Tugas Funding Officer

Tugas Funding Officer

Penjelasan lengkap mengenai tugas Funding Officer, gaji perbulan, tanggung jawab, syarat, dan kemampuan yang dibutuhkan saat bekerja di perusahaan. Saat ini banyak yang belum mengetahui mengenai pekerjaan sebagai Funding Officer. Funding Officer biasanya lebih sering berada pada perusahaan yang bergerak di bidang perbankan atau pembiayaan.

Seorang Funding Officer bekerja seperti halnya sales, namun yang berbeda dari mereka yaitu saat mencari dana dari nasabah. Karena pada umumnya Funding Officer akan menghimpun dana dari nasabah yang didalamnya berbentuk investasi atau tabungan.

Loading...

Dalam mencari nasabah supaya mereka tertarik untuk menyimpan uang atau menabung didalam bank, maka para Funding Officer akan menawarkan produk seperti tabungan, deposito, dan giro. Mereka juga memperkenalkan, menawarkan, dan memasarkan produk dari bank dimana ia bekerja agar dapat memperluas relasi perbankan itu sendiri.

Menjadi Funding Officer tentu mempunyai tugas dan tanggung jawab yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Karena seorang Funding Officer harus pandai dalam mencari nasabah yang mau membeli produk bank yang ditawarkannya. Nah untuk Anda yang tertarik dengan pekerjaan sebagai Funding Officer tentu harus mengetahui tugas yang dilakukan setiap hari, berikut adalah tugas Funding Officer:

  1. Memperkenalkan, menawarkan, dan memasarkan produk bank mulai dari tabungan, deposito, dan giro.
  2. Membuka rekening tabungan baru nasabah.
  3. Menjalin hubungan yang baik terhadap para nasabah agar dapat berinvestasi pada bank tersebut.
  4. Mencari dan mengajak para calon nasabahnya untuk melakukan top up di rekening mereka.
  5. Mengawasi serta memonitoring produk bank yang telah dijualnya ke para nasabah.
  6. Melakukan follow up terhadap produk yang telah dibeli oleh nasabah.
  7. Melaporkan berbagai aktivitas dari program yang sudah dijalankan.
  8. Menjalankan tugas tambahan yang telah diberikan oleh atasan.
  9. Dapat memberikan pendekatan yang baik agar nasabah dapat royal.
  10. Bertanggung jawab atas setiap tindakan yang dilakukan dalam mengajak nasabah.

Baca Juga : Tugas SPG Di Perusahaan

Loading...

Itulah beberapa tugas yang haru dijalankan oleh Funding Officer sewaktu bekerja setiap harinya. Sedangkan untuk tanggung jawab yang dipikul pada saat bekerja adalah sebagai berikut:

  1. Melaporkan analisa nasabah deposito serta tabungan.
  2. Melaporkan pertumbuhan portofolio dari nasabah bank yang di ajaknya.
  3. Bertanggung jawab atas target funding yang sudah ditetapkan dari perusahaan, mulai dari tabungan, deposito, dan giro.
  4. Menjaga hubungan yang baik kepada nasabah yang diajaknya.
  5. Memberikan pelayan terbaik setiap waktu terhadap nasabahnya.
  6. Memastikan pencapaian target perusahaan.
  7. Menyiapkan laporan dasar keuangan.

Beberapa tanggung jawab diatas memang terlihat tidak terlalu berat untuk dijalankan. Namun yang paling sulit adalah bagaimana cara menggapai target dari funding yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Funding Officer tidak mempunyai perbedaan yang jauh daripada sales. Karena mereka juga menjual produk dari perusahaan dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

Setiap Funding Officer mempunyai gaji yang berbeda-beda tergantung dari UMR di mana ia bekerja pada suatu daerah. Ditambah dengan kebijakan perusahaan yang berbeda-beda dalam menentukan gaji Funding Officer. Nah berikut adalah beberapa gaji funding officer yang mayoritas ditetapkan oleh perusahaan di Indonesia:

  1. Biasanya gaji Funding Officer yaitu sekitar Rp 4.000.000 perbulan, ini belum termasuk dengan asuransi kesehatan, jamsostek, tunjangan, gaji ke 13, bonus, dan lain sebagainya.
  2. Funding Officer yang bekerja di perusahaan perbankan biasanya mempunyai gaji yang lebih besar daripada perusahaan lainnya. Funding Officer yang bekerja di perbankan akan mempunyai gaji Rp 7.000.000 perbulan. Ini juga belum termasuk dengan asuransi, gaji ke 13, tunjangan, bonus, dan lainnya.

Baca Juga : Tugas Marketing Di Perusahaan

Itulah beberapa gaji Funding Officer yang ada di Indonesia saat ini, tentu setiap perusahaan akan memberikan gaji yang berbeda-beda. Jadi untuk Anda yang sudah tertarik menjalankan tugas Funding Officer untuk mendapatkan gaji tersebut, bisa langsung lengkapi syarat umum dibawah ini agar dapat bekerja sebagai Funding Officer:

  1. Pendidikan minimal S-1 semua jurusan.
  2. Usia maksimal 30 tahun pria atau wanita.
  3. IPK minimal 2.75 dan lulus tepat waktu.
  4. mempunyai motivasi tinggi serta inisiatif kerja yang baik.
  5. Memiliki jaringan yang luar diluar pekerjaan agar mempermudah mencari nasabah.
  6. Mempunyai komunikasi yang baik dan mudah bergaul dengan orang baru.
  7. Ramah, murah senyum, dan tidak judes.

Tentu syarat umum diatas sudah menjadi hal wajar apabila Anda hendak bekerja sebagai Funding Officer di suatu perusahaan, sehingga saat menjalankan tugas setiap harinya tidak kesulitan. Adapun kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi Funding Officer adalah sebagai berikut:

  1. Mempunyai pengalaman dalam memasarkan sebuah produk.
  2. Memiliki jaringan yang baik dengan teman maupun masyarakat sekitar Anda.
  3. Dapat melakukan inovasi menarik dalam menawarkan produk.
  4. Paham menggunakan komputer, smatphone, dan internet.
  5. Dapat menganalisis interpersonal dengan cukup baik.
  6. Memiliki tingkat komunikatif yang tinggi.
  7. Dapat memanajemen waktu dengan baik.
  8. Mempunyai keahlian dalam pendekatan personal dengan baik.
  9. Menguasai bahasa Inggris akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Baca Juga : Tugas Direktur Di Perusahaan

Itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Funding Officer di perusahaan, jadi tidak hanya bermodalkan nilai IPK saja yang dibutuhkan agar bisa bekerja. Maka dari itu, untuk Anda yang hendak kerja menjadi Funding Officer maka silakan berlatih terlebih dahulu untuk menguasai beberapa kemampuan tersebut, setelah itu baru bisa mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan dimana Anda hendak bekerja.

Jika kelak Anda menjalankan tugas sebagai Funding Officer maka harus siap dikejar target dan bekerja dibawah tekanan. Karena sebelum bertugas, pastinya perusahaan akan menetapkan target penjualan dimana harus Anda kejar untuk memperoleh bonus yang lumayan besar. Maka dari itu, kuatkan keahlian tersebut agar Anda dapat dengan mudah mengajak calon nasabah untuk menabung di bank dalam bentuk tabungan, deposito, dan giro.

Funding Officer merupakan posisi yang krusial di suatu perusahaan penyedia dana atau perbankan, karena Funding Officer menjalankan tugas sebagai ujung tombak perusahaan dalam merekrut dan menarik dana dari calon nasabahnya. Untuk itulah Anda akan sangat sering menjumpai seseorang yang menawarkan pinjaman maupun menawarkan investasi dan tabungan di sekitar Anda. Demikian informasi mengenai tugas Funding Officer, gaji perbulan, tanggung jawab, syarat, dan kemampuan yang dibutuhkan saat bekerja di suatu perusahaan.