Contoh Teks Biografi

Teks Biografi

Contoh teks biografi singkat ikut strukturnya terbaru dan terlengkap tentang pahlawan dan lain sebagainya menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Biografi mungkin sudah sering anda baca atau temui. Namun bagaimana membuat teks biografi itu sendiri? Secara definisi, teks biografi merupakan bentuk tulisan atau teks yang berisikan kisah maupun cerita suatu tokoh selama mengarungi kehidupannya. Isi cerita tersebut bisa berupa kelebihan, kekurangan, prestasi, bahkan masalah yang pernah dialami oleh tokoh tersebut.

Jika biografi merupakan cerita hidup seseorang yang ditulis orang lain, autobiografi merupakan cerita atau riwayat hidup yang ditulis oleh tokoh itu sendiri. Maka dari itu sudut pandang dalam isi teks biografi dan autobiografi tentu berbeda dan menjadi ciri khas khusus agar mudah dalam membedakannya.

Teks biografi memiliki sejumlah ciri khusus yang dapat anda kenali. Yaitu:

  • Memuat informasi berisi dan berdasarkan fakta tokoh orang yang diceritakan. Informasi yang tertuang dalam biografi berbentuk narasi.
  • Berisikan fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan berbagai masalahnya hingga pada akhirnya dapat meraih sukses sehingga patut dijadikan teladan.
  • Struktur teks biografi memiliki alur yang jelas.

Membahas mengenai struktur teks biografi, berikut ini uraian mengenai bagaimana struktur biografi terbentuk:

  1. Orientasi

Tahapan ini berisikan pengenalan tokoh dengan gambaran awal mengenai sosok yang sedang menjadi topik pembicaraan.

  1. Peristiwa Masalah

Berisi kejadian yang dialami tokoh. Penjelasan suatu cerita juga termuat disini kemudian diikuti pemecahan masalah, proses karir, peristiwa menegangkan, menyenangkan, sampai menyedihkan yang dialami tokoh. Sampai pada tahap yang mengantarkannya meraih kesuksesan.

  1. Reorientas

Merupakan tahap penutup. Pandangan penulis terhadap tokoh yang dikisahkan juga ditulis dalam bab ini. bagian reorientasi sifatnya opsional. Jadi kadangkala ada atau bahkan tidak ada sama sekali.

Berdasarkan jenisnya, biografi pun terbagi menjadi beberapa macam, diantaranya:

  1. Berdasarkan Sisi Penulis
  • Yakni riwayat hidup yang ditulis orang tokoh atau seseorang yang mengalaminya sendiri.
  • Teks berisikan kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Mulai dari masalah, kekurangan, hingga kelebihan yang ditulis oleh pihak lain.
  • Authorized biography. Penulisan biografi yang sudah memperoleh izin dari tokoh yang akan dituliskan cerita hidupnya.
  • Unauthorized biography. Penulisan biografi tanpa sepengetahuan atau izin tokoh yang bersangkutan. Biasanya penulisan biografi ini karena tokoh yang hendak diangkat ke buku sudah wafat.
  1. Berdasarkan Isinya
  • Biografi perjalanan hidup yang berisikan perjalanan hidup lengkap seseorang dengan bagian yang dianggap memiliki kesan.
  • Biografi perjalanan karir. Berisikan perjalanan karir seseorang dari awal sampai akhir karir hingga mencapai kesuksesan.
  1. Berdasarkan Persoalan yang Dibahas
  • Biografi politik. Berisi cerita hidup suatu tokoh dilihat dari sudut pandang politiknya. Penulisan jenis biografi ini mesti melakukan riset untuk mendapatkan bahan tulisan. Akan tetapi, biografi ini juga tidak lepas dari kepentingan penulis maupun tokoh yang bersangkutan.
  • Biografi intelektual. Berisikan kumpulan bahan riset dari cerita tokoh namun penulisannya lebih cenderung bergaya ilmiah.
  • Biografi jurnalistik. Biografi yang berisikan hasil wawancara dari tokoh yang akan ditulis maupun tokoh rujukan pendukung cerita.
  1. Berdasarkan Penerbit
  • Indie atau buku sendiri. Yakni biografi yang diterbitkan dengan upaya perorangan. Mulai dari penulisan, percetakan, sampai pemasaran. Penulisan biografi secara indie bertujuan agar buku laku dijual di pasaran atau hanya sekedar mendapat perhatian publik.
  • Buku major atau subsidi. Penulisan biografi dengan biaya yang ditanggung oleh sponsor. Umumnya jenis biografi ini jika dilihat dari sisi komersialitas tidak akan laku karena harga jualnya terlalu tinggi.

Jika anda hendak menulis teks biografi, perhatikan pula unsur kebahasan yang harusnya digunakan. Diantaranya:

  1. Kata Hubung

Kata hubung merupakan jenis kata yang berfungsi menyambung satu kata dengan kata lainnya di dalam kalimat. Jika kata hubung berfungsi sebagai penyambung dalam kalimat, maka disebut konjungsi intrakalimat. Misalnya: tetapi, kemudian, lalu, dan.

Jika kata hubung berfungsi menyambung antar kalimat dengan kalimat lain, maka disebut sebagai konjungsi antarkalimat. Misalnya: akan tetapi, meskipun demikian, tidak hanya itu, oleh karena itu.

  1. Rujukan Kata

Yaitu kata lain yang sudah sebelumnya sudah diungkapkan. Kategori dari kata rujukan dapat dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

  • Kata rujuk hal atau benda. Contohnya: ini, tersebut, itu
  • Kata rujuk tempat. Contohnya: disana, disini, disitu
  • Kata rujuk untuk orang. Contohnya: mereka, nya, beliau, ia, dia.
  1. Peristiwa, Waktu, Tempat

Di dalam teks biografi, anda harus menggunakan kata yang fungsinya menunjukkan peristiwa, tempat, dan waktu agar pemaparan hal yang pernah dialami para tokoh dapat dituliskan dengan baik.

  1. Kata Kerja

Kata kerja merupakan jenis kata yang menjelaskan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh dalam biografi. Kata kerja pun dibagi menjadi dua macam, yakni:

  • Kata kerja dasar. Yakni kata kerja bentuk asli yang belum mengalami penambahan awaln, sisipan, atau akhiran. Contohnya “Pukul, Masak, Minum, dll”.
  • Kata kerja berimbuhan. Yaitu kata kerja yang sudah ditambah oleh awalan, akhiran, atau sisipan. Contohnya “Memukul” dari awalan me+pukul (kata kerja dasar), “Meletakkan” dari awalan me+letak (kata dasar) + kan (akhiran).

Contoh Teks Biografi Singkat

Dalam contoh biografi singkat, anda juga bisa menuliskan biografi orang-orang terdekat. Seperti misalnya orangtua, kakak, adik, dll. Penjelasan mengenai biografi orangtua umumnya menerangkan kehebatan sosok orangtua dengan ditandai berbagai kata pujian. Berikut adalah contohnya.

Ayah saya merupakan sosok yang sangat bertanggungjawab dan beribawa. Beliau bernama Ari Ahmad. Beliau lahir di Palembang pada 22 Juni 1970. Merupakan putra ketia dari lima bersaudara, orangtuanya memiliki latar kebudayaan berbeda. Yakni ibu dari Sunda dan ayah asli Palembang. Namun karena urusan pekerjaan kakek, ayah melewati masa kecilnya di Bandung.

Pasca lulus SMA, ayah merantau ke Semarang dan berkuliah di Universitas Negeri Semarang mengambil jurusan Pendidikan Guru. Selain sibuk berkuliah, sosok penyuka bakmi ini juga sibuk bekerja sambilan di toko mebel Kota Tua. Karena sibuk bekerja, Ayah tidak mampu menyelesaikan kualiahnya dan langsung pulang ke Bandung untuk mulai merintis usaha toko kelontong pada tahun 1989.

Pada tahun 1990, Ayah pun menikahi gadis Bandung asli yang merupakan teman SMA nya. Usaha toko kelontong yang dirintis Ayah memang mengalami pasang surut. Bahkan di tahun 1998 yang merupakan puncak krisis moneter, usaha toko kelontong ayah mengalami kebangkrutan karena penjarahan. Di awal tahun 1999, ayah kembali merintis usaha toko kelontong dengan sistem konsinyasi.

Namun hal tersebut tidak bertahan lama karena persaingan toko yang semakin berkembang. Kemudian dengan sisa tabungan yang dimilikinya, ayah kembali membangun toko kelontong namun dengan skala kecil. Karena kecintaannya terhadap dunia bisnis dan dibantu oleh ibu, akhirnya Ayah mulai perlahan menata ulang sistem bisnisnya.

Bahkan sejak era internet sudah semakin berkembang, bisnis toko kelontong Ayah semakin berkembang karena penjualannya dilakukan dengan sistem belanja online dan antar barang.

Hingga saat ini ketika saya sudah berkeluarga pun, toko kelontong yang ayah rintis sejak awal 1990an pun semakin berkembang. Meskipun dulunya sering mengalami kerugian terlebih di era krisis moneter.

Contoh Teks Biografi Pahlawan

Biografi pahlawan merupakan salah satu jenis teks biografi yang paling sering dijumpai. Baik pahlawan dari dalam maupun luar negeri memang menarik untuk dijadikan tulisan karena sisi heroiknya yang begitu menginspirasi. Berikut ini contoh teks biografi pahlawan yang bisa anda contoh.

Dewi Sartika lahir dari kalangan priyayi atau orang terpandang. Ayahnya bernama Raden Somanagara dan ibunya bernama Nyai Raden Rajapermas dari kawasan Sunda. Ayahnya begitu bersikeras menyekolahkannya ke Belanda. Namun ketika ayahnya meninggal, Dewi Sartika pun akhirnya dibesarkan oleh pamannya yang merupakan Patih Cicalengka.

Dari pamannya, Dewi Sartika memperoleh banyak pengetahuan kebudayaan Sunda. Sedangkan wawasannya akan budaya barat didapatkannya dari Asisten Residen asal Belanda. Dan pada 11 September 1947, beliau meninggal dunia dan dikebumikan di kawasan Cigagadon Desa Rahayu. Namun kemudian, makamnya dipindahkan ke kompleks pemakaman Bupati Bandung di daerah Karanganyar tiga tahun kemudian.

Sejak masih kecil, Dewi Sartika sudah memperlihatkan bakat akan pendidikan. Sembari bermain, ia bersama yang lainnya melakukan kegiatan membaca dan menulis. Hingga suatu saat daerah Cicalengka pun geger dengan adanya kemampuan anak pembantu yang bisa membaca, menulis, bahkan berbicara dengan Bahasa Belanda.

Memasuki masa remaja, ia kembali ke tempat ibunya di Banding. Semakin bertambahnya usia, Dewi Sartika pun semakin gigih mewujudkan keinginannya untuk memajukan pendidikan. Meski agak sulit merealisasikan mimpinya karena terjerat adat, namun ia tetap menjalankan pendidikan dan mengajar sejak 1902.

Di belakang rumah ibunya, akhirnya Dewi Sartika membuka sekolah istri dan merupakan sekolah perempuan pertama di Hindia Belanda yang dibangun pada 16 Januari 1904. Sekolah Istri pun mengalami pergantian nama sebanyak 2 kali. Pada umur sekolah yang kesepuluh, Sekolah Istri berubah nama menjadi Sakola Keutamaan Istri. Akhirnya di tahun 1920 seluruh daerah di Pasundan pun sudah memiliki Sakola Keutamaan Istri.

Pada bulan September 1929, Sakola Keutamaan Istri pun berganti lagi namanya menjadi Sakola Raden Dewi. Dan berkat jasanya dalam pendidikan, Pemerintah Hindia Belanda pun menganugerahkannya dengan bintang tanda jasa.

Tentu saja sebagai generasi muda, sudah sepatutnya untuk menghargai jasa para pahlawan. Ternyata dengan menilik perjuangan Dewi Sartika dalam memperjuangkan hak berpendidikan bagi kaum wanita, menjadi pahlawan memang bisa dilakukan oleh siapapun. Bahkan wanita juga bisa menjadi pahlawan. Meskipun tidak mengokang senjata di medan perang, dengan berjuang di bidang pendidikan dan hak asasi sudah bisa berjasa bagi negara.

Dengan perjuangan yang diraih oleh Dewi Sartika, diharapkan wanita Indonesia di era sekarang bisa meneruskan perjuangannya. Dengan tetap mendapatkan pendidikan agar bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk masa depan.

Contoh Teks Biografi Ikut Strukturnya

Dan berikut ini adalah contoh teks biografi beserta strukturnya yang bisa anda coba.

Orientasi

Raden Ajeng Kartini atau dikenal dengan Ibu Kartini merupakan pahlawan emansipasi yang begitu menginspirasi. Lahir pada 21 April 1879, tanggal kelahiran tersebut pun saat ini dijadikan sebagai peringatan khusus di Indonesia. Kartini pernah merasakan belajar di bangku sekolah dasar.

Peristiwa dan Masalah

Namun ayahnya tidak memberikannya izin untuk melanjutkan pendidikannya. Kartini muda pun tidak boleh keluar rumah sampai ia dinikahkan. Untuk menghilangkan perasaan jenuhnya, ia pun menghabiskan waktu menunggunya dengan membaca buku. Lambat laun, pengetahuan yang dimilikinya pun semakin luas.

Pemikiran dan karya wanita Eropa begitu dikaguminya. Terlebih dengan dibebaskannya wanita Eropa untuk bersekolah. Dalam sudut pandangnya, wanita tidak hanya mengurus urusan rumahtangga saja. Wanita pun harus memiliki ilmu yang lebih luas. Kartini pun bergerak degan mengajari para temannya untuk membaca dan menulis.

Kartini pun akhirnya memiliki banyak teman dari Belanda dan sering berkomunikasi dengan mereka. Salah satu teman surat menyurat Kartini dari Belanda yang terkenal adalah Mr.J.H Abendanon. Kartini pun sempat memohon kepada Abendanon untuk memberikannya beasiswa agar bisa bersekolah di Belanda.

Namun belum sempat permohonannya dikabulkan, ia sudah harus dinikahkan dengan Raden Adipati Oyodiningrat yang merupakan  Adipati Rembang. Kartini pun ikut suaminya ke Rembang.

Meskipun hijrah ke Rembang, semangatnya tak padam. Berkat kegigihan serta dukungan penuh suaminya, ia akhirnya mendirikan sekolah wanita di beberapa daerah. Mulai dari Surabaya, Semarang, Madiun, Malang, Yogyakarta, sampai Cirebon. Waktu itu, sekolah wanita yang ia dirikan dikenal dengan Sekolah Kartini.

Meski dirinya terbelenggu oleh adat istiadat, namun karena kegigihannya ia dapat menggapai cita citanya. Pada tanggal 17 September 1904, Kartini wafat di usianya yang masih 25 tahun pasca melahirkan anak pertamanya.

Reorientasi

Hasil korespondensinya dengan Abendanon pun dibukukan dengan judul Door Duistemis Tot Licht atau Habis Gelap Terbitlah Terang. Dan sesuai dengan Keppres No.108 tahun 1964, Kartini akhirnya resmi bergelar Pahlawan Nasional dan menetapkan tanggal lahirnya sebagai Hari Kartini.

Kartini pun tidak hanya terkenal di Indonesia, melainkan di luar negeri. Mulai dari kota Trecht, Amsterdam, Harleem, hingga Venlo di Belanda sana. Bahkan karena kekaguman dan jasanya, akhirnya WR. Supratman yang merupakan pencipta lagu Indonesia Raya juga membuatkan lagu berjudul Ibu Kita Kartini.

Contoh Teks Biografi Bahasa Inggris

Penulisan teks biografi pun dapat menggunakan bahasa asing. Baik itu bahasa Jepang, Korea, Spanyol, atau Bahasa Inggris yang lebih familiar di kalangan masyarakat Indonesia. struktur teksnya pun sama seperti biografi bahasa Indonesia. Di bawah ini contoh penulisan teks biografi bahasa Inggris tentang diri sendiri.

I’m Dedi Susanto. I am an english teacher and have been working as teacher for two years. I was born in Jakarta 1992. I Studied English Language and Literature in Universitas Negeri Semarang. After finishing my study in college, i worked in Kampung Inggris Semarang as English Tutor. At the first year in Kampung Inggris, i taught basic english speaking grammar at ACC English Course Semarang.

Last year, i got IELTS for Tutor Certificate and i’m still going on my self-development to be better english teacher. I also attended the Effective Public Speaking Workshop and English Workshop for Teacher. I’m interseted in preparing lesson plans and effective classroom activities.

I’m working so hard at CEC English Coirse and I am teaching IELTS Program for Preparation which is four months program. In the end of program, the tutors get together to evaluate and make plan for the next program study.

I like writting and reading. I also like playing futsal for free time. I think that although we are teacher, we also need to balance life.

Demikian uraian mengenai contoh teks biografi beserta bagaimana cara penulisannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.