Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja

Inilah penjelasan lengkap mengenai surat lamaran kerja beserta cara membuat dengan tulis tangan maupun tidak yang baik dan benar. Surat lamaran kerja identik dengan orang-orang yang sedang mencari pekerjaan saat ini. Mayoritas di era new normal ini banyak sekali para pekerja yang terkena dampak Covid-19 atau virus corona. Mulai dari pekerja yang dirumahkan, ada yang di PHK atau putus hubungan kerja, hingga ada yang jam kerjanya dikurangi sehingga gajinya juga dikurangi.

Mungkin akan banyak yang bertanya saat ini, apa sih yang terjadi sekarang di perusahaan-perusahaan dunia sehingga memilih untuk memberhentikan karyawannya? Ya karena banyak perusahaan yang merugi di masa pandemi ini. Sehingga mereka mau tidak mau harus melakukan PHK atau memotong gaji karyawannya serta tidak memberikan tunjangan maupun bonus bekerja saat ini. Tentu hal tersebut tidak semua perusahaan seperti itu, karena ada juga perusahaan yang untung besar di kala pandemi ini. Seperti contohnya perusahaan farmasi dan logistik, mereka mengalami peningkatan pendapatan yang tinggi sehingga tidak melakukan PHK dan juga tetap memberikan bonus serta tunjangan untuk karyawannya. Bahkan ada juga yang malah membuka lowongan kerja untuk karyawan baru mengingat overloadnya pesanan pada perusahaan tersebut. Maka dari itu disarankan untuk Anda yang saat ini masih nganggur atau belum bekerja, silakan untuk mencari lowongan kerja di perusahaan farmasi dan logistik.

Apabila Anda saat ini kesulitan diterima kerja di perusahaan, padahal sudah mengirimkan surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan silakan sabar terlebih dahulu. Apalagi Anda hanyalah lulusan sekolah SMA sederajat atau lulusan baru S-1 sederajat yang belum punya pengalaman kerja di perusahaan. Karena diluar sana banyak para pekerja yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun saja banyak yang di PHK, mulai dari yang lulusan SMA ataupun S-1 dan S-2. Maka dari itu untuk saat ini di era new normal akan sulit mencari kerja, karena siapa saja banyak yang terkena dampak dari peristiwa saat ini dimana virus corona masih belum bisa di obati.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena tidak semua perusahaan berjalan dengan baik saat ini, karena banyak sekali sektor yang terkan dampaknya. Mulai dari sektor properti, sektor pertambangan, sektor perdagangan, dan sektor manufaktur yang banyak mengalami kerugian. Sedangkan untuk sektor perbankan dan sektor farmasi banyak yang mengalami keuntungan, sehingga cocok untuk Anda yang saat ini sedang mencari pekerjaan.

Kapan peristiwa itu terjadi? Pasti akan ada yang bertanya seperti ini, ya peristiwa PHK atau pekerja dirumahkan itu mulai terjadi di bulan maret tahun 2020 dimana mulai gencarnya berita mengenai virus covid-19. Sehingga banyak perusahaan yang lebih baik menutup atau menghentikan aktivitasnya daripada di perusahaannya mengalami nasib buruk apabila ada salah satu karyawannya yang positif virus corona. Karena apabila hal itu sampai terjadi, maka akan hancur reputasi dan nama baik perusahaan. Tidak hanya itu saja, semua produk yang telah dipasarkan juga akan ditarik kembali untuk menjamin tidak tersebarnya virus tersebut ke masyarakat umum. Maka dari itu apabila Anda sudah mengirim surat lamaran kerja di berbagai perusahaan saat ini pasti belum pada dibaca oleh perusahaan. Karena mayoritas perusahaan akan membaca surat lamaran kerja Anda setelah keadaan pulih atau sudah dipasarkannya anti virus covid-19. Jadi janganlah heran apabila saat ini semakin sulit mencari kerja apalagi tidak ada kabar sama sekali dari berbagai perusahaan padahal sudah banyak mengirim surat lamaran kerja.

Pada saat ini juga peristiwa pemecatan atau PHK sudah terjadi dimana-mana, mulai dari yang di pulau jawa hingga pulau lainnya. Hal ini dikarenakan virus corona sudah menyebar ke banyak pulau di Indonesia, sehingga tidak heran apabila sulit mencari kerja hampir di semua wilayah saat ini. Untuk itulah Anda harus tetap semangat dalam mencari lowongan kerja dan terus mengirimkan surat lamaran kerja secara umum. Walaupun saat ini belum banyak panggilan dari perusahaan, setidaknya setelah keadaan di negara Indonesia ini membaik pasti Anda akan di panggil oleh perusahaan saat perusahaan tersebut kembali membutuhkan Anda.

Bagaimana mengatasi terkena PHK maupun yang kerjanya dirumahkan? ya Anda harus mencari perusahaan yang profit saat ini, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya yaitu perusahaan di sektor perbankan dan farmasi. Mengapa perbankan? karena disaat kondisi seperti ini banyak perusahaan yang pailit atau bangkrut dan ada juga yang hampir bangkrut sehingga membutuhkan pinjaman ke bank. Sebenarnya tidak hanya perusahaan saja, melainkan masyarakat terdampak seperti yang terkena PHK juga banyak yang meminjam duit ke bank dengan berbagai macam jaminan agar ia masih dapat makan sehari-hari. Jadi bersyukurlah Anda yang kerjanya menjadi PNS maupun karyawan di perusahaan yang tidak terkena dampak besar dari pandemi saat ini. Karena diluar sana banyak orang yang kesulitan mencari makan sehari-hari untuk hidupnya.

Setelah Anda memahami berbagai permasalah di dunia kerja saat ini, tentu alangkah baiknya Anda pelajari terlebih dahulu dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar untuk perusahaan yang sedang naik daun sekarang. Anda bisa mengikuti cara membuat surat lamaran kerja dibawah ini dengan tulisan tangan pada umumnya.

  1. Cari perusahaan yang membuka lowongan kerja terlebih dahulu, namun perusahaan tersebut wajib yang tidak terkena imbas dari new era pandemi covid-19 ini. Saran saya silakan cari perusahaan bank maupun farmasi yang membuka lowongan kerja. Sehingga surat lamaran kerja yang Anda kirimkan bisa cepat ditanggapi.
  2. Apabila sudah menentukan perusahaannya, silakan Anda buat surat lamaran kerja dengan tulisan yang baik dan benar. Gunakan bahasa yang baku dan tidak bertele-tele saat menuliskan lamaran pekerjaan.
  3. Menggunakan tulisan yang rapih sehingga mudah dipahami, karena kalau tulisannya kayak ceker ayam ya tentu saja orang di perusahaan malas membacanya.
  4. Setelah itu silakan pahami struktur surat lamaran kerja dari awal hingga akhir, berikut adalah strukturnya:
    a. Tempat / Tanggal Surat
    Contoh : Jakarta / 10 Juni 2019
    b. Perusahaan yang dituju
    Contoh : PT Adiputra Laksana Tbk
    c. Ucapan salam atau kalimat pembuka surat
    Contoh : Kepada yang terhormat / Dengan hormat
    d. Kata Pengantar
    Contoh : Bersama ini saya bermaksud ….. / Sehubungan dengan informasi lowongan kerja di …..
    e. Biodata Pribadi
    Contoh : Nama, alamat, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, dan nomor telepon
    f. Latar Belakang Pendidikan
    Contoh : Pendidikan terakhir S-1 Akuntansi / Pendidikan terakhir Sekolah Menengah Kejuruan Otomotif
    g. Penutup
    Contoh : Demikian surat lamaran ini saya sampaikan / dengan ini saya mengajukan permohonan kerja
  5. Setelah Anda mengetahui struktur penulisan surat lamaran kerja, silakan perhatikan contoh surat lamaran kerja dibawah ini.

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai surat lamaran kerja yang baik dan benar beserta cara membuat dan contoh terbarunya sehingga cepat di terima di perusahaan, semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!