Tugas Supervisor

Tugas Supervisor

Beberapa tugas supervisor di perusahaan, kriteria untuk menjadi supervisor, hingga gaji dan syarat serta tanggung jawab di perusahaan. Untuk Anda yang mau memimpin sebuah tim pada perusahaan, maka Anda akan sangat cocok apabila menempati posisi sebagai supervisor di perusahaan. Pada setiap perusahaan terdapat organisasi, di mana struktur organisasi tersebut terbilang cukup penting, terlebih apabila terdapatnya supervisor yang menjadi penengah antara manajer dengan karyawan di perusahaan.

Tugas supervisor adalah memastikan jalannya rencana yang sudah dibuat oleh manajer perusahaan. Tentu tiap supervisor memiliki tugas yang berbeda beda, karena disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Loading...

Tugas supervisore di perusahaan dibagi menjadi beberapa macam, seperti supervisor produksi, supervisor marketing, supervisor distribusi barang, dan berbagai macam supervisor lainnya. Namun tugas penting dari supervisor yaitu mengawasi kinerja karyawan nya setiap hari. Sehingga proses kerja yang berjalan di perusahaan dapat berjalan dengan lancar, maka dari itu harus ada pengawasan dari supervisor.

Baca Juga : Tugas Manajer Produksi Di Perusahaan

Tugas supervisor yang dijalankan terbilang tidak mudah, karena mempunyai tanggung jawab yang besar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan harus melaporkannya kepada manajer perusahaan. Berikut beberapa tugas supervisor yang biasanya dilaksanakan di perusahaan:

  1. Mengatur karyawan dalam bekerja, sehingga proses kerja yang ada di perusahaan dapat berjalan dengan lancar.
  2. Menyampaikan berbagai macam kebijakan yang telah diberikan oleh manajer kepada karyawannya.
  3. Menjalankan tugas lapangan secara langsung dan memonitor kinerja karyawan yang ada di lapangan.
  4. Menjaga agar karyawan nya dapat selalu disiplin dalam bekerja.
  5. Mang evaluasi serta melaporkan kinerja karyawan di suatu perusahaan apabila mengalami masalah.
  6. Memberikan usulan karyawan ke manajer perusahaan.
  7. Mampu memecahkan masalah yang terjadi sehari-hari oleh karyawan dengan manajer.
  8. Merancang berbagai macam strategi jangka pendek untuk para karyawannya, sehingga kinerjanya menjadi lebih maksimal.
  9. Melakukan briefing terlebih dahulu terhadap karyawannya sebelum bekerja.
  10. Bertanggung jawab atas karyawannya.
  11. Memberikan penghargaan apabila karyawannya memiliki kinerja yang baik dan berprestasi dalam bekerja.
  12. Harus mampu memberikan motivasi kerja pada karyawan nya, agar karyawan yang di percayakan dapat selalu bekerja secara optimal dan tidak mudah bosan saat bekerja.
  13. Mengontrol kegiatan karyawan nya agar tidak terjadi kesenjangan satu sama lain dalam pekerjaan.
  14. Menghukum karyawannya apabila melanggar aturan dan tidak disiplin.
  15. Dapat mengayomi karyawan dibawahnya apabila terdapat keluh kesah saat bekerja di perusahaan.

Baca Juga : Tugas Manajer Operasional Di Perusahaan

Loading...

Gaji yang didapat oleh supervisor berbeda beda, karena hal ini bergantung terhadap tugas dari perusahaan di mana ia bekerja. Semakin besar perusahaan nya maka gajinya akan semakin tinggi, begitu pula dengan tanggung jawab yang dipikulnya. Selain itu di beberapa perusahaan juga harus memiliki pengalaman kerja terlebih dahulu sebelum menjabat sebagai supervisor. Berikut beberapa gaji supervisor di perusahaan yang ada di Indonesia:

  1. Supervisor perusahaan berkisar antara Rp 10.000.000 hingga Rp 12.000.000 rupiah perbulannya.
  2. Supervisor hotel mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 rupiah perbulannya.
  3. Supervisor gudang atau toko minimarket biasanya Rp 5.000.000 rupiah perbulan.

Gaji supervisor yang telah dijelaskan di atas tentu belum termasuk dengan tunjangan hari raya, asuransi kesehatan, jamsostek, gaji ke 13, dan bonus lembur. Biasanya gaji supervisor akan semakin besar apabila ia telah memiliki pengalaman kerja yang cukup lama dan telah menjalankan tugas supervisor dengan baik di perusahaan dimana sebelumnya ia bekerja.

Syarat untuk menjadi supervisor tidak terlalu membutuhkan beberapa syarat dan tugas yang spesifik. Karena sebuah perusahaan mempunyai standar yang berbeda beda dalam menentukan supervisor terbaik di perusahaannya. Namun mayoritas perusahaan di Indonesia memberikan persyaratan menjadi supervisor sebagai berikut:

  1. Minimal lulusan SMA sederajat.
  2. Mempunyai jiwa kepemimpinan.
  3. Berpenampilan menarik dan tidak membandingkan karyawan satu dengan lainnya.
  4. Menguasai beberapa software komputer.
  5. Memiliki komunikasi yang bagus antara para karyawan dengan manajer di perusahaan.

Baca Juga : Tugas Manajer Keuangan Di Perusahaan

Setidaknya untuk menjadi supervisor Anda harus memiliki skill yang dapat menunjang kemampuan karyawan yang Anda awasi setiap harinya dan dapat menjalankan tugas dengan baik. Berikut adalah beberapa keahlian yang dibutuhkan oleh seorang supervisor di perusahaan:

  1. Keahlian kepemimpinan.
  2. Motivator.
  3. Evaluation.
  4. Administrasi personal.
  5. Human relation.
  6. Komunikasi yang baik.

Dengan memiliki berbagai macam keterampilan diatas, tentu menjadi supervisor akan dapat dijalankan dengan mudah. Maka dari itu Anda harus bisa menjadi penengah antara karyawan dan manajer perusahaan. Sehingga tidak heran apabila supervisor mempunyai gaji yang besar setiap bulannya. Namun seorang supervisor harus mengenali setiap karyawan yang bekerja di perusahaan. Sehingga Anda bisa memantau kinerjanya setiap hari dengan mudah dan tanpa perlu adanya berbagai macam kesalahan yang berarti.

Apabila terdapat kesalahan di perusahaan yang disebabkan oleh kesalahan karyawan, maka supervisor akan bertanggung jawab sepenuhnya mengenai kesalahan karyawan yang ada dibawahnya. Maka dari itu Anda harus selalu memantau kinerja karyawan setiap harinya dengan teliti dan cermat. Itulah berbagai macam kriteria, gaji, tanggung jawab, dan tugas supervisor di perusahaan. Apabila Anda tertarik untuk menjadi supervisor, bisa segera mempelajari beberapa kriteria tersebut. Khususnya mengenal dekat terhadap setiap karyawan di perusahaan dimana Anda bekerja.