Tugas Marketing

Tugas Marketing

Penjelasan berbagai tugas marketing manajer, syarat, kemampuan, dan keahlian yang dibutuhkan, hingga gaji perbulan, dan tanggung jawab di perusahaan. Marketing mempunyai peran penting di perusahaan yang tidak dapat dianggap remeh. Karena apabila di suatu perusahaan tidak mempunyai marketing yang handal, maka tentu saja perusahaan tersebut tidak akan berjalan lama dan akan sangat sulit mendapatkan keuntungan yang diperoleh setiap bulannya.

Seorang marketing pastinya mempunyai penghasilan yang berbeda-beda tiap perusahaan, khususnya pada perusahaan multinasional pasti akan memiliki gaji perbulan yang paling tinggi diantara yang lainnya. Selain itu juga untuk menjadi marketing harus mempunyai pengalaman yang sangat lama di perusahaan dan mempunyai level marketing yang sesuai dengan standar perusahaan di Indonesia.

Loading...

Tugas marketing perusahaan adalah memperkenalkan, memasarkan, dan memasok kebutuhan konsumen dengan baik. Sehingga produk perusahaan yang ditawarkan tersebut dapat digunakan oleh banyak orang tidak lama sejak produk tersebut launching di pasaran.

Maka dari itu jika seorang manajer marketing tidak dapat memperkenalkan produk perusahaan ke masyarakat umum secara luas, artinya manajer tersebut telah gagal. Sehingga tidak heran jika seorang marketing harus paham terlebih dahulu target pasar di suatu wilayah, sehingga dapat dengan mudah memperkenalkan produk perusahaan di suatu wilayah.

Loading...

Tugas marketing juga harus meningkatkan profitabilitas perusahaan, sehingga pendapatan perusahaan dapat meningkat setiap quarternya. Maka dari itu tidak heran juga bila para marketing biasanya akan memberikan harga murah terlebih dahulu dari produk yang pertama kali dipasarkan, kemudian menaikkan harganya secara perlahan apabila produknya sudah mulai dikenal masyarakat luas. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang meningkat terus menerus selama produknya dipakai oleh masyarakat.

Baca Juga : Tugas Manajer Personalia Di Perusahaan

Berikut beberapa tugas marketing di perusahaan:

  1. Merencanakan produk yang hendak dijual di masyarakat umum
  2. Menetapkan harga jual produk, mulai dari harga awal launching hingga kenaikan harga setiap quarternya.
  3. Melakukan strategi promosi sebaik mungkin, baik online maupun real di pasaran agar lebih diterima oleh masyarakat umum.
  4. Merencanakan sekaligus memastikan bahwa distribusi produk dapat berjalan baik dan dapat menyebar secara luas di pasaran.
  5. Meminimalisir kerusakan produk, komplain konsumen, dan kehabisan stok di pasaran.
  6. Memberikan pelayanan sebaik mungkin di pasaran, tidak mengenal toko besar maupun toko kecil.
  7. Sosialisasi produk saat pertama kali launching.
  8. Mencari informasi yang update mengenai produk di pasaran dan dapat mengevaluasi mengenai produk yang dipasarkan apabila terdapat komplain.
  9. Menjalin hubungan baik antar para konsumen.
  10. Mampu menjadi penghubung antara pihak perusahaan dengan para masyarakat luas.
  11. Mewujudkan harapan konsumen dengan memberikan pelayanan yang sangat baik.
  12. Membuat desain produk yang menarik.
  13. Membuat strategi pemasaran produk agar cepat tersebar di pasaran dan tepat sasaran.
  14. Melakukan riset untuk menentukan jumlah produksi di suatu wilayah.
  15. Memandu para sales-sales perusahaan untuk aktif, kompetitif, dan efektif dalam menjalankan tugas marketing dengan memasarkan produk perusahaan di pasaran.

Baca Juga : Tugas Manajer SDM Di Perusahaan

Berikut ini merupakan urutan gaji marketing mulai dari yang paling kecil dengan posisi staff biasa hingga yang paling besar dengan posisi marketing di perusahaan multinasional.

  1. Untuk marketing yang mempunyai pengalaman kurang dari 5 tahun maka gaji yang diperolehnya mulai dari Rp 3.500.000 sampai Rp 3.700.000 perbulan.
  2. Marketing yang sudah mempunyai pengalaman lebih dari 5 tahun namun belum sampai 10 tahun, biasanya akan mendapatkan gaji Rp 5.000.000 sampai Rp 5.500.000 perbulan. Tentu gaji ini sewaktu-waktu dapat bertambah sesuai dengan semakin besarnya tanggung jawab yang dipikulnya di perusahaan.
  3. Manajer marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun biasanya akan memiliki gaji Rp 6.000.000 hingga Rp 6.500.000 perbulan.
  4. Marketing Top Level biasanya akan memiliki gaji berkisar Rp 30.000.000 hingga Rp 45.000.000 perbulan.
  5. Lalu untuk Senior Brand Manajer biasanya akan memiliki gaji Rp 35.000.000 hingga Rp 50.000.000 perbulan.
  6. Kemudian untuk Senior Marketing Communications Manager akan memiliki gaji mulai dari Rp 27.500.000 hingga Rp 50.000.000 perbulan.
  7. Di marketing juga terdapat seorang Head of Trade Marketing, dimana ia akan memperoleh gaji mulai dari Rp 70.000.000 hingga Rp 85.000.000 perbulan.
  8. Sedangkan untuk Marketing Manajer akan memiliki gaji Rp 80.000.000 hingga Rp 95.000.000 perbulan.
  9. Untuk level Marketing Director akan memiliki gaji Rp 100.000.000 hingga Rp 175.000.000 perbulan.
  10. Pada level Chief Marketing Officer biasanya akan memiliki gaji paling tinggi diantara level gaji marketing lainnya yaitu sebesar Rp 125.000.000 hingga Rp 250.000.000 perbulan. Tentu gaji yang besar ini dipengaruhi oleh tugas marketing yang sangat berat beserta tanggung jawabnya di perusahaan.

Baca Juga : Tugas Supervisor Di Perusahaan

Tentu pendapatan gaji diatas dapat bertambah atau berkurang di masing-masing perusahaan. Karena tiap perusahaan mempunyai tingkatannya sendiri-sendiri dan mempunyai kebijakan masing-masing serta memiliki tugas marketing yang berbeda-beda. Gaji-gaji diatas tentu belum termasuk dengan gaji lembur, bonus THR, hingga asuransi kesehatan dan jamsostek.

Syarat untuk dapat menjadi seorang marketing di perusahaan tentu harus bermula dari proses rekrutmen karyawan biasa terlebih dahulu. Seperti halnya dengan beberapa syarat awal yang harus dipenuhi oleh setiap karyawan sebagai berikut:

  1. Sarjana Ekonomi atau sederajat.
  2. Mempunyai pengalaman bekerja minimal 2 tahun di posisi marketing.
  3. Memiliki sertifikasi akan memberikan nilai tambah.
  4. Berpenampilan menarik.
  5. Beretika.

Tentu syarat-syarat tersebut belum cukup, karena Anda juga harus bisa mempunyai kemampuan dan keahlian sebagai berikut:

  1. Mampu berkomunikasi dengan baik.
  2. Mempunyai skill menulis yang bagus.
  3. Teliti dalam berbagai hal di perusahaan.
  4. Mampu menganalisis dengan cermat dan tepat.
  5. Mempunyai inovasi yang tinggi dan kreatif dalam melakukan pemasaran produk perusahaan.
  6. Dapat bekerjasama dengan tim maupun secara individu.
  7. Dapat menggunakan berbagai macam software untuk dapat memperluas pemasaran produk perusahaan di internet.
  8. Dapat mengatasi stress apabila sedang memiliki beban pikiran yang tinggi.
  9. Bertanggung Jawab.

Baca Juga : Tugas Manajer Operasional Di Perusahaan

Untuk dapat menjadi seorang marketing perusahaan tentu Anda harus memahami betul tugas marketing di perusahaan dan memiliki semua syarat, keahlian, maupun kemampuan yang dibutuhkan. Sehingga jika sewaktu-waktu Anda menempati posisi marketing perusahaan maka sudah siap dengan segala macam resiko maupun keuntungannya.

Bisa dikatakan posisi marketing biasanya di isi oleh orang yang mempunyai kehebatan diatas rata-rata para pekerja lainnya di perusahaan, sehingga tidak heran jika marketing perusahaan mempunyai gaji yang lebih tinggi daripada jabatan lainnya di perusahaan. Mengingat masa depan perusahaan ditentukan oleh seorang marketing perusahaannya dari tugas yang berhasil atau tidaknya ia jalankan selama di perusahaan, maka dari itu para marketing perusahaan akan memiliki perhatian lebih dari perusahaan.