Contoh Resume

Contoh Resume

Penjelasan mengenai contoh resume jurnal, buku, makalah, materi, pribadi, lamaran kerja, artikel, dan film terbaru dan terlengkap yang baik dan benar. Resume adalah ringkasan atau rangkuman sebuah karya tulis yang panjang lalu dipersingkat dengan diambil bagian yang penting untuk disampaikan saja seperti bagian pokok dan mengisikan bagian pelengkap dan ilustrasinya.

Berikut cara membuat resume yang dibagi menjadi 2 konsep yaitu resume karya ilmiah dan resume lamaran kerja, berikut pemaparannya :

Cara Membuat Resume Karya Ilmiah

Loading...

a. Membaca dan memahami karya aslinya – sehingga saat membuat resume mendapatkan pemahaman yang baik. Sedikit catatan, jika anda menemukan istilah yang sulit dimengerti, beri garis bawah atau distabilo untuk dicari penjelasannya agar anda betul-betul memahami apa yang anda baca.

b. Mencari gagasan utama lalu mencatatnya – Jika anda kesulitan mencari gagasan utama maka, bacalah kembali setiap paragraf dengan paragraf sehingga Anda menemukan apa gagasan utama dari tulisan tersebut dan tulis poin-poinnya saja. Kesulitan yang biasanya ditemui saat mencari gagasan utama dalam sebuah jurnal adalah menemukan pokok pikiran pada tiap-tiap paragraf karena tidak semua jurnal memiliki pokok pikiran utama pada tiap paragraf.

Loading...

Umumnya di dalam paragraf yang ada hanya berisi kutipan atau data-data dari sumber-sumber tertentu. Direkomendasikan untuk Anda yang kesulitan menentukan pokok pikiran dari sebuah jurnal adalah Anda harus menemukan terlebih dahulu paragraf utama yang menjadi pokok pikiran dari penulis jurnal seperti mencari benang merah dari tiap paragraf yang isinya masalah-masalah yang sedang dibahas.

c. Membuat resume – Setelah seluruh poin- poin penting dan gagasan terkumpul, selanjutnya susun semua poin-poin dan gagasan sesuai dengan gambaran umum keseluruhan naskah yang telah anda baca. Perlu diingat! Resume merupakan ringkasan singkat jadi anda harus berhati-hati dengan copy paste naskah asli tulisan yang anda baca karena bisa jadi topiknya melebar ke mana-mana. Oleh karena itu, disarankan menggunakan bahasa sendiri.

Akan lebih mudah untuk dipahami sehingga kalimat yang dimengerti pun akan mudah dipahami oleh orang lain. Sebagai tambahan Anda juga bisa menyertakan poin-poin dalam bentuk grafik yang sederhana karena pembaca akan lebih mudah memahaminya bila diubah ke dalam bentuk gambar.

d. Membaca kembali resume yang telah dibuat – Ini cara untuk mengecek kembali apakah terdapat kesalahan penulisan atau tidak, karena kesalahan penulisan atau typo, tata bahasa, tanda baca, dan lain-lain bisa berakibat fatal karena pembaca jadi sulit untuk memahami isi resume yang sudah dibuat.

Baca Juga : Contoh Rumusan Masalah yang Baik dan Benar

Cara Membuat Resume Lamaran Kerja

Sedikit perbedaan antara karya ilmiah dengan resume lamaran kerja namun fungsi kedua ini jauh berbeda. Meskipun begitu, keduanya sama-sama menyajikan informasi atau data-data seseorang atau sesuatu secara singkat dan juga jelas. Berikut langkah-langkahnya :

a. Mempersiapkan data-data pribadi meliputi pengalaman organisasi, riwayat pekerjaan Jika pernah bekerja, riwayat pendidikan, dan prestasi-prestasi yang pernah didapat – ini bisa berupa sertifikat atau foto-foto piala atau medali yang anda miliki.

b. Menulis resume dengan singkat dan tidak bertele-tele. Maksimal penulisan resume yaitu 3 halaman karena kebanyakan saat wawancara atau interview anda bisa menuliskan atau menceritakan semua tentang kelebihan diri Anda. Pada bagian ini, anda wajib mencantumkan seluruh kontak anda secara lengkap baik dari nomor telepon, whatsapp, email dan lain sebagainya dengan tujuan mudah menghubungi anda. Disarankan menggunakan alamat email yang formal sesuai dengan nama anda agar memberi kesan profesional dalam dunia kerja.

Agar anda semakin memahami tata cara membuat resume yang baik, benar, dan sesuai dengan kebutuhan penulisan resume anda, berikut ini contoh-contoh resume yang mudah untuk dipahami :

Contoh Resume Jurnal

Resume Jurnal Identifikasi DNA

1. Judul penelitian
Determination of nucleic acid in animal tissues

2. Peneliti
Giovani Cerrioti

3. Sumber
Biol.chem. 1955, 214: 59 – 70

4. Latar belakang
Membandingkan metode paling efektif antara metode dengan reaksi indole dan orsinol dalam mengidentifikasi jaringan hewan

5. Metode penelitian
DNA reagen indole: Siapkan Kurva standar dengan sampel DNA betis tikus an menurut metode hammarsten. Siapkan juga variasi kondisi reaksi Indole yaitu pemanasan larutan DNA dengan 0,1 n naOH dan KOH = tidak menunjukkan hasil signifikan

Reaksi pentosa + orcinol: 200 mg orcinol dilarutkan pada 10 ml HCl pekat, tambah dengan larutan CuCl2, volume dibuat 100 ml dengan HCl pekat. 5 ml larutan ini kemudian campur pada 5 ml larutan yang diuji, lakukan pemanasan selama 40 menit. Warna yang dihasilkan dengan isoamil alcohol, hitung konsentrasinya menggunakan spektrofotometer beckman di ujung gelombang 675 nm

6. Hasil dan pembahasan
Reagen indole: DNA yang diuji menghasilkan karakteristik basa N 13,4% ; basa P 8,0% ; adenine 10% ; guanine 7,4% ; sitosin 4,7% ; timin 8,4%.

Reaksi pentose dengan orcinol: Hasil dari uji, didapatkan karakterisasi DNA, basa N 14,5% ; basa P 8,3% , basa purin dan pirimidin 38,4% (guanine 0,86 ; adenine 0,64 ; sitidin 0,56 ; uridine 0,5 dan ribose 2,56 mmol/gram)

7. Kesimpulan
Hasil tidak berbeda jauh antara identifikasi DNA menggunakan reagen Indole dan orsinol. Karenanya bisa menggunakan dua metode tersebut untuk mengidentifikasi DNA secara akurat.

Baca Juga : Contoh Resensi Buku yang Baik dan Benar

Contoh Resume Buku

Resume Buku

Judul : Perubahan sosial (sketsa teori dan refleksi metodologi kasus Indonesia)

Pengarang : Agus Salim

Penerbit : Tiara wacana Yogya (cetakan pertama, Februari 2002)

Pengantar : Sudarno W, Ph. D.

Bab 1
Prawacana

1. Perubahan sosial menjadi tema kajian utama di setiap masalah sosial di banyak negara berkembang

2. Perubahan sosial merupakan realitas majemuk bukan realitas tunggal yang diakibatkan oleh masyarakat. Perubahan sosial tidak bisa dilihat dari kepingan peristiwa sekelompok manusia.

3. Perubahan sosial merupakan pemikiran yang akhirnya bermanfaat untuk kehidupan manusia dan kaitannya dengan lingkungan

4. Perubahan sosial memiliki perspektif dengan sejumlah beban untuk mengadakan integrasi sosial (luas)

5. Dalam tulisan Ini, studi perubahan sosial dirunut dari banyak pendekatan. Secara historis dengan teori pembangunan pengembangan masyarakat dan model pengembangan komprehensif menggunakan banyak Langkah dan beragam wawasan paradigmatik

Bab 2
Teori perubahan sosial

1. Pengantar
August Comte membagi dua konsep social change theory yaitu social static dan social dynamics. Untuk memahami perubahan sosial secara global perlu dipahami bahwa perubahan sosial tampak jelas dalam hubungan makro yang tercermin dalam hubungan tiap negara dan lebih luas lagi.

Bahan konseptual yang digunakan penulis meliputi kelompok teori sosiologi klasik karl marx, marx weber, emile durkheim, yang dikaitkan dengan perubahan sosial masyarakat Indonesia meliputi informasi komunikasi, birokrasi, ideologi modal dan teknologi.

1.1 Arus berpikir
Pola perubahan sosial ada dua macam yaitu yang datang dari negara dan dari pasar bebas. Dua sisi yang mempengaruhi bentuk pengelolaan ekonomi. Di Indonesia menganut camputran antara keduanya.

1.2 Proses perubahan sosial
Meliputi Proses reproduksi (proses mengulang-ulang) teknologi, adat, norma, nilai. dan proses transformasi (proses penciptaan hal baru oleh pengetahuan dan teknologi)

1.3 Konsep perubahan sosial
Berdasarkan teori sosial klasik karl marx bahwa manusia Berawal dari sebuah kesempurnaan kemudian masuk ke dunia yang penuh keterbatasan kotor serta tidak suci.
Sedangkan pemikiran Weber berpengaruh pada teori perubahan sosial yang berbentuk rasionalisme yang dimilikinya.
Menurut emile durkheim, peletakan dasar teori kemasyarakatan menggunakan sistem pendekatan.

Bab 3
Konsep empiris dalam perubahan sosial : 5 contemporary Temporary prime mover

Ada 5 aspek eksternal sebagai penggerak perubahan sosial diantaranya :

1. Komunikasi dan industri pers

2. Birokrasi

3. Modal

4. Teknologi

5. Ideologi dan agama

Bab 4
Teori perubahan sosial di Asia

Pemikiran Hans D E mengungkapkan ada 5 konsep utama teori dasar dinamika perubahan sosial di Asia yaitu :

1. Teori ganda masyarakat

2. teori kemajemukan masyarakat

3. Teori longgarnya struktur masyarakat

4. Teori evolusi

5. Teori modernisasi dan industri

Bab 5
Pendekatan mikro dalam penelitian

Ada dua pendekatan mikro yang digunakan Indonesia yaitu :

1. Pendekatan studi strategi kebudayaan

2. Pendekatan sistem jenis

Bab 6
Perubahan sosial dan model pembangunan di Indonesia

Pembangunan merupakan proses perencanaan sosial yang dilakukan oleh birokrat rencana pembangunan untuk membuat perubahan sosial yang mendatangkan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat. 5 unsur ukuran keberhasilan pembangunan :

1. Indikator pertumbuhan masyarakat cukup tinggi

2. Dicapainya pemerataan masyarakat suatu negara

3. Pencapaian kualitas kehidupan tinggi

4. Adanya pertimbangan kerusakan lingkungan dalam proses produksi

5. Pembangunan menciptakan keadilan sosial dan kesinambungan

Baca Juga : Contoh Essay Terbaru dan Terlengkap yang Baik dan Benar

Contoh Resume Kerja

Wira Kusuma Atmaja

DATA PRIBADI

Tempat, tanggal lahir : Surabaya, 15 April 1985
Jenis kelamin : Laki-laki
Status : Menikah
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Teratai No.24
Jakarta Barat 17345
Telepon : (021) 5846441, 08180257456
E-mail : [email protected]

BIDANG KEAHLIAN

Sales Director

PENDIDIKAN TERAKHIR

Universitas Brawijaya (2004 – 2008)
Sarjana Ekonomi (Cumlaude) dengan IP 3.7

PENGALAMAN KERJA

Sales Supervisor Area Semarang, PT. Grosir Sepatu Nusantara
Juni 2012 – Sekarang

  • Memimpin 10 orang Sales Representative dengan omzet penjualan 1,5 milyar per bulan
  • Mencapai 100% target penjualan 5 tahun berturut-turut melalui konsisten training, audit terhadap tim dan membina hubungan baik dengan top customer

Sales Representative, PT. Grosir Sepatu Nusantara
April 2000 – Mei 2012

  • Meng-cover 53 toko retail baju terbesar di wilayah Jawa Tengah
  • Mencapai 100% target penjualan per tahun selama 4 tahun berturut-turut melalui hubungan baik dengan customer dan distribusi produk baik yang fast moving maupun slow moving.

KEMAMPUAN DAN SKILL

Komputer: Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Power Point
Bahasa Inggris aktif

KURSUS DAN PELATIHAN

2010 – Executive Training Center – Surabaya
Effective Seling Strategy

2006 – Ganesha Mandiri Komputer – Denpasar
Aplikasi Komputer Untuk Bisnis

HOBY

Travelling, olah raga, membaca, internet.

Contoh Resume Materi

Resume Ekonomi Makro

Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2012
Data Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal I, II, III, IV Tahun 2012

A. Pengertian

Pertumbuhan ekonomi merupakan kegiatan ekonomi yang menyebabkan peningkatan pertumbuhan barang dan jasa.Fenomena ini disebut masalah ekonomi makro jangka panjang.

B. Dasar Kenaikan Pertumbuhan Ekonomi

Kenaikan GDPriil per kapita disebut dengan pertumbuhan ekonomi. Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto, disebut total pengeluaran negara. Nilai pasar barang dan jasa diproduksi pada waktu tertentu. Gross Domestic Product (GDP) meningkat melalui:

• Peningkatan produktivitas
• Peningkatan modal fisik SDM
• Peningkatan daya tawar tenaga kerja

C. Manfaat Pertumbuhan Ekonomi

Berpengaruh pada kemajuan ekonomi pembangunan, pendapatan perkapita bisa digunakan untuk melihat peningkatan kemakmuran masyarakat.

D. Faktor dari Pertumbuhan Ekonomi di indonesia

Kesenjangan pengelolaan ekonomi menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pertumbuhan perdagangan internasional juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara umum, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia:

  • Keuangan negara
  • produksi
  • Kebijakan moneter dan inflasi
  • Investasi
  • Pertumbuhan neraca pembayaran
  • Perdagangan luar negeri

E. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2012

Dari triwulan I-IV secara menyeluruh pertumbuhan perekonomian di Indonesia sebanyak 6,23 %. Tercatat pertumbuhan ekonomi kuartal IV sebesar 6,11 % YoY. Terbentuknya modal tetap bruto tahun 2012 sebesar 9,81 %, impor 6,65 % dan ekspor 2,01 %. Indoensia mengalami pertumbuhan ekonomi yang semakin baik.

Baca Juga : Contoh Abstrak yang Baik dan Benar Penulisannya

Contoh Resume Pribadi

Budi Susetyo
Jl. Pahlawan 216 Surabaya 60285
[email protected]+62-811398765

Objectif Karir

Sales Director perusahaan National

Pendidikan

Universitas Airlangga (2004 – 2008) Sarjana Ekonomi (Cumlaude) dengan IP 3.6

Pengalaman Kerja

Sales Supervisor Area Surabaya, PT. Grosir Baju dan Pakaian Indonesia
Juni 2011 – Sekarang

Sales Representative, PT. Grosir Baju dan Pakaian Indonesia
Juni 2008 – Mei 2011

Kemampuan / Skill:

– Komputer: Microsoft Excel, Microsoft Word, Microsoft Power Point
– Bahasa Inggris aktif

Aktifitas ekstrakurikuler

Koordinator publikasi Lomba Akuntasi tingkat SMA se Jawa Timur (2005)

Contoh Resume Artikel

Judul : Proses Peningkatan Pendidikan Terpadu di Sekolah Dasar (SD)
Oleh : Nanda Dwi Kusuma

Pembahasan artikel ini adalah hasil penelitian Puslitjak tentang pengembangan sistem pendidikan. Penulis menggunakan 4 kerangka penulisan : abstrak, pendahuluan, kajian teori, pembahasan, simpulan dan saran.

1. Abstrak

Menampilkan dasar hukum pendidikan luar biasa. Beberapa kata kunci diantaranya : Pendidikan terpadu, penyandang ketunaan, hak memperoleh pendidikan dan kesulitan belajar.

2. Pendahuluan

Memaparkan latar belakang dan tujuan penulisan, juga memaparkan upaya-upaya perbaikan pendidikan luar biasa (PLB).  Kegiatan ini didukung oleh beberapa pusat penelitian kebijakan.

3. Kajian Teori

Memaparkan pengertian pendidikan luar biasa, sekolah terpadu dan tujuan adanya pendidikan luar biasa di negara maju.

4. Hasil dan Pembahasan

Membahas hasil perkembangan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang sedang berkembang di Indonesia, sejak tahun 1984.

5. Kesimpulan dan Saran

Menyampaikan inti pembahasan perkembangan Pendidikan Luar Biasa (PLB), hasil capaian kegiatan, dan beberapa landasan hukum. Selain itu, ditampilkan agenda lanjutan untuk meningkatkan pendidikan terpadu.

Baca Juga : Contoh Paper yang Baik dan Benar

Contoh Resume Film

LASKAR PELANGI

tanggal liris             :   25 september 2008
sutradara                  :   Riri Riza
lagu unggulan          :   Laskar Pelangi
cerita oleh                :   Andrea Hirata
skenario                   :    Riri Riza, Mira Lesmana, Salman Aristo, Jujur Pranato
Film dari novel laskar pelangi ini menceritakan kisah 10 anak yang tinggal di desa gantung, belitung timur. Mereka bersekolah di SD muhammadiyah yang hampir roboh bangunannya. Sekolah itu hampir ditutup oleh pihak daerah setempat karena murid yang bersekolah di sana kurang dari 10 orang sebagai persyaratan minimum. Ceritanya dimulai dari perjuangan sekolah ini untuk tetap berdiri ayng saat itu baru ada 9 anak yang akan bersekolah yaitu ikal, lintang, mahar, A kiong, syahdan, sahara, kucai, trapani dan borek. Ketika harapan kian menipis untuk sekolah itu tetap berdiri, seorang anak bernama harun datang bersama ibunya, Harun memiliki keterbelakangan mental. Yang pada akhirnya sekolah ini tidak jadi ditutup karena masuk persyaratan dan anak bernama harunlah yang menjadi pahlawan kala itu.
Awal mula mereka bersekolah, mereka saling memperkenalkan diri masing-masing dengan guru mereka, ibu muslimah. Dari sinilah kisah kepolosan anak-anak desa bermulai dengan segala kesederhanannya. Ada anak yang istimewa bernama lintang, ia murid yang jenius yang bersusah payah untuk pergi kekolah setiap hari dengan mengayuh sepeda sejauh 40 km, ada juga murid yang jago dalam atraksi seninya yang bernama Mahar, dan bermacam-macam keunikan kepribadian lainnya dari masing-masing murid. Kisah dalam di film ini begitu sederhana dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Cerita yang luar biasa!
Kisah ini harus akhiri sampai ketika karena perpisahan dengan lintang yang harus memutuskan berhenti sekolah. Lintang membuktikan kepada teman-temannya bukan fasilitas yang membuat kita pintar, melainkan semangat dan kerja keras yang membuat kita untuk terus berkeinginan mencapai semua cita-cita. Beberapa tahun kemudian ketika mereka sudah beranjak dewasa, mereka banyak belajar dari SD muhammadiyah kala itu, dengan teman-teman yang luar biasa, kenangan yang tidak bisa dilupakan, ibu muslimah, guru-guru di sana, dan semua kenangan indah lainnya. mereka belajar tentang persahabatan, kejujuran, ketulusan, dan sebuah mimpi yang mereka harap di kala kecil dulu bisa dicapai.

Contoh Resume Lamaran Kerja

Contoh-contoh resume lamaran kerja bisa anda klik di link di bawah ini! Link ini berisi banyak contoh resume berbagai bidang perusahaan yang bisa anda jadikan referensi. Klik sekarang juga di sini contoh surat lamaran kerja.

Contoh Resume Makalah

Judul : Melatih Ketrampilan Membaca

Pendahuluan

Membaca membutuhkan ketrampilan untuk memahami isi bacaan dan ini bisa dilatih dengan sering membaca.

Pembahasan

Membaca dilakukan dengan beberapa teknik dasar seperti: membaca dengan bersuara (dilakukan untuk menikmati bacaan dengan cara menangkap informasi), membaca dalam hati (membaca ekstensif dan membaca intensif). Membaca perlu dipahami sebagai kegiatan menganalisis, meresapi, dan menginterpretasi pesan yang disampaikan penulis. Sehingga diperlukan konsentrasi penuh untuk memahaminya.

Simpulan

Membaca tidak mudah dilakukan karena diperlukan pemahaman untuk menangkap maksud dari penulis. Bila tidak dapat memahami isi bacaan kemungkinan akan terjadi kesalahan menangkap isi bacaan. Cara membaca terdiri dari 2 cara yaitu membaca dengan bersuara dan membaca dalam hati.

Demikian pembahasan tentang contoh resume yang baik dan benar yang bisa anda pelajari dengan mudah. Semoga membantu!

error: Content is protected !!