Ukuran Kertas A6

Ukuran Kertas A6

Ukuran kertas A6 pada Word dan Photoshop biasanya tidak ada dipengaturannya, sehingga Anda harus menambahkan ukuran cm, mm, pixel, dan inci secara manual. Walaupun ukuran kertas ukuran A6 sudah populer di masyarakat, bukan berarti Anda bisa langsung memakai format ukurannya di Word, Photoshop, Excel, dan CorelDraw. Untuk jaga-jaga apabila salah satu software tersebut belum ada ukuran kertas A6 dalam mm, cm, pixel, dan inci untuk ngeprint, jadi lebih baik Anda hafalkan ukurannya.

Biasanya jika Anda membeli kertas ukuran apa saja di toko buku maupun di tempat fotokopian, pada sampul kertas tiap rimnya akan ada tulisan ukuran kertas tersebut. Namun di Indonesia saat ini hanya menggunakan format satuan mm (milimeter) dan cm (sentimeter). Sedangkan untuk ukuran kertas A6 yang menggunakan satuan inci atau inch dan pixel itu belum ada. Jadi apabila Anda hendak ngeprint tugas ataupun gambar, wajib mengetahui ukuran kertas yang akan di print sehingga hasil gambar dan tulisan yang dibuat di komputer atau laptop bisa ngepas pada saat di print.

Untuk menghafalkan ukuran kertas A6 memang cukup sulit, karena saat ini sudah ada banyak seri kertas A. Mulai dari kertas A0, A1, A2, A3, A4, A6, A7, dan A8 yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Biasanya cara paling mudah menghafalkan ukuran kertas bisa langsung membagi dua dari ukuran kertas yang lebih besar serinya. Lebih besar ukuran kertas maka angka seri kertas A akan semakin kecil, karena semua kertas seri A1 sampai A8 itu bersumber dari kertas A0 yang di potong menjadi banyak bagian. Sehingga ukuran kertas terkecil yaitu A8, yang berasal dari sisa potongan terakhir.

Sehubungan hampir seluruh dunia saat ini menggunakan kertas seri A, membuat kertas A6 agak sulit dicari di beberapa tempat. Jadi apabila Anda menemukan ukuran kertas lainnya yang lebih besar tentu bisa digunakan juga asalkan pada saat hendak di print ya printer Anda muat dan ukuran yang ada di software sesuai. Jika tidak maka lebih baik Anda mencari ukuran A6 saja, sehingga tidak perlu mengaturnya dalam software dan printer.

"<yoastmark

Ukuran kertas A6 biasanya hanya digunakan untuk kerajinan tangan saja, seperti contohnya dijadikan kertas origami. Jadi jika Anda belum pernah melihat sama sekali seperti apa ukuran kertas ini bisa langsung melihatnya pada gambar dibawah ini. Dimana gambar ini akan mengilustrasikan ukuran-ukuran kertas seri A yang ada saat ini di seluruh dunia.

Ukuran Kertas A

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa di Indonesia hanya menggunakan ukuran kertas A6 dalam mm dan cm saja. Sedangkan di luar negeri lebih banyak yang menggunakan satuan inci dan pixel. Tentu sudah menjadi kewajiban para perusahaan menyesuaikan dengan bahasa yang wajar di negara Indonesia, dimana satuan cm dam mm lebih sering digunakan. Karena masih banyak orang Indonesia yang tidak mengerti dengan satuan pixel dan inci. Mulai dari masalah pengkonversiannya yang rumit, banyaknya orang yang awam dengan satuan tersebut, hingga mayoritas di pembangunan juga masih menggunakan meteran biasa. Hal itulah yang menjadikan perusahaan pembuat kertas di Indonesia lebih memilih menggunakan satuan cm dan mm. Berikut adalah ukuran kertas A6 dalam cm, mm, pixel, dan inci atau inch.

UKURAN SATUANPANJANGLEBAR
cm (sentimeter)14,810,5
mm (milimeter)148105
pixel559.3771396.8553
inci5,82674,1338

Itulah keterangan lengkap dari ukuran kertas A6 mm, cm, pixel, dan inci atau inch yang bisa ditambahkan di Word, Photoshop, CorelDraw, dan Excel. Semoga informasi ini dapat berguna bagi banyak orang dan tentunya bermanfaat bagi kita semua. Jadi jangan pernah menganggap bahwa ukuran A6 ini hanya setengah dari ukuran kertas A5. Karena itu hanya perandaian saja untuk dapat membuat Anda lebih mudah menghafalkan ukuran kertas ini.