Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi

Penjelasan mengenai teks eksplanasi mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur, kaidah, dan contoh lengkapnya secara singkat. Dengan perkembangan dunia pendidikan yang semakin modern, kini perkembangan ilmu pengetahuan semakin cepat dan manusia dituntut untuk terus mengikuti berbagai perubahan. Pelajaran bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang memiliki dasar yang kuat, karena memiliki berbagai jenis teks yang harus dipelajari dan teks eksplanasi menjadi salah satu teks yang penting dalam kaidah penulisan bahasa Indonesia.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi adalah suatu teks dalam bahasa Indonesia yang mempelajari mengenai berbagai sebab akibat suatu fenomena atau peristiwa yang muncul. Untus fenomena yang terjadi bisa mencakup sosial, budaya, alam atau ilmu pengetahuan. Dalam pengertian teks eksplanasi biasanya akan menjawab 2 hal penting yaitu bagaimana dengan mengapa suatu fenomena muncul.

Teks Eksplanasi biasanya berisikan data yang dihasilkan dari fakta dan secara umum tujuan suatu teks ini adalah untuk memaparkan suatu proses. Sifat keilmuan dari pengertian teks eksplanasi adalah ilmiah dan acuan keilmuannya berasal dari fakta, teori, realita hingga berbagai hasil penelitian yang dihasilkan dari kajian para ilmuan.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk mengkaji mengenai proses terjadinya suatu fenomena yang muncul dengan cara alami dan teks ini juga menjelaskan mengenai proses bekerjanya suatu peristiwa sosial maupun alam. Dengan mengetahui berbagai penyebab munculnya suatu fenomena, maka suatu proses penelitian menjadi lebih mudah.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Teks Prosedur Beserta Contohnya

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

  • Informasi didasarkan pada suatu fakta
  • Informasi bisa bersifat ilmiah atau hasil keilmuan
  • Ciri-ciri teks eksplanasi yang lain seperti informasi sangat penting untuk diketahui, namun tidak ada unsur paksaan.
  • Ciri-ciri teks eksplanasi yaitu penulisan menambahkan sequence markers seperti pertama, berikutnya dan sebagainya.

Baca juga : Info Lengkap Teks Eksposisi Mulai dari Tujuan, Contoh, Ciri-Ciri, dan Struktur

Struktur Teks Eksplanasi

  1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum adalah suatu pernyataan yang membahas mengenai suatu hal dan biasanya memiliki sifat yang umum, karena tidak begitu detail. Dengan penyataan umum, tentu tidak akan didapatkan informasi yang sangat penuh atau detail dan pernyataan umum biasanya dipakai untuk menjelaskan berbagai hal yang sifatnya formal.

  1. Penjelasan Umum

Penjelasan umum adalah rangkaian pernyataan yang menjelaskan secara umum sebuah kejadian atau fenomena dan penjelasan umum biasanya dipakai sebagai pengantar awal suatu informasi yang sifatnya fakta. Penjelasan umum seringkali dipakai dibagian pendahuluan sebuah teks dan dengan penjelasan umum, maka anda akan dengan mudah memiliki gambaran besar suatu peristiwa.

  1. Deretan Penjelas

Deretan penjelas adalah salah satu bagian dari struktur teks eksplanasi yang isinya menjelaskan proses suatu peristiwa atau fenomena dan pada bagian deretan penjelas, anda akan mengetahui berbagai gambaran sebab akibat munculnya suatu peristiwa atau fenomena. Bagian ini biasanya memiliki lebih dari satu paragraf, karena gambaran dijabarkan dengan sangat terperinci.

  1. Interpretasi

Interpretasi adalah bagian dari struktur teks eksplanasi yang biasanya menjelaskan kesimpulan dari sebuah peristiwa atau fenomena dan intrepretasi, dihasilkan dari gabungan 3 bagian teks sebelumnya yaitu pernyataan umum, penjelasan umum dengan deretan penjelas. Interpretasi bisa dibuat atau tidak, karena sifatnya hanya sebagai pilihan.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Teks Editorial Beserta Contohnya

Teks Eksplanasi

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

  1. Fokus Hal Umum

Secara kaidah penulisan kebahasaan, teks eksplanasi akan fokus pada hal yang umum saja dan tidak akan menjelaskan mengenai berbagai peranan manusia yang ada didalamnya.

  1. Istilah Ilmiah

Istilah ilmiah memiliki kemungkinan untuk digunakan dalam pembuatan teks, namun bukan suatu keharusan dan dengan adanya istilah ilmiah, maka wawasan pembaca akan semakin luas.

  1. Kata Kerja

Pada penulisan teks eksplanasi, kata kerja yang banyak digunakan adalah material dengan relasional atau kata kerja aktif. Pemakaian kata kerja dalam teks ekplanasi sangatlah penting.

  1. Konjungsi

Secara umum, teks eksplanasi menggunakan konjungsi waktu dengan kausul dan dengan penggunaan konjungsi, isi teks menjadi lebih mudah untuk dipahami. Teks ini dibuat untuk melakukan justifikasi tentang suatu hal yang dijelaskan secara kausal itu benar atau tidak keliru.

  1. Kalimat Pasif

Kalimat pasif adalah kalimat yang menggunakan subjek sebelum sebuah predikat dan sifat subjek sebagai pihak penderita. Teks eksplanasi menggunakan kalimat yang sifatnya pasif.

Contoh Teks Eksplanasi

  1. Judul : Kemiskinan
  • Pernyataan Umum

Kemiskinan merupakan suatu kondisi dengan tingkat penghasilan yang sangat kecil, hal ini membuat kebutuhan pokok manusia tidak terpenuhi dengan baik. Kemiskinan akan membuat kesenjangan sosial di masyarakat, karena semakin miskin akan semakin di tindas. Secara umum masyarakat miskin biasanya menetap di sebuah gubuk, bantaran kali atau kolong jembatan. Masalah kemiskinan memang bukan hanya muncul di Indonesia, namun terjadi juga di berbagai negara lain di dunia.

  • Deretan Penjelas

Kemiskinan memang ditimbulkan dari berbagai faktor dan fasilitas pendidikan yang kurang baik, menjadi salah satu faktor utama. Struktur sosial yang muncul di masyarakat juga menimbulkan kemiskinan yang berkepanjangan, karena berlaku secara turun temurun dan perilaku manusia yang kurang hemat juga bisa menjadi penyebab kemiskinan, karena keinginan lebih dipentingkan dibanding kebutuhan.

Pemerintah Indonesia terus melakukan upaya untuk menghilangkan kemiskinan di Indonesia dan salah satunya dengan menaikkan upah minimum kerja setiap tahunnya serta menyediakan berbagai layanan pendidikan secara gratis. Upaya pemerintah haruslah sejalan dengan perilaku masyarakatnya yang memiliki keinginan untuk belajar, bekerja keras, menabung dan mengutamakan kebutuhkan dibanding keinginan. Dengan kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat, maka kemiskinan bisa diatasi dengan cepat.

  • Interpretasi

Pada dasarnya Indonesia adalah negara kaya dengan berbagai potensi sumber daya alam berlimpah dan dengan pemanfaatan yang baik, maka Indonesia berpotensi untuk menjadi negara maju. Masyarakat yang mau bekerja sama dengan pihak pemerintah, akan membuat proses penghilangan kemiskinan menjadi lebih cepat dan Indonesia memiliki potensi untuk bisa bersaing dengan berbagai negara Maju.

  1. Judul : Menghilangnya Reak Sunda
  • Pernyataan Umum

Reak sunda adalah salah satu pertunjukan seni asli yang berkembang pesat di suku sunda dan popularitas reak sunda sangatlah tinggi di jaman dulu, karena menjadi salah satu hiburan seni yang aktraktif. Kini perkembangan teknologi membuat banyak generasi muda lebih memilih budaya asing, karena dianggap lebih keren dan sesuai dengan perkembangan zaman. Budaya luar yang masuk ke Indonesia bisa menghilangkan jati diri bangsa secara perlahan.

  • Deretan Penjelas

Dengan munculnya berbagai budaya luar ke Indonesia, budaya reak sunda tidak lagi diurus dengan baik dan bila dibiarkan dalam waktu lama, bisa saja diklaim oleh negara lain. Ilmu komunikasi harus dipahami dengan benar, agar tidak ada salam pemahaman mengenai budaya dan tidak muncul berbagai konflik yang ditimbulkan. Reak Sunda menjadi budaya lama yang harus dikomunikasikan dengan baik ke generasi muda, agar kelestarian budaya tetap terjaga dengan baik.

  • Interpretasi

Upaya pemerintah untuk mengangkat budaya lokal sudah dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya dengan memasukan budaya sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah. Pentingnya pemahaman budaya harus terus disosialisasikan, agar Indonesia tidak akan pernah kehilangan jati dirinya dan semua seni dengan busaya selalu lestari di Indonesia.

Sekian ulasan lengkap mengenai teks eksplanasi dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat untuk para pembaca.