Contoh Teks Cerita Sejarah

Teks Cerita Sejarah

Kumpulan contoh teks cerita sejarah fiksi dan non fiksi pribadi yang singkat tentang pahlawan maupun candi seperti Borobudur dan dunia beserta strukturnya. Teks cerita sejarah adalah sebuah teks non fiksi yang isinya menceritakan kembali peristiwa peristiwa masa lampau berdasarkan urutan waktu yang menyebabkan lahirnya sesuatu di masa kini. Teks cerita sejarah biasanya menceritakan tentang sejarah lahirnya sebuah organisasi, tempat, monumen, sejarah kehidupan seorang tokoh, dan lain lain.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah memiliki struktur atau bagian yang membangun sebuah cerita di dalamnya. Struktur dari teks cerita sejarah yaitu :

  1. Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal dari teks cerita sejarah. Biasanya pada bagian ini akan dijelaskan pembukaan serta sedikit gambaran tentang kisah yang akan diceritakan. Pada bagian orientasi penulis teks cerita sejarah biasanya akan menggunakan kalimat kalimat pilihan yang dapat menarik dan membuat penasaran pembacanya untuk membaca teks tersebut sampai sampai selesai.

  1. Urutan peristiwa

Bagian urutan peristiwa berisi alur kisah berdasarkan urutan waktunya yang diceritakan dari awal sampai akhir. Pada bagian ini biasanya seluruh tokoh, alur, dan latar cerita akan ditampilkan.

  1. Reorientasi

Reorientasi merupakan bagian penutup dari teks cerita sejarah. Bagian ini bisa berisi kesimpulan dari keseluruhan kisah yang diceritakan, atau bisa juga berisi tentang opini singkat penulis tentang kisah tersebut. Reorientasi merupakan struktur teks yang bersifat opsional, penulis boleh tidak menyantumkan struktur reorientasi pada teks cerita sejarah yang ditulisnya.

Ciri – Ciri Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah memiliki beberapa ciri – ciri, antara lain :

  1. Menceritakan kisah nyata yang terjadi di masa lampau
  2. Kisah dalah teks cerita sejarah ditulis secara kronologis berdasarkan urutan waktu kejadian
  3. Menggunakan gaya bahasa naratif
  4. Kalimat kalimat yang digunakan sering dihubungkan menggunakan konjungsi temporal
  5. Memiliki struktur teks berupa orientasi, urutan peristiwa, dan reorientasi

Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

Setelah memahami pengertian, struktur, dan ciri – ciri teks cerita sejarah, di bawah ini akan disajikan beberapa contoh teks cerita sejarah.

Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah

Sejarah Lahirnya ASEAN

ASEAN merupakan sebuah organisasi ekonomi dan geopolitik dari Asia Tenggara. ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations pertama kali didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Organisasi ini didirikan oleh 5 negara pendiri yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailan. Pendirian organisasi ini dilakukan di Bangkok, melalui penandatanganan deklarasi Bangkok.

Awalnya organisasi ASEAN memiliki 5 negara anggota yang mendirikan organisasi ini. 7 tahun kemudian Brunei Darussalam memutuskan untuk ikut menjadi anggota ASEAN, dan disusul negara negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Setelah bertahun tahun berdiri dan berkembang, ASEAN akhirnya melakukan perluasan anggota dengan negara negara tetangga sekitar Asia Tenggara seperti Timor Leste, Taiwan, Papua Nugini, Palau dan Bangladesh.

Contoh Teks Cerita Sejarah Kelas Xii Dan Strukturnya

Sejarah Lahirnya Internet

Pada mulanya, internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Proyek ini ditujukan untuk keperluan militer.

Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah penting untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir. Tujuan lain dari proyek ini yaitu untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang dapat dihancurkan dengan mudah saat terjadinya perang

Awalnya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Santa Barbara, Stanford Research Institute, University of Utah, University of California. Mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969.

Akhirnya pada bulan Oktober 1972 ARPANET diumumkan secara resmi. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan menyebabkan semua universitas di Amerika ingin bergabung di proyek ini. Hal ini membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Akhirnya ARPANET dipecah menjadi 2 bagian, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan tersebut akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian namanya disederhanakan menjadi Internet.

Sampai saat ini internet terus berkembang menjadi semakin baik dan semakin maju, hingga semua orang sudah bisa menikmati kemudahan dari teknologi internet yang dibuat sejak 50 tahun yang lalu.

Struktur teks cerita Sejarah Lahirnya Internet

  • Orientasi : Paragraf 1
  • Urutan Peristiwa : Paragraf 2 sampai Paragraf 4
  • Reorientasi : Paragraf 5

Contoh Teks Cerita Sejarah Candi Borobudur

Sejarah Candi Borobudur

Siapa sih yang tak kenal dengan candi borobudur? Pasti semua orang di Indonesia sudah mengenal candi borobudur.  Bagaimana tidak, candi ini populer hingga ke luar negeri. Banyak yang mendatangi bangunan candi tersebut untuk berlibur, belajar sejarah, ziarah dan ritual keagamaan bahkan ada yang datang hanya sekadar mengambil foto saja.

Candi borobudur merupakan monumen megah yang terdiri atas atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar yang dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 504 arca Budha. Candi ini memiliki koleksi relief Budha terlengkap.dan terbanyak di dunia.Terdapat juga stupa utama terbesar yang terletak di Tengah sebagai mahkota bangunan ini. Dibalik megahnya candi borobudur, pasti tak lepas dari sejarah masa lampaunya. Berikut ini adalah sejarah singkat candi borobudur.

Dalam catatan sejarah, candi borobudur diperkirakan dibangun pada abad ke-9 saat wilayah yang sekarang disebut Magelang dikuasai oleh Dinasti Syailendra yang dipimpin oleh Raja Samaratungga. Raja tersebut memerintahkan untuk membangun sebuah candi. Kala itu pembangunan candinya dipimpin oleh seorang arsitek bernama Gunadharma.

Gunadharma mulai merancang dengan menggambar candi borobudur, ia memperkirakan luas candi tersebut akan mencapai ratusan meter persegi. Tanpa kecanggihan teknologi, pembangunan candi borobudur diperkirakan selesai dalam kurun waktu 50-70 tahun. Namun, sayang Gunadharma tidak bisa melihat hasil akhir dari bangunan candi borobudur.

Nama borobudur diambil dari bahasa sansekerta ‘Vihara Budha Uhr’ yang berarti biara budha di bukit. Pada masa itu mayoritas orang Jawa menganut kepercayaan Budha, sehingga candi borobudur digunakan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan keagamaan terbesar baik di tanah air maupun berbagai kerajaan di sekitar Indonesia. Masa itu candi borobudur sangat populer sampai ke mancanegara.

Saat pengaruh Islam masuk pada abad ke-15, candi borobudur mulai ditinggalkan oleh masyarakat yang berpindah ke agama Islam. Candi borobudur sempat beberapa kali terabaikan bahkan saat terjadinya letusan Gunung Merapi yang mengakibatkannya terkubur abu vulkanik membuat candi borobudur semakin diabaikan sampai 10 abad lamanya.

Pada tahun 1814, Sir Thomas Stamford Raffles berhasil  mendapat informasi bahwa ada sebuah bangunan besar yang tertimbun abu vulkanik dan semak belukar di Jawa. Ternyata bangunan tersebut adalah candi borobudur. Saat penjajahan Inggris dan Belanda, mulai ada usaha rekonstruksi candi.

Dahulu tinggi candi borobudur mencapai 42 m. Namun, saat ditemukan sampai sekarang tingginya hanya 34,5 m saja karena ada tingkatan yang sengaja dibiarkan terkubur untuk alasan menguatkan pondasi.

Candi populer saat ini populer sebagai salah satu ikon yang masuk dalam 7 keajaiban dunia dan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 setelah restorasi panjang terhadap candi Buddha terbesar di dunia ini.

Saat ini candi borobudur menjadi objek wisata tunggal Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing. Setiap tahun untuk memperingati Trisuci Waisak, candi borobudur digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan. Banyak umat Budha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara yang datang untuk memperingati acara keagamaan tersebut.

Contoh Teks Cerita Sejarah Non Fiksi

Sejarah UNICEF

UNICEF adalah kependekan dari United Nations Children’s Fund atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan Dana Anak-Anak Perserikatan Bangsa Bangsa. UNICEF merupakan organisasi Internasional yang didirikan pada tanggal 11 Desember 1946 oleh Majelis Umum PBB.

Saat pertama didirikan pada tahun 1946, organisasi ini diberi nama United Nations International Children’s Emergency Fund. Kemudian pada tahun 1953 kata “International” dan “Emergency” dihapus dari namanya, sehingga menjadi United Nations Children’s Fund.

Awalnya organisasi ini didirikan dengan tujuan memberikan bantuan kesehatan dan makanan darurat kepada negara – negara yang terdampak Perang Dunia ke-2. Kemudian pada tahun 1953 UNICEF ditetapkan menjadi bagian tetap sistem PBB, sekaligus memperluas tugasnya untuk membantu menangani kebutuhan anak – anak di negara berkembang.

Contoh Teks Cerita Sejarah Fiksi

Asal Usul Danau Toba

Pada zaman dahulu hiduplah seorang pemuda bernama Toba. Ia hidup sederhana dan tidak memiliki keluarga, kegiatan sehari harinya hanya memancing ikan di sungai untuk ia makan.

Suatu hari saat memancing, Toba mendapat ikan yang sangat besar dan indah, sisiknya berwarna emas. Toba sangat terkejut melihat ikan itu, akhirnya ia membawa pulang ikan besar itu dan memutuskan untuk memeliharanya. Namun Toba dikagetkan lagi saat ikan itu berubah menjadi wanita yang sangat cantik. Toba langsung jatuh hati pada wanita cantik tersebut.

Akhirnya toba menyampaikan kepada wanita itu bahwa ia mencintainya dan ingin menikah dengannya. Wanita itu setuju untuk menikah dengan Toba, dengan syarat Toba harus berjanji untuk tidak berkata kepada siapapun bahwa wanita itu adalah ikan. Toba menyetujui syarat itu, dan akhirnya mereka menikah.

Toba dan istrinya hidup sederhana dan bahagia. Kebahagiaan mereka semakin lengkap setelah mereka dikaruniai seorang anak laki laki yang diberi nama Samosir. Untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, Toba harus bekerja di ladang yang tempatnya agak jauh dari rumah.

Suatu hari Samosir disuruh ibunya untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya di ladang. Di tengah perjalanan menuju ladang, Samosir merasa lapar dan haus karena memang jarak dari rumah ke ladak cukup jauh. Akhirnya ia memutuskan untuk memakan sedikit makanan yang ia bawa untuk ayahnya. Namun ia takut dimarahi sang ayah.

Dan benar saja, sesampainya di ladang Toba sangat marah karena melihat makanannya sudah dimakan Samosir. Kemarahan Toba memuncak sampai ia membentak Samosir dan melontarkan kata kata bahwa Samosir adalah anak ikan. Mendengar ayahnya berkata demikian Samosir pulang ke rumah sambil menangis.

Sesampainya di rumah, ia menceritakan kejadian yang sudah dialaminya kepada ibunya. Ibu Samosir sangat marah dan kecewa karena Toba sudah mengingkari janjinya. Akhirnya Samosir disuruh sang ibu untuk naik ke atas bukit, dan menunggu disana.

Tiba tiba air meluap dari rumah Toba dan terus mengalir sampai ke bukit tempat Samosir berdiri, dan membentuk danau. Hingga saat ini danau tersebut diberi nama Danau Toba dan pulau kecil di tengahnya diberi nama Pulau Samosir

Contoh Teks Cerita Sejarah Pribadi

Teks sejarah pribadi merupakan teks sejarah yang menceritakan sejarah hidup penulisnya. Teks sejarah pribadi dapat disamakan dengan aoutobiografi, yaitu teks biografi yang ditulis sendiri oleh tokoh yang diceritakan dalam teks. Berikut contoh teks cerita sejarah pribadi :

Beragam Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat

Contoh Teks Cerita Sejarah Dunia

Sejarah UNESCO

UNESCO merupakan singkatan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Organisasi ini merupakan badan khusus PBB yang bergerak dibidang pendidikan dan kebudayaan.

Organisasi UNESCO didirikan pada tanggal 16 November 1945 atas hasil dari Konferensi PBB di London. Dalam konferensi tersebut ada 44 negara yang hadir disana. Tujuan didirikannya organisasi ini adalah untuk mendukung keamanan dan perdamaian melalui kerjasama antar negara.

Program utama UNESCO disebarluaskan melalui pendidikan, ilmu social dan manusia, ilmu alam, budaya, serta komunikasi dan informasi. Saat ini UNESCO memiliki 191 negara anggota, 50 kantor wilayah, dan beberapa institut di seluruh dunia.

Contoh Teks Cerita Sejarah Tentang Pahlawan

Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini atau dikenal dengan Ibu Kita Kartini merupakan salah satu keturunan dari keluarga terpandang. RA Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879. Keluarganya mewariskan suatu hal yang sangat penting yaitu pendidikan.

Beliau pernah duduk dibangku sekolah dasar sampai tamat sekolah sekolah dasar. Namun beliau tidak pernah puas akan ilmu pengetahuan. Hal ini membuat beliau ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

Namun ayahnya tidak sependapat dengan beliau untuk melanjutkan pendidikanya. Adat dikeluarganya yaitu seorang gadis atau wanita yang belum menikah belum dibolehkan keluar rumah atau juga disebut dipingit. Untuk mengisi waktu luangnya beliau membaca buku ilmu pengetahuan yang ia miliki.

Beliau memang gemar membaca buku bahkan dia tidak takut untuk bertanya kepada ayahnya bila dia tidak mengerti atau kurang paham. Kartini mempunyai teman yang banyak di Belanda dan sering bekomunikasi dengan mereka. Bahkan ia pernah meminta kepada Mr. J.H. Abendanon untuk memberikan dirinya beasiswa untuk bersekolah di Belanda.

Belum sempat menyampaikan keinginanya, beliau dinikahkan dengan Adipati Rembang yang bernama Raden Adipati Oyodiningrat. Walaupun begitu, beliau tidak berhenti untuk bercita cita dan karena suaminya pula mendukung cita citanya.

Dengan ketekunan dan kegigihannya, beliau dan suaminya mendirikan sekolahan wanita di Semarang, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Madiun, dan Malang. Sekolahan tersebut diberi nama dengan dengan sekolahan kartini.

Setelah melalui lika liku perjalanan hidup yang panjang dan penuh perjuangan, RA Kartini akhirnya tutup usia pada tanggal 17 September 1904. Kartini meninggal dunia pada usia 25 tahun saat melahirkan anak pertamanya.

Kemudian kisah R.A Kartini ini dibukukan oleh Abendanon dengan judul “Door Duistemis Tot Licht” atau “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Buku ini telah menginspirasi wanita di Indonesia dari dulu hingga sekarang.

Itulah tadi pembahasan singkat tentang pengertian teks cerita sejarah, struktur, ciri – ciri, dan contoh teks cerita sejarah. Semoga bermanfaat.