Tugas Manajer Personalia

Tugas Manajer Personalia

Penjelasan berbagai tugas manajer personalia, kriteria serta syarat yang dibutuhkan, hingga gaji perbulan, dan tanggung jawab di perusahaan. Pada sebuah perusahaan tentu akan membutuhkan peran manajer personalia, karena manajer personalia memiliki peran penting dalam merekrut orang-orang yang dibutuhkan oleh perusahaan. Personalia merupakan subsistem yang tugasnya memantau orang orang atau karyawan yang ada pada sebuah organisasi perusahaan. Selain itu manajer personalia juga memberikan dorongan Kepada karyawannya, sehingga dapat memberikan sumbangan yang terbaik untuk perusahaan dimana ia bekerja.

Setiap perusahaan mempunyai target yang harus dicapai, di sinilah peran penting manager personalia dalam merekrut karyawan perusahaan mempunyai talenta yang sesuai dan berkompeten di bidangnya. Hal tersebut dilakukan untuk mendongkrak keuntungan pada perusahaan, karena apabila karyawan dapat bekerja secara maksimal akan mempengaruhi keuntungan perusahaan. Tugas manajer personalia itu menjadi jembatan terhadap sumber daya manusia di perusahaan. Sehingga diharapkan dapat memberikan sumber daya manusia yang maksimal.

Loading...

Setiap posisi yang ada di perusahaan pasti mempunyai peran penting di setiap bidang nya. Seperti halnya pada seorang manajer personalia, di mana ia memiliki tugas penting dalam memaksimalkan sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas manajer personalia di perusahaan:

Baca Juga : Tugas Supervisor Di Perusahaan

  1. Membuka lowongan pekerjaan, merekrut karyawan, mau mewancarai sekaligus menyeleksi calon karyawan di perusahaan.
  2. Melakukan evaluasi terhadap berkas para pelamar kerja di perusahaan.
  3. Menghentikan karyawan apabila melanggar aturan dan dapat memberikan hukuman kepada karyawan apabila melakukan kesalahan di perusahaan.
  4. Mempunyai tanggung jawab pada perkembangan SDM sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dari sebelumnya.
  5. Selalu menumbukan sikap positif terhadap karyawan.
  6. Menyiapkan karyawan dalam program kerja dengan mengajaknya pada program pelatihan atau training di suatu daerah, sehingga terbentuk karakter baru yang lebih baik daripada sebelumnya.
  7. Menjadi penghubung antara manejemen dengan karyawan perusahaan.
  8. Memastikan kepatuhan hukum yang terikat dengan karyawan sekaligus mengawasinya di perusahaan.
  9. Menjadi penyidik sekaligus melaporkan apabila terjadinya kecelakaan kerja pada karyawan perusahaan serta mengurusnya kebagian asuransi.
  10. Menyusun berbagai macam rancangan program yang berkaitan dengan mutu, pelayanan, dan kualitas karyawan di perusahaan.
  11. Dapat meningkatkan sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan, seperti contohnya meningkatkan waktu yang lebih efisien dalam bekerja di perusahaan.
  12. Menyediakan serta melengkapi berbagai macam informasi yang terkait dengan sumber daya manusia di mana memiliki tujuan agar dapat membantu kegiatan sumber daya manusia di perusahaan.
  13. Merancang berbagai macam program serta aktivitas sumber daya manusia di masa yang akan datang.
  14. Teliti dalam memilih karyawan baru.
  15. Tugas manajer personalia juga harus mampu menemukan karyawan yang paling terbaik di bidang yang dibutuhkan perusahaan.

Tentu hal tersebut dibutuhkan oleh manajer personalia di perusahaan, sehingga karyawan yang ada di perusahaan merupakan karyawan terbaik yang ada di bidangnya. Sehingga apabila perusahaan mempunyai target baru, maka perusahaan akan cepat mengejar target tersebut apabila karyawan perusahaan tersebut berkompeten.

Baca Juga : Tugas Manajer SDM Di Perusahaan

Loading...

Gaji manajer personalia tentu berbeda beda setiap perusahaan, biasanya perusahaan kecil akan berbeda jauh dengan perusahaan yang multinasional. Jadi jangan heran apabila gaji manajer personalia di kota A akan berbeda dengan gaji manajer personalia di kota B. Berikut beberapa info mengenai rata-rata gaji seorang manajer personalia, mulai dari yang fresh graduated hingga sampai top level perusahaan yang sudah memiliki pengalaman kerja yang sangat lama dalam menjalankan tugas dengan baik selama bekerja di perusahaan.

  1. Manajer personalia fresh graduated biasanya memiliki gaji Rp 6.000.000 sampai 10.000.000 perbulan.
  2. Untuk manajer personalia di perusahaan multinasional biasanya mencapai Rp 20.000.000 hingga Rp 25.000.000 perbulan.

Gaji tersebut belum termasuk dengan berbagai macam tunjangan, asuransi, hingga gaji ke 13 dan lembur.

Syarat umum untuk dapat menjadi manajer personalia tentu akan berbeda-beda setiap perusahaannya. Namun mayoritas perusahaan di Indonesia mempunyai syarat standar sebagai berikut:

  1. Usia maksimal 35 tahun.
  2. Pendidikan S-1 psikolog, hukum, dan lainnya.
  3. Mempunyai pengalaman bekerja 5 tahun lebih di bidang yang sama.
  4. Memiliki pengetahuan yang bagus dalam hukum buruh karyawan perusahaan.
  5. Memiliki pengalaman dalam merekrut karyawan, melakukan event pelatihan, hubungan industrial, hingga semua aspek SDM yang menyangkut dalam organisasi.

Baca Juga : Tugas Manajer Operasional Di Perusahaan

Tentu syarat standar tersebut dapat berbeda, karena setiap perusahaan pasti mempunyai dasar kebutuhannya sendiri-sendiri termasuk tugas manajer personalia. Untuk menjadi manajer personalia dibutuhkan juga keahlian dan kemampuan dalam menjalani pekerjaan selama di perusahaan. Berikut adalah beberapa kriteria khusus untuk menempati posisi sebagai manajer personalia:

  1. Mampu mengambil keputusan serta menganalisis informasi secara cepat.
  2. Selalu bijaksana dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang ada di perusahaan dan mampu menyimpan rahasia.
  3. Mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan dapat tampil di depan khalayak umum.
  4. Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi serta memiliki pikiran yang terbuka untuk meningkatkan inovasi perusahaan.
  5. Dapat memberikan contoh serta dijadikan contoh oleh seluruh karyawan perusahaan.
  6. Dapat menangani setiap permasalahan yang terjadi pada sumber daya manusia dengan pendekatan yang profesional, sehingga diharapkan ke depannya permasalan tersebut dapat berganti dengan kinerja yang lebih baik.

Untuk dapat menjadi manager personalia tidaklah mudah, karena harus mempunyai beberapa hal di atas yang telah dijelaskan sebelumnya sehingga tidak mudah untuk menempati manager personalia. Seorang manajer personalia juga memiliki tanggung jawab yang besar, sehingga tidah heran jika mempunyai gaji perbulan yang besar. Maka dari itu, untuk Anda yang hendak menjadi manajer personalia diharapkan menguasai beberapa tugas manajer personalia serta syarat dan kriteria yang dibutuhkan perusahaan.