Tugas Staff Administrasi

Tugas Staff Administrasi

Inilah penjelasan lengkap mengenai tugas staff administrasi, tanggung jawab kerja, gaji perbulan, dan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Saat ini ada berbagai macam jenis profesi staff administrasi secara umum, mulai dari bidang keuangan, kearsipan, kesehatan, mengelola gudang, pabrik dan lain sebagainya. Sehingga tidak heran apabila posisi kerja sebagai staff administrasi menjadi primadona bagi beberapa kalangan mengingat banyaknya lowongan yang dibuka. Namun tentu saja setiap perusahaan mempunyai beberapa kualifikasi khusus untuk dapat menerima karyawan baru, sehingga diharapkan dapat bekerja maksimal sebagai staff administrasi perusahaan.

Seorang staff administrasi mempunyai kewajiban menjalankan tugas secara umum seperti pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan data. Tidak hanya itu saja, seorang staff administrasi juga akan memiliki tugas yang lebih spesifik di setiap perusahaannya. Seperti contohnya seorang staff administrasi di perusahaan perbankan pasti akan mempunyai tugas yang lebih condong ke arah keuangan. Maka dari itu, staff administrasi harus mempunyai kemampuan adaptasi kerja yang cepat agar dapat dengan mudah menyesuaikan job desk di perusahaan. Berikut adalah tugas staff administrasi di perusahaan secara umum:

  1. Mengumpulkan data yang ada pada dokumen
  2. Mengolah data dokumen
  3. Melaporkan data dokumen

Tugas staff administrasi umum memanglah hanya ada tiga saja, untuk kualifikasi yang dibutuhkan antara lain:

  1. Teliti dan cermat jangan sampai ada kesalahan data
  2. Jujur dan bertanggung jawab
  3. Menghitung dengan baik dan benar
  4. Minimal harus Anda sudah pernah menjalankan beberapa tugas administrasi di organisasi sekolah
  5. Mempunyai pengalaman kerja dalam mengatasi masalah administrasi akan menjadi nilai lebih
  6. Mempunyai tulisan yang bagus dan rapih agar mudah dibaca
  7. Dapat membuat dokumen penting perusahaan akan menjadi nilai lebih
  8. Dapat bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan
  9. Mampu bekerja dibawah tekanan
  10. Pendidikan minimal SMA sederajat hingga S-1 manajemen atau S-1 ekonomi.

Baca Juga : Tugas Management Trainee, Syarat, Gaji, dan Tanggung Jawab

Staff administrasi mempunyai tanggung jawab dalam data yang disampaikannya, sehingga harus hati-hati dalam melaporkan data. Mengingat data perusahaan sangat krusial, maka apabila terdapat kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal. Maka dari itu seorang staff administrasi harus dapat bekerja dengan cermat dan teliti agar tidak adanya data yang salah. Mengingat kerjaan sebagai staff administrasi cukup berat, tentu gaji yang ditawarkan juga cukup menarik.

Tugas staff administrasi di suatu perusahaan nasional maupun internasional tentu berbeda, sehingga tidak heran juga apabila gaji perbulannya berbeda jauh. Berikut adalah gaji staff administrasi perusahaan:

  1. Staff administrasi di perusahaan nasional biasanya akan mempunyai gaji Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 perbulan. Itu belum termasuk dengan tunjangan dan bonus lembur maupun asuransi bekerja.
  2. Staff administrasi di perusahaan internasional mempunyai gaji perbulan mulai dari Rp 7.000.000 hingga Rp 10.000.000 yang belum termasuk dengan bonus, tunjangan, dan asuransi.

Setelah Anda membaca penjelasan diatas, tentu sekarang pastinya sudah mempunyai gambaran yang jelas mengenai pekerjaan sebagai staff administrasi di perusahaan. Jadi apabila Anda tertarik untuk bekerja sebagai staff administrasi, silakan pelajari terlebih dahulu tiga tugas yang telas dijelaskan sebelumnya. Sehingga apabila nantinya Anda sudah keterima kerja sebagai staff administrasi, tidak akan terlalu kesulitan lagi dalam menjalankan tugas harian. Itulah pentingnya belajar dari dasar terlebih dahulu, jadi Anda bisa berkembang lebih cepat dalam menata karir di perusahaan sebagai staff administrasi.

Sehubungan dengan pekerjaan menjadi staff administrasi cukup banyak dicari oleh masyarakat umum, tentu Anda jangan patah semangat apabila belum di terima kerja. Teruslah mencari informasi lowongan kerja dari berbagai sumber terpercaya agar Anda bisa segera keterima bekerja di perusahaan. Karena banyaknya peminat untuk menjadi staff administrasi, tentu saja saingan bekerjamu menjadi semakin berat. Apalagi Anda yang hanya lulusan SMA sedangkan pendaftar kerja lainnya lulusan S-1 manajemen atau S-1 keuangan, tentu Anda harus mempunyai nilai lebih seperti mempunyai pengalaman kerja untuk dapat menjadi pembeda diantara mereka.

error: Content is protected !!