Tugas Manajer SDM

Tugas Manajer SDM

Penjelasan tugas manajer SDM, gaji perbulannya, syarat menjadi manajer sumber daya manusia, kriteria, dan tanggung jawab pekerjaannya di perusahaan. Manajer SDM pada suatu perusahaan merupakan aset yang sangat penting di dalam perusahaan. Karena manajer SDM mempunyai tugas untuk mengatur berbagai macam aset sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan.

Mayoritas orang-orang beranggapan bahwa tugas manajer SDM atau sumber daya manusia hanyalah merekrut karyawan baru, namun sebenarnya tugas sesungguhnya manajer SDM sangat banyak. Di artikel ini akan dijelaskan bagaimana tugas-tugas yang akan dijalankan seorang manajer sdm di perusahaan.

Loading...

Tugas pertama manajer SDM yaitu harus memastikan semua bagian SDM yang berada di bawahnya dapat bekerja secara optimal, serta manajer harus bertanggung jawab secara penuh untuk dapat mewujudkan tujuan perusahaan. Jadi manajer SDM tidak hanya melakukan perekrutan karyawan saja, namun manajer SDM harus benar benar memiliki karyawan yang terbaik untuk menjamin kinerja perusahaan yang lebih baik.

Baca Juga : Tugas Manajer Operasional Di Perusahaan

  1. Manajer sdm harus merekrut karyawan yang sangat kompeten dibidangnya sehingga akan mudah mengkoordinasi karyawan baru dengan karyawan lama di dalam perusahaan.
  2. Harus menjadi penghubung antara manajemen dengan karyawan perusahaan.
  3. Diharapkan dapat melayani dengan baik setiap karyawan perusahaan baik yang baru maupun yang sudah lama bekerja.
  4. Melaporkan berbagai macam permasalahan maupun saran, manajemen yang dialami oleh karyawan selama bekerja di perusahaan.
  5. Menjadi mediasi apabila terdapat masalah antar karyawan, wawancara kerja, dan penempatan karyawan baru di perusahaan.
  6. Bertanggung jawab secara penuh dalam membuat perencanaan, penarikan, dan seleksi karyawan baru agar dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan.
  7. Mengantisipasi kebutuhan karyawan ketika bekerja di perusahaan.
  8. Selalu mengevaluasi bawahannya apabila dalam bekerja kurang maksimal, sehingga dapat dikembangkan lebih baik kinerja karyawannya.
  9. Melakukan koordinasi kepada seluruh karyawan yang ada di bawah manajer sumber daya manusia.
  10. Mengatur dan menentukan gaji yang paling cocok untuk karyawan.

Tugas tugas penting manajer sumber daya manusia di atas tentu harus dimiliki setiap manajer sdm di perusahaan. Karena mengelola sumber daya manusia sangatlah penting untuk perusahaan, sehingga perusahaan dapat berjalan lebih baik dan diharapkan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Loading...

Manajer sumber daya manusia juga mengontrol dan memastikan berjalanannya proses kerja karyawan yang telah ia rekrut di perusahaan. Hal itu demi menjamin tercapainya visi dan misi yang telah ditetapkan perusahaan tanpa adanya masalah dalam kinerja perusahaan.

Baca Juga : Tugas Supervisor Di Perusahaan

Manajer sumber daya manusia atau SDM memiliki gaji per bulan yang berbeda beda. Karena hal ini ditentukan berdasarkan kelayakan, loyalitas kepada perusahaan, dedikasinya selama bekerja di perusahaan, dan fungsi maupun per peran pentingnya pada sebuah perusahaan.

Biasanya manajer SDM yang berada di perusahaan kecil akan memiliki gaji per bulan sekitar Rp 9.000.000 sampai Rp 12.000.000 perbulan. Sedangkan untuk manajer SDM yang berada di perusahaan menengah bisa memperoleh gaji sekitar Rp 10.000.000 hingga Rp 12.000.000 perbulannya. Lalu untuk gaji manajer SDM yang berada pada perusahaan besar nasional, Kemungkinan akan memiliki gaji Rp 25.000.000 hingga Rp 30.000.000 perbulannya. Kemudian untuk manajer SDM yang berada di perusahaan internasional biasanya memiliki gaji Rp 30.000.000 hingga Rp 45.000.000 perbulan.

Tentu gaji manajer SDM yang tinggi tersebut sebanding dengan tanggung jawab dari tugas yang dipikulnya, apabila tidak dapat memberikan kinerja yang lebih baik terhadap perusahaan maka seorang manajer SDM dapat dikatakan gagal. Gaji gaji tersebut belum termasuk ke dalam tunjangan hari raya atau THR, gaji ke 13, asuransi kesehatan, jamsostek, dan lembur.

Untuk menjadi manajer SDM tidaklah mudah karena harus memiliki kriteria kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan, berikut adalah beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh calon manajer SDM:

  1. Mempunyai pengalaman bekerja di perusahaan selama lima tahun.
  2. Usia maksimal 35 tahun.
  3. Pendidikan minimal S-1 psikologi.
  4. Berpengalaman dalam membuat strategi pemberian gaji karyawan seperti kompensasi, gaji pokok, dan struktur gaji yang ada pada karyawan.
  5. Mengerti HR planing dan perekrutan untuk menyeleksi karyawan yang mendaftar kerja di perusahaan.
  6. Mempunyai portofolio dari struktur gaji karyawan yang dirancangnya.

Baca Juga : Tugas Manajer Keuangan Di Perusahaan

Sebuah perusahaan akan menentukan standar atau kebijakan yang dapat diberlakukan untuk menjadi manajer SDM. Sehingga tidak semua perusahaan memiliki kriteria seperti yang telah dijelaskan di atas. Selain itu biasanya perusahaan akan mempunyai beberapa syarat khusus untuk dapat menjadi acuan nya dalam memilih manajer SDM, jadi tidak hanya tugas saja. Berikut beberapa syarat skill dan keterampilan yang harus dimiliki oleh calon manajer SDM di perusahaan.

  1. Mempunyai komunikasi yang baik.
  2. Memiliki kreativitas.
  3. Mempunyai integritas yang tinggi.
  4. Interpersonal.
  5. Pribadi yang sangat kuat.
  6. Mempunyai keterampilan teknis perusahaan yang spesifik.
  7. Mengetahui dan memahami undang-undang ketenagakerjaan.
  8. Menguasai berbagai alat yang dibutuhkan dalam meningkatkan kinerja selama bekerja di perusahaan.
  9. Mempunyai wawasan yang luas dalam bisnis perusahaan.

Tentu keahlian dan keterampilan di atas harus dimiliki oleh setiap manajer SDM sehingga diharapkan dapat bekerja secara maksimal di perusahaan. Untuk menjadi manajer SDM bukanlah pekerjaan yang sangat ringan, Karena harus memiliki wawasan yang luas dan dapat mengatur semua karyawan yang ada di perusahaan. Sehingga tugas manajer SDM diharapkan dapat dikerjakannya dengan mudah selama bekerja di perusahaan.