Ukuran Kertas A3

Ukuran Kertas A3

Ukuran kertas A3 sekarang ada dua macam, yaitu A3 dan A3+ / A3 plus, berikut ukurannya dalam mm, cm, dan pixel di Word dan Photoshop di artikel ini. Ukuran kertas memang membuat banyak orang sulit menghafalnya, karena banyak sekali berbagai macam ukuran kertas yang biasa digunakan untuk printer. Baik itu untuk menyelesaikan tugas laporan, maupun membuat berkas-berkas dan dokumen-dokumen di perusahaan.

Jika Anda belum mengetahui ukuran jenis dari kertas pada umumnya, tentu wajib sekali untuk menghafal beberapa ukuran kertas yang biasa Anda gunakan. Salah satunya yaitu ukuran kertas A3, dimana ukuran kertas ini hampir separuhnya ukuran kertas A2. Jadi untuk menghitung berapa angka panjang dan lebarnya kertas A3 tidak jauh dari setengahnya kertas A2 dan cukup berbeda dengan ukuran kertas A3 plus.

Loading...

Namun tetap saja Anda harus sesuai menggunakan angka panjang dan lebarnya agar pada saat di print pada printer hasilnya bisa pas. Jadi jangan sembarangan untuk dapat memakai ukuran kertas A3 di Word dan Photoshop. Karena hasilnya baru akan terlihat setelah di print, maka dari itu jangan sampai membuat kesalahan di awal. Baik dari penggunaan satuan mm, cm, dan pixel di beberapa tools seperti Photoshop dan Word.

Ukuran kertas A3 dihutung dari panjang x lebar yang memiliki satuan mm (milimeter). Anda bisa menyesuaikan satuan ukuran yang pas, baik itu menggunakan cm (sentimeter), dan pixel. Untuk dapat menghitung satuan dari mm ke cm caranya sangat mudah, hanya tingga dibagi 10 saja panjang mm tersebut. Karena hal tersebut telah dijelaskan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang bertugas sebagai badan penetapan standar internasional.

Loading...

Ukuran Kertas A3

Selain ukuran kertas A3 yang sudah mempunyai standar internasional, terdapat juga ukuran kertas A3 plus lainnya seperti A0, A1, A2, A4, A5, A6, A7, dan A8. Hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat di dunia ini yang menggunakan ukuran kertas A untuk kegiatannya sehari-hari, baik untuk belajar menulis, dijadikan berkas penting, hingga dijadikan dokumen-dokumen perusahaan. Bahkan sekarang juga banyak tempat fotokopi yang menyediakan tempat ngeprint dimana ngeprintnya memakai kertas seri A. Jadi tidak heran lagi jika kertas A3 ini cukup populer saat ini. Terlebih jika Anda senang menggambar dengan membutuhkan ukuran yang lebih besar dari ukuran kertas lainnya.

Ukuran Kertas A
Ukuran Kertas A

Hampir seluruh perusahaan yang membuat kertas di Indonesia menggunakan dimensi ukuran kertas A yang menggunakan satuan mm atau milimeter. Anda bisa mengeceknya di toko buku terdekat Anda dimana ada yang menjual kertas tiap satu rim. Namun untuk beberapa perusahaan diluar negeri ada juga yang menggunakan satuan cm (sentimeter). Namun Anda tidak perlu bingung lagi mengenai ukurannya berapa, karena pasti akan dilampirkan di sampul rim kertas tersebut. Sedangkan perusahaan yang menggunakan satuan inci dan pixel belum ada saat ini. Jadi Anda harus menghitungnya sendiri dengan kalkulator atau bisa lihat pada tabel dibawah ini yang menjelaskan ukuran kertas A3 cm, mm, dan pixel.

UKURAN SATUANPANJANGLEBAR
cm (sentimeter)4229,7
mm (milimeter)420297
pixel1587.42151122.5338

Itulah ukuran kertas A3 dalam cm, mm, dan pixel di Word dan Photoshop, semoga berguna dan bermanfaat. Jangan sampai salah dalam menentukan ukuran kertas A, karena sangat berbeda jauh ukurannya. Jadi pahami betul ukuran kertas ini agar Anda tidak salah beli kertas, karena jika salah bisa saja tidak muat di printer Anda.

error: Content is protected !!