Teks Biografi

Teks Biografi

Inilah penjelasan lengkap mengenai teks biografi mulai dari pengertian, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, struktur, tujuan, dan contoh yang baik dan benarnya. Teks dalam penulisan bahasa Indonesia yang baik memang beragam pilihan dan salah satu teks yang perlu dipelajari adalah teks ini. Untuk membuat sebuah teks biografi terbilang tidak sulit, asalkan mengetahuiberbagai kaidah dan unsur penulisannya. Teks ini harus disusun dengan tahapan yang jelas, agar menjadi teks yang menarik untuk dibaca.

Pengertian Teks Biografi

Teks Biografi adalah suatu teks yang disusun untuk menceritakan kisah seseorang dan biasanya pihak yang diceritakan memiliki pengaruh yang besar atau dianggap central di masyarakat. Dengan teks ini, pembaca akan tereduksi mengenai berbagai hal positif atau negatif yang dimiliki seorang tokoh dan teks ini sudah dikenal sejak jaman dulu di Indonesia.

Pengertian teks biografi yang baik, akan menceritakan berbagai aspek kehidupan seseorang dan penulis teks ini haruslah bersifat netral, agar menulis bisa dilakukan dengan profesional. Dengan melihat contoh yang dipaparkan dalam teks biografi, maka masyarakat akan memiliki gambaran besar mengenai kehebatan seseorang dan diharapkan banyak masyarakat yang terinspirasi dengan cerita teks ini.

Ciri-Ciri Teks Biografi

  1. Teks Fakta

Teks biografi adalah suatu teks yang dihasilkan dari fakta kehidupan seseorang, bukan sebuah teks fiksi atau karangan dan teks ini biasanya disajikan dengan naratif. Semua hal yang ditulis dalam teks biografi haruslah fakta dan penulis teks harus bisa bersikap subjektif, agar tidak melakukan pujian secara berlebihan.

  1. Struktur Teks Jelas

Struktur teks biografi haruslah disusun dengan jelas, agar tidak membuat binggung para pembaca dan teks ini jangan memuat hal yang menimbulkan tanda tanya di pembaca. Penyusunan teks biasanya menggunakan alur maju, meskipun ada juga beberapa teks yang menggunakan alur campuran dan akhir dari teks ini biasanya ada unsur kesuksesan.

  1. Bahasa Lugas

Ciri-ciri teks biografi haruslah menggunakan bahasa yang lugas dan tidak terlalu banyak memakai majas atau ungkapan. Dengan bahasa yang lugas dan jelas, maka pembaca dapat dengan mudah memahami teks biografi. Bahasa yang bertele-tele akan menimbulkan pemahaman yang berbeda di pembaca dan bisa menimbulkan konflik yang besar. Fakta harus disampaikan dengan lugas.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

  1. Kata Ganti Orang Ketiga

Dalam penulisan teks biografi, tentu akan menggunakan sudut pandang orang ketiga dan hal ini menjadi keharusan dalam penyusunan teks ini. Biografi tidak boleh ditulis langsung oleh seseorang yang masuk dalam teks. Kata ganti orang ketiga yang seringkali muncul di teks ini seperti dia dengan mereka, pemakaiannya tergantung dari berapa orang yang ditulis dalam teks.

  1. Bahasa Konsisten

Umumnya teks biografi ditulis dengan bahasa yang baku, namun bisa juga menggunakan bahasa yang tidak baku dan penentuan bahasa disesuaikan dengan tokoh yang ditulis. Tokoh yang memiliki wibawa biasanya ditulis dengan bahasa yang resmi atau baku dan tokoh yang masih mudah biasanya menggunakan bahasa yang tidak baku. Media tempat teks biografi dituangkan berpengaruh terhadap penggunaan bahasa.

Teks Biografi

Struktur Teks Biografi

  1. Orientasi

Orientasi adalah bagian yang mengenalkan suatu tokoh yang akan dibahas dan orientasi biasanya memuat alasan pemilihan seorang tokoh. Pada bagian ini akan dijelaskan pentingnya seorang tokoh dan hal ini akan membuat pembaca tertarik untuk melihat semua isi teks biografi. Orientasi haruslah disusun dengan baik, karena menjadi awal pembentukan suatu teks.

  1. Bagian Isi

Bagian isi adalah bagian yang paling penting, karena didalamnya menjelaskan kehidupan seorang tokoh dan bagian ini biasanya dimulai dari kecil sampai dewasa. Pada bagian ini dijelaskan mengenai berbagai hambatan yang dialami seorang tokoh dalam mencapai kesuksesannya dan bagian isi akan menjelaskan berbagai fakta yang muncul dalam kehidupan seorang tokoh.

  1. Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian paling akhir dalam pembuatan teks biografi dan bagian ini biasanya diisi dengan kesimpulan dari seorang tokoh. Kesimpulan dalam reorientasi harus bersikap netral, karena teks ini seluruhnya harus ditulis dengan subjektif dan kesimpulan dihasilkan dari pemikiran penulis mengenai cerita seorang tokoh.

Tujuan Biografi

  • Untuk memberikan pelajaran hidup yang dicontohkan seorang tokoh
  • Untuk menginspirasi pembaca
  • Untuk memotivasi pembaca
  • Untuk memberikan contoh yang baik
  • Untuk menambah wawasan
  • Untuk memberikan sisi lain tentang kehidupan

Contoh Teks Biografi

  1. Judul : Atep Ahmad Rizal

Atep Ahmad Rizal atau Atep adalah seorang pemain sepakbola yang lahir di Cianjur dan Atep menjadi salah satu pemain sepak bola yang dimiliki timnas Indonesia. Pada awalnya atep menimba ilmu sepak bola di PS UNI yang merupakan klub anggota dari Persib Bandung dan klub pertama Atep di liga profesional adalah Persiba Bantul.

Pada tahun 2004, Atep dilirik oleh tim Persija Jakarta dan Atep langsung menjadi pemain intin di Persija. Dengan bermain bagus di Persija, banyak klub yang menginginkan jasanya dan Atep juga tidak luput dari pantauan pelatih timnas, sehingga Atep beberapa kali masuk skuad timnas. Atep memang terkenal dengan skillnya yang memadai dan pembacaan bola yang bagus.

Pada tahun 2008, akhirnya Atep dipinang klub terbesar di Jawa Barat yaitu Persib Bandung dan permainan Atep untuk Persib terbilang cukup bagus, karena dia berhasil mencetak banyak gol. Atep menjadi pemain yang sangat disegani di Persib, karena gaya kepemimpinannya yang lugas dan Atep selalu ditunjuk pelatih untuk menjadi Kapten.

Kerja keras dari musim ke musim terus ditunjukkan Atep dan mimpinya untuk membawa Persib juara berhasil terwujud di tahun 2014. Peran besarnya terlihat saat laga semifinal melawan Arema Cronus, saat itu persib bermain imbang di laga normal dan Atep mencetak gol di masa perpanjangan waktu, sehingga Persib mampu menang untuk melaju ke partai final.

Gelar juara berhasil diraihnya setelah Atep dan kawan-kawan mengalahkan Persipura Jayapura lewat drama adu tendangan penalti. Dengan gelar juara yang dipersembahkan, Atep menjadi salah satu legenda Persib Bandung dan timnas Indonesia. Selama karirnya di Persib selalu ada ban kapten melingkar di tangannya dan banyak bobotoh yang mencintai Atep.

Meskipun kini Atep telah memasuki usia pensiun di karir sepakbolanya, namun jasanya membawa Persib juara tidak akan dilupakan bobotoh dan banyak bobotoh yang berharap, Atep akan menjadi sosok pelatih Persib di kemudian hari. Kecintaan bobotoh kepada Atep, terlihat dari berbagai lukisan Atep di berbagai sudut kota Bandung.

Atep kecil memang dilahirkan untuk sepakbola dan hampir separuh hidupnya melakukan sepak bola. Atep menjadi salah satu ikon penting di Persib Bandung, jasanya yang mampu membawa Persib Juara dan bertahan di Liga Indonesia, tentu tidak akan dilupakan bobotoh. Meskipun sosoknya sudah tidak di Persib, tapi jasanya tetap ada di hati Bobotoh.

Sekian ulasan lengkap mengenai teks biografi dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi pembacanya.