Tugas General Affair

Tugas General Affair

Penjelasan tugas general affair, syarat, kemampuan, keahlian yang dibutuhkan, dan gaji perbulan beserta tanggung jawab bekerjanya di perusahaan. General Affair merupakan posisi penting pada setiap organisasi perusahaan, posisinya berada di bawah pimpinan perusahaan di bagian divisi umum. Tugas General Affair biasanya melakukan koordinasi terhadap seluruh bagian departemen di suatu perusahaan. Tugas tersebut dilakukan agar dapat mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh setiap departemen di perusahaan.

General Affair juga harus dapat bekerja sama dengan semua bagian departemen, sehingga dapat mempercepat pengadaan barang dan kinerja perusahaan dapat berjalan lancar. Secara umum tugas dari General Affair yaitu mendukung berbagai macam kegiatan operasional perusahaan, seperti pengadaan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh setiap departemen perusahaan.

Baca Juga : Tugas Manajer SDM Di Perusahaan

Loading...

Dalam mengemban tugas sebagai General Affair atau GA tentu kurang lebih akan bekerja seperti staf penting lainnya yang ada di perusahaan. Karena tugasnya untuk dapat mendukung segala operasional pada setiap departemen di sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas General Affair yang dijalankan di perusahaan:

  1. Melakukan pemesanan atau pengadaan barang untuk setiap departemen di perusahaan yang menjadi kebutuhannya serta mengganti barang yang rusak di setiap departemen perusahaan.
  2. Menjalankan pembelian rutin kebutuhan barang perusahaan setiap periode tertentu, biasanya perbulan bahkan ada juga yang perminggu.
  3. Melakukan pembayaran yang rutin terhadap aset perusahaan yang memiliki pajak setiap bulannya, misalkan listrik dan Wifi.
  4. Melakukan pembayaran tenaga kerja harian di perusahaan.
  5. Membuka kantor cabang perusahaan yang baru serta dapat merenovasi kantor cabang yang dinilai perlu dilakukan renovasi.
  6. Bertanggung jawab dalam menjalankan seluruh pekerjaan.
  7. Merawat berbagai macam aset perusahaan.
  8. Menjaga hubungan baik antara seluruh karyawan per departemen di perusahaan.
  9. Membuat serta menjalankan SOP perusahaan, seperti contohnya membuat daftar barang yang habis setiap bulannya.
  10. Menjalankan survei terhadap seluruh karyawan perusahaan terhadap barang – barang yang digunakannya dalam bekerja.
  11. Membuat laporan secara berkala kepada atasan di perusahaan.
  12. Membantu perizinan perusahaan dalam membuka kantor cabang baru maupun pengelolaan limbah perusahaan.

Baca Juga : Tugas Marketing Di Perusahaan

Tugas serta tanggung jawab bekerja sebagai General Affair tentu sangat penting bagi sebuah perusahaan. Karena harus dapat mengontrol berbagai macam aset barang serta kebutuhan barang karyawan di perusahaan. Serta memiliki tanggung jawab dalam menjaga aset barang perusahaan agar dapat berjalan baik setiap harinya tanpa adanya masalah.

Loading...

Setiap General Affair mempunyai gaji yang berbeda beda, biasanya gaji yang diperoleh sesuai dengan kebijakan dan posisinya di perusahaan. Sehingga apabila posisinya sangat penting di suatu perusahaan maka gaji yang diperoleh akan semakin besar. Terlebih apabila perusahaan tersebut merupakan perusahaan multinasional, maka gaji yang diperoleh akan berbeda dengan General Affair yang bekerja di perusahaan nasional.

Pada dasarnya setiap General Affair di Indonesia mempunyai gaji rata – rata mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 setiap bulan. Tentu gaji tersebut belum termasuk dengan lembur, THR, gaji ke 13, asuransi kesehatan, Jamsostek, dan berbagai macam intensif lainnya. Semakin lama seorang General Affair bekerja di suatu perusahaan maka gajinya akan semakin bertambah sesuai dengan kinerja dan pengalaman selama bekerja di perusahaan.

Tugas General Affair dapat dikatakan berhasil apabila ia dapat menyelesaikan masalah serta mendukung segala operasional yang ada di perusahaan. Sehingga untuk anda yang hendak menjadi General Affair, wajib mempunyai syarat yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum menjadi General Affair di perusahaan. Berikut beberapa syarat yang dibutuhkan untuk menjadi General Affair di perusahaan:

  1. Usia maksimal 35 tahun dan mempunyai pengalaman kerja minimal satu tahun di bidang yang sama.
  2. Mengerti K3, 5S, dan 5R.
  3. Mempunyai pengalaman dalam merawat barang yang merupakan aset perusahaan.
  4. Dapat membuat laporan harian, mingguan, dan bulanan mengenai asset di perusahaan.

Baca Juga : Tugas Manajer Personalia Di Perusahaan

Beberapa persyaratan tersebut hanyalah persyaratan awal yang dibutuhkan, sedangkan untuk dapat menjadi General Affair harus mempunyai keahlian dan keterampilan sebagai berikut:

  1. Teliti dan tekun.
  2. Jujur dan bertanggung jawab.
  3. Mencatat berbagai kegiatan pembelian barang perusahaan secara transparan.
  4. Mampu menjadi koordinator pada setiap departemen di perusahaan dalam pengadaan barang.
  5. Menyelesaikan berbagai macam masalah yang terkait dengan barang atau aset perusahaan dengan cepat.

Untuk menjadi General Affair memang tidak terlalu banyak skill yang dibutuhkan, tetapi mempunyai tugas yang sangat penting di perusahaan. Walaupun hanya terdapat beberapa poin pentingnya saja yang bisa dijadikan sebagai penunjang dalam berkarir sebagai General Affair di suatu perusahaan.

Dengan adanya seorang General Affair yang menjalankan tugas di perusahaan, maka suatu perusahaan akan sangat terbantu dalam menjalankan kinerja operasional setiap hari mengingat perlunya pengawasan terhadap aset dan barang-barang perusahaan yang digunakan dalam bekerja. Sehingga apabila Anda tertarik dengan operasional perusahaan, maka akan sangat cocok jika melamar kerja sebagai General Affair di perusahaan.