Contoh Teks Deskripsi

Teks Deskripsi

Contoh teks deskripsi singkat tentang hewan, alam, tempat wisata, dan di sekolah yang bergabung strukturnya menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sebelum membahas mengenai contoh teks deskripsi akan lebih baik untuk sekilas mengetahui definisi dari teks deskripsi. Teks deskripsi merupakan sebuah teks atau paragraf yang detail dan jelas berisi tentang gambaran gagasan utama, baik peristiwa, benda, objek maupun tempat. Oleh sebab itu sebuah teks deskripsi dapat membuat pembaca mengimajinasikan atau merasakan apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.

Teks deskripsi memiliki beberapa ciri tertentu, antara lain :

  • Berisi penggambaran sesuatu, seperti misalnya benda, suasana maupun tempat.
  • Penggamabaran atau narsi sangat jelas, terperinci dan melibatkan panca indera seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecapan dan perabaan.
  • Untuk teks deskripsi yang membahas mengenai objek, berisi tentang pembahasan fisik objek di antaranya bentuk, warna, ukuran maupun ciri fisik lain dengan detail.
  • Memiliki banyak kata atau frasa yang memiliki makna sifat ataupun keadaan.
  • Membawa pembaca seolah merasakan atau mengamati secara langsung topik pembahasan.

Sebuah paragraf deskripsi membutuhkan struktur untuk menjadi satu keutuhan utuh membentuk teks. Struktur pembangun tersebut terdiri dari tiga unsur antara lain:

  1. Identifikasi – merupakan bagian yang berfungsi untuk menentukan identitas hal yang akan dibahas. Bisa orang, tempat, bendak atau objek lain
  2. Klasifikasi – berupa unsur penyusun yang memiliki sistem dalam sebuah kelompok berdasarkan standar atau kaidah yang telah ditetapkan sebelumnya.
  3. Deskripsi – penjelasan atau gambaran secara mendetail tentang objek, topik atau hal yang dibahas.

Ada tiga macam jenis teks deskripsi yang dapat dijadikan pondasi dalam penulisan yaitu:

  1. Teks paragraf deskripsi subjektif – merupakan paragraf deskripsi yang mana penggambaran objeknya berisi tentang kesan yang dimiliki oleh si penulis.
  2. Teks paragraf spatial – merupakan paragraf deskripsi yang hanya menggambarkan tempat, ruang, dan sebagainya.
  3. Teks paragraf objektif – merupakan paragraf deskripsi yang digambarkan secara murni mengenai keadaan objek yang diamati, tanpa adanya penambahan opini dari penulis. Untuk itu pembaca dapat membayangkan sendiri tanpa adanya tambahan opini.

Tingkatan selanjutnya setelah mengetahui definisi, struktur dan jenis dari teks deskripsi adalah mengenal langkah-langkah dalam penulisan paragraf deskripsi. Langkah tersebut antara lain:

  1. Menentukan objek atau tema yang akan dibahas.
  2. Menentukan tujuan.
  3. Mengumpulkan data berupa pengamatan langsung objek yang akan dibahas.
  4. Menyusun data menjadi kerangka karangan.
  5. Menguraikan kerangka karangan menjadi sebuah teks deskripsi secara jelas dan rinci sesuai dengan topik.

Berikut ini adalah beberapa contoh teks deskripsi yang dapat dijadikan acuan penulisan paragraf deskripsi.

Contoh Teks Deskripsi Singkat

Salah satu contoh teks deskripsi singkat dapat menjelaskan objek apapun. Begitu pula dengan jenis teks deskripsi yang digunakan. Misalnya hendak menggunakan jenis deskripsi subjektif, deskripsi objektif maupun deskripsi spatial. Deksripsi mengenai orang adalah salah satu deskripsi singkat yang sederhana.

Saras Nurma Lestari adalah salah satu temanku sejak SMA. Dia memiliki kulit putih bersih, rambut lurus panjang dan mata yang sipit. Bibirnya yang tipis berwarna merah muda menambah cantik parasnya. Dia Jawa asli, tapi banyak orang mengira dia dari keturunan Tionghoa.

Saras lebih sering memasang muka dingin. Tak heran ketika pertama bertemu, aku agak takut mendekatinya. Tapi lambat laun aku mengetahui bahwa dia orang yang sangat ramah dan juga baik hati. Tak segan Saras menolong teman yang kesusahan. Dia adalah salah satu teman yang selalu dapat diandalkan.

Paragraf di atas adalah salah satu bentuk teks deskripsi singkat objektif yang disertai opini penulis di paragraf kedua.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Berikut ini adalah contoh teks deskripsi tentang hewan yang menjelaskan mengenai ciri tubuh seekor kucing secara mendetail.

Aku mempunyai sebuah kucing yang ku beri nama Apu. Apu adalah kucing kampung yang juga mewarisi darah kucing Persia dari ibunya. Apu saat ini sudah berumur dua tahun, memiliki bulu berwarna jingga dan putih yang melebur menjadi satu. Warna putih melekat di kedua kaki depan, leher bawah, wajah bawah dan juga perut bagian bawah. Sementara kedua telinga, sekitar mata, leher atas, punggung, kaki belakang dan ekor ditutupi oleh bulu berwarna jingga.

Mata Apu berbentuk bulat dengan tatapan sayu yang melas. Karena itulah garis mata bagian atasnya terlihat menurun. Bola mata Apu berwarna kuning. Jika malam tiba, pupilnya berbentuk bulat penuh dan berwarna hitam. Ekor Apu panjang, membentuk tali yang membulat sempurna dengan motif garis-garis selingan antara warna jingga keputihan dengan jingga kecoklatan. Garis jingga kecoklatan pada ekor Apu berjumlah 6. Ekornya akan tegak naik ke atas bila bertemu denganku.

Badan Apu tergolong tinggi dan panjang di atas rata-rata. Karena banyak makan, ia juga memiliki 3 lapis dagu yang akan semakin terlihat berlipat ketika Apu menunduk. Sedangkan suaranya, akan sedikit sulit mendengar dia mengeong. Apu memiliki suara kucing yang tipis seakan-akan butuh tenaga ekstra jika harus mengeluarkan suara.

Paragraf di atas adalah salah satu bentuk teks deskripsi tentang hewan yang tergolong ke dalam jenis deskripsi objektif. Paragraf tidak menggunakan opini dari penulis, murni menggambarkan objek yang berupa kucing.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Salah satu contoh teks deskripsi tentang alam adalah gambaran situasi matahari terbit di sebuah gunung. Berikut dengan penjelasan perjalanan menuju ke lokasi.

Hari ini adalah pertama kalinya aku akan pergi ke gunung. Gunung yang kupilih adalah Gunung Bromo karena medannya yang relatif mudah dan termasuk ke dalam salah satu wisata alam populer. Aku berangkat jam 1 dini hari dari kota Malang menuju lokasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.Karena rasa antusiasme yang tinggi, perjalanan panjang menjadi tidak terasa. Aku sampai di lokasi sekitar pukul 3 pagi. Udara dingin menusuk tubuh meskipun kawasan parkir sudah padat dengan mobil dan wisatawan.

Aku berjalan menuju tempat  melihat matahari terbit. Udara dingin ini membuatku sesak napas. Aku pun harus berhenti beberapa kali karena merasa pusing dan tidak dapat bernapas dengan baik. Aku berdiri di sisi tiang pendopo, siap melihat keindahan alam yang segera datang beberapa menit lagi.

Garis biru muda mulai terlihat di ufuk timur. Membaur dengan warna langit yang hitam pekat. Lama kelamaan langit hitam berubah menjadi semburan gradasi berbagai macam warna biru. Mulai dari biru muda di sebelah timur hingga biru kehitaman di sisi barat. Lambat laun garis putih kekuningan muncul dengan siratan gradasi kuning dan jingga. Dingin yang membekukan tubuh, perlahan hilang dengan datangnya rasa hangat.

Ketika bola matahari sudah setengah perjalanan muncul, aku menyadari bahwa di bagian bawahku adalah hamparan kabut yang mengitari rangkaian Gunung Bromo. Lautan kabut berwarna putih berbentuk serupa kapas menambah eksotisme percampuran warna di langit. Gunung Bromo terlihat kokoh dengan lekukan di  badannya dan asap tipis yang muncul dari kawahnya. Hingga matahari bergerak semakin tinggi, kabut mulai menghilang memunculkan dataran pasir di bawahnya.

Melihat pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo adalah salah satu pengalaman paling mewah untukku. Rasa ini akan ku ingat terus selamanya.

Paragraf deskripsi di atas dapat dijabarkan menjadi identifikasi pada paragraf pertama, penutup berupa opini di paragraf terakhir dan deskripsi untuk paragraf lainnya.

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Inggris

Salah satu tulisan deskripsi bahasa Inggris yang cukup terkenal adalah novel Harry Potter karangan J.K. Rowling. Novel ini memiliki teks deskripsi dengan penjabaran yang jelas dan mendetail. Berikut ini adalah contoh teks deskripsi bahasa Inggris yang menggambarkan tentang sebuah benda.

I have a new bookshelf made of wooden pallets. This bookshelf does not need to have a large size because it installed in my bedroom. My new bookshelf is 80 cm long, 20 cm wide, and 120 cm high. It is quite enough to place books like mangas and novels.

The design of the bookshelf is pretty simple. Pallet wood has a bright color that is suitable for the Scandinavian style. So my bookshelf’s model is a simple box with five shelves. Each shelf has a different height. The first two shelves are 18 cm high and suitable for mangas. The third and fourth shelf is 22 cm which is proper for the novel. Then the last shelf has the highest high for higher books.

The design of my new bookshelf comes with no backboard and a door. To make it looks more beautiful, legs as high as 10 cm placed at the fourth point under the shelf. The legs have round and thin shapes which becomes the characteristic of Scandinavian design.

Paragraf deskripsi di atas murni menggambarkan objek berupa rak buku secara fisik.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Sekolah

Di bawah ini adalah contoh teks deskripsi tentang sekolah yang menjelaskan mengenai ciri eksterior dan interior bangunan dengan mendetail.

Tahun ini aku resmi menjadi pelajar di sebuah sekolah menengah pertama, SMP Laboratorium. Sekolah swasta ini terletak di pinggir jalan besar dan tepat di pojok. Karena berada di kawasan heritage kota, sekolah baruku ini tetap mempertahankan gaya bangunan kolonialnya.

Layaknya sebuah bangunan kolonial, tentu warna yang dominan menutupi dinding bangunannya adalah warna putih yang diselingi dengan warna abu-abu di bagian kolom bangunan dan kusen pintu maupun jendela. Sedangkan lantai kelas masih menggunakan ubin lawas berwarna abu-abu yang mirip dengan ubin di rumah nenekku.

Gedung sekolahku hanya terdiri dari satu lantai, tapi bangunannya tinggi setara dengan bangunan 1 ½ lantai atau sekitar 6 meter. Pintu tiap kelas menggunakan pintu lama dengan desain 2 daun pintu. Tiap pintu memiliki kaca yang dapat digunakan untuk melihat keadaan dari dalam ke luar, begitu pun sebaliknya.

Bagian yang menarik adalah jendela. Jendela berukuran 60 x 60 cm tampak berjajar dengan rapi di dua sisi kelas di bagian samping. Jendela normal ini memiliki bukaan menyamping. Selain itu ada juga jendela di bagian atas gedung. Jendela ini berukuran sekitar 50 x 100 cm dan berjajar tepat di bawah plafon ruangan. Jendela tinggi ini memiliki teralis dan bukaan ke depan.

Ruangan dengan dinding tinggi dan banyak jendela membuat ruangan kelas terasa dingin meskipun tidak menggunakan AC. Megahnya gedung sekolahku membuat bangunan ini terasa indah, tapi juga misterius.

Salah satu contoh teks deskripsi tentang sekolah di atas dapat diuraikan menjadi identifikasi pada paragraf pertama, penutup berupa opini di paragraf terakhir dan deskripsi untuk paragraf  lainnya.

Contoh Teks Deskripsi Bergabung Strukturnya

Etika penulisan contoh teks deskripsi bergabung strukturnya dapat melalui penyatuan ketiga struktur yang kerap digunakan, yaitu identifikasi, klasifikasi dan deskripsi bagian. Agar lebih memahami, berikut ini contohnya.

Aku mendapat hadiah bunga anggrek di hari ulang tahunku. Hadiah ini diberikan oleh temanku yang memang suka mengoleksi bunga anggrek. Ini adalah pertama kalinya aku mendapat hadiah berupa bunga. Dari ceritanya, aku banyak mendapatkan ilmu baru tentang bunga anggrek.

Ternyata suku anggrek adalah suku tumbuhan dengan jenis paling banyak. Anggrek dapat dibedakan berdasarkan tempat dia tumbuh. Jenis pertama adalah anggrek epifit yang menumpang di pohon lain. Kedua anggrek terestial yang akarnya mengambil makanan dari tanah. Ketiga anggrek saprofit yang hanya butuh sedikit matahari dan yang terakhir anggrek litofit yang tumbuh di tanah berbatu.

Hadiah yang kuterima adalah anggrek bulan ungu yang termasuk ke dalam anggrek epifit. Anggrek ini paling umum dikenal orang,  selain jenis Dendrobium. Memiliki bunga berwarna semburat keunguan yang masing-masing terdiri dari 3 kelopak bunga dan sebuah mahkota yang berwarna lebih gelap. Benang sari anggrek ini sangat pendek dengan dua kepala sari yang berbentuk cakram kecil.

Contoh di atas adalah teks deskripsi dengan gabungan struktur yang membahas mengenai anggrek. Paragraf pertama menggunakan struktur identifikasi yang berfungsi menetapkan benda yang dibahas. Paragraf kedua berstruktur klasifikasi yang menjelaskan sistem kelompok anggrek dan berfungsi sebagai benang merah paragraf ketiga yang memiliki struktur deskripsi. Struktur deskripsi tersebut membahas dengan lebih detail bagian bunga anggrek itu sendiri.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata di Indonesia

Penulisan teks deskripsi tentang tempat wisata Indonesia dapat menjelaskan fisik bangunan atau alam dari objek wisata tersebut. Selain itu juga dapat ditambahkan detail lain seperti waktu berkunjung, pola pengunjung maupun keterangan pengunjung yang lain seperti di bawah ini.

Sempat menjadi salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata candi yang terkenal di Indonesia. Salah satu candi peninggalan agama Budha ini terletak di Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di Jalan Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Pembangunan candi yang dimulai pada tahun 750 dan 850 M harus melalui empat tahap yang panjang. Hasilnya, berdirilah sebuah candi yang kokoh setinggi 42 meter dengan landasan berukuran 123 x 123 meter. Wisatawan dapat masuk dari tangga yang terletak di keempat penjuru mata angin. Jalan masuk tersebut akan membawa pengunjung melalui rangkaian gerbang yang dijaga oleh 32 buah arca singa.

Pengunjung objek wisata Candi Borobudur wajib memakai kain batik yang disediakan oleh pengelola. Hal ini ditujukan sebagai bentuk penghormatan karena Candi Borobudur juga berfungsi sebagai tempat ibadah. Kain batik yang disediakan pun terdiri dari 2 macam ukuran. Untuk dewasa memiliki ukuran 140 x 60 cm, sedangkan untuk anak berukuran 100 x 40 cm.

Demikianlah seluk beluk dan beberapa contoh teks deskripsi yang dapat dijadikan acuan dalam penulisan paragraf deskripsi. Semoga bermanfaat.