Ukuran Kertas F4

Ukuran Kertas F4

Penjelasan mengenai cara membuat ukuran kertas F4 di Word, Excel, Printer, dan Photoshop dalam satuan cm, mm, inch atau inci, dan pixel dengan mudah. Ukuran kertas ini di Indonesia memang memiliki ukuran yang tidak standar di Asia Tenggara. Karena merupakan ukuran peralihan dari ukuran kertas A4 (210 mm) yang terpendek dan ukuran kertas Foolscap (330 mm) yang terpanjang. Sehingga ukuran F4 di Indonesia saat ini yaitu 210 mm x 330 mm atau dalam satuan cm yaitu 21 cm x 33 cm lebih panjang daripada ukuran kertas A4.

UKURAN SATUANLEBARPANJANG
cm (sentimeter)2133
mm (milimeter)210330
inci8,513
pixel793.71247.2

Baca juga : Ukuran Kertas A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8

Untuk membuat desain grafis pada ukuran kertas F4, bisa menggunakan satuan pixel ataupun inci yang dapat Anda sesuaikan dengan perhitungan konfigurasi DPI (dots per inch / titik per inci). DPI merupakan jumlah titik warna disetiap inci yang ada, semakin padat jumlah titiknya pada setiap inci maka akan semakin detail pewarnaannya. Biasanya dalam beberapa software sudah menggunakan titik warna yang disebut dengan pixel.

Ukuran Kertas F4

Biasanya kertas F4 dipakai untuk membuat dokumen seperti buku, majalah, surat, skripsi, buku gambar, dan pemetaan serta cetak foto. Sedangkan untuk tekstur yang digunakan pada kertas F4, tidak jauh berbeda dengan tekstur kertas lainnya. Jika berbeda tekstur biasanya hanya dipengaruhi oleh berbedanya perusahaan yang membuatnya.

Ukuran Kertas F4 Di Word

Untuk ukuran kertas F4 di word, Anda bisa langsung pergi ke bagian Paper Size, kemudian pilih ukuran dengan satuan inci yaitu 8.5″ x 13″. Apabila tidak ada, berarti Anda harus menuliskan ukuran kertas tersebut secara manual di bagian Custom Size Paper. Jika masih bingung juga bisa lihat pengaturan yang ada pada gambar di bawah ini.

Jika sudah silakan masuk ke Page dan tekan tombol Options dipojok kanan bawah yang nantinya akan diarahkan ke Printer Properties, setelah itu pilih Pengesetan Cepat dan pada bagian Ukuran Kertas Pencetak pilih Sesuaikan. Selanjutnya Anda isikan ukuran kertas F4 dengan satuan inci yaitu 8.5″ x 13″. Untuk lebih detailnya mengenai ukurannya di Excel bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Ukuran Kertas F4 Di Excel

Bagi Anda yang bingung belum mengetahui bagaimana cara membuat ukuran Kertas di printer bisa lihat dibawah ini. Silakan pilih menu Pengesetan Cepat dan pilih Ukuran Kertas Pencetak dibagian pojok kanan bawah lalu pilih Sesuaikan. Nantinya Anda diminta memasukan ukuran kertas F4 di printer dengan menggunakan satuan inch atau inci.

Ukuran Kertas F4 Di Printer

Jika saat ini Anda hendak ngeprint menggunakan software Photoshop, tentu untuk menentukan ukuran kertas di Photoshop harus dengan benar. Biasanya orang yang menggunakan Photoshop lebih senang menggunakan satuan pixel daripada menggunakan satuan seperti cm, mm, dan inci. Maka dari itu, ukuran kertas F4 jika dikonversikan ke satuan pixel akan menjadi 793.7 pixel x 1247.2 pixel. Setelah Anda mendapatkan ukuran dalam pixel ini, silakan tuliskan pada bagian Width dan Height serta isikan juga pixels/inch yang ada seperti pada gambar dibawah ini.

Ukuran Kertas F4 Di Photoshop

Itulah penjelasan lengkap mengenai ukuran kertas F4 di Word, Excel, Printer, dan Photoshop dalam satuan Cm, Mm, Inci, dan Pixel.

Perbedaan Kertas F4 dengan Kertas Folio

Saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa kertas F4 itu sama seperti kertas folio. Padahal kertas folio sendiri sudah ada lebih dulu pada tahun 1700. Awalnya kertas pada masa itu hanyalah berwarna coklat kekuningan, jadi belum berwarna putih seperti sekarang ini. Karena jelas berbeda jaman dan teknologinya antara tahun 1700 dengan tahun 2020.

Selama lebih dari 200 tahun ini kertas folio mengalami banyak penyesuaian, khususnya pada setiap negara eropa pada jaman itu. Ada beberapa perdebatan antar negara yang mengalami penyesuaian tersebut, karena setiap negara memiliki penyebutan nama kertas yang berbeda-beda. Namun tetap masih menggunakan ukuran kertas F4 yang sama.

Di negara Inggris, kertas F4 diberi nama dengan kertas foolscap yang artinya yaitu kertas folio, jadi bahasa inggrisnya kertas folio bukanlah folio paper, melainkan foolscap. Maka dari itu untuk Anda yang sedang kuliah di liar negeri seperti di Inggris, apabila hendak membeli kertas folio bisa bilang foolscap. Sehingga dia tau bahwa kita mau membeli kertas folio tersebut.

Di negara inggris, kertas F4 diberi nama dengan oficio. Silakan cek di Google Translate, apakah benar bahwa oficio artinya kertas folio. Namun setelah dicoba tes, ternyata tidak muncul hasil terjemahannya dan sekalinya muncul artinya malah kantor. Untuk itu Anda harus menggunakan bahasa Portugis yang sedang digunakan untuk terjemahkan oficio.

Kemudian yang ada di Indonesia ini banyak orang yang masih tidak bisa membedakan ukuran kertas F4 dengan folio. Padahal di sampul kertas saat Anda beli juga sudah dilampirkan tulisan beserta ukuran width dan heightnya. Biasanya kesalahan ini diakibatkan banyak orang yang masih belum paham betul mengenai ukuran kertas dari berbagai satuan yang ada.

Setelah itu barulah Amerika membuat standarisasi mengenai kertas-kertas yang ada di dunia. Karena kertas folio ini tidak terlalu populer, sehingga banyak yang mengabaikan ukurannya. Maka dari itulah dibentu sebuah badan standarisasi internasional yang ada sejak waktu itu dalam mengurus standarisasi suatu ukuran kertas saat ini. Namun nyatanya orang luar negeri lebih senang menggunakan kertas legal daripada kertas folio. Karena orang Eropa dan Amerika lebih senang terhadap ukuran kertas yang lebih besar. Karena itulah mereka sudah menjadi kewajibannya terhadap kebutuhan mereka dalam penggunakan kertas tersebut.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk ukuran kertas F4 ini mempunyai perbedaan yang cukup signifikan dengan folio walaupun hanya selisih 0.5 cm saja. Jadi jangan samakan antara kertas F4 dengan kertas folio. Karena kedua kertas tersebut sangat berbeda, terutama dalam hal krusial seperti ngeprint tugas dan laporan skripsi, bisa jadi tidak sesuai dengan ukuran sampulnya. Untuk itulah pentingnya dalam menghafalkan ukuran kertas yang ada saat ini. Selain karena penting dalam hal krusial, ternyata juga penting dalam membuat gambar atau melukis di kertas tersebut layaknya para seniman di Eropa dan Amerika. Terima kasih sudah berkunjung, simak juga artikel lainnya disini.