Teks Eksposisi

Teks Eksposisi

Info lengkap teks eksposisi mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, unsur kebahasaan, jenis-jenis, dan contoh lengkapnya secara singkat. Bahasa Indonesia adalah bahasa komunikasi utama yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan semua masyarakat wajib mengetahui kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik serta benar. Salah satu teknik penulisan yang harus diketahui adalah teks eksposisi dan dengan mengetahuinya maka anda bisa paham mengenai penulisan bahasa Indonesia.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teknik pembentukan sebuah karangan dengan berbagai informasi didalamnya dan pembuatan karangan dilakukan dengan singkat, padah serta akurat. Pengertian teks eksposisi dapat dikatakan sebagai teks yang non fiksi, karena memiliki sifat yang ilmiah. Teks ini juga bisa dipakai untuk menyampaikan suatu topik tertentu.

Dalam kehidupan sehari-hari, teks ini biasa digunakan untuk melakukan pola komunikasi dan dengan pola eksposisi, hubungan sosial manusia menjadi lebih mudah. Secara umum teks eksposisi juga memiliki struktur yang jelas dan untuk mempelajari pengertian teks eksposisi tidaklah terlalu sulit. Eksposisi bisa dipakai secara lisan atau tulisan.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Teks Eksplanasi beserta Contohnya

Struktur Teks Eksposisi

  1. Tesis

Tesis adalah suatu sudut pandang yang diberikan dari sisi penulis tentang sebuah topik dan sebuah tesis diperoleh dari sebuah pernyataan, kemudian akan dilanjutkan dengan suatu argumen. Secara umum tesis akan ditemukan pada bagian awal suatu struktur teks eksposisi, meskipun ada tesis yang ditemukan di bagian tengah atau akhir suatu teks.

  1. Argumentasi

Argumentasi dalam suatu teks eksposisi akan ditemukan setelah adanya tesis sebagai pendahuluan dan suatu argumentasi yang baik adalah argumentasi yang mengungkapkan suatu topik dengan jelas, sehingga bisa memperkuat suatu tesis. Dalam berbagai hal lain, argumen bisa dipakai untuk melakukan penolakan atau penyanggahan dalam suatu pernyataan.

  1. Penegasan

Penegasan ulang pendapat biasanya berisi suatu pernyataan yang akan menguatkan argumentasi, karena didalamnya memuat fakta argumentasi dan pada bagian penegasan, akan disimpulkan mengenai tesis dengan argumentasi yang muncul. Dengan penegasan, maka pendapat penulis mengenai suatu topik akan lebih jelas dan mudah dipahami.

Ciri Ciri Teks Eksposisi

  • Secara umum teks eksposisi memiliki ciri-ciri kalimat yang singkat dan jelas.
  • Informasi yang disajikan dalam teks juga biasanya bersifat mengajak.
  • Teks eksposisi biasanya menggunakan ciri-ciri bahasa yang baku.
  • Pada dasarnya teks ini tidak akan memihak, karena tidak memaksakan keinginan penulis untuk para pembaca.
  • Teks ini selalu berisi tentang informasi yang menambah pengetahuan.
  • Sejatinya ciri-ciri teks eksposisi ini memiliki sifat yang objektif mengenai suatu topik.

Teks Eksposisi

Unsur Kebahasaan Dalam Teks Eksposisi

  1. Pronomina

Promina merupakan salah satu jenis kata yang dapat diganti dengan frasa nomina dan secara umum pronomina dipecah menjadi 2, yaitu pronomina persona dengan pronomina nonpersona. Pronomina persona adalah persona yang yang sifatnya tunggal dan sering dipakai untuk kata ganti orang. Sedangkan pronomina nonpersona adalah pronomina penunjuk dan sering dipakai untuk kata ganti bukan orang.

  1. Nomina dan Verba

Nomina adalah suatu kata yang acuannya pada benda yang nyata ataupun abstrak dan dalam suatu kalimat, nomina berkedudukan sebagai subjek. Secara umum dilihat dari bentuknya, nomina dibagi menjadi nomina dasar dengan nomina turunan. Sedangkan verba adalah suatu kata yang acuannya pada perbuatan dan verba dalam suatu kalimat biasanya berguna sebagai predikat.

  1. Konjungsi

Konjungsi adalah suatu kata yang dipakai sebagai kata penghubung dan konjungsi dipakaii untuk memperkuat suatu argumentasi. Sebaiknya suatu argumentasi tidaklah disajikan secara acak dan konjungsi haruslah mampu untuk menata suatu argumentasi dengan mengurutkan dari yang paling kuat sampai yang paling lemah.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Teks Prosedur beserta Contohnya

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  • Eksposisi defini adalah salah satu jenis eksposisi yang menjelaskan mengenai definisi suatu topik tertentu.
  • Eksposisi proses adalah teknik untuk melakukan sesuatu yang dimulai dari awal sampai dengan titik akhir.
  • Eksposisi ilustrasi menjadi jenis-jenis teks eksposisi yang menjelaskan suatu topik dengan penggambaran secara sederhana.
  • Eksposisi laporan adalah suatu paragraf yang isinya memberikan laporan mengenai suatu peristiwa atau suatu penelitian.
  • Eksposisi perbandingan adalah salah satu jenis-jenis teks eksposisi yang menampilkan gagasan utama dibandingkan dengan gagasan yang lain.
  • Eksposisi pertentangan adalah jenis-jenis teks eksposisi yang isinya tentang pertentangan suatu hal dengan hal lain.

Contoh Teks Eksposisi

  1. Judul : Pentingnya Membaca Buku
  • Tesis

Buku adalah tempat kumpulan berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk manusia. Buku pengetahuan dibuat dengan berbagai pilihan, baik buku pelajaran maupun berbagai buku hasil kajian ilmuan. Untuk memperoleh buku sudah sangatlah mudah, karena banyak penjual buku yang tersebar di seluruh Indonesia.

  • Argumentasi

Manusia memang sangatlah membutuhkan buku untuk menjalani aktivitas sosial, karena dengan buku berbagai pengetahuan bisa dimiliki. Kita harus membaca buku untuk menghindarkan kebodohan dan kemiskinan. Buku juga dibutuhkan manusia, agar mengetahui berbagai cara sosialiasasi yang baik dan buku bisa memberikan gambaran tentang perjalanan kehidupan manusia.

  • Penegasan

Buku menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia dan sifatnya sangat penting bagi manusia. Tanpa buku, tentu setiap manusia tidak akan memiliki pengetahuan yang luas dan dengan membaca buku kemungkinan untuk sukses sangat terbuka lebar. Harga buku yang murah sangat berbanding terbalik dengan manfaatnya yang bisa bertahan dalam waktu lama.

  1. Judul : Manfaat Penggunaan Handphone
  • Tesis

Handphone adalah perangkat elektronik yang terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan penggunaan handphone terus dipermudah. Jaman dulu, handphone hanya digunakan untuk berkomunikasi dan hanya berisi permainan sederhana. Kini handphone sudah bisa melakukan berbagai hal penting, karena berbagai informasi bisa diakses pakai handphone.

  • Argumentasi

Manusia sekarang memang tidak bisa dilepaskan dari handphone dalam kegiatan sehari-hari, karena kegunaan handphone sangatlah banyak. Kita harus memakai Handphone untuk bersosialisasi secara cepat dan luas, karena tanpa handphone kita akan banyak ketinggalan berita. Dengan handphone, manusia lebih pintar dan lebih pengetahuan manusia lebih luas.

  • Penegasan

Handphone menjadi alat elektronik yang sangat berdekatan dengan manusia, karena bentuknya kecil memudahkan untuk dibawa kemana-mana dan cara penggunaan handphone juga sangatlah mudah. Tanpa handphone, tentu manusia akan kesulitan berkomunikasi dan akan kesulitan untuk mendapatkan ilmu. Dengan bantuan handphone, tentu memudahkan pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Judul : Tujuan Olahraga
  • Tesis

Olahraga adalah kegiatan positif yang bisa menyehatkan tubuh dan olahraga bisa dilakukan dimanapun. Olahraga akan membuat tubuh keluar keringat dan berbagai penyakit menjauh dari tubuh.

  • Argumentasi

Manusia sangat membutuhkan olahraga dalam hidupnya, karena olahraga bisa menjaga kestabilan tubuh. Kita harus rutin olahraga minimal satu minggu sekali untuk menyehatkan tubuh.

  • Penegasan

Olahraga menjadi hal yang harus dilakukan manusia secara rutin, karena olahraga bisa mempertahankan kesehatan tubuh dan tanpa olagraga, tubuh akan sangat mudah terserang penyakit.

Demikian ulasan lengkap mengenai teks eksposisi dan semoga semua pembahasan artikel disini dapat memberikan manfaat bagi para pembacanya. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya mengenai pendidikan di web ini.