Tugas Manajer Keuangan

Tugas Manajer Keuangan

Beberapa tugas manajer keuangan di perusahaan, kualifikasi untuk menjadi manajer keuangan, hingga gaji dan syarat serta tanggung jawab di perusahaan. Posisi manajer keuangan di suatu perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Karena suatu perusahaan tidak dapat berjalan apabila tidak memiliki manajer keuangan yang handal dalam mengelola keuangan perusahaan.

Manajer keuangan yang diharapkan perusahaan harus memiliki keterampilan dalam mengelola keuangan perusahaan atau mengatur investasi perusahaan. Kan juga harus memiliki pendidikan yang tinggi itu minimal sarjana dan cekatan dalam menghitung keuangan.

Loading...

Tugas manajer keuangan yaitu bertanggung jawab terhadap beberapa strategi, seperti melakukan investasi dana perusahaan, mengatur cashflow perusahaan agar tetap terjaga, dan meningkatkan net profit margin perusahaan. Tugas manajer keuangan juga untuk menjalankan tugas sebagai berikut:

  1. Memiliki kontribusi dalam pekerjaan nya di perusahaan sehingga keuangan di perusahaan dapat lebih efisien penggunaannya.
  2. Mampu bekerjasama dengan para manajer lainnya yang ada di perusahaan.
  3. Dapat mengambil keputusan yang tepat untuk melakukan investasi menggunakan keuangan perusahaan.
  4. Menghubungkan perusahaan dengan pasar modal di IDX Exchange agar perusahaan dapat memasarkan sahamnya.
  5. Melaporkan keuangan perusahaan setiap kwartalnya dan laporan setiap akhir tahun.
  6. Tugas manajer keuangan juga harus melakukan perhitungan yang tepat terhadap gaji karyawan perusahaan, sehingga perusahaan tetap dapat untung.

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh manajer keuangan yaitu sebagai berikut:

  1. Membuat perencanaan, koordinasi, mengontrol, dan mengawasi arus kas perusahaan. Hal ini dilakukan supaya keuangan yang ada di perusahaan dapat selalu stabil belum menjalankan operasionalnya.
  2. Mengatur perpajakan untuk dapat membayar biaya pajak sehingga lebih efisien.
  3. Selalu menjaga proses transaksi yang terjadi terhadap perusahaan agar dapat berjalan teratur.
  4. Mengelola informasi keuangan sehingga laporan keuangan yang diterbitkan sangat akurat.
  5. Mengkoordinasi anggaran perusahaan serta melakukan pengontrolan terhadap anggaran yang dikelolanya. Tugas manajer keuangan juga harus melakukan pengelolaan pinjaman atau hutang bank untuk ekspansi suatu bisnis di perusahaan.
Loading...

Dalam mengelola anggaran perusahaan, tugas manajer keuangan harus memastikan bahwa investasi yang dilakukan dapat berjalan dengan tepat sasaran. Sehingga diharapkan investasi tersebut dapat memberikan pemasukan untuk perusahaan yang dikelolanya.

Untuk menjadi manager keuangan, tentu setiap orang harus menjalani karir di level rendahnya terlebih dahulu seperti menjadi akuntan. Namun berjalanannya dengan pengalaman yang diperoleh sewaktu di perusahaan saat menjadi akuntan, maka siapa saja bisa menduduki posisi manajer keuangan yang berada di suatu perusahaan dalam menjalankan berbagai tugas pengelolaan keuangan.

Gaji manajer keuangan tentu sangat tinggi, namun hal ini sebanding dengan apa yang menjadi tanggung jawabnya di perusahaan. Rata rata gaji yang diperoleh oleh manajer keuangan di Indonesia yaitu berkisar Rp 10.000.000 sampai Rp 15.000.000 perbulannya dan ini belum termasuk tunjangan hari raya atau THR, gaji ke 13, hingga asuransi kesehatan. Tentu gaji tersebut merupakan gaji manajer keuangan yang masih berada di level rendahnya, Jika seorang manajer keuangan sudah memiliki pengalaman yang sangat lama di berbagai perusahaan, maka gaji yang diperoleh setiap bulannya bisa mencapai Rp 25.000.000 hingga Rp 50.000.000 setiap bulannya. Tentu setiap perusahaan mempunyai standar gaji yang berbeda beda, baik perusahaan lokal, perusahaan asing, maupun perusahaan BUMN. Jadi jangan samakan tugas manajer keuangan di perusahaan nasional dan perusahaan internasional, karena memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

Baca Juga : Tugas Manajer Produksi Beserta Gaji Dan Tanggung Jawabnya Di Perusahaan

Syarat untuk menjadi manager keuangan yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki pengalaman selama dua tahun pada posisi manajer keuangan di perusahaan.
  2. Memiliki usia 30 sampai 40 tahun.
  3. Pendidikan minimal sarjana keuangan, akuntansi, dan perbankan.

Skill atau kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi manajer keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Tugas manajer keuangan harus dapat bekerjasama dengan para manajer lainnya yang ada di perusahaan.
  2. Berfikir secara cepat dan efektif.
  3. Memiliki Wawasan yang luas.
  4. Dapat menggunakan berbagai jenis software untuk mengelola keuangan seperti contohnya microsoft excel dan hafal berbagai macam rumus microsoft excel.
  5. Cekatan dalam pekerjaannya.
  6. Menguasai berbagai macam ilmu keuangan, pendanaan investasi, akuntansi, mengelola keuangan untuk ekspansi bisnis, dan paham mengenai keuangan syariah.
  7. Memahami kebijakan ekonomi di perusahaan serta hukum-hukumnya.

Untuk menjadi manager keuangan tentu harus mengontrol keuangan perusahaan secara terus menerus. Tentu hal ini merupakan beban yang cukup berat dalam bekerja, namun beban tersebut dapat terbayar dengan gaji yang sangat besar setiap bulannya.

Setiap orang yang mau menjadi manager keuangan wajib memiliki beberapa kriteria yang dibutuhkan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. Tugas manajer keuangan wajib membuat laporan keuangan, perencanaan keuangan, serta pengawasan terhadap uang perusahaan yang dikelolanya, serta bertanggung jawab terhadap setiap hal yang berkaitan dengan uang perusahaan.

Maka dari itu, untuk Anda yang mau manajer keuangan wajib mempelajari berbagai macam tugas, syarat dan kualifikasi yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sehingga apabila Anda di kemudian hari menempati posisi sebagai manajer keuangan, maka sudah tidak heran lagi apabila mengelola berbagai macam hal yang menyangkut keuangan perusahaan. Mulai dari pelajari cash flow, hutang, net profit margin, operating profit margin, asset, revenue, gross profit, net income, liabilitas, dan ekuitas perusahaan. Sehingga diharapkan uang masuk di perusahaan dapat lebih besar daripada uang keluar dari perusahaan.