Tugas Management Trainee

Tugas Management Trainee

Inilah tugas management trainee beserta syarat menjadi management trainee di perusahaan, gaji perbulan, dan tanggung jawab saat bekerja. Memasuki dunia manajemen bisa menjadi proses yang sulit dan panjang, terutama jika Anda berupaya mendapatkan pengalaman yang diperlukan sebelum dipromosikan ke posisi seperti ini. Management trainee dibawa ke sebuah organisasi dengan tujuan untuk dilatih, diberikan tugas, dan dipersiapkan untuk peran manajemen di masa depan dalam perusahaan. Tak perlu dikatakan, pengalaman dan pelatihan yang disediakan di seluruh program ini bisa sangat berharga, melengkapi para kandidat dengan pandangan yang komprehensif tentang bisnis serta kebutuhannya.

Dalam artikel ini, kita akan mendefinisikan apa yang dimaksud dengan seorang management trainee, menjelaskan apa yang mereka lakukan, merinci persyaratan, gaji, kualifikasi dan kemudian mengeksplorasi apa yang harus Anda harapkan dari program pelatihan saat telah menjabat sebagai management trainee.

Loading...

Tugas manajemen trainee, kadang-kadang disebut sebagai MT, sering disewa untuk bekerja dan melatih bersama manajer dan eksekutif dengan maksud bahwa suatu hari mereka akan menjadi manajer dalam organisasi. Manajer saat ini dan personel senior berpengalaman lainnya di berbagai departemen mengawasi pengajaran dan pengembangan peserta pelatihan ini, mengajari mereka teknik dan sistem yang diperlukan untuk menjaga perusahaan berjalan secara efisien dan efektif. Jenis posisi ini paling sering ditemukan di industri tertentu, seperti operasi, keuangan, penjualan atau pemasaran.

Meskipun posisi ini dapat meminta seorang individu untuk menyelesaikan berbagai tugas dan memegang banyak tanggung jawab, tujuan utama dari tugas management trainee adalah untuk mendapatkan pengetahuan dan alat yang diperlukan untuk menjadi manajer masa depan. Ini sering termasuk menyelesaikan pelatihan dalam berbagai departemen perusahaan, memberikan peserta pelatihan pandangan yang komprehensif tentang banyak aspek organisasi, serta posisi, hubungan, dan departemen yang memungkinkannya untuk berhasil. Lagi pula, seorang manajer yang benar-benar efektif akrab dengan semua aspek dari setiap posisi dan departemen, serta hubungan simbiosis yang memungkinkan mereka untuk berkembang.

Baca Juga : Tugas Event Organizer Beserta Gaji Perbulannya

Loading...

Untuk maju melalui program dan menjadi manajer, setiap calon management trainee harus membuktikan diri dengan berhasil menyelesaikan berbagai tugas, seperti:

  • Mengevaluasi dan memantau kinerja dan kemajuan orang lain
  • Berkolaborasi dengan manajer untuk merencanakan hasil kerja untuk organisasi
  • Membantu pada setiap proses pengembangan dan melembagakan kebijakan dari sasaran kinerja karyawan.
  • Memperoleh pengalaman dan perspektif dengan bekerja di berbagai departemen organisasi, seperti personel, merchandising, pembelian, layanan pelanggan, penjualan dan pemasaran
  • Menyelesaikan instruksi kelas dalam berbagai topik yang terkait dengan rotasi departemen mereka
  • Mengambil dan lulus tes dan evaluasi untuk melanjutkan program
  • Menghadiri kuliah dan konferensi yang akan membantu perkembangan mereka
  • Mempelajari resolusi konflik yang efektif dan mengamati dengar pendapat disipliner
  • Membuat proyek dan presentasi lisan salah satu tugas management trainee
  • Berpartisipasi dalam semua aspek proses perekrutan, termasuk mewawancarai, merekrut dan kemudian menaiki / melatih karyawan baru
  • Menganalisa laporan perusahaan untuk mengevaluasi aktivitas inventaris organisasi, laba kotor, dan penjualan
  • Identifikasi tren dan kemudian kembangkan rekomendasi berdasarkan informasi yang dikumpulkan
  • Bekerja dengan akun klien yang sudah mapan
  • Mengamati dan melatih dengan staf yang berpengalaman untuk mempelajari tentang standar, prosedur dan metode yang digunakan untuk menjadi efektif dalam setiap departemen
  • Belajar tentang berbagai fungsi dan operasi untuk semua karyawan, serta praktik dan kebijakan yang memengaruhi setiap fase bisnis

Baca Juga : Prospek Kerja Manajemen Di Perusahaan

Untuk menjadi management trainee, Anda harus mendapatkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang bisnis, manajemen, atau bidang tugas terkait lainnya. Selain itu, banyak dari posisi ini membutuhkan kandidat untuk memiliki pengalaman dalam peran manajemen. Namun, pengalaman dalam bidang terkait, seperti bekerja dalam penjualan atau pengalaman pelanggan, juga dapat dianggap berlaku. Selain pendidikan dan pengalaman, peserta pelatihan manajemen yang efektif biasanya memiliki beberapa kualitas penting ini:

  • Berorientasi detail
  • Skill kepemimpinan
  • Kemampuan interpesonal
  • Andal
  • Keterampilan memecahkan masalah
  • Kemampuan organisasi
  • Keterampilan komunikasi (baik tertulis maupun verbal)
  • Kemampuan presentasi
  • Kemampuan analitik
  • Keterampilan matematika dan teknis
  • Kemahiran dalam pengolah kata, presentasi, dan perangkat lunak spreadsheet
  • Keterampilan manajemen waktu
  • Sikap positif
  • Kesediaan untuk bepergian dan bekerja lembur

Program pelatihan dari tugas management trainee dirancang untuk membekali manajer masa depan dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi efektif dalam posisi ini. Meskipun teknik yang cukup baru untuk manajemen pelatihan, banyak organisasi top dunia telah mengadopsi konsep ini. Biasanya, program-program ini mencari individu yang baru saja lulus dari universitas. Setelah aplikasi, kandidat yang memenuhi syarat dinilai berdasarkan keterampilan dan kemampuan mereka dan kemudian direkrut ke dalam program.

Baca Juga : Tugas HRD Di Perusahaan

Berikut adalah beberapa hal yang diharapkan dari tugas management trainee:

  • Ini berbeda dari magang. Meskipun konsepnya mungkin tampak serupa, tugas management trainee sangat berbeda dari magang. Satu perbedaan utama adalah bahwa peran management trainee diakui dalam organisasi sebagai posisi staf yang sebenarnya. Selain itu, untuk mempersiapkan posisi manajemen di masa depan, peserta pelatihan diberikan proyek dan tanggung jawab yang vital bagi keberhasilan perusahaan. Secara keseluruhan, posisi tersebut memiliki konsekuensi yang jauh lebih besar daripada posisi magang.
  • Program-program ini secara teratur mengevaluasi peserta pelatihan. Karena sifat program pelatihan, peserta pelatihan harus dievaluasi secara teratur mengenai kemajuan dan perkembangan mereka. Spesifikasinya akan bervariasi antara industri dan pengusaha yang berbeda. Namun, sebagian besar program membutuhkan kandidat untuk menyelesaikan dan lulus tes. Mereka juga perlu melewati evaluasi yang dilakukan oleh berbagai kepala departemen yang mereka latih selama rotasi mereka.
  • Management trainee adalah karyawan resmi. Posisi ini mungkin tampak lebih sementara daripada peran lainnya dalam perusahaan. Namun, management trainee dianggap sebagai anggota penuh waktu staf dan sebagai bagian dari tim, sama seperti karyawan lainnya. Selain itu, program-program ini benar-benar dianggap sebagai pengalaman kerja yang layak dan dipandang menguntungkan dalam resume di kalangan calon majikan.
  • Program pelatihan manajemen dibayar. Tidak seperti banyak magang, program dari tugas management trainee menawarkan bayaran, karena mereka adalah anggota resmi staf organisasi. Meskipun tingkat upah akan bervariasi tergantung pada pemberi kerja dan lokasi geografis, dalam beberapa kasus management trainee diberi kompensasi seperti seorang eksekutif.

Untuk menjadi management trainee juga Anda harus siap dengan bekerja dibawah tekanan, pasalnya Anda harus mampu meningkatkan skill setiap karyawan perusahaan. Namun jangan khawatir, karena gaji management trainee cukup tinggi saat ini mencapai Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 perbulan. Tentu gaji tersebut belum termasuk dengan asuransi kesehatan, tunjangan, maupun bonus lainnya. Sehingga tidak heran jika posisi management trainee di perusahaan merupakan salah satu posisi kerja yang cukup enak dibandingkan dengan posisi lainnya. Maka dari itu, Anda harus persiapkan mulai dari sekarang apabila mau fokus untuk menjadi management trainee di perusahaan. Sehingga apabila diberikan tugas management trainee dari perusahaan untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas karyawan sudah siap dijalankan. Jadi tidak ada lagi hal-hal yang perlu di cemaskan, karena Anda sudah mempunyai cukup ilmu mengenai posisi sebagai management trainee. Itulah beberapa informasi mengenai tugas management trainee, syarat, kualifikasi, dan tanggung jawab serta gaji perbulan di perusahaan.