Ukuran Kartu Nama

Ukuran Kartu Nama

Hal yang perlu diperhatikan saat hendak membuat kartu nama yaitu bahan kartu nama, ukuran kartu nama dan desain kartu nama yang menarik. Mengenai kartu nama, banyak sekali yang harus diperhatikan. Karena tiap negara memiliki ukuran standar sebuah kartu nama yang berbeda-beda. Baik Indonesia yang berada di Asia maupun negara lainnya yang ada di Eropa memiliki standar ukurannya masing-masing negara. Namun banyak orang di Indonesia yang menyampaikan bahwa standar ukuran kartu nama yang ideal yaitu A8. Saat ini mayoritas orang yang membuat kartu nama di Indonesia menggunakan ukuran kartu nama cm, pixel, inci, dan mm. Berikut merupakan penjelasan mengenai standar ukuran kartu nama yang ada di Indonesia.

Ukuran kartu nama yang menggunakan cm yaitu 9 cm x 5,5 cm atau 90 mm x 55 mm. Ukuran dengan pixel yaitu 340 pixel x 207 pixel dan untuk ukuran yang menggunakan inci yaitu 3,54 inci x 2,165 inci. Sedangkan apabila Anda cetak kartu namanya di percetakan, maka akan di cetak sesuai dengan standar percetakan di Indonesia yaitu 8,8 cm x 5,3 cm atau 88 mm x 53 mm.

"<yoastmark

Loading...

Biasanya orang yang membuat kartu nama di photoshop akan menggunakan satuan pixel, sedangkan yang membuat di corel draw akan menggunakan satuan inci. Jadi sesuaikan ukuran kartu nama di photoshop Anda dan juga sesuaikan ukuran kartu nama di corel draw.

Baca juga : Ukuran Kertas A1, A2, A3, A4, A5, A6, A7, A8

Jika Anda hendak memberikan ukuran sendiri bisa bilang ke pihak percetakannya, karena kalau tidak bilang atau tidak meminta ukuran versi sendiri akan di buatkan kartu nama dengan ukuran standar percetakan. Jadi tinggal tergantung Anda mau menggunakan ukuran kartu nama yang standar Indonesia, menggunakan ukuran standar percetakan, atau menggunakan ukuran yang sesuai dengan kemauan Anda sendiri.

UKURAN SATUANPANJANGLEBAR
cm (sentimeter)95,5
mm (milimeter)9055
inci3,542,165
pixel340207
Loading...

Saat Anda hendak membuat kartu nama selain ukuran kartu nama juga harus perhatikan bahan yang akan digunakan, karena bahan pada pembuatan kartu nama akan sangat mempengaruhi biaya pembuatan kartu nama. Berikut penjelasan lengkap mengenai bahan-bahan yang bisa dipilih untuk kartu nama Anda.

  1. Art Paper atau Art Carton yang memiliki ketebalan 260 gsm. Tentu ini sudah cukup tebal untk digunakan sebagai bahan pembuatan kartu nama. Permukaannya tidak terlalu kasar dan agak licin sehingga sulit untuk di coret-coret pakai pulpen. Jadi apabila Anda lebih sering mencatat sesuatu di kartu nama, lebih baik jangan gunakan yang bahan ini. Karena nantinya akan susah untuk nulis di kartu nama, karena tidak semua kartu nama berisi lengkap, jadi pasti kalau ada yang nanya bisa saja jawabannya tidak ada di kartu nama Anda. Maka dari itu penting juga membuat kartu nama yang ringkas, padat, dan jelas. Art Carton juga digunakan sebagai finishing akhir setelah terlihat glossy, sehingga bahan ini lebih cocok untuk desain kartu nama yang menggunakan blok warna.
  2. Mohawk Option yaitu kertas dengan ukuran 250 gsm yang mempunyai tekstur halus dan juga memiliki daya serap tinta yang sangat bagus. Sehingga hasil cetakan kartu nama bisa terlihat lebih berwarna dan tentunya dapat memikat mata. Untuk Anda yang suka dengan desain, gunakanlah kertas ini karena memang bisa digunakan depan dan belakang kartu nama. Jadi Anda bisa lebih bebas lagi berkreasi membuat desain kartu nama Anda sendiri.
  3. Linen Hollad yaitu kertas dengan ukuran 250 gsm yang merupakan kertas impor layaknya Linen Jepang. Kertas ini memiliki tekstur yang lebih halus daripada Linen Jepang dan berwarna lebih putih, serta tidak terlalu nampak garis-garis horizontal maupun vertikalnya.
  4. Linen Jepang yaitu kertas dengan ukuran 250 gsm, memiliki tekstur bergaris-garis horizontal dan veritkal. Biasanya bahan kertas ini lebih sering digunakan untuk kartu nama perusahaan, karena terlihat lebih profesional dan tidak terlalu berlebihan.

"<yoastmark

Untuk Anda yang belum mengetahui format penulisan dalam membuat kartu nama, berikut cara membuat kartu nama yang baik dan benar.

  1. Buatlah logo di kartu nama, jika Anda mengatasnamakan perusahaan tentu wajib ada logo perusahaan Anda di kartu nama. Seperti halnya pada gambar diatas, dimana terdapat logo perusahaan dibagian atas kartu nama. Ukuran logo yang ada di kartu nama tersebut harus lebih besar daripada keterangan lengkap mengenai Anda atau mengenai perusahaan.
  2. Cantumkan nama lengkap, gunakan juga gelar yang Anda punyai karena untuk menambah nilai jual dari nama Anda. Sama halnya dengan gambar diatas, Anda bisa membesarkan ukuran nama di kartu nama yang dibuat. Serta dibawahnya bisa diberikan gelar atau profesi yang sedang Anda kerjakan.
  3. Gunakan alamat lengkap perusahaan atau alamat rumah Anda jika tidak mengatasnamakan perusahaan. Jika menggunakan atas nama perusahaan, bisa memberikan alamat kantor perusahaan Anda. Sehingga pihak yang diberikan kartu nama dapat dengan mudah menemukan lokasi kantor Anda.
  4. Tuliskan nomor handphone Anda yang aktif, kalau bisa dipisah antara nomor untuk aktivitas harian maupun nomor untuk bisnisan. Karena hal ini sangat krusial sekali, jadi harap diperhatikan betul bahwa untuk telepon kantor ataupun telepon biasa sangat berbeda. Terlebih jika sewaktu-waktu ada yang menelpon secara bersamaan, tentu salah satu orang tidak akan bisa menelpon Anda.
  5. Tambahkan media sosial yang Anda miliki di kartu nama Anda, baik itu Instagram, Facebook, Twitter, maupun Pinterest.
  6. Gunakan ukuran kartu nama yang sudah dijelaskan sebelumnya, sehingga mudah mencari wadah-wadahnya di tempat fotokopi ataupun di percetakan. Jika Anda menggunakan ukuran kartu nama sendiri maka wajib membuat wadah kartu nama Anda sendiri.
  7. Pakailah desain yang menarik, namun jangan terlalu berlebihan seperti halnya pada gambar diatas.
  8. Berikan warna yang ringan, sehingga dapat membuat orang betah membaca dengan rinci kartu nama Anda.

Itulah beberapa bahan kertas untuk kartu nama yang bisa Anda gunakan, baik untuk print di rumah menggunakan printer sendiri ataupun di percetakan di sekitar rumah Anda. Semakin bagus bahan kartu nama yang digunakan, tentu biaya kertas yang digunakan akan semakin mahal.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan Anda sudah bisa mengetahui ukuran kartu nama dalam mm, cm, pixel, dan inci serta bahan kertas yang digunakan untuk pembuatannya.

error: Content is protected !!