Teks Diskusi

Teks Diskusi

Inilah penjelasan lengkap mengenai teks diskusi mulai dari pengertian, struktur, jenis, tujuan, kaidah kebahasaan, ciri-ciri, dan contoh yang benarnya. Diskusi adalah salah satu kegiatan yang sudah diajarkan sejak kecil, karena diskusi menjadi pondasi awal untuk menjalin kerjasama dan dengan diskusi, berbagai masalah bisa diatasi dengan baik. Dalam kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik, sering ditemukan sebuah teks diskusi dan penggunaan teks ini sangatlah perlu untuk dipelajari.

Pengertian Teks Diskusi

Pengertian teks diskusi adalah sebuah teks yang menyajikan 2 dudut pandang pendapat yang berbeda, baik pendapat pro atau kontra dan diskusi biasanya dilakukan untuk mengulas suatu permasalahan atau isu yang didalamnya mengandung argumen. Diskusi biasanya akan menghasilkan sebuah kesimpulan dari permasalahan dan kegiatan diskusi yang baik, tidak akan menimbulkan konflik.

Loading...

Untuk bisa membedakan teks diskusi dengan teks lainnya sangatlah mudah, karena pengertian teks diskusi memerlukan beberapa pelaku yang saling berbeda pendapat. Sehingga lebih mudah dipahami pembaca, karena susunan bahasanya tidak terlalu baku. Diskusi dilakukan untuk menghindarkan berbagai permasalahan di masyarakat. Berikut beberapa ciri-ciri yang bisa Anda temukan di teks deskripsi.

Struktur Teks Diskusi

  1. Isu

Isu adalah suatu permasalahan yang perlu cara pemecahannya dan dengan diskusi, maka akan dipilih cara terbaik untuk atasi masalah. Dengan diskusi, maka akan banyak pemikiran yang terlontar dan diskusi tidak hanya terbatas pada 2 orang, karena bisa juga dilakukan banyak orang. Penentuan isu menjadi tahap awal pembuatan struktur teks diskusi.

Loading...
  1. Argumen Pendukung

Argumen pendukung adalah sebuah argumen yang menjadi pokok permasalahan utama dan argumen pendukung biaanya disertai dengan alasan serta bukti yang mendukung. Argumen pendukung merupakan argumen yang sering menimbulkan pro kontra dan dengan diskusi, maka argumen pendukung tidak selalu benar dan akan ada argumen pebandingnya.

  1. Argumen Penentang

Argumen penentang adalah sebuah argumen yang berisikan alasan mengapa menentang suatu argumen dan argumen penentang haruslah memiliki bukti yang kuat. Dengan adanya argumen penentang, sudut pandang suatu masalah menjadi lebih luas dan solusi yang dihasilkan dari suatu masalah menjadi lebih lebar atau meluas.

  1. Kesimpulan

Dalam sebuah struktur teks diskusi, pasti akan diakhiri dengan sebuah kesimpulan atau berbagai pilihan untuk memecahkan suatu permasalahan. Pembaca bisa mengetahui hasil diskusi dari kesimpulan dan bisa mengambil beberapa poin penting di bagian kesimpulan. Kesimpulan merupakan rangkuman dari semua diskusi yang dilakukan.

Jenis Teks Diskusi

  1. Seminar

Seminar adalah sebuah kegiatan yang mempertemukan banyak orang dengan tujuan melakukan pembelajaran tentang suatu topik dan memecahkan suatu permasalahan. Seminar menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh kalangan akademis dan seminar juga bisa membuat wawasan ilmu pesertanya menjadi bertambah.

  1. Sarasehan

Sarasehan adalah jenis teks diskusi suatu kegiatan pertemuan yang dilakukan untuk mendengar pendapat seorang ahli mengenai suatu topik tertentu dan kegiatan ini biasanya dilakukan dengan mengundang sekelompok orang saja. Sarasehan menjadi salah satu cara diskusi yang banyak dilakukan di lingkungan masyarakat dan contohnya dilakukan oleh para calon kepala desa yang meminta dukungan dengan mengundang masyarakat.

  1. Simposium

Simposium adalah suatu kegiatan pidato singkat yang dilaksanakan seseorang di depan para pengunjung atau peserta yang menghadiri simposium dan kegiatan simposium memang kurang populer dibandingkan seminar, namun bisa menjadi cara efektif untuk membuat pemecahan masalah. Simposium menjadi jenis teks diskusi yang banyak dilakukan oleh kepada daerah.

  1. Diskusi panel

Diskusi panel adalah forum yang disediakan khusus untuk melaksanakan kegiatan diskusi dan diskusi dilakukan di hadapan kelompok. Bahasan diskusi biasanya telah disiapkan dengan baik dan biasanya diskusi panel membahas tentang kelebihan yang ditemukan di masyarakat.

  1. Kongres

Kongres adalah sebuah pertemuan yang dilakukan oleh wakil suatu organisasi dan kongres biasanya dipakai sebagai ajang diskusi untuk mengambil suatu keputusan. Kongres organisasi sangat berkaitan erat dengan bidang sosial, profesi dan politik. Kongres yang populer di Indonesia seperti kongres partai politik, kongres PSSI dan kongres lain-lain.

  1. Muktamar

Muktamar adalah salah satu cara untuk melakukan sebuah diskusi yang melibatkan pimpinan suatu organisasi dan muktamar biasanya dihadiri banyak perwakilan organisasi untuk mengambil suatu keputusan mengenai suatu masalah. Muktamar yang paling populer di Indonesia adalah muktamar majelis ulama Indonesia.

  1. Lokakarya

Lokakarya adalah suatu kegiatan yang biasanya dihadiri oleh ahli di suatu bidang dan tujuan lokakarya adalah mendiskusikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan keahlian tertentu. Lokakarya dilakukan untuk menghadirkan kesimpulan dari suatu masalah dan salah satu lokakarya yang populer adalah lokakarya seluruh dokter di Indonesia.

Teks Diskusi

Tujuan Teks Diskusi

Tujuan diskusi dilakukan untuk mendapatkan kesepakatan bersama mengenai suatu permasalahan dan diskusi harus menghadirkan informasi baru dalam teks yang bermanfaat untuk banyak orang. Tujuan diskusi memang harus dipimpin oleh pimpinan diskusi atau ketua dengan teks yang sudah disediakan, agar jalannya diskusi bisa tertib dan ketua diskusi juga berhak membuka hingga menutup diskusi.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

  1. Penggunaan Konjungsi Perlawanan

Dalam penyusunan teks diskusi biasanya akan menggunakan kata penghubung atau konjungsi yang berlawanan dan hal ini dilakukan untuk menghadirkan perbedaan argumen. Contoh konjungsi perlawanan yang banyak ditemukan seperti tetapi, sedangkan, namun dan lain-lain. Konjungsi berlawanan selalu ada dalam setiap teks ini.

  1. Penggunaan Kohesi Leksikal

Kohesi leksikal adalah suatu kepaduan teks yang dilakukan dengan pemilihan kata yang tepat. Bentuk kohesi leksikal bisa berupa sinonim, antonim, hiponim atau pengulangan. Kohesi leksikal biasanya memiliki reterasi didalamnya dan juga memiliki repetisi. Dengan adanya kohesi leksikal, maka teks diskusi menjadi mudah dipahami.

  1. Penggunaan Kohesi Gramatikal

Kohesi Gramatikal adalah suatu kepaduan teks yang diperoleh dengan pemakaian elemen yang tepat dan menggunakan aturan gramatikal yang baik. Kohesi gramatikal biasanya mengandung refrensi dan subsitusi yang jelas. Kohesi gramatikal juga seringkali memiliki elipsis. Kohesi gramatikan sangatlah penting dalam pembentukan teks diskusi.

  1. Penggunaan Modalitasi

Modalitasi adalah suatu keterangan yang biasanya dicantumkan dalam kalimat untuk menyatakan suatu sikap dan modalitas selalu ditemukan dalam teks diskusi. Modalitas biasanya mempunyai makna kenyataan, kemungkinan dan sebagainya. Modalitasi biasanya dinyatakan dengan kata akan, ingin, mungkin, harus dan lain-lain.

Contoh Teks Diskusi

  1. Judul : Mafia Sepak Bola Indonesia
  • Isu

Sepakbola menjadi salah satu olahraga yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Namun masih banyak pelanggaran aturan yang dilakukan oknum mafia dan menghilangkan makna sportip dalam olahraga. Isu mengenai mafia sepakbola memang berputar di kalangan elite organisasi PSSI dan ada beberapa petinggi PSSI yang diduga sebagai mafia sepakbola Indonesia.

  • Argumen Pendukung

Contoh bahaya yang ditimbulkan mafia sepak bola seperti kinerja wasit tidak adil, pemain tidak bekerja keras, perseteruan pemain dengan wasit, perseteruan antar pemain, perpecahan penonton dan timnas Indonesia kualitasnya buruk.

  • Argumen Penantang

Dalam segi bisnis, mafia sepakbola tidak bisa dikatakan sebagai sebuah kesalahan. Sepakbola Indonesia memang sudah menjadi lahan bisnis yang menggiurkan bagi banyak orang dan seorang wasit atau pemain yang disuap, pasti memiliki alasannya tersendiri.

  • Kesimpulan

Ketika kita sudah mengetahui berbagai bahaya dari praktek mafia bola, sebaiknya kita menghindari berbagai hal yang keliru dan selalu mendekatkan diri kepada Allah Swt, agar hidup dijauhkan dari perbuatan yang merugikan orang lain.

Sekian bahasan mengenai teks diskusi dan semoga semua artikel yang disajikan memberikan manfaat bagi para pembacanya.