Contoh Review Jurnal

Contoh Review Jurnal

Inilah contoh review jurnal internasional yang baik dan benar tentang pendidikan, ekonomi, psikologi, ilmiah, pertanian, dan kesehatan (PDF & DOC). Bagi Anda yang berkutat di dunia akademisi atau penelitian pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah jurnal atau review jurnal, baik jurnal internasional yang dibuat oleh reviewer berpengalaman atau pun jurnal Indonesia pada umumnya.

Mereview jurnal maksudnya adalah suatu kegiatan akademik yang dilakukan untuk mencari referensi pendukung atau mempelajari sebuah penelitian yang sudah ada sebelumnya dan sudah diterbitkan menjadi jurnal ilmiah.

Loading...

Kegiatan ini sebenarnya sangat penting dengan tujuan agar terbiasa memahami dan mencari pokok-pokok suatu pembahasan yang disajikan dalam sebuah jurnal.

Perlu kita ketahui, review sebenarnya merupakan proses dari beberapa evaluasi yang dihasilkan dari hasil publikasi yang dibuat oleh jasa pelayanan review evaluasi sesuatu hingga review pertunjukan suatu karya seni.

Loading...

Sehingga secara umum review jurnal fungsinya adalah untuk memberikan gambaran terkait kualitas suatu jurnal baik dari kelebihan hingga kekurangannya dimana proses ini adalah contoh dari critical review jurnal.

Pasti Anda masih bingung bukan dengan Review jurnal ini? Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh-contoh dari review jurnal yang baik, benar, dan mudah untuk anda pelajari.

Contoh Review Jurnal Internasional

Judul : Strategy management accounting practices in Croatia
Jurnal : The Journal of International Management studies
Volume dan halaman : volume 7 number 2, Oktober 2012, hal 93-100
Tahun : 2012
Penulis : Branka Ramljak and Andrijana Rogosic
Reviewer : Abdul Aziz (A210140110)
Tanggal : 29 Desember 2015

Tujuan penelitian
Untuk memberikan wawasan praktik akuntansi manajemen strategis dan implikasinya pada relevansi dan ketetapan waktu manajemen informasi yang digunakan.

Subjek penelitian
400 perusahaan besar di Kroasia yang memiliki total aset 130 juta kunnas, pendapatan dari 260 juta kunnas, dan rata-rata jumlah 250 karyawan selama setahun keuangan 17,75% responden tidak menjawab pertanyaan.

Assessment data
Menggunakan data kuesioner dan juga melalui telepon, pos, email, yang dikirim kepada manajer sebagai responden.

Metode penelitian
Menggunakan instrumen survei menggunakan multi item, menggunakan 5 jenis titik skala likert. Dan mengambil atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.

Langkah penelitian
Langkah penelitian yang digunakan adalah pada bulan April, Mei, dan Juni 2011 dilakukan perekrutan responden dari 400 perusahaan besar di Kroasia, yang dijadikan responden adalah para manajer perusahaan yang dimintai persetujuan mengenai penelitian tersebut yang diberi paket kuesioner dikirim melalui telepon, pos, dan email kemudian menggunakan instrumen survei multi item dan mengambil data atau mengadaptasi dari studi sebelumnya.

Hasil penelitian
Hasil analisa dari penelitian yang dilakukan adalah :
– perusahaan besar di kroasia telah menerapkan satu atau 2 metode yang lebih sophisticated tentang akuntansi manajemen strategis
– 66% dari perusahaan sampel menggunakan salah satu teknik akuntansi
– 40% perusahaan menerapkan teknik penetapan biaya berdasarkan aktivitas
– 39% perusahaan menerapkan kualitas biaya

Kekuatan penelitian
Alat yang digunakan dalam penelitian berupa puisi ini mudah digunakan oleh subjek penelitian

Kelemahan penelitian
– tingkat responnya masih rendah
– banyaknya metode yang digunakan dalam penelitian
– tambahnya ongkos penelitian dengan adanya pengiriman lewat pos kepada responden

Kesimpulan
Hasil penelitian dapat memberikan Efek sinergis positif dari manajemen strategis implementasi teknik akuntansi yang berbeda dan dapat memberikan wawasan bagi seorang manajer dalam penyusunan rencana perusahaan dan dalam pengambilan keputusan dapat dikatakan penelitian ini layak dijadikan referensi pengetahuan yang valid.

Contoh Review Jurnal PDF

Cek link berikut ini untuk download Jurnal PDF ini!

Contoh Review Jurnal Pendidikan

Judul jurnal : Penelitian terhadap hubungan pembelajaran pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar Fisika

Penulis : Azela nasifa

Publikasi : Jurnal elektronik program pascasarjana universitas pendidikan panca usaha

Reviewer : Astriani Rifatahari (012987)

Latar belakang :
Terdapat hubungan antara proses dengan hasil pembelajaran dari pendekatan saintifik hasil belajar Fisika dengan keterampilan proses sains

Tujuan :
Untuk mengukur hasil belajar yang ditunjukkan siswa dalam mata pelajaran Fisika beserta keterangan proses sains antar siswa. Sampel diambil dari siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran metode umum

Sampel :
Diambil dari siswa SMA Jakarta Utara kelas 10 yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 150 siswa serta mengambil sampel random dari sejumlah 3 kelas

Metode :
Menggunakan metode eksperimen dengan sifat penelitian quasi experimental design atau eksperimen semu serta metode post test only control group design analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif serta analisis inferensial

Hasil :
Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dari hasil belajar serta keterampilan proses sains antara siswa yang menjalani metode pembelajaran langsung serta siswa yang mengikuti metode pembelajaran saintifik.

Baca Juga : Contoh Jurnal Lengkap dan Terbaru Tahun Ini

Contoh Review Jurnal Ekonomi

Judul Jurnal  : Pemetaan Industri Kreatif di Area Urban Kota Medan dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kawasan

Penulis                  : Azela Nasyifa (Fakultas Ekonomi) dan Heru Ardiansyah (Fakultas Ilmu Komputer)

Publikasi              : Prosiding seminar nasional pada acara Call for Paper in Economic Development Risk and Trend for Developing Country

Reviewer              : Astriyani Rifatahari (012987)

CRITICAL REVIEW JURNAL:

Critical review jurnal dapat dilakukan setelah jurnal yang dipilih telah diringkas pada bagian di atas. Isi dari jurnal tersebut sudah dapat tergambar kepada pembaca dari judul jurnal yang dibuat oleh penulis yakni  pemetaan industri kreatif di area urban kota medan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan. Jurnal di awali oleh abstrak sebagaimana jurnal pada umumnya.

Namun, penulis membuat kekeliruan pada bagian abstrak dimana abstrak tidak diberikan kata kunci sebagaimana aturan pada abstrak umumnya. Selain itu, penulis juga tidak menghapus panduan penulisan abstrak dalam Bahasa Inggris yang diberikan oleh penyelenggara seminar nasional. Bagian ini seharusnya diisi dengan abstrak berbahasa Inggris yang merupakan terjemahan dari abstrak sebelumnya.

Dari segi kerapihan penulisan, jurnal ditulis kurang rapi karena ada beberapa bagian paragraf yang tidak diberikan pengaturan rata kanan-kiri (alignment justify). Sehingga beberapa baris terlalu menjorok ke dalam dan keluar. Selain itu drafting jurnal kurang rapi karena terdapat paragraph yang memiliki jarak terlalu jauh sementara yang lain berbeda.

Pada bagian pendahuluan, dijabarkan mengenai latar belakang diangkatnya topik mengenai pentingnya ekonomi kreatif bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Pada jurnal ini mengambil sampel lokasi daerah kota Medan yang merupakan salah satu kota besar di Pulau Sumatera. Kota Medan memiliki wewenang otonomi daerah dengan pertumbuhan ekonomi industri yang pesat namun terjadi stagnasi terhadap ekonomi industri kreatif.

Namun, penulis kurang bisa menjabarkan mengenai seberapa besar peran industri kreatif terhadap sumbangan ekonomi wilayah kota Medan. Padahal apabila hal ini dijelaskan maka penulis telah memberikan dasar penelitian yang lebih jelas bagi para pembaca mengenai peran industri kreatif di Kota Medan. Dengan dijabarkannya hal ini, pembaca juga bisa mendapatkan gambaran seberapa besar peran industri kreatif di Kota Medan.

Bab selanjutnya merupakan metode penelitian yang menjelaskan mengenai metode yang digunakan dalam memetakan peluang industri kreatif di area urban Kota Medan. Metode pemetaan sosial (social mapping) merupakan jenis metode yang digunakan.

Penulis juga memberikan definisi mengenai metode pemetaan sosial namun dengan penjelasan yang terlalu bertele-tele. Kemudian penulis juga tidak memberikan keterangan mengenai proses pengambilan data yang mengakibatkan pembaca akan kesulitan untuk mengerti cara pengambilan data.

Bab selanjutnya adalah bagian hasil dan pembahasan yang merupakan bagian inti dari jurnal yang dibaut. Bagian awal bab hasil dan pembahasan penulis menjelaskan mengenai cara dan langkah strategis yang dilakukan dalam pemetaan sosial. Bagian ini seharusnya tidak dimasukkan ke dalam bab hasil dan pembahasan melainkan bab metode penelitian.

Selain itu, penulis pada bagian metode penelitian mengungkapkan bahwa penulis menggunakan metode pemetaan sosial untuk mengumpulkan data permasalahan dan kondisi sosial di masyarakat tempat penelitian dilaksanakan.

Namun, pada bab hasil dan pembahasan tidak terdapat penjelasan terkait keuntungan dan permasalahan yang terjadi di masyarakat terkait industri kreatif. Sebaliknya, penulis hanya memberikan tabel yang berisi informasi mengenai jenis industri kreatif dan jumlahnya yang tersebar di kecamatan di area urban kota Medan.

Selanjutnya, pada metode penelitian penulis menjelaskan bahwa menggunakan metode survey singkat yang menggunakan alat bantu kuesioner. Namun, hasil dari kuesioner yang dilakukan tidak ditemukan di bagian hasil dan pembahasan.

Hal ini menunjukkan bahwa pada jurnal ini terdapat ketidak sesuaian di dalam metode penelitian dan hasil serta pembahasan yang dituliskan.

Sehingga kekurangan mendasar dari jurnal ini adalah tidak ditemukannya hubungan antara pemetaan sosial yang seharusnya mampu memberikan gambaran kondisi sosial industri ekonomi kreatif di masyarakat.

Contoh Review Jurnal Psikologi

Judul jurnal : Laporan langsung psycopathic dan hubungan dengan perbuatan kriminal serta anti sosial berdasarkan sampel pada lulusan S1 universitas panca Husada

Tahun : 2016

Penulis : Saryani rihati

Publikasi : Jurnal ilmu pengetahuan perilaku manusia

review
latar belakang penelitian :
Psikopati merupakan gangguan kepribadian kompleks yang memiliki gejala berupa kedangkalan, impulsif, egosentris, kurangnya rasa bersalah dan penyesalan pada individu. Seseorang yang menderita gangguan ini memiliki gejala berupa gangguan anti sosial dan tingkah laku kriminal.

Ini melihat seseorang dengan gejala psikopat dari dua konteks yaitu non kriminal dan pidana. Terdapat beberapa teori mengenai penyebab hubungan antara perilaku anti sosial yang berkaitan dengan faktor psikologis, biologis, dan faktor sosial.

Teori utama yang digunakan :
Penulis menggunakan teori utama berupa aliran psikoanalisis yang dicetuskan oleh Sigmund Freud pada karya ilmiah ini. Teori aliran psychoanalysis ini merupakan teori pembentukan kepribadian seorang individu.

Metode penelitian :
Jurnal ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada penelitiannya seluruh data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi menggunakan metode stepwise.

Sampel penelitian :
Penelitian mengambil sampel sebanyak 300 mahasiswa dengan persentase 82% perempuan dan 18 besar laki-laki di Universitas Panca Husada menggunakan teknik populatif.

Hasil yang diperoleh :
Penelitian berhasil menunjukkan hubungan antara sikap kriminal, psikopati, serta kecenderungan berpikir yang mendorong sikap anti sosial berdasarkan sampel mahasiswa. Rata-rata menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa tidak menunjukkan kecenderungan ciri-ciri psikopat, model berpikir mengarah ke perbuatan pidana hingga substantif kriminal.

Sementara untuk mereka yang menunjukkan adanya tendensi sikap kriminal dalam berpikir,  hingga kognisi terhadap pelanggaran dan kecenderungan anti sosial memiliki persentase rendah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya jumlah pemikiran yang mengarah ke perbuatan kriminal serta sikap pelanggaran hukum, juga didukung oleh meningkatnya perilaku anti sosial dari hasil responden.

Contoh Review Jurnal Ilmiah

Judul : Transformasi Sistem Irigasi Subak Yang Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana

Jurnal : SOCA (Socio-Economic Of Agriculturre And Agribusiness)

Volume, Halaman, dan Tahun : Vol. 5, No. 2 Juli 2005

Penulis : Wayan Windia, Dkk

Reviewer : Rina Hayati (NIM: 100919919191)

Tanggal : 09 Oktober 2020

  1. Tujuan Penelitian

Prioritas utama dari penelitian yang dilakukan ialah memperoleh gambaran secara universal tentang transformasi sistem irigasi Subak sebagai lembaga sosial tradisional di Provinsi Bali, terutama dalam melihat beragam solusi mengatasi permasalahan dengan prinsip Tri Hita Karana (konsep harmoni dan kebersamaan).

Korelasi yang demikianlah diharapkan Irigasi Subak menjadi solusi ditengah beragam dinamika pertanian yang ada di Indonesia.

  1. Subjek Penelitian

Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berada di wilayah Kabupaten Tabanan dan Karangasem dengan alasan masyarakat di daerah ini memiliki 2 kawasan yang berbeda dimana pada kawasan pertama menjadi daerah subur serta merupakan lumbung beras dan wilayah keduanya menjadi daerah tergolong tidak subur di Provinsi Bali.

Maksud kedua wilayah yang berbeda tersebut menjadi fokus penelitian agar menemukan perbandingan jelas tentang fungsionalismenya pada transformasi sistem irigasi Subak yang menyankut tentang ketahanan dalam pertanian.

  1. Metode Penelitian

Jenis metode penelitian yang dipergunakan ialah kualitatif dengan penetuan sampel penelitian dilakukan melalui purposive. Adapun sampel dipilih untuk setiap kabupaten sebanyak 30 orang petani sebagai respondennya dengan pembagian 10 orang sampel ditentukan berdasarkan lokasi sawahnya, yakni di daerah hulu, tengah, dan hilir.

Hingga secara keseluruhan teknik analisis data-data dipergunakan dalam menganilisis penelitian ini ialah data primer dan sekunder dengan analisis fuzzy set theory. Yakni, kemampuan sistem Irigasi pada Subak di Provinsi Bali dalam eksistensinya untuk beradaptasi dengan teknologi yang berkembang melalui pengetasan pada dinamika budaya petaniannya.

  1. Variabel Dependen dan Independen

Variabel terikat (dependen) dalam penelitian ini ialah Sistem Irigasi Subak yang secara menyeluruh menegaskan bahwa penerapan teknologi perairan yang dipergunakan setara (sepadan) antar masyarakat, sehingga konsekuensi atas implementasi irigasi ini dianggap akan mampu untuk kemudian ditransformasikan dalam dinamika kehidupan pertanian.

Sedangkan untuk variabel bebas (independen) ialah Tri Hita Karana (THK), yang selama ini menjadi landasan dari bertahannya sistem irigasi subak dengan mengedepankan pada berdasarkan konsep keharmonian serta kebersamaan berkaitan dengan permanfaatan air untuk lahan pertanian dalam masyarakat.

  1. Hasil Penelitian

Keseluruhan penelitian tentang transformasi sistem irigasi Subak yang berlandaskan konsep THK (Tri Hita Karana) untuk proses penyelesaikan masalah menunjukan nilai cukup baik, hal ini lantaran ditemukan bahwa sistem irigasi Subak di wilayah pengambilan sampel mampu mensejahterakan anggota masyarakat.

Menariknya, berdasarkan ciri hasil penelitian ini ditemukan bahwa nilai kemampuan transformasi Subak dengan kecenderungan lebih untuk daerah yang baik pada ketersediaan air dan kondisi lahan yang baik. Berbeda pada wilayah dengan ketersediaan air kurang cederung nilai-nilai Tri Hita Karana kurang dianggap meskipun untuk keeluruhan tatanannya tidak berkurang sedikitpun.

Suksesi ini menunjukan bahwa sejatinya nilai Tri Hita Karana (THK) secara tidak langsung telah menjadi pedoman untuk masyarakat di Provinsi Bali dalam setiap segmen kehidupan, kelekatan inilah menjadi identitas masyarakat untuk terus menjaga dan melestarian budaya lembaga sosial, yang usinya sendiri lebih dari seribu tahun lamanya.

  1. Kelebihan Penelitian

Kekuatan yang menjadi kelebihan dalam penelitian ini adalah penjelasannya dengan pendekatan kualitatif akan tetapi mempergunakan analisis penelitian kuantitatif sehingga data-data yang dipergunakan secara sekilas mampu menunjukan korelasi yang sepadan dengan masalah sosial yang dibahasa.

  1. Kekuarangan Penelitian

Kekuarngan dalam hasil penelitian ini ialah dominasi faktor budaya dan nilai-nilai agama yang dianut oleh masyarakat kurang dijadikan landasan dari irigasi Subak yang bersangkutan, hal ini dengan alasan bahwa kehidupan masyarakat Indonesia sejatinya tidak terlepas dari keduanya.

Contoh Review Jurnal DOC

Silakan klik link berikut ini Jurnal DOC untuk referensi yang anda perlukan!

Contoh Review Jurnal Pertanian

Silakan klik link berikut ini Jurnal Pertanian untuk referensi yang anda perlukan!

Contoh Review Jurnal Kesehatan

Silakan klik link berikut ini Jurnal Kesehatan untuk referensi yang anda perlukan!

Contoh Review Jurnal yang Baik dan Benar

REVIEW JURNAL

JudulPEMANFAATAN FESES TERNAK SAPI SEBAGAI  ENERGI ALTERNATIF BIOGAS BAGI RUMAH TANGGA DAN DAMPAKNYA TERHADAP LINGKUNGAN
JurnalJURNAL TEKNOSAINS
Downloadhttp://jurnal.ugm.ac.id/teknosains/article/view/6048
Volume & HalamanVol. IV Hal. 54-63
Tahun2014
PenulisLatifah Hanum Damanik, Adi Heru Husodo & Totok Gunawan
ReviewerSuci Ariningtyas
Tanggal23 Mei 2016
AbstrakJurnal yang berjudul ”Pemanfaatan Feses Ternak Sapi Sebagai Energi alternatif Biogas Bagi Rumah Tangga Dan Dampaknya Terhadap Lingkungan” ini berisi tentang pemanfaatan feses ternak sapi sebagai energi alternatif biogas bagi rumah tangga dan dampaknya terhadap lingkungan di desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Abstrak yang disajikan penulis hanya menggunakan dua Bahasa yaitu Bahasa inggris (Bahasa Internasional) dan Bahasa Indonesia. Secara keseluruhan isi dari abstrak ini langsung menuju ke topic bahasan yang dibahas dalam jurnal ini, yang menurut saya pembaca menjadi mudah memahami jurnal ini.

PengantarDidalam Paragraf pertama, penulis menegaskan bahwa pembagungan merupakan wahan bagi manusia untuk mencapai peradaban baru yang bersendikan pada nilai-nilai yang khas manusiawi. Saya pribadi sangat setuju dengan hal tersebut.

kemudian di paragraph kedua penulis mengatakan bahwa faktor sosial ekonomi merupakan salah satu faktor yang menunjukan bahwa kemampuan petani dalam menanggapi suatu teknologi berbeda-beda.

“Pembangunan Berwawasan Lingkungan” adalah konsep yang diberikan oleh penulis. Implementasi konsep “Pembangunan Berwawasan Lingkungan” sendiri implementasinya dijabarkan dalam berbagai perundang-undangan yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Di paragraph selanjutnya penulis juga mengatakan bahwa keberadaan limbah dari peternakan ini menjadi masalah yang sangat serius. Karena limbah pertenakan ini selain baunya tidak sedap, keberadaannya juga mencemari lingkungan, mengganggu pemandangan dan bisa menjadi vector penyakit.

Paragraf selanjutnya, penulis menjelaskan mengenai masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat di peternakan ini dan memberitahukan bahwa pada dasrarnya gangguan yang ditimbulakn oleh limbah ternak tersebut dapat diatasi dengan pembuatan sumber energi alternatif seperti bogas, kompos, briket dan lain sebagainya.

Memasuki paragraph keenam penulis mulai menjelaskan hal yang berkaitan dengan biogas, seperti pengertian dari biogas, dan kondisi di Desa Kepuharjo sebelum menggunakan biogas.

Pada akhir paragraph penulis menegaskan bahwa kecukupan energy pada masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dapat diatasi dengan menggunkan energi alternatif yang murah, ramah lingkungan, mudah diperoleh, dan dapat diperbaharui. Dalam poin tersebut, saya sangat setuju kepada penulis.

Pada bagian pengantar ini juga disampaikan bahwa penelitian ini ingin menampilkan faktor-faktor yang menyebabkan peternak termotivasi memanfaatkan feses ternak sebagai energi  alternatif biogas untuk kebutuhan rumah tangga dan dampak dari pemanfaatan feses ternak sebagai alternatif biogas terhadap penghematan pengeluran rumah tangga dengan menggunakan metode survei.

Sedangkan materi yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah berupa referensi-referensi atau literature yang relevan dengan objek penelitian sebagai penunjang data sekunder serta peta administrasi lokasi penelitian.

Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuisioner untuk mengkaji informasi sebagai jawaban responden guna mencapai tujuan penelitian. Untuk metode analisis, penulis menggunakan metode rata-rata, presentase dan kategori. Menurut saya, sejauh ini bahasa yang digunakan oleh penulis sangat sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca.

PembahasanPada bagian pembahasan, penulis membagi sub pokok bahasan menjadi empat bagian, yaitu :

·         Analisis Faktor-Faktor Berpengaruh Terhadap Motivasi Peternak Dalam Membangun Teknologi Biogas. Faktor-faktor tersebut antara lain : umur, pendidikan, jumlah, anggota keluarga, dan pengalaman berternak.

·         Analisis Kajian Faktor-Faktor Keperluan Hidup/Sosial Ekonomi Peternak Sebelum Dan Sesudah Membangun Teknolosi Biogas

·         Respon Positif Terhadap Pemanfaatan Feses Ternak Sebagai Energy Alternatif Biogas Berpengaruh Terhadap Motivasi Peternak

·         Analisis Perbedaan Penghematan Pengeluaran Keperluan Rumah Tangga

Dalam sub pokok bahasan diatas penulis menjelaskan dengan sangat rinci bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan, menggunakan metode-metode yang telah disebutkan diatas. Pembahasan yang dilakukan oleh penulis mudah dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca .

SimpulanPada bagian kesimpulan, penulis membuktikan dan menjelaskan bahwa respon terhadap pemanfaatan feses ternak sebagai energi alternatif biogas berpengaruh terhadap motivasi peternak adalah positif.

Pada bagian kesimpulan ini penulis cukup baik dalam menjelaskan apa saja fungsi dari persyaratan checklist untuk blog serta keuntungan dalam menggunakan persyaratan tersebut.

Namun penulis kurang lengkap dalam menyimpulkan keseluruhan isi dari jurnal ini dan menurut saya penulis kurang detail dalam memberikan hasil yang didapat dalam melakukan penelitiannya.

Kekuatan Penelitian1.       Teori dan model analisis yang diguakan tepat

2.       Bahasa yang digunakan  oleh penulis mudah dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca. Analisisnya sangat rinci dan mudah dipahami

Kelemahann Penelitian1.       Penulis kurang lengkap dalam menyimpulkan keseluruhan isi dari jurnal ini.

2.       penulis kurang detail dalam memberikan hasil yang didapat dalam melakukan penelitiannya.

Itulah beberapa review jurnal internasional yang baik dan benar tentang pendidikan, ekonomi, psikologi, ilmiah, pertanian, dan kesehatan (PDF & DOC). Semoga bermanfaat dan berguna dalam mengerjakan tugas Anda.

error: Content is protected !!