Ukuran Kertas A5

Ukuran Kertas A5

Ukuran kertas A5 di Word cukup populer layaknya ukuran kertas seri A lainnya. Tentu hal ini dikarenakan ukurannya yang sering dipakai untuk buku tulis sekolah. Walaupun sebenarnya penggunaan buku tulis ada yang macam-macam ukurannya, namun saat ini lebih banyak yang menggunakan ukuran A5. Ukuran kertas A5 dalam mm, cm, inci, dan pixel juga biasanya terlampir di plastik pembelian buku apabila membelinya perlusin.

Ukuran kertas A5 yang biasa digunakan dibuku tulis itu merupakan ukuran kertas A4 yang dilipat menjadi dua bagian. Hal tersebut dikarenakan kertas A5 ukurannya hampir setengahnya ukuran A4, jadi tidak heran jika banyak buku tulis yang menggunakan kertas A4 sebagai bahan utamanya. Jadi hanya tinggal dilipat saja maka akan menghasilkan dua bagian depan dan belakang yang kemudian di streples bagian tengahnya.

Loading...

Tentu untuk menghafalkan ukuran kertas A5 tidaklah mudah mengingat banyaknya kertas seri A mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A6, A7, dan A8. Sehingga dibuatkan perandaian bahwa ukuran A5 hampir setengahnya ukuran A4. Sehingga orang-orang akan lebih mudah menghafalkannya tanpa harus menggunakan skala ukuran baik itu dalam cm, mm, pixel, dan inci atau inch.

Terkadang beberapa software seperti Word dan CorelDraw juga tidak menyediakan ukuran A5, sehingga Anda wajib mencantumkannya sendiri di software tersebut. Maka dari itulah pentingnya menghafalkan ukuran kertas disaat seperti ini, karena kalau tidak hafal maka kemungkinan besar hasil print tidak pas dan tentu akan merusak dari segi penempatannya. Berikut adalah ukuran kertas A5 yang bisa Anda tambahkan di Word ataupun CorelDraw dan Photoshop.

Loading...

Ukuran Kertas A5

Dikarenakan saat ini hampir seluruh dunia menggunakan kertas seri A, membuat kertas A5 ini cukup mudah ditemukan. Jadi untuk Anda yang mencari tempat dimana terdapat kertas A5 bisa langsung mencarinya ke fotokopi maupun toko buku terdekat. Namun Anda harus mengetahui berapa ukuran kertas A5 yang dijual tersebut, karena bisa saja tulisannya A5 namun ternyata itu adalah kertas A6. Maka dari itulah akan di ilustrasikan seperti apa besaran kertas seri A pada gambar dibawah ini.

Ukuran Kertas A
Ukuran Kertas A

Pada saat ini mayoritas perusahaan pembuat kertas yang ada di Indonesia menggunakan ukuran satuan mm atau milimeter. Jarang terlihat ada yang menggunakan satuan cm atau sentimeter pada satuan ukuran kertas yang dibuatnya. Namun untuk perusahaan kertas diluar negeri sudah ada yang menggunakan ukuran kertas dengan satuan pixel, inci atau inch, mm, dan cm. Jadi jika Anda membeli kertas dari luar negeri per rim maka akan terlampir seluruh format ukuran kertas tersebut setiap satuannya. Namun buat Anda yang tinggal di Indonesia janganlah khawatir, karena disini akan dijelaskan juga ukuran kertas A5 dalam cm, mm, pixel, dan inci. Berikut adalah ukurannya yang bisa Anda hafalkan pada saat hendak membeli kertas dengan ukuran yang sama.

UKURAN SATUANPANJANGLEBAR
cm (sentimeter)2114,8
mm (milimeter)210148
pixel793.7007559.37
inci8,26775,826

Itulah penjelasan mengenai ukuran kertas A5 dalam mm, cm, pixel, dan inci di Word, Excel, CorelDraw, dan Photoshop. Semoga bermanfaat dan dapat berguna banya banyak orang. Sekali lagi jangan sampai Anda salah mengira bahwa ukuran A5 hanya setengah dari ukuran A4 itu salah besar. Karena artikel ini dibuat hanya untuk memudahkan Anda menghafalkan ukuran kertas dengan menggunakan perandaian, jadi tentu wajib Anda hafalkan ukurannya.

error: Content is protected !!