Teks Deskripsi

Teks Deskripsi

Penjelasan lengkap mengenai teks deskripsi mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, jenis, kaidah kebahasaan, dan contoh singkat yang baik dan benar. Kamus besar bahasa Indonesia memiliki jumlah kata yang sangat banyak dan setiap kata pasti memiliki arti. Kini untuk bisa belajar bahasa Indonesia, tidak perlu membawa kamus. Kini mengetahui berbagai ilmu bisa dilakukan menggunakan handphone dengan bantuan jaringan internet dan semua informasi bisa diakses secara gratis. Teks ini menjadi salah satu teks bahasa Indonesia yang wajib untuk dipelajari.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah suatu teks dengan gagasan utama yang dikembangkan dengan sangat detail atau jelas dan paragraf dalam suatu teks biasanya sangat mudah untuk dipahami. Teks yang dibuat dengan sangat mendetail, akan membuat para pembaca terbawa suasana dan pembaca akan merasa terlibat langsung dalam isi cerita.

Secara umum pengertian teks deskripsi digambarkan dengan ilustrasi rasa, keadaan, warna dan kesan yang muncul dalam suatu peristiwa. Pengertian teks deskripsi bisa dikatakan berhasil apabila pembacanya merasakan, mendengar dan melihat peristiwa seolah-olah langsung. Mempelajari teks ini sangatlah penting untuk menambah wawasan menganai kajian bahasa Indonesia.

Ciri Ciri Teks Deskripsi

  • Ciri-ciri pertama pada teks deskripsi yaitu paragraf ditulis dengan jelas dan terperinci
  • Deskripsinya merupakan suatu penggambaran peristiwa atau kejadian
  • Teks akan membuat pembacanya terbawa suasana
  • Ciri-ciri fisik objek teks deskripsi yaitu warna, bentuk dengan ukuran
  • Ciri-ciri psikis teks deskripsi yaitu kondisi suatu objek yang dijelaskan dengan rinci

Baca juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Teks Editorial Beserta Contohnya

Struktur Teks Deskripsi

  1. Identifikasi

Identifikasi adalah bagian dari struktur teks deskripsi yang berisi penentuan objek yang diceritakan atau digambarkan dan bagian ini juga biasanya menceritakan tentang objek yang di ceritakan.

  1. Klasifikasi

Bagian klasifikasi biasanya berisi dari pengelompokan suatu objek dengan cara yang sistematis dan sistemnya sudah terbentuk, jadi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

  1. Deskripsi Bagian

Bagian struktur teks deskripsi ini berisikan berbagai gambaran bagian dalam teks dan dalam bagian ini pengklasifikasian dilakukan dengan sangat rinci, karena pemaparannya sangatlah jelas.

Jenis Teks Deskripsi

  1. Teks Paragraf Deskripsi Subjektif

Teks paragraf merupakan jenis deskripsi subjektif melakukan penggambaran suatu objek dengan sesuai dengan yang dirasakan penulis dan sesuai dengan apa yang dilihat penulis. Untuk menjelaskan sesuatu hal, penulis bisa menggunakan opini pribedinya atau pendapatnya dan penulisan teks ini sangatlah penting untuk dipelajari.

  1. Teks Paragraf Deskripsi Objektif

Teks paragraf deskripsi jenis objektif melakukan penggambaran suatu objek dengan sangat objektif dan untuk melengkapi paragraf, penulis tidak akan menambahkan suatu pendapat atau opini. Dengan tidak adanya tambahan pendapat pribadi penulis, maka tidak ada kata-kata yang berlebihan dan teks paragraf objektif menjadi mudah dipahami pembaca.

  1. Teks Paragraf Deskripsi Spasial

Teks paragraf deskripsi spasial dibuat dengan dasar ruang dengan waktu, sehingga penulis bisa menggambarkan suatu ruangan dengan berbagai penjuru dan dengan teks paragraf spasial penulis bisa menggambarkan keseluruhan sebuah ruangan. Dalam peragraf ini, penulis juga bisa menggambarkan berbagai hal yang ada di dalam ruangan dan penjelasan haruslah dilakukan dengan rinci.

Baca juga : Penjelasan Mengenai Teks Ulasan Secara Lengkap dan Ringkas

Teks Deskripsi

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

  1. Kata Benda

Kata benda dalam teks memiliki makna kebendaan dan kata benda akan dipakai dengan disesuaikan dengan topik yang dideskripsikan. Contoh kata benda yang sering dipakai seperti rumah, kantor, sekolah, guruku dan lain-lain. Dengan memasukan kata benda dalam teks, maka objek yang dipakainya jelas, jadi teks mudah dipahami pembaca.

  1. Frasa kata benda

Teks juga seringkali menggunakan frasa kata benda untuk memperjelas suatu topik yang di deskripsikan. Contoh frasa kata benda yang sering dipakai dalam teks adalah beliau adalah seorang murid yang tidak pernah absen dalam belajar, dia merupakan petani yang sukses, beliau adalah guru yang baik hati dan lain-lain.

  1. Kata Sifat

Kata sifat biasanya digunakan untuk menunjukkan sifat dari objek yang dijelaskan atau dideskripsikan dan kata sifat sangatlah penting penggunaannya. Contoh kata sifat yang sering dipakai dalam teks seperti satu guru galak, dua topi warna merah, tiga dosen berprestasi, satu wanita cantik, dua pria suka merokok dan dan lain-lain.

  1. Kata Kerja Transitif

Kate kerja transitif adalah kata kerja yang penggunaannya membutuhkan suatu objek dan secara umum kata kerja transitif bisa diubah ke dalam bentuk yang pasif. Kata kerja trasitif biasanya memakai imbuhan di bagian depannya. Contoh kata kerja transitif seperti guru itu memakai batik warna biru, kepala sekola berencana memperbesar area sekolah dan lain-lain.

  1. Kata kerja Pendapat atau Perasaan

Kata kerja pendapat adalah kata kerja yang biasanya dipakai untuk mendeskripsikan pandangan penulis mengenai suatu subjek. Contoh kata kerja pendapat atau perasaan seperti saya yakin wanita itu akan memiliki suami yang kaya raya, saya pikir itu adalah ayam yang penurut, saya yakin pria itu sering makan konsumsi vitamin untuk tubuh dan lain-lain.

  1. Kata Keterangan

Kata keterangan dipakai dalam teks untuk menjelaskan suatu informasi tambahan mengenai suatu objek dan kata keterangan akan memperjelas suatu objek, jadi sifatnya sangat penting. Contoh kata kerja seperti di kantor, di sekolah, di warung, di toilet, di masjid, dengan cepat, dengan lambat, di hotel, di sawah dan lain-lain.

  1. Bahasa Kiasan

Bahasan kiasan juga seringkali dipakai dalam teks, karena bahasa kiasan dipakai untuk menjelaskan atau mendeskripsikan suatu hal. Bahasa kiasan memang membuat suatu objek menjadi lebih mudah diingat dan tulisan menjadi lebih mudah dipahami. Contoh bahasa kiasan seperti rambutnya lembut seperti salju, wajahnya bersih seperti air bening dan lain-lain.

Contoh Teks Deskripsi

  1. Judul : Sawah

Sawah adalah tempat yang sangat saya sukai, karena suasana di sawah terasa alami dan sawah sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Pemandangan pagi dan sore hari sangatlah berkesan. Nuansa pantai sangat berbeda jauh dengan nuansa kota yang dipenuhi dengan suara dan asap kendaraan. Tidak ada suasana menegangkan yang terlihat di sawah.

Suara kodok yang terdengar nyaring dipadukan dengan kemunculan sinar matahari. Banyak orang berdatangan untuk bekerja dan mengolah tanahnya. Alas tanah yang sangat dingin menusuk ke jari dan telapak kaki di sepanjang pematang sawah. Nikmatnya berada di sawah akan membuat semua orang betah berlama-lama.

Bukan hanya itu, awan yang semakin cerah membuat nuansa di sawah semakin mendamaikan. Suara burung pipit selalu terdengar bagaikan paduan suara. Semerbak wangi padi menusuk ke lubang hidung dengan sangat cepat. Banyak hal alami yang muncul dan memanjakan mata. Nuansa sawah tidak bisa dirasakan di kota dan sangat berbanding terbalik dengan nuansa kota.

Apalagi kondisi air sawah yang berasal dari mata air pegunungan, sehingga sangat terlihat jernih. Terlihat banyak hewan kecil yang bermain di rimbunnya tanaman padi. Suasana ini menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi banyak orang karena hamparan sawah bewarna hijau, suara burung yang bersahutan, serta suara petani yang saling tertawa.

Demikian ulasan lengkap mengenai teks deskripsi dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.