Tugas SPG

Tugas SPG

Penjelasan mengenai tugas SPG, gaji perbulan, syarat dan keahlian yang dibutuhkan, serta kemampuan maupun tanggung jawab selama bekerja di perusahaan. SPG merupakan istilah dari Sales Promotion Girl yang berarti seorang wanita mempunyai tugas untuk menawarkan sekaligus menawarkan dan menjadi bagian penting pemasaran suatu produk di lapangan. Biasanya apabila kita melihat SPG akan menggunakan pakaian yang cukup terbuka. Walaupun tujuannya bukan untuk memamerkan tubuh mereka, namun hanya untuk daya tarik ke calon konsumen dari produk yang ditawarkannya.

Untuk Anda yang hendak menjadi SPG bukanlah hal yang mudah, karena Anda harus bisa menarik konsumen sebanyak mungkin agar dapat membeli produk yang Anda tawarkan tersebut. Sehingga apabila produk yang ditawarkan banyak dibeli, maka bonus gaji Anda juga akan meningkat. Jadi tinggal tergantung bagaimana Anda menawarkan produk tersebut ke calon konsumen, apabila berhasil maka produk yang ditawarkan pasti akan laris terjual.

Loading...

Karena tugas SPG adalah memperkenalkan juga produk yang baru ke calon konsumen maupun ke konsumen lama, sehingga produk baru tersebut mudah dikenal. SPG juga bertugas untuk membantu koordinator dan supervisor dalam mengelola, memperkenalkan, dan memasarkan suatu produk. Sehingga bisa dibilang walaupun kerja menjadi SPG terlihat mudah, namun untuk mendapatkan penjualan dari produk yang ditawarkan itulah yang susah. Tidak semua SPG bisa melaksanakan tugas dalam mendapatkan calon konsumen. Sehingga jam terbang di lapangan juga akan sangat berpengaruh terhadap sales yang didapatkan. Berikut adalah rincian dari tugas SPG:

  1. Koordinator lapangan serta supervisors dalam mengelola produk, menata produk, serta penjualan produk.
  2. Mengajak pengunjung untuk dapat mampir ke stand penjualan.
  3. Memberikan penawaran menarik dari sebuah produk yang ditawarkan.
  4. Memperkenalkan produk baru dan memberikan informasi produk tersebut kepada publik agar dikenal secara luas.
  5. Melakukan pencatatan penjualan produk.
  6. Membangun kepercayaan dan loyalitas terhadap konsumen produk.
  7. Memberikan jawaban yang tepat terhadap semua pertanyaan dari konsumen.
  8. Menanggapi komplain konsumen dengan baik dan benar.
  9. Memberikan informasi apabila produk tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan.
  10. Menjalankan perintah atasan secara baik dan benar.

Baca Juga : Tugas Resepsionis Di Perusahaan

Setiap pekerjaan pasti mempunyai tanggung jawab yang berbeda beda, seperti halnya seorang SPG. Berikut adalah beberapa tanggung jawab SPG:

  1. Dapat menjaga kebersihan di area penjualan ataupun promosinya.
  2. Memberikan informasi yang benar, akurat, dan lengkap terhadap konsumen.
  3. SPG mempunyai tugas untuk dapat menjaga keamanan barang ataupun produk yang dipasarkan.
  4. Harus bisa mencapai target penjualan yang telah ditentukan oleh perusahaan.
Loading...

Itulah beberapa tanggung jawab yang harus dipikul oleh SPG saat bekerja. Ada pula hal hal yang harus dihindari ketika kelak nanti Anda menjadi SPG seperti contohnya di bawah ini:

  1. Berperilaku tidak sopan terhadap calon konsumen.
  2. Melakukan transaksi di luar lingkup penjualan toko maupun stand yang didirikan.
  3. Pergi tanpa pamit.
  4. Menilai serta menghujat konsumen.
  5. Bermain hp, makan, dan minum di area stand atau toko.
  6. Judes, jutek, dan acuh terhadap konsumen.
  7. Mengobrol dengan teman saat jam bekerja.
  8. Melakukan perdebatan dengan calon pelanggan.
  9. Tidak dapat memberikan jawaban dengan tepat kepada pelanggan.
  10. Bersikap arogan dan menjadikan sesuatu yang belum pasti.

Memang sudah menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh seorang SPG dalam memiliki tingkat kesabaran saat melayani konsumen. Selain itu tugas SPG juga harus bisa mengontrol emosi yang baik sehingga tidak menimbulkan perdebatan dengan konsumen. Maka dari itu apabila anda hendak menjadi SPG maka harus bisa mengontrol emosi terlebih dahulu.

Baca Juga : Tugas Marketing Di Perusahaan

SPG juga harus bisa membuat sebuah laporan pencapaian di mana laporan tersebut menjelaskan sebagai berikut:

  1. Membuat laporan pencapaian Sebagai media evaluasi yang digunakan untuk meningkatkan kinerja.
  2. Media yang digunakan untuk mengidentifikasi pelatihan yang sebelumnya telah diberikan.
  3. Sebagai dasar dalam membuat rencana serta mengembangkan karir.
  4. Sebagai laporan yang dapat digunakan oleh pihak manajemen agar dapat menambah kontrak ataupun memutus kontrak dengan SPG.

Gaji setiap pagi pasti berbeda beda sesuai dengan perusahaan di mana ia bekerja. Gaji seorang SPG tentunya akan ditetapkan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Berikut adalah beberapa gaji SPG yang ada di Indonesia pada umumnya:

  1. SPG langganan dengan kontrak harian biasanya akan mempunyai jam kerja 6 jam sampai 12 jam dalam menjalankan tugas dan memperoleh gaji Rp 500.000 perhari. Biasanya banyak SPG yang sudah berprofesi sebagai model sehingga tidak canggung lagi apabila dimintai foto bareng.
  2. SPG event biasanya akan mempunyai gaji Rp 50.000 setiap harinya dengan kontrak mingguan sampai bulanan dengan bonus penjualan yang bisa diperolehnya dari penjualan produk yang ditawarkan.
  3. SPG reguler akan mempunyai gaji yang sesuai dengan UMK di daerah dimana ia bekerja. Biasanya SPG ini akan mempunyai kontrak bulanan.

Apabila anda hendak menjadi SPG maka akan dibutuhkan beberapa syarat agar dapat diterima kerja di suatu perusahaan. Berikut beberapa syarat yang harus dilengkapi oleh Anda yang hendak menjadi SPG di suatu perusahaan:

Baca Juga : Tugas Supervisor Di Perusahaan

  1. Berusia maksimal 26 tahun
  2. Pendidikan minimal SMA/SMK, D3, dan S1.
  3. Mempunyai tinggi dan berat badan proporsional (tidak gemuk dan tidak kurus juga).
  4. Bisa bekerja dengan target yang telah ditentukan perusahaan.
  5. Bisa berkomunikasi dengan baik dan lancar terhadap calon konsumen.
  6. Mempunyai smartphone.
  7. Mempunyai kendaraan pribadi.

Itulah beberapa syarat yang dibutuhkan apabila anda hendak melamar sebagai SPG di suatu perusahaan. Untuk menjadi SPG tidak harus bermodalkan paras cantik saja, namun badan juga harus bagus dan wangi setiap hari. Serta harus didukung dengan kemampuan yang dimiliki dalam mencapai target penjualan yang telah ditetapkan perusahaan. Berikut adalah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap SPG dalam menjalankan tugas:

  1. Menggunakan artikulasi bahasa yang jelas dan mudah dimengerti pada saat menerangkan atau menjelaskan produk yang ditawarkan ke calon konsumen.
  2. Bekerja secara profesional.
  3. Hindari membaca browsur pada saat menjelaskan produk ke calon konsumen.
  4. Berani tampil beda dengan pakaiannya namun tetap harus menjaga norma penting yang berlaku di daerah tersebut.
  5. Mempunyai body language yang bagus.

Baca Juga : Tugas Direktur Di Perusahaan

Itulah beberapa penjelasan mengenai keahlian, syarat, dan kemampuan yang harus dimiliki oleh Anda apabila hendak menjadi SPG, sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik. Karena semakin banyak calon konsumen yang tertarik maka semakin tinggi juga penjualan yang bisa Anda dapatkan. Jadi untuk Anda yang hendak menjadi SPG alangkah baiknya temukan terlebih dahulu produk apa yang Anda senangi, sehingga pada saat menjelaskan produk ke konsumen tidak kesulitan. Sehingga informasi yang diberikan mengenai produk yang ditawarkan juga jelas dan benar adanya. Jadi apakah Anda sekarang sudah tertarik menjadi SPG? Jika iya, silakan kirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan yang membuka lowongan sekarang juga. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi acuan Anda untuk dapat bekerja sebagai SPG di suatu perusahaan.