Rumus Excel

Rumus Excel Penjumlahan

Rumus excel saat ini digunakan banyak sekali untuk dapat menggarap laporan keuangan maupun lainnya sehingga muncul beberapa fungsi. Disini saya akan membahas rumus excel lengkap, ringkas, dan rinci agar tidak bertele-tele, mengingat rumus ini selalu digunakan di sekolah, kampus, hingga kantor dan rumah untuk mengerjakan tugas. Kumpulan rumus fungsi excel yang akan saya jelaskan di artikel ini meliputi rumus excel IF, SUM, AVERAGE, VLOOKUP, pengurangan, penjumlahan, perkalian, persen, pembagian, AND, dan OR.

Pengertian Microsoft Excel

Sebelum Anda mengetahui rumus secara lengkap, Anda harus memahami terlebih dahulu pengertian Microsoft Excel. Microsoft Excel yaitu aplikasi yang dikembangkan Microsoft dengan bentuk spreadsheet atau lembar kerja elektronik, aplikasi ini sudah dipakai beberapa sistem operasi seperti Windows beberapa seri, Mac OS beberapa seri, iOS, dan android. Terdapat beberapa fitus yang ada di excel, seperti tabel, grafik, kalkulasi, rumus perhitungan, dan masih banyak lagi fungsi yang ada. Sehingga tidak heran jika hampir semua kalangan menggunakan aplikasi Microsoft Excel untuk mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan mudah.

Loading...

Pada Microsoft Excel juga terdapat beberapa rumus seperti yang saya sebutkan sebulumnya, yaitu rumus paling dasar yaitu rumus AVERAGE, SUM, IF, dan VLOOKUP. Sedangkan rumus yang pastinya sudah diluar kepala namun bagi beberapa orang belum mengetahui cara pakainya yaitu rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan persen. Lalu untuk rumus yang biasa ada di pekerjaan atau sekolah biasanya menggunakan rumus AND, dan OR.

Rumus Excel Lengkap

Anda wajib mengetahui rumus yang lengkap meliputi seluruh fungsi yang ada di Microsoft Excel, baik itu penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, persen, serta IF, SUM, AVERAGE, VLOOKUP, dan OR, AND. Sehingga pada saat mengerjakan tugas di Microsoft Excel, tidak lupa lagi dengan rumus-rumus di excel. Maka dari itu saya daritadi menulis berulang-ulang kali rumus dari seluruh fungsi yang ada agar Anda mengingatnya.

Rumus IF Excel

Loading...

Rumus IF excel merupakan rumus paling populer yang bisa membuat Anda menentukan perbandingan antara nilai serta perkiraan secara logis. Sehingga pernyataan dari fungsi IF bisa memiliki dua hasil, yaitu hasil perbandingan yang benar (TRUE) dan hasil perbandingan yang salah (ELSE). Maka dari itu, jangan sampai Anda langsung menentukan hasilnya terlebih dahulu sebelum melihat hasil datanya.

Cara menggunakan rumus IF di excel harus menggunakan kaidah penulisan yang benar dan tidak boleh typo, berikut contoh penulisan rumus IF:

IF(TesGudang; KondisiPenuh; [KondisiTidakPenuh])

Sehingga dihasilkan 3 argumen yaitu TesGudang yang berarti argumen ini berisi kondisi logika yang dievaluasi dalam nilai benar (TRUE) atau tidak benar (ELSE).

Contoh penggunaan rumus IF yang sederhana adalah sebagai berikut:

=IF(1=1; “Benar”; “Salah”)

Pada contoh penggunaan rumus IF tersebut, teks benar karena perbandingan 1=1 adalah benar (TRUE).

Contoh rumus IF lainnya dimana hasilnya salah (FALSE) adalah sebagai berikut:

=IF(1=2; “Benar”; “Salah”)

Untuk contoh rumus IF ini akan menghasilkan teks yang salah karena perbandingan 1=2 adalah salah (FALSE).

Untuk Anda yang mau mempelajari rumus IF secara mendalam bisa pelajari rumus IF excel tunggal, ganda, dan bertingkat dibawah ini.

Rumus IF Tunggal

Rumus Excel IF Tunggal

=IF(E2>140,”LULUS “,”GAGAL”)

Pada gambar tabel diatas menghasilkan keterangan 4 orang lulus dan 1 orang gagal. Karena pada rumus tersebut diambil nilai yang diatas 140, bukan lebih dari sama dengan 140. Jadi angka 140 tidak termasuk lulus pada rumus IF tunggal yang diberikan.

Rumus IF Ganda

Rumus Excel IF Ganda

=IF(C2>60;IF(D2>60;”Lulus “;”Gagal”);”Gagal”)

Pada penggunaan rumus IF ganda bisa Anda gunakan untuk melakukan uji logika ganda terhadap 2 sel sekaligus secara bertahap dan berurutan. Jika salah satu sel terdapat nilai kurang dari 60 maka akan dianggap gagal, walaupun nilai sel yang satunya adalah 90 seperti contoh pada gambar tabel diatas. Karena pada rumus IF ganda ini hanya difokuskan terhadap nilai kedua sel, bukan terhadap nilai satu sel pada sel jumlah.

Rumus IF Bertingkat

Untuk menggunakan rumus IF bertingkat hampir sama dengan menggunakan rumus IF tunggal. Hanya saja pada IF bertingkat ini memanipulasi variabel sebagai percabangan IF. Untuk penggunaan koma (,) atau semicolon / titik koma (;) dalam FORMULA harap disesuaikan dengan versi Microsoft Excel serta konfigurasi bahasa pada laptop atau komputer yang anda gunakan.

Rumus Excel IF Bertingkat

=IF(C2=1;”Kurang”;IF(C2=2;”Cukup”;IF(C2=3;”Baik”;IF(C2=4;”Sempurna”;))))

Jadi pada gambar tabel diatas diketahui nilai 1 yaitu kurang, nilai 2 yaitu cukup, nilai 3 yaitu baik, dan nilai 4 yaitu sempurna. Sehinggga terjadi pengelompokan secara otomatis terhadap gambar tabel diatas. Misalkan diketahui pengelompokan nilai mahasiswa yaitu 1 = Kurang, 2 = Cukup, 3 = Baik, dan 4 = Sempurna. Akan dilakukan pengelompokan nilai suatu mata kuliah dari 5 mahasiswa pada tabel berikut.

Rumus SUM Excel

Rumus SUM Excel

=SUM(C2;C3;C4;C5;C6)

Biasanya rumus SUM digunakan untuk penjumlahan pada daftar harga belanjaan ataupun laporan keuangan lainnya. Anda bisa menjumlahkan seluruh harga pada setiap sel dengan mudah, sehingga nantinya akan ditemukan total harganya. Rumus SUM ini memang mirip sekali dengan fungsi dari rumus penjumlahan, namun jika Anda sudah menggunakan banyak data tentu saja rumus SUM ini akan jelas berbeda dengan rumus penjumlahan di excel.

Rumus AVERAGE Excel

Rumus AVERAGE Excel

=AVERAGE(C2;C3;C4;C5;C6)

Rumus AVERAGE excel ini digunakan untuk menghitung jumlah rata-rata suatu nilai, pada gambar tabel diatas saya membuat nilai harga beras. Terdapat 5 nilai harga beras yang berbeda dari penjual yang berbeda-beda, sehingga ditemukan hasil nilai rata-rata dari harga beras pada tabel tersebut.

Rumus Excel VLOOKUP

Rumus Excel VLOOKUP

=VLOOKUP(B13;sales;2;TRUE)

Untuk dapat menggunakan rumus excel VLOOKUP seperti pada gambar tabel diatas, silakan terlebih dahulu memberikan nama tabel yang Anda buat. Disini saya menggunakan nama tabel sales, sehingga di rumus saya memanggil nama tabel tersebut. Sedangkan untuk penggunaan angka (2) merupakan urutan kolom pada tabel tersebut, berhubungan saya hendak mencari total bonus yang didapat sales, jadi saya mengambil pada kolom bonus yang merupakan kolom kedua di tabel sales. Sedangkan untuk mencari apakah sales tersebut dapat penghargaan, Anda bisa mengganti nomor kolom yang awalnya 2 untuk mengambil nilai bonus menjadi 3 untuk mengambil penghargaan.

Rumus Pengurangan Excel

Rumus Pengurangan Excel

=A3-B3

Biasanya rumus pengurangan digunakan untuk membandingkan antara pemasukan dengan pengeluaran, sehingga didapatkan pemasukan bersihnya. Seperti contohnya pada tabel gambar diatas yang membandingkan antara modal beli HP dengan harga penjualan HP, sehingga didapatkan keuntungan bersihnya. Rumus pengurangan ini bisa dipadukan dengan berbagai macam rumus lainnya.

Rumus Penjumlahan Excel

Rumus Penjumlahan Excel

=D13+D14+D15+D16+D17

Rumus penjumlahan memang sangat dasar sekali, Anda hanya perlu memberikan tanda + di rumus. Jadi tidak perlu lagi menggunakan if, vlookup, dan lain sebagainya karena yang digunakan hanyalah kode penempatan selnya dan +. Kecuali memang jika diperlukan untuk dapat dipadukan dengan rumus lain, tentu Anda bisa mengkombinasikan rumus penjumlahan dengan rumus lainnya seperti perkalian, pembagian, dan pengurangan.

Rumus Perkalian Excel

Rumus Perkalian Excel

=C3*D3

Sebenarnya rumus perkalian lebih sering digunakan untuk menghitung total harga barang seperti contohnya pada gambar diatas. Tentu penggunaan rumus perkalian ini masih sangat dasar, berbeda jika Anda sudah mengelola banyak data sekaligus sehingga diharuskan memadukan dengan berbagai rumus lainnya.

Rumus Pembagian Excel

Rumus Pembagian Excel

=B3/C3

Rumus pembagian biasanya digunakan untuk membagi stok dengan jumlah yang harus dibagikan, sehingga akan ketemu jumlah yang akan didapatkan secara rata satu sama lainnya. Seperti pada gambar diatas dimana saya membuat tabel penjualan buku menggunakan rumus bagi, dimana buku tersebut akan dibeli oleh banyak sekolah. Sehingga muncul hasil total buku yang bisa dibeli setiap sekolah agar rata satu sama lainnya.

Rumus Persen Excel

Rumus Persen Excel

=C3/D3*100

Untuk dapat menghitung menggunakan rumus persen, tentu Anda bisa menggunakan rumus lainnya seperti perkalian dan pembagian setelah itu dikalikan dengan 100. Pada gambar diatas saya mencoba menghitung jumlah persentase siswa yang lulus terhadap 3 pelajaran. Sehingga didapatkan hasil 80% terhadap siswa yang lulus di pelajaran IPA dan hasil persentase untuk pelajaran IPS dan MTK.

Rumus AND Excel

Rumus AND Excel

=AND(A4;B4;C4)

Rumus AND ini digunakan untuk menentukan probabilitas yang ada pada suatu data, seperti contohnya pada gambar diatas. Saya menggunakan konspirasi suatu logika, jika terdapat salah satu konspirasi yang FALSE, maka hasilnya akan FALSE semua. Maka dari itu, fungsi AND ini sangat berguna sekali untuk menentukan suatu hasil apabila Anda kebingungan dalam menentukan suatu kondisi.

Rumus OR Excel

Rumus OR Excel

=OR(A3;B3;C3)

Rumus OR memiliki fungsi yang hampir sama dengan rumus AND. Hanya saja untuk rumus OR kebalikannya dengan rumus AND. Jadi apabila terdapat salah satu kondisi yang TRUE, maka hasilnya akan TRUE. Sedangkan apabila tidak ada kondisi yang TRUE maka hasilnya akan FALSE. Anda bisa membandingkan antara gambar yang menggunakan rumus OR dan AND diatas.

Tentu rumus excel yang saya jelaskan di artikel ini hanya merupakan rumus dasar excel. Jadi hanya dibuat khusus untuk Anda yang pemula dan baru mau memulai mempelajari rumus ini. Maka dari itu untuk Anda yang hendak mencoba rumus kombinasi fungsi bisa mencobanya sendiri dengan rumus dasar yang saya terangkan disini.

error: Content is protected !!