Teks LHO

Teks LHO

Inilah penjelasan lengkap mengenai teks LHO mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur penulisan, kaidah kebahasaan, dan contoh yang simple dan benar. Observasi merupakan cara pengumpulan data yang ditempuh dengan penelitian yang detail dan observasi dilakukan untuk menghasilkan sebuah hal baru. Observasi haruslah dilakukan dengan benar, agar tidak membuang-buang waktu dan sekali observasi langsung detail. Laporan hasil observasi juga harus disusun dengan teks yang benar dan harus sesuai dengan aturan.

Pengertian Teks LHO

Sudah banyak sekali ilmuan yang mendefinisikan laporan hasil observasi dan setiap definisi memiliki keunikkannya masing-masing. Laporan hasil observasi biasanya berisikan bahasan secara umum dan laporan dihasilkan dari proses pengamatan atau penelitian. Penyusunan LHO harus sesuai dengan aturan, agar laporan mudah dipahamioleh pembaca.

Pengertian dari teks LHO juga sering disebut sebagai teks klasifikasi, karena didalamnya berisikan klasifikasi jenis sesuai dengan kriteria tertentu. LHO biasanya menggambarkan bentuk, ciri ataupun sifat. Teks yang dihasilkan dari LHO akan bersifat faktual, karena didasarkan dengan fakta yang ada dan penggunaan teks LHO sangatlah penting untuk dipelajari.

Ciri-Ciri Teks LHO

  • Sifatnya objektif
  • Sifatnya global
  • Sifatnya universal
  • Objek tunggal yang dibahas
  • Ditulis lengkap
  • Sesuai fakta dilapangan merupakan ciri-ciri teks LHO
  • Penelitian terbukti benar
  • Informasi diperoleh dari hasil penelitian adalah ciri-ciri teks LHO
  • Tidak mempunyai unsur dugaan atau prasangka

Struktur Teks LHO

  1. Definisi Umum

Definisi umum adalah bagian awal yang biasanya berisikan pengertian sesuatu yang akan diulas dalam teks dan dengan definisi umum, pembaca bisa mengetahui hal-hal yang akan dibahas di teks LHO.

  1. Definisi Bagian

Pada bagian definisi bagian, maka akan dikemukakan ide pokok dari setiap paragrafnya dan pada bagian ini akan diberikan sebuah penjelasan yang rinci. Dengan adanya definisi bagian, maka penulis akan mengetahui ide pokok dari suatu struktur teks LHO.

  1. Definisi Manfaat

Definisi manfaat adalah bagian yang akan memberikan penjelasan mengenai manfaat dari sebuah hal yang dilaporkan. Setiap observasi pasti memiliki manfaat didalamnya, karena tujuan observasi adalah menemukan berbagai fakta baru mengenai suatu hal.

  1. Penutup

Untuk menutup sebuah struktur teks LHO, maka akan diakhiri dengan rincian akhir yang singkat dan padat.

Teks LHO

Kaidah Kebahasaan Teks LHO

  1. Memakai Frasa Nomina

Frasa nomina adalah sekumpulan kata benda yang sengaja dibentuk untuk memperluas suatu kata benda. Frasa nomina terbagi menjadi 3 jenis yaitu frasa nomina koordinatif, modifikatif dan frasa nomina apositif. Contoh frasa nomina modifikatif seperti bulan pertama, buku dua buah dan hari senin. Contoh frasa koordinatif seperti lahir batin dan sayur mayur. Contoh frasa nomina apositif seperti Bandung, Ibukota Jawa Barat.

  1. Memakai Verba Relasional

Verba relasional adalah sebuah verba yang memperlihatkan hubungan yang memiliki intensitas dan ada 2 jenis verba relasional seperti verba relasional identifikatif dengan verba relasional antributif. Contoh verba relasional yang banyak dipakai dalam LHO seperti adalah, merupakan, yaitu, ialah, meliputi, disebut dan lain-lain.

  1. Memakai Verba Aktif

Verba aktif merupakan kata kerja yang menjelaskan subjek sebagai pelaku dan verba aktif umumnya memiliki awalan. Verba aktif bisa tidak prefiks dan hal ini dilakukan agar mudah dipahami. Verba aktif dipakai untuk menjelaskan perilaku sesuatu. Contoh penggunaan verba aktif dalam LHO seperti bertelur, tidur, hidup dan lain-lain.

  1. Memakai Kata Penghubung

Kata penghubung atau lebih dikenal dengan istilah konjungsi adalah suatu kata yang bisa menyatukan kata dengan kata lain menjadi sebuah kalimat yang utuh atau kata penghubung dipakai untuk menghubungkan kalimat dengan kalimat menjadi sebuah paragraf. Contoh kata penghubung yang banyak dipakai dalam kaidah teks LHO seperti, sedangkan, namun, dan, tetapi dan lain-lain.

  1. Memakai Paragraf Dengan Kalimat Utama

Untuk menghasilkan suatu teks LHO yang baik, maka biasanya menggunakan paragraf dengan kalimat utama dan dengan hal ini, maka penyusunan dimulai dengan informasi utama. Rincian aspek biasanya ditulis dalam beberapa paragraf, sehingga akan mudah dipahami. Penggunaan paragraf sangatlah efektif untuk membuat kaidah teks LHO yang baik.

  1. Memakai Kata Keilmuwan

Kata ilmuwan atau kata teknis adalah salah satu jenis kata kerja yang mempunyai artian yang khusus mengenai suatu bidang. Kata keilmuwan akan memudahkan pemahaman pembaca dan kata keilmuwan seringkali dimengerti oleh ilmuwan saja, karena menjadi aneh bagi masyarakat lain. Kata keilmuwan dalam teks LHO seperti phobia, herbivora dan lain-lain.

Contoh Teks LHO

  1. Judul : Pohon Pisang
  • Definisi Umum

Pohon pisang adalah jenis tumbuhan yang tidak berkayu dan umumnya pohon pisang hanya mampu tumbuh setinggi 2 meter, namun ada juga yang lebih tinggi. Pohon pisang memang memiliki banyak jenis dan setiap jenis memiliki ciri khas yang berbeda. Buah pisang tertutup dengan kulit yang tidak keras dan buah pisang memiliki rasa yang manis saat sudah matang.

Pohon pisang memiliki daun yang besar memanjang dan buah pisang tersusun menjari atau terkenal dengan sebutan sisir. Pisang menjadi tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia, karena pisang bisa tumbuh di berbagai kondisi tanah dan pisang yang berada di kawasan pegunungan, pasti akan tumbuh lebih subur dibanding pisang yang ditanam di kota.

  • Definisi Bagian

Bagian dari pohon kelapa adalah akar, batang, daun, buah dan bunga. Buah pisang terdiri dari kulit luar yang lembut dan warna kulitnya hijau saat masih mudah, kuning saat pisang sudah matang. Akar pohon pisang terbilang sangat kuat, karena menancap dalam ke bagian tanah. semua bagian pohon pisang tidak terlalu sulit untuk dipotong, karena kondisi pohon pisang lembap.

  • Definisi Manfaat

Pohon pisang terbilang serbaguna, bagian batang pohonnya sering dipakai untuk penempatan wayang saat pementasan dan pohon pisang memiliki kondisi yang lembap. Bunga pisang atau jantung seringkali diolah menjadi makanan yang lezat, namun bunga pisang juga bisa dipakai untuk dijadikan pakan ternak kambing.

Pisang menjadi buah yang sangat serbaguna, karena pisang bisa dikonsumsi secara langsung atau dimasak terlebih dahulu. Kukus pisang menjadi salah satu makanan yang berbahan dasar pisang yang sudah ada sejak dulu, namun pisang sangat baik bila dikonsumsi tanpa dimasak dulu dan pisang yang mentah bewarna hijau, sedangkan pisang yang matang bewarna kuning.

Buah pisang menjadi salah satu bahan pangan yang bermanfaat untuk meningkatkan energi, karena didalam pisang terdapat kalium yang berlimpah. Konsumsi pisang juga aman untuk anak-anak dan hanya beberapa jenis pisang saja yang tidak bisa dimakan. Untuk mendapatkan pisang sangatlah banyak, karena pisang tumbuh subur di banyak tempat di Indonesia.

Jenis pohon pisang yang tidak bisa dikonsumsi diantaranya pisang hias, pisang kipas dan pisang abaka. Daun pisang juga memiliki manfaat untuk pembuatan lontong atau berbagai keperluan lainnya dan daun pisang juga bisa dipakai untuk pakan ternak seperti sapi dengan kambing. Pisang juga sehat untuk dikonsumsi secara rutin.

  • Definisi Penutup

Secara medis pisang juga dianggap buah yang bermanfaat untuk membuat berbagai obat-obatan dan cara pengolahan pisang tidak terlalu sulit. Dengan berbagai manfaat dan khasiatnya, tak heran banyak masyarakat Indonesia yang menyukai pisang. Pisang juga dijual dengan harga terjangkau, jadi sangat cocok untuk semua kalangan.

Sekian pembahasan lengkap mengenai teks LHO dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.