Ukuran Kertas A0

Ukuran Kertas A0

Ukuran kertas A0 memang belum begitu populer layaknya ukuran kertas yang biasa digunakan untuk kegiatan umum. Sehubungan banyak yang belum mengetahui bahwa saat ini sudah ada ukuran kertas yang ternyata lebih ada yang lebih besar daripada kertas-kertas lainnya. Tentu Anda semua sudah pernah menggunakan kertas di kehidupan sehari-hari, mulai dari dijadikan wadah menulis, menggambar, hingga melukis dan mengeprint.

Bisanya orang yang baru pertama kali melihat ukuran kertas A0 akan heran, kegunaannya itu dipakai untuk apa saja. Mengingat ukuran A0 sangat besar membuat ukurannya lebih jarang dipakai untuk kehidupan sehari-hari. Mayoritas masyarakat saat ini menggunakan ukuran A0 hanya untuk membuat gambar dan pemetaan, sehingga hanya dipakai pada waktu tertentu saja. Berbanding terbalik dengan ukuran kertas A8 yang biasa dipakai untuk karcis parkir kendaraan roda dua dan roda empat.

Ukuran kertas A0 walaupun tidak terlalu populer, namun tetap saja ukuran A0 tetap masuk kedalam standar internasional ISO 216. Anda bisa menggabungkan dua kertas A1 menjadi satu bagian. Sehingga akan menghasilkan ukuran A0. Walaupun tetap harus membutuhkan perhitungan yang pas agar ukurannya benar-benar sesuai, sehingga wajib di ukur lagi apakah sudah sesuai dengan ukurannya atau belum. Berikut adalah ilustrasi gambar mengenai ukuran kertas seri A mulai dari A0, A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8.

Ukuran Kertas A

Ukuran kertas A0 memang merupakan awal mula semua ukuran kertas seri A. Sehingga tidak jarang jika banyak yang belum tahu bahwa ada ukuran yang lebih besar selain ukuran kertas A1. Setelah Anda memahami tingkatan-tingkatan pada ukuran kertas seri A, berikut adalah ukuran kertas A0 dalam mm, cm, pixel, dan inci atau inch.

Ukuran Kertas A0

Ukuran kertas A0 saat ini sudah ada banyak di berbagai software seperti Word, CorelDraw, Excel, dan Photoshop. Namun tidak semua tipe printer bisa ngeprint untuk ukuran A0, karena hanya printer tertentu saja yang bisa. Banyak di masyarakat saat ini menggunakan kertas A0 untuk dipakai sebagai wadah pemetaan, karena bisa ngeprint dengan luas berdasarkan skala perbandingan pemetaan yang dibuatnya. Nah buat Anda yang hendak ngeprint menggunakan kertas A0, wajib mengetahui ukurannya agar tidak salah kertas waktu membelinya di tempat fotokopi atau toko buku terdekat.

Jika di software tempat ngeprint tidak terdapat ukuran kertas A0, tentu Anda wajib menginputkan ukurannya secara manual sendiri. Maka dari itu penting untuk menghafalkan ukuran A0. Karena jika salah ukurannya, tentu saja hasil menjadi tidak memuaskan dan tidak akan rapih karena beda format. Untuk itu Anda juga harus perhatikan apakah printer yang digunakan sudah sesuai apa belum. Jika tidak sesuai dan dipaksa untuk print kertas A0 pasti kertas tersebut akan tersangkut di mesin printer. Berikut adalah ukuran A0 dalam mm, cm, inci atau inch, dan pixel.

UKURAN SATUANPANJANGLEBAR
cm (sentimeter)118,984,1
mm (milimeter)1189841
pixel4493.91483178.6227
inci46.8133.11

Itulah beberapa ukuran kertas A0 dalam mm, cm, pixel, dan inci atau inch yang bisa diterapkan pada software Word, Excel, CorelDraw, dan Photoshop. Untuk Anda yang kesulitan mencari kertas A0 bisa membelinya di toko online, namun tentu harus menggunakan ongkos kirim yang lumayan mahal. Karena kertas memang memiliki berat yang cukup lumayan. Apalagi kertas A0 yang ukurannya bisa terkena biaya volume pengiriman barang. Jadi Anda harus memikirkannya dua kali apabila hendak membelinya secara online, namun jika Anda tinggal di kota besar bisa mencarinya di toko buku atau tempat fotokopi disekitar Anda Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua dan tentunya dapat berguna di kehidupan sehari-hari. Terima kasih sudah berkunjung.