Teks Tanggapan

Teks Tanggapan

Inilah penjelasan lengkap mengenai teks tanggapan mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah, dan contoh yang baik dan benarnya secara kritis. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu akan banyak kritikan yang ditemui dan kritikan biasanya dilakukan dengan berbagai tujuan. Banyak manusia yang menganggap kritikan sebagai sebuah masalah dan kritikan menjadi salah satu tanggapan kritis. Untuk menyusun sebuah teks tanggapan diperlukan berbagai hal yang dipelajari dan dipahami dengan benar.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

Pengertian teks tanggapan kritis adalah sebuah teks yang berisikan kritik yang sangat tajam mengenai suatu kekeliruan atau kesalahan. Dalam sebuah debat, biasanya akan ada tanggapan kritis yang dilontarkan salah satu pihak ke pihak lainnya. Tanggapan juga disebut sebagai cara analisa mengenai suatu pendapat dengan pola yang benar dan efektif.

Loading...

Secara umum manusia harus bisa menerima tanggapan yang dilontarkan orang lain, karena dalam sebuah tanggapan pasti ada alasan yang jelas dan bisa membuat seseorang menjadi manusia yang lebih baik. Kritik membangun menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup, jangan jadikan kritik sebagai sebuah masalah yang berat.

Ciri Ciri Teks Tanggapan

  • Memuat tanggapan fakta yang disertai dengan alasan
  • Memuat pendapat merupakan ciri-ciri teks tanggapan
  • Sifatnya kritik membangun
  • Alasan pendapat
  • Bukan hasil imajinasi termasuk ciri-ciri teks tanggapan

Struktur Teks Tanggapan Kritis

  1. Evaluasi

Evaluasi menjadi bagian awal dalam penyusunan teks tanggapan dan penilaian biasanya berisikan sebuah pernyataan umum megenai hal yang dikatakan kepada penulis dalam sebuah teks. Evaluasi menjadi struktur tanggapan kritis yang sifatnya sangat penting, karena bisa mempermudah pembaca dalam memahami teks tanggapan.

Loading...
  1. Deskripsi teks

Deskripsi teks merupakan bagian yang berisikan teks tanggapan secara keseluruhan dan bagian keterangan dalam teks disini berisikan informasi mengenai suatu data. Deskripsi teks bisa berisikan pendapat yang mendukung suatu pernyataan atau pendapat yang melemahkan suatu pernyataan. Deskripsi teks biasanya dibuat dengan rinci atau efektif.

  1. Penegasan Ulang

Penegasan ulang adalah bagian akhir dalam penyusunan teks tanggapan dan dengan penegasan ulang, maka kesimpulan dari sebuah teks bisa didapat. Bagian ini menjadi bagian yang mengkonfirmasi tentang apa yang telah dilakukan atau diputuskan. Penyusunan penegasan ulang harus dilakukan dengan tepat, agar pembaca bisa memahami teks tanggapan dengan baik.

Teks Tanggapan

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan

  1. Kalimat kompleks

Kalimat merupakan rangkaian kata yang bisa berdiri sendiri dan kalimat biasanya menyatakan suatu makna yang relatif lengkap. Kalimat menjadi suatu bahasa terkecil yeng mengungkapkan pikiran sepenuhnya, baik secara tulisan dan lisan. Kalimat kompleks biasanya memiliki lebih dari 2 verba atau memiliki lebih dari 2 struktur.

  1. Konjungsi

Untuk menghubungkan kata dengan kata dan kalimat dengan kalimat, tentu membutuhkan konjungsi. Dengan konjungsi, teks tanggapan menjadi lebih menarik dan mudah dipahami pembaca. Jumlah konjungsi dalam sebuah teks tanggapan tergantung dari pemakaian penulis dan kata penghubung memiliki peranan penting dalam membangun sebuah paragraf.

  1. Kata Rujukan

Suatu hal yang dipakai oleh pemberi informasi untuk mendorong atau memperbaiki sebuah pernyataan yang tegas. Kata rujukan dikenal juga dengan referensi. Dalam sebuah penulisan, referensi sangatlah baik untuk menginformasikan suatu hal ke pembaca dan kata rujukan haruslah dibangun dengan baik sesuai dengan aturan.

  1. Pilihan Kata

Untuk membuat sebuah teks tanggapan, tentu dibutuhkan pemilihan kata yang tepat dan pilihan kata pasti akan bervariatif, tergantung dari penilaian penulis. Dengan mempelajari cara membuat teks tanggapan yang baik, maka akan menghindarkan berbagai konflik atau permasalahan dan pembuatan teks tanggapan sangatlah penting dilakukan dengan aturan yang benar.

Contoh Teks Tanggapan Kritis dan Strukturnya

  1. Judul : Pergaulan Bebas
  • Evaluasi

Pergaulan bebas menjadi perilaku yang sangat mengancam masa depan anak remaja. Pergaulan bebad adalah salah satu bentuk perilaku yang sifatnya menyimpang, karena dianggap sudah melewati batas kewajaran dan pergaulan bebas tercipta dengan berbagai faktor pendorong. Keterbukaan informasi dan kemudahan akses informasi menjadi jalan masuknya berbagai pergaulan bebas ke Indonesia.

  • Deskripsi Teks

Dampak pergaulan bebas memang sangat banyak dan salah satunya adalah perilaku yang berlawanan dengan hukum seperti mabuk dan mengkonsumsi narkoba. Namun pergaulan bebas juga memiliki beberapa dampak positif seperti mudah memiliki banyak teman, punya cara komunikasi yang cepat, bisa mengendalikan diri di lingkungan masyarakat dan bisa saling menghormati sesama.

Budaya barat yang sifatnya kurang baik seringkali ditiru oleh masyarakat Indonesia seperti melakukan ciuman di tempat ramai atau di tempat umum. Pergaulan bebas juga dapat muncul dari rasa kurang iman, broken home, gengsi, nafsu, faktor keluarga dan lain-lain. Teknologi juga memberikan pengaruh besar munculnya pergaulan bebas di Indonesia, karena akses internet sangat bebas dan memicu remaja melihat berbagai hal yang jelek.

  • Penegasan Ulang

Saat sudah mengetahui berbagai penyebab munculnya pergaulan bebas, sebaiknya semua orang tua harus lebih memberikan pengawasan kepada anak dan selalu mendidik anaknya dengan ajaran agama yang baik, agar anak tidak terjerumus pada pergaulan bebas. Berikan pengawasan penggunaan internet yang baik dan jangan beri akses anak untuk melihat berbagai hal yang sifatnya negatif.

  1. Judul : Fenomena Alam
  • Evaluasi

Kebul kelapa sawit adalah salah satu sektor yang menjanjikan keuntungan yang besar dan menjadi salah satu sumber pemasukan devisa di Indonesia, karena bidang ekspor kelapa sawit yang tinggi. Namun efek lingkungan begitu merugikan bagi Indonesia, karena menimbulkan berbagai fenomena alam jangka panjang dan harus ada peraturan khusus yang dibuat oleh pemerintah Indonesia.

  • Deskripsi Teks

Kebakaran hutan merupakan fenomena alam yang seringkali terjadi di pulau Sumatera dan Kalimatan, apalagi saat musim kemarau yang panjang. Kebakaran juga bisa menimbulkan kabut asap yang sangat merugikan masyarakat Indonesia dan kabut asapnya juga bisa sampai ke negara tetangga. Pencemaran lingkungan yang dihasilkan dari kebakaran hutan sangatlah banyak, sehingga harus bisa diatasi dengan baik.

Namun dengan adanya pembakaran hutan, tentu lahan kelapa sawit menjadi lebih luas dan bisa menambah lapangan kerja di Indonesia. Tetapi keuntungan finansial yang diperoleh Indonesia, tidaklah sebanding dengan beban kerugian yang di dapat dan kerusakan lingkungan membuat masa depan bangsa Indonesia sangat memprihatinkan.

Pemilik lahan perusahaan sawit biasanya dengan sengaja melakukan pembakaran hutan untuk memperluas area lahan dan dengan area lahan yang luas, maka akan semakin besan keuntungan yang diperoleh. Hal ini perlu diatasi dengan peranan pemerintah dan kebijakan pemerintah mengenai kelapa sawit haruslah diperbaiki, sehingga tidak akan ada ekploitasi alam yang berlebihan di Indonesia.

  • Penegasan Ulang

Peran pemerintah sangatlah diperlukan untuk menyusun berbagai kebijakan yang bisa menguntungkan berbagai pihak, agar tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah harus bersikap tegas terhadap berbagai tindak kejahatan pengrusakan alam dan buatlah aturan yang sangat jelas, agar pengusaha kelapa sawit tidak terlalu merusak di Indonesia.

Sekian bahasan lengkap mengenai teks tanggapan dan semoga semua bahasan memberikan manfaat untuk para pembaca.