Tugas Direktur

Tugas Direktur

Berikut penjelasan mengenai tugas direktur, gaji perbulan, syarat dan keahlian yang dibutuhkan, serta tanggung jawab selama bekerjanya di perusahaan. Apakah Anda tertarik untuk menduduki posisi sebagai direktur di suatu perusahaan? Jika iya, berikut beberapa penjelasan mengenai tugas direktur, tanggung jawab, hingga gaji, syarat, dan lain sebagainya.

Direktur merupakan peranan yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan. Karena apabila perusahaan tidak mempunyai direktur, maka sama halnya dengan perusahaan tersebut tidak mempunyai tujuan yang jelas atau bisa dikatakan perusahaan tanpa arah. Karena tugas direktur memiliki peran penting dalam memimpin seluruh aspek yang ada di suatu perusahaan. Direktur juga bertugas dalam menetapkan semua kebijakan serta keputusan yang ada di perusahaan.

Loading...

Tugas direktur juga harus bisa menjadi koordinator, komunikator, dan juga eksekutor di suatu perusahaan. Jadi jika Anda hendak menjadi direktur, alangkah baiknya belajar terlebih dahulu beberapa peranan penting dari tugas direktur di perusahaan. Seperti contohnya direktur juga mempunyai tugas dalam mengelola, menyeleksi, dan mengambil keputusan yang tepat bagi perusahaan yang dipimpinnya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa kerja sebagai direktur di suatu perusahaan itu sangat enak sekali. Karena yang dilihat hanyalah tanda tangan, meeting, dan berpergian keluar kota maupun negara untuk melakukan kunjungan dan sebagainya. Ya tentu saja hal ini wajar mengingat seorang direktur merupakan pemegang kekuasaan yang paling tinggi didalam perusahaan. Jadi otomatis direktur akan memiliki tanggung jawab yang sangat besar secara garis besarnya dalam mengelola sebuah perusahaan. Berikut adalah beberapa tugas direktur secara rinci yang mengarahkan menuju visi dan misi dimana ia bekerja di suatu perusahaan:

  1. Seorang direktur harus dapat memimpin dan mengkoordinasikan seluruh divisi internal atau eksekutif di perusahaan.
  2. Dapat membuat strategi, menentukan strategi yang tepat, dan menjalankannya dengan baik dan benar yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
  3. Menjadi perwakilan bagi perusahaan pada setiap hubungan dengan perusahaan di dunia luar.
  4. Mampu mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan suatu kebijakan atau peraturan di perusahaan.
  5. Selalu mengawasi serta mengkoordinasi seluruh kegiatan yang ada di perusahaan, mulai dari kepegawaian, keuangan, administrasi, maupun lainnya.
  6. Mengangkat dan memberhentikan manajer di suatu perusahaan.
  7. Merencanakan, menyusun, dan mengembangkan berbagai macam sumber daya yang ada di perusahaan, mulai dari bahan baku produk hingga tenaga kerja atau karyawan perusahaan itu sendiri.
  8. Merancang berbagai inovasi terbarukan yang biasanya harus bekerjasama dengan CEO perusahaan demi memaksimalkan kinerja perusahaan dan dapat memajukan perkembangan perusahaan.
  9. Harus bisa memimpin dalam segala rapat umum di perusahaan.
  10. Menanggung semua beban atau bertanggung jawab terhadap semua bawahannya di perusahaan.

Baca Juga : Tugas Manajer Personalia Di Perusahaan

Loading...

Tugas dan tanggung jawab seorang direktur memang sangat berat, karena mencakup semua anggota pekerja yang ada di perusahaan, baik itu HRD, karyawan biasa, manajer, dan lain sebagainya. Karena hal ini telah diatur didalam perundang-undangan nomor 40 tahun 2007 yang menyebutkan sebagai berikut:

  1. Memutuskan dan juga menyetujui seluruh anggaran perusahaan serta harus bisa memberikan laporan dari penggunaan anggaran tersebut kepada seluruh pemegang saham.
  2. Memimpin perusahaan dengan membuat keputusan dan kebijakan yang ditujukan kepada seluruh bagian di perusahaan.
  3. Mengawasi, memilih, menyeleksi, serta mengangkat manajer perusahaan.
  4. Melakukan evaluasi terhadap perusahaan, baik itu sedang mendapatkan keuntungan maupun sedang mengalami kerugian.
  5. Mengembangkan seluruh strategi bisnis perusahaan.

Tentu tugas seorang direktur tersebut tidaklah ringan, hal ini ditujukan agar dapat mempercepat suatu perusahaan mencapai visi dan misinya. Jadi tidak heran apabila seorang direktur akan mempunyai gaji yang sangat fantastis dibandingkan dengan seluruh karyawan yang ada di perusahaan. Berikut adalah beberapa gaji direktur di perusahaan saat ini:

  1. Perusahaan swasta yang termasuk pada kategori perusahaan kecil akan memberikan gaji terhadap direkturnya sekitar Rp 50.000.000 perbulan.
  2. Perusahaan swasta yang termasuk pada kategori perusahaan besar akan memberikan gaji terhadap direkturnya sekitar Rp 100.000.000 perbulan.
  3. Perusahaan BUMN akan memberikan gaji sekitar Rp 500.000.000 hingga Rp 4.000.000.000 perbulannya.
  4. Sedangkan perusahaan multinasional yang besar akan memberikan gaji terhadap direkturnya sekitar Rp 1.000.000.000 hingga Rp 5.000.000.000 perbulannya.

Baca Juga : Tugas Marketing Di Perusahaan

Gaji direktur tersebut belum termasuk dengan lembur, THR, asuransi kesehatan, jamsostek, dan lain sebagainya. Gaji tersebut juga bisa berbeda-beda di setiap wilayah, karena tergantung dari seberapa besar perusahaan tersebut dan seberapa besar tugas serta beban tanggung jawab yang dipikul seorang direktur di perusahaan.

Untuk Anda yang hendak menjadi direktur di perusahaan, harus mempunyai beberapa syarat standar rekrutmen pegawai. Berikut adalah syarat umum untuk menjadi direktur di suatu perusahaan:

  1. Berusia minimal 25 tahun baik pria maupun wanita.
  2. Mempunyai pendidikan minimal S2 di semua jurusan.
  3. Mempunyai jiwa kepemimpinan.
  4. Jujur dan bertanggung jawab.
  5. Tegas, cekatan, dan teliti.
  6. Dapat bekerja dibawah tekanan.
  7. Mempunyai kepribadian yang baik.

Persyaratan umum tersebut biasa diterapkan hampir di seluruh perusahaan yang ada di Indonesia, namun itu hanyalah persyaratan administrasi, sedangkan untuk persyaratan kemampuan adalah sebagai berikut:

  1. Dapat berpikir dengan optimal dalam menemukan ide-ide yang out of the box atau diluar perkiraan orang-orang pada umumnya.
  2. Mempunyai kreativitas yang tinggi serta mencetuskan berbagai macam inovasi terbarukan.
  3. Dapat mengelola waktu operasi di perusahaan dengan baik dan benar agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
  4. Dapat berkomunikasi dengan baik.
  5. Mampu beradaptasi dengan teknologi baru secara cepat.

Itulah kemampuan atau skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang direktur perusahaan, karena kemampuan tersebut merupakan hal penting untuk menjadi direktur.

Baca Juga : Tugas General Affair Di Perusahaan

Saat ini juga ada banyak direktur yang berusia dibawah 25 tahun atau biasa disebut dengan direktur muda yang menjalankan tugas di perusahaan. Tentu hal tersebut wajar apabila ia mempunyai pengalaman yang baik daripada calon direktur yang sudah cukup umur namun kurang memiliki pengalaman. Nah buat Anda yang hendak mengejar bagaimana menjadi direktur muda di suatu perusahaan, berikut beberapa caranya:

  1. Belajarlah menjadi seorang pendengar yang baik terlebih dahulu dan mampu menerima setiap kekurangan orang lain.
  2. Dapat membaca situasi sekitar yang sedang terjadi saat ini.
  3. Dapat menjadi motivator bagi siapa saja yang membutuhkan.
  4. Dapat memberikan solusi yang tepat di setiap munculnya permasalahan.
  5. Mengasah berbagai kemampuan setiap saat.
  6. Bekerja keras dengan tekun dan pantang menyerah.
  7. Mampu menjadi panutan bagi para pekerja lainnya maupun dengan siapa saja dan dimana saja.
  8. Mempunyai visi dan misi yang jelas tujuan kedepannya.
  9. Selalu mengasah kemampuan berkomunikasi.
  10. Memperluas pertemanan dengan jaringan yang lebih tinggi dari Anda.
  11. Berani mengambil resiko yang berat.
  12. Bertanggung jawab dan amanah dalam bekerja.
  13. Harus bisa tampil terbaik setiap waktu.
  14. Mengatur jadwal bekerja, pertemuan, kerjasama, dan lain sebagainya dengan maksimal.
  15. Mampu berpikir secara matang dalam mengambil setiap keputusan, mengingat banyaknya karyawan yang berpegang teguh terhadap pendirian seorang direktur perusahaan.

Apabila Anda menerapkan cara menjadi direktur di perusahaan yang sudah dijelaskan tersebut, maka diharapkan kedepannya Anda bisa bisa menduduki posisi tersebut di suatu perusahaan. Karena memang untuk menjadi direktur perusahaan tidaklah mudah. Selain harus memiliki pengalaman yang cukup, ada juga faktor-faktor penting lainnya. Karena kelangsungan hidup suatu perusahaan ditentukan oleh direktur perusahaan.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami jelaskan mengenai tugas direktur, tanggung jawab dalam bekerja, gaji perbulan, syarat, dan cara menjadi direktur perusahaan.