Tugas HRD

Tugas HRD

Penjelasan lengkap mengenai tugas HRD, gaji perbulan, syarat serta kamampuan dan keahlian yang dibutuhkan, juga tanggung jawab kerja di perusahaan. HRD atau Human Resources Development merupakan posisi yang paling penting pada suatu perusahaan, karena divisi ini mempunyai tugas dalam memilih SDM perusahaan. HRD bertanggung jawab atas semua karyawan yang telah diterima kerja di perusahaan dalam segi kinerjanya selama bekerja di perusahaan. Karena HRD mempunyai tugas dalam mengelola, memotivasi SDM, dan meningkatkan kualitas SDM sehingga diharapkan kinerja selama bekerja di perusahaan dapat maksimal. HRD juga harus benar-benar bisa memilih karyawan yang paling terbaik untuk perusahaan, sehingga perusahaan dapat mempunyai kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

HRD juga mempunyai tugas dalam memilih karyawan dari berbagai divisi, mulai dari tingkat pegawai biasa hingga sampai tingkat manajer perusahaan. Biasanya di Indonesia ada sebutan lain dari HRD yaitu personalia, namun terkadang di beberapa perusahaan divisi personalia terpisah dengan divisi HRD. Tapi ada juga yang satu divisi antara HRD dengan personalia. Biasanya untuk personalia akan mempunyai ruang lingkup yang lebih sempit daripada HRD. Karena personalia hanya mengelola setiap karyawan di bidang administratif saja. Sedangkan untuk HRD mempunyai tanggung jawab atas SDM di suatu perusahaan dengan ruang lingkup yang lebih besar dari personalia.

Baca Juga : Tugas Manajer Personalia Di Perusahaan

Loading...

Untuk menjadi HRD tentu Anda harus belajar terlebih dahulu bagaimana mengontrol karyawan perusahaan agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Jika Anda sudah mempunyai ketrampilan tersebut, maka akan mudah dalam mengontrol karyawan perusahaan jika sudah menjadi HRD kelak dalam menjalankan tugas. Karena fungsi HRD harus dapat mengajak kerjasama semua karyawan perusahaan untuk mencapai target perusahaan sehingga karyawan dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Maka dari itu tidak sembarang karyawan yang dapat diterima di suatu perusahaan, karena pastinya HRD mempunyai perbandingan-perbandingan tertentu dalam merekrut pegawai baru.

HRD juga harus bisa mengatur karyawan baru pada posisi yang tepat di perusahaan. HRD juga biasanya akan melakukan negosiasi mengenai gaji terhadap karyawan baru yang sedang melamar di perusahaan. Serta biasanya ada beberapa kesepakatan khusus antara HRD dengan karyawan apabila karyawan tersebut memiliki kekurangan dalam bekerja. Karena jika terdapat karyawan perusahaan yang bekerja tidak maksimal, maka HRD bisa langsung melakukan tindakan untuk memecat karyawan tersebut dan segera mencari karyawan baru sebagai gantinya.

Loading...

Maka dari itu, biasanya HRD akan selalu mengontrol kinerja karyawan yang bekerja di perusahaan setiap hari. Sehingga para karyawan dapat selalu mentaati peraturan perusahaan dengan baik dan dapat bekerja sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya. Bahkan HRD juga dapat memiliki kewenangan dalam mengendalikan lingkungan perusahaan, sehingga lingkungan kerja perusahaan dapat lebih kondusif dalam bekerja untuk menunjang kelancaran perusahaan.

HRD berwenang dalam mengatur pegawai hingga manajer perusahaan untuk dapat bekerjasama agar dapat bekerja dengan efisien dan efektif. Karena semakin efisien pekerjaan yang dilakukan maka semakin cepat untuk mencapai tujuan perusahaan. Sehingga penting bagi HRD untuk dapat menyeleksi setiap pegawai baru di perusahaan, baik itu karyawan baru sampai manajer baru.

HRD juga mempunyai program dalam mengembangkan pegawai perusahaan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan. Beberapa keahlian pegawai yang dikembangkan yaitu mulai dari keahlian dalam teknis, teoritis, hingga moral pegawai. Serta menyatukan semua karyawan di perusahaan dari berbagai divisi demi kepentingan perusahaan agar dapat selalu kompak dalam bekerja.

Baca Juga : Tugas Funding Officer Di Perusahaan

Jika terdapat karyawan yang bekerja sangat baik, tentu saja HRD bisa memberikan bonus terhadap pegawai tersebut. Bonus itu bisa dalam bentuk kenaikan gaji maupun barang. HRD juga harus bisa meningkatkan kondisi fisik dan mental para pegawai perusahaan sehingga dapat loyal dengan perusahaan hingga kontrak bekerjanya selesai. Kedisiplinan ini digunakan oleh HRD untuk memaksimalkan kinerja dalam mencapai target produksi yang telah ditetapkan perusahaan. Sehingga setiap karyawan di perusahaan wajib mentaati peraturan yang ada, apabila tidak maka akan ada konsekuensinya. Konsekuensi tersebut bisa berupa putus kontrak kerja, memecat karyawan, hingga memberikan sanksi sesuai dengan kebijakan perusahaan. Berikut adalah beberapa tanggung jawab dan tugas HRD di perusahaan pada umumnya:

  1. Mampu mengkoordinasikan berbagai divisi di perusahaan untuk saling bekerjasama satu dengan yang lainnya dalam peningkatan SDM.
  2. HRD mempunyai tugas dalam memilih karyawan yang mempunyai potensi bagus sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.
  3. Memberikan orientasi terhadap pegawai atau karyawan baru perusahaan.
  4. Mengenal dekat setiap karyawan di perusahaan dengan baik.
  5. Mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, sehingga para SDM mampu bekerja dengan baik dan optimal.
  6. Memberikan pelatihan agar para karyawan perusahaan dapat berkembang lebih baik lagi.
  7. Memberikan evaluasi pada tingkat kehadiran karyawan selama bekerja di perusahaan.
  8. Melindungi setiap karyawan perusahaan agar dapat bekerja dengan baik.
  9. Mempromosikan karyawan yang memiliki prestasi cukup baik dalam kinerjanya selama bekerja di perusahaan.
  10. HRD Bertanggung jawab dalam membuat serta menetapkan sistem HRD supaya bisa berjalan dengan efektif.
  11. HRD bertanggung jawab dalam membuat SOP (Standar Operasional) pada setiap posisi staff di perusahaan.
  12. Bertanggung jawab pada setiap perekrutan karyawan baru, mulai dari karyawan pertama hingga sampai karyawan terakhir.
  13. Merencanakan berbagai kegiatan yang mempunyai hubungan dengan pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan mental karyawan.
  14. Memasukkan data karyawan supaya terbaca pada sistem perusahaan.
  15. Bertanggung jawab atas gaji, tunjangan, dan bonus yang didapatkan oleh karyawan perusahaan.
  16. Mengukur struktur gaji karyawan, apabila karyawan tersebut mempunyai kinerja yang baik maka gajinya bisa ditingkatkan.
  17. Mengontrol karyawan yang tidak hadir selama bekerja.
  18. Membuat kontrak kerja baru pada setiap karyawan baru.
  19. Perbarui kontrak kerja terhadap karyawan di perusahaan yang masa kontraknya hendak berakhir.
  20. Mengontrol dan menindak pegawai yang melakukan pelanggaran atau kesalahan, hal ini dilakukan agar pegawai tersebut dapat disiplin.
  21. Mengontrol pelaksanaan birokrasi dari kepentingan perusahaan dengan tepat.

Tentu tugas HRD tersebut Bisa dikatakan mudah ataupun susah, hal ini tergantung dari seberapa besar kemampuan HRD itu sendiri. Jadi apabila Anda hendak menjadi HRD, alangkah baiknya persiapkan diri Anda terlebih dahulu dengan beberapa tugas dan tanggung jawab tersebut. Sehingga Anda bisa bekerja sebagai HRD secara maksimal di perusahaan.

Baca Juga : Tugas SPG Di Perusahaan

Mungkin banyak dari Anda yang penasaran berapa gaji rata rata yang diperoleh HRD di perusahaan, berikut adalah gaji HRD di perusahaan pada umumnya yang ada di Indonesia:

  1. HRD fresh graduated yang memiliki pengalaman bekerja kurang dari 1 tahun akan mempunyai gaji Rp 3.000.000 perbulan.
  2. Staff HRD yang sudah mempunyai cukup pengalaman atau berpengalaman lebih dari 2 tahun akan memiliki gaji Rp 3.500.000 hingga Rp 4.000.000 perbulan.
  3. Manajer HRD akan memiliki gaji mulai dari Rp 6.000.000 hingga Rp 13.000.000 perbulan.

Gaji tersebut tentu dapat berbeda-beda pada setiap perusahaan, karena setiap perusahaan mempunyai kebijakan dalam menentukan gaji karyawan yang berbeda beda. Gaji tersebut juga belum termasuk ke dalam asuransi kesehatan, Jamsostek, THR, gaji ke 13, dan lain sebagainya. Tentu gaji yang besar ini sebanding dengan tanggung jawab yang dipikul nya selama bekerja di perusahaan. Dengan melihat gaji yang sudah dijelaskan diatas, maka untuk bekerja sebagai HRD di perusahaan akan mempunyai potensi yang besar. Untuk itu apabila Anda tertarik menjadi HRD, silakan mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja.

Untuk dapat menempati posisi HRD di perusahaan, Maka Anda harus melengkapi beberapa syarat yang diperlukan. Berikut adalah syarat umum untuk menjadi HRD di perusahaan:

  1. Pendidikan minimal S1 Psikologi atau S1 Hukum.
  2. Pria dan wanita yang sudah berpengalaman lebih diutamakan.
  3. Mampu memahami berbagai karakter manusia, sehingga dapat memilih karyawan baru perusahaan dengan tepat.
  4. Pantang menyerah dan selalu berjuang bersama.
  5. Tepat waktu dan disiplin dalam bekerja, sehingga dapat menjadi contoh untuk karyawan lainnya.
  6. Mempunyai kepercayaan diri yang tinggi.
  7. Dapat berkomunikasi dengan baik ke seluruh karyawan perusahaan, mulai dari karyawan biasa hingga manajer.
  8. Berpikiran terbuka atau open minded serta mengikuti perubahan yang positif.
  9. Mempunyai strategi pemecahan masalah yang baik dan tepat.
  10. Mengenali perusahaan dengan baik dalam waktu singkat.
  11. Mampu mengerjakan laporan dengan tepat waktu.

Baca Juga : Tugas Direktur Di Perusahaan

Itulah beberapa syarat umum untuk menjalankan tugas HRD dengan mudah di perusahaan kelak nanti, untuk itulah silakan Anda pelajari mulai dari sekarang. Karena baik buruknya kinerja karyawan ditentukan dari kedisiplinan yang berada pada kewenangan divisi HRD. Jadi apabila Anda sudah menjadi HRD kelak nanti, maka apabila ada karyawan baru yang sudah Anda terima kerja dan kinerjanya selama bekerja di perusahaan jelek, maka itu merupakan tanggung jawab Anda. Maka dari itu, pelajari tugas HRD yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dapat selalu menjalin komunikasi dengan setiap karyawan di perusahaan.