah contoh teks ulasan film mengenai strukturnya dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini.

Judul : Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Sutradara : Angga Dwimas Sasongko

Produser : Anggia Kharisma

Penulis : Angga Dwimas Sasongko, Jenny Jusuf, Melarissa Syarief

Distributor : Visinema Pictures

Rilis :2 Januari 2020

Pemain : Rio Dewanto, Donny Damara, Oka Antara, Rachel Amanda, Susan Bachtiar, Niken Anjani, Sehila Dara Aisha

Orientasi

Di balik sebuah keluarga yang hangat, bahagia dan berkecukupan, tak jarang ada luka yang tersembunyi. Apa yang dilihat orang lain hanyalah permukaannya saja. Setiap keluarga pasti memiliki rahasianya masing-masing.

Tafsiran

Cerita bermula dari ketiga kakak beradik bernama Angkasa, Aurora dan Awan. Setiap anak memiliki cerita pilunya sendiri-sendiri. Awan sebagai anak pertama dan laki-laki kerap diberi pesan untuk bertanggungjawab terhadap adik-adiknya. Sehingga Awan dewasa terus memikul tanggung jawab yang tidak terasa menjadi beban ketika ia dewasa.

Beberapa konflik yang dialami Angkasa di lingkungan keluarga, pekerjaan dan hubungan percintaan ini lambat laun bergulir menjadi bola salju yang akan membuatnya meledak seperti bom waktu. Sementara itu anak kedua, Aurora, juga memiliki masalah rasa iri terhadap kasih sayang Ayahnya yang berlebihan pada si bungsu. Selain itu, ia juga harus sering mengalah terhadap kakak dan adiknya.

Sedangkan Awan, si bungsu, sedang menikmati masa mudanya. Ia sendiri juga sedang menghadapi konflik  akan cintanya bersama seorang manager band di Jakarta. Sayangnya cinta tersebut bertepuk sebelah tangan.

Evaluasi

Menonton film ini dapat membuat kita merenung mengingat keluarga sendiri.memiliki alur dan aspek cerita yang luas, film NKCTHI ini dapat ditonton semua kalangan, khususnya orang tua. Di film inilah kita dapat memahami bahwa tidak mudah menjadi orang tua. Orang tua bahkan akan menyimpan luka seorang diri dan tidak berbagi kesedihan dengan anaknya.

Khusus untuk Ardhito Pramono yang debut pertama kali di layar lebar, aktingnya terlihat natural. Mulai dari emosi, gestur hingga caranya berdialog. Lokasi syuting film ini pun banyak memakai tempat penting di Jakarta sehingga banyak penonton, terlebih ibukota, yang merasa “relate” dengan kisah mereka.

Rangkuman

Film ini memberikan banyak pembelajaran akan peran dan hubungan kita dalam keluarga.Hubungan dengan orang tua, hubungan antar saudara, dan terakhir hubungan dengan pasangan. Selain itu ada juga ketidaknyamanan dengan diri sendiri.Film ini juga menyadarkan banyak orang bahwa setiap individu pasti bergumul dengan permasalahannya masing-masing, apapun perannya di dalam keluarga.

Contoh Teks Ulasan Buku

Salah satu contoh teks ulasan buku dapat memuat resensi mengenai buku non-fiksi. Berikut ini adalah salah satu contoh teks ulasan dari buku non-fiksi berjudul Cewek Smart.

Judul : Cewek Smart.

Pengarang : Ria Fariana.

Penerbit : Gema Insan, Jakarta.

Cetakan Pertama : 2008.

Tebal : 200 halaman.

Buku ini dapat membantu remaja perempuan untuk menyikapi permasalahn yang timbul dari lingkungan sekitar. Termasuk bagaimana cara menjadi perempuan cerdas dan berkepribadian sesuai syariat Islam.

Secara garis besar buku ini berisi dasar untuk menjadi perempuan sholeha dan cerdas. Cerdas dengan syariat Islam adalah kecerdasan yang ditujukan untuk menambah keimanan, bukan berapa besar nilai dalam raport. Selain itu kecerdasan juga diukur dari seberapa mampu perempuan menyelesaikan masalah hidupnya dengan penuh tanggung jawab.

Buku ini dapat menjadi bahan renungan tentang apa yang seharusnya dilakukan dan dihindari. Selain itu, buku ini juga mudah dipahami serta memiliki grafis lucu yang menambah ketertarikan pembaca. Hanya saja untuk warna gambar masih menggunakan konsep hitam putih.

Buku non-fiksi ini memiliki banyak sekali nasehat praktis dan sederhana yang dapat membantu perempuan muslim menyikapi masalah. Mendorong perempuan untuk makin cerdas agar tidak mudah dibodohi siapapun.

Contoh Teks Review Mengenai Strukturnya

Seperti teori yang telah dibahas di awal penulisan, berikut ini adalah resensi buku 99 Cahaya di Langit Eropa dan contoh teks review mengenai strukturnya di bagian yang terpisah.

Buku 99 Cahaya di Langit Eropa bercerita tentang pengalaman perjalanan penulis dalam mencari peradaban Islam di Eropa. Pengalaman tersebut akan banyak berisi tentang agungnya kekuasaan dan kebesaran Allah SWT serta kemuliaan Islam melalui perjalanan peradaban di masa lalu.

Adalah Hanum dan Rangga  sebagai pasangan suami istri yang tinggal di Eropa dan bertemu banyak tokoh maupun mengunjungi banyak tempat dalam perjalanan kehidupan mereka selama di Eropa. Mereka bertemu dan berbagi kisah dengan Fatma Pasha, seorang imigran Turki yang tinggal di Wina. Ada juga Natalie Deewan yang seorang dermawan, Marion Latimer seorang mualaf di kota paris, serta teman Rangga yang bernama Khan, Stefan dan Maarja.

Buku ini akan membuat pembaca ikut hanyut dalam perjalanan Hanum dan Rangga selama di Eropa. Selain itu pembaca juga akan lebih memahami tentang kehidupan Islam dan sejarahnya di benua tersebut.

Buku ini akan memberikan semangat dan motivasi dalam hal spiritual. Bagaimana kita akan dibuat kagum dengan peradaban Islam yang bahkan mungkin lebih besar dibandingkan era Korean wave saat ini.

Terlihat bahwa pada ulasan di atas paragraf pertama memuat tentang orientasi yang berupa gambaran umum novel keseluruhan. Sedangkan paragraf kedua berisi tafsiran dari masing-masing tokoh. Evaluasi di paragraf ketiga berisi tentang kelebihan buku. Rangkuman di paragraf keempat membahas tentang manfaat bagi pembaca.

Contoh Teks Ulasan Singkat

Tak hanya ulasan dari karya berupa teks atau film, contoh teks ulasan singkat juga dapat diangkat dari resensi sebuah lagu. Di bawah ini adalah contoh ulasan singkat dari lagu berjudul Heal The World.

Sebagai salah satu lagu simbol perdamaian yang dinyanyikan oleh Michael Jackson, Heal The World menyerukan ajakan untuk hidup berdasarkan kasih sayang antar sesama manusia maupun manusia dengan lingkungannya.

Lagu ini diawali dari seorang anak kecil yang sedang membaca syair. Lalu ia berpikir tentang generasi muda yang akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Asalkan memiliki kemauan untuk berusaha dan  peduli dengan kehidupan dan sesama, maka semua akan dapat menyembuhkan dunia.

Lagu ini adalah salah satu lagu pop menyentuh dan akan dikenang sepanjang masa. Hanya saja durasi yang terlalu lama dan beberapi repitisi yang agak banyak di bagian akhir dapat membuat pendengar bosan.

Contoh Teks Ulasan Drama

Di bawah ini adalah contoh teks ulasan drama dengan judul Bunga Rampai dari naskah yang ditulis oleh DN Pertiwi.

Judul : Bunga Rampai

Sutradara : Aisyah Isnaeni

Genre : Drama

Naskah : DN Pertiwi

Pemain : Ismi Laila, Iqra Al-Fikri

Tema yang diangkat oleh drama ini adalah patriarki yang memang agaknya sudah mainstream di Indonesia maupun di beberapa negara lain. Bunga Rampai bercerita tentang kehidupan gadis yang tinggal di pesisir Tanjung Balai. Menceritakan kehidupan Laila yang bermimpi tinggi namun terhambat karena adat keluarga yang menyatakan bahwa perempuan hanya boleh tinggal di rumah. Untuk itu muncul Fikri yang membantu Laila keluar dari rumah dan pembatasan adat. Mereka berdua membuktikan bahwa perempuan juga berhak bermimpi.

Meskipun memang banyak yang mengalami beberapa problem patriarki, agaknya tema ini sudah tidak terlalu menjanjikan karena ada kecondongan untuk memuliakan perempuan dan kebebasan untuk mengambil keputusan sendiri saat ini. Drama ini memiliki kelebihan pergantian adegan yang apik. Selain itu naskah yang ditulis juga lebih segar.

Contoh Teks Ulasan Cerpen

Berikut ini adalah contoh teks ulasan cerpen berjudul Nasihat Untuk Anakku dari penulis Motinggo Busye. Cerpen ini menjadi satu-satunya karya Motinggo Busye yang mendapat hadiah dari majalah sastra.

Cerpen ini bercerita tentang banyaknya perubihan yang terjadi di dunia, perjuangan dalam hidup serta berbagai macam nasih seorang Ayah untuk anaknya.

Paragraf pertama memaparkan tentang keadaan di Indonesia. Kemudia diikuti paragraf selanjutnya yang lebih detail menceritakan sulitnya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, termasuk akses transportasi yang buruk. Paragraf keempat membahas tentang perayaan ulang tahun Sang Ayah di mana Ayah yang mengajak temannya ke warung kopi sebagai bentuk perayaan hari ulang tahun. Kisah berlanjut ketika Ayah mengetahui peristiwa bunuh diri temannya.

Cerita pendek ini ditulis dengan bahasa yang cukup sulit dimengerti. Namun, cerita yang indah ini sarat akan motivasi yang dapat menjadi panutan dalam menjalani kehidupan. Untuk itu cerpen ini sangat pas untuk para remaja yang masih dalam proses memaknai hidup.

Contoh Teks Ulasan Puisi

Puisi merupakan salah satu karya sastra yang mungkin agak lebih sulit dipahami dibanding karya sastra yang lainnya. Untuk itu akan lebih mudah memilih puisi dengan permasalahan umum yang dialami oleh hampir semua kalangan masyarakat. Cinta adalah salah satu problematika yang umum terjadi.

Untuk itu berikut ini adalah contoh teks ulasan puisi dengan tema cinta yang berjudul Aku Ingin karya Sapardi Djoko Damono.

Puisi aku ingin yang ditulis oleh Sapardi Djoko Damono ini memiliki tema besar tentang cinta. Secara keseluruhan bercerita tentang keinginan “aku” untuk mencintai dengan cara yang sederhana. Hanya saja dalam analogi yang digunakan di bait pertama dan kedua, akan sangat terasa bahwa ternyata itu tidak sederhana, tetapi sangat dalam maknanya.

Puisi ini memiliki rima yang membentuk keindahan bunyi dengan adanya repetisi bunyi pada awal bait pertama dan kedua. Selain gaya bahasa repitisi, puisi ini juga menggunakan majas metafora yang tergambar pada larik kedua dan ketiga di kedua baitnya. Sedangkan citraan atau imaji yang digunakan adalah imaji perasaan, pendengaran dan penglihatan.

Secara makna, puisi ini memiliki makan yang mendalam dalam mencintai. Terlihat pada bait pertama yang berbunyi “dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu”, dapat dimaknakan proses mencintai secara kebatinan yang menggambarkan perasaan cinta pada Tuhan. Sementara itu untuk bait kedua yang berbunyi, “dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awankepada hujan yang menjadikannya tiada”, dapat menggambarkan cinta yang rela menghadapi ketiaadaan.

Demikianlah penjelasan mengenai teks ulasan berikut contoh teks ulasan yang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk mereview sebuah karya sastra. Semoga artikel ini bermanfaat.