Prospek Kerja Manajemen

Prospek Kerja Manajemen

Informasi mengenai prospek kerja manajemen saat ini hingga beberapa puluh tahun mendatang beserta kualifikasi, syarat, gaji, dan tanggung jawabnya. Jika Anda salah satu jurusan manajemen yang saat ini sedang mencari prospek kerja di bidang manajemen di suatu perusahaan, berikut beberapa info mengenai prospek kerja di perusahaan yang memiliki posisi manajemen.

Jurusan manejemen merupakan salah satu jurusan yang cukup banyak digemari oleh orang-orang saat ini. Kepopuleran jurusan tersebut membuat ada banyak sekali pekerjaan yang dapat dipilih di perusahaan apabila anda telah menyelesaikan kuliah jurusan manajemen. Namun mengingat banyaknya yang kuliah di jurusan manajemen, sehingga membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan cukup sulit. Maka dari itu Anda harus pintar-pintar juga dalam mencari lowongan pekerjaan di suatu perusahaan, walaupun banyak perusahaan yang membutuhkan manajemen di perusahaannya.

Loading...

Saat ini di Indonesia juga banyak berdiri perusahaan perusahaan baru yang cukup besar sehingga membutuhkan lulusan manajemen untuk dapat menjadi atau pemimpin suatu perusahaan. Anda dapat menemukan berbagai pekerjaan yang tepat sesuai dengan studi manajemen saat Anda kuliah. Karena jurusan manajemen sendiri mempunyai banyak sekali bidang yang berbeda, mulai dari manajemen keuangan, manajemen bisnis, manajemen pemasaran, dan lain sebagainya.

Jurusan manajemen di suatu universitas atau sekolah tinggi pasti akan mempelajari tanggung jawab dalam mengelola organisasi maupun perusahaan. Di jurusan ini juga terdapat sub jurusan atau konsentrasi jurusan manajemen seperti manajemen pemasaran, sumber daya manusia, operasional, dan keuangan.

Loading...

Jurusan manajemen mempunyai visi misi untuk dapat menyiapkan mahasiswanya agar bisa mengembangkan diri di dalam perusahaan apabila kelak nanti sudah bekerja di perusahaan. Baik itu saat bekerja sebagai karyawan, manajer, maupun pemimpin perusahaan. Selain itu juga harus menyiapkan komunikasi yang baik, analisis yang akurat, dan pengambilan keputusan yang tepat serta mampu menyelesaikan masalah dengan baik merupakan tanggung jawab bekerja sebagai manajemen di perusahaan. Berikut adalah beberapa prospek kerja manajemen:

  1. Pengusaha
    Lulusan dari jurusan manajemen tidaklah harus menjadi seorang karyawan ataupun bekerja di suatu perusahaan. Namun bisa menjadi seorang pengusaha yang mempunyai bekal dari yang telah Anda pelajari selama berada di jurusan manajemen saat masih kuliah. Sedangkan untuk gaji seorang pengusaha tentu tidaklah tetap, karena anda sendiri yang menentukan berapa gaji yang bisa Anda dapatkan dari hasil kerja keras yang telah dilakukan.
  2. Tenaga Pengajar
    Anda juga bisa menjadi tenaga pengajar atau Pendidik pada bidang pendidikan baik itu di sekolah maupun di universitas lainnya. Hal itu bisa dilakukan apabila Anda mempunyai kualifikasi serta kualitas yang bagus dan sanggup menjalankan pekerjaan sebagai pengajar di suatu sekolah atau universitas. Apabila anda hendak mengajar di universitas, maka Anda harus memiliki gelar S-2 yang sama dengan IPK 3,5 dan telah berpengalaman bekerja minimal 3 tahun. Anda juga harus bisa berbicara bahasa inggris baik pasif maupun aktif dan wajib mempunyai public speaking yang bagus. Untuk gaji sebagai dosen di universitas tentu tergantung dari jabatan saat menjadi pengajar di universitas. Untuk dosen biasa atau tidak mempunyai kepentingan dengan universitas, Biasanya akan mempunyai gaji Rp 2.000.000 perbulan. Sedangkan untuk dosen yang mempunyai kepentingan di universitas seperti menjabat sebagai dekan atau rektor maka gajinya akan lebih dari Rp 5.000.000 perbulan. Tentu gaji tersebut belum termasuk dengan tunjangan serta lembur dan asuransi kesehatan.
  3. Konsultan Bisnis
    Apabila anda mempunyai pengetahuan yang luas seputar bisnis dan telah memiliki pengalaman cukup lama dari bisnis tersebut, maka Anda akan cocok apabila menjadi seorang konsultan bisnis. Karena jurusan manajemen juga mempunyai prospek kerja menjadi konsultan bisnis. Apalagi jika bisnis yang telah Anda jalankan sebelumnya dapat berjalan dengan baik. Sehingga diharapkan orang yang konsultasi dengan anda bisnisnya dapat berkembang dan berjalan dengan baik. Untuk menjadi seorang konsultan bisnis, Anda harus mempunyai komunikasi yang baik, kreatif, inovatif, menguasai pengetahuan berbagai bisnis dengan skala yang besar, pendidikan minimal sarjana satu, mempunyai pengalaman di bidang yang sama, dan mampu mengelola manajemen waktu dengan baik. Untuk gaji seorang konsultan bisnis yaitu sekitar Rp 5.000.000 sampai Rp 8.000.000 perbulannya. Gaji ini juga belum termasuk dengan tunjangan ataupun bonus lainnya.
  4. Manajer Pemasaran
    Anda juga bisa menjadi manajemen pemasaran suatu perusahaan, karena jurusan manajemen sendiri mempunyai sub jurusan atau fokus jurusan pada bidang pemasaran. Untuk dapat menjadi manajemen pemasaran, Anda harus mempunyai beberapa kualifikasi yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut. Anda harus mempunyai pengalaman minimal 2 tahun, mempunyai public speaking yang baik, berpendidikan minimal sarjana satu di jurusan ekonomi maupun manajemen bisnis. Anda juga harus dapat bekerjasama secara tim maupun secara individu. Anda juga harus dapat bekerja di bawah tekanan dalam mengejar target yang telah ditetapkan oleh perusahaan, dan usia maksimal untuk menjadi manajer pemasaran yaitu 35 tahun. Gaji seorang manajer pemasaran di Indonesia yaitu berkisar mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 perbulannya dan belum termasuk dengan tunjangan maupun bonus serta asuransi. Namun biasanya seorang manajer pemasaran di suatu perusahaan yang telah berhasil memberikan kinerja yang baik selama beberapa tahun maka ia bisa memperoleh gaji hingga Rp 30.000.000 perbulannya.
  5. Manajer Sumber Daya Manusia
    Jurusan manajemen juga memiliki sub jurusan atau fokus jurusan pada sumber daya manusia, sehingga jurusan manajemen memiliki prospek kerja menjadi manajer SDM perusahaan. Untuk menjadi manajer sumber daya manusia di suatu perusahaan tentu harus mempunyai beberapa kualifikasi yang dibutuhkan. Mulai dari usia maksimal 40 tahun, minimal sarjana jurusan manajemen, mempunyai pengalaman lebih dari lima tahun, dapat berkomunikasi dengan baik,  tegas, dan disiplin. Untuk gaji sebagai manajer sumber daya manusia yaitu berkisar antara Rp 4.000.000 perbulan sampai Rp 6.000.000 perbulan dan belum termasuk dengan bonus maupun tunjangan serta asuransi yang ada di perusahaan tersebut. Sedangkan untuk manajer sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan multinasional biasanya akan mempunyai gaji di atas Rp 10.000.000 perbulan.
  6. Manajer Keuangan
    Jurusan manajemen juga mempunyai fokus jurusan pada bidang keuangan, sehingga bisa menjadi manager keuangan di suatu perusahaan. Untuk dapat menjadi manager keuangan dibutuhkan beberapa syarat seperti usia maksimal 40 tahun, pendidikan minimal sarjana manajemen atau akuntansi. Mampu menguasai atau mengoperasikan microsoft office dan microsoft excel serta pembukuan yang akurat. Mampu bekerja di bawah tekanan, tegas, teliti, dan cekatan dalam bekerja. Untuk gaji seorang manajer keuangan di perusahaan tentu sangat tinggi, biasanya mulai dari Rp 6.000.000 perbulan hingga Rp 10.000.000 perbulan. Sedangkan untuk posisi manajer keuangan di perusahaan multinasional akan mempunyai gaji di atas Rp 50.000.000 perbulan.
  7. Management Trainee
    Salah satu prospek kerja manajemen juga bisa menjadi tim khusus management trainee perusahaan besar yang mempunyai tugas dalam memberikan pelatihan untuk para calon manajer di perusahaan tersebut. Karena hal tersebut merupakan pekerjaan penting dalam management trainee, untuk itulah dibutuhkan beberapa syarat khusus untuk menjalankan tugas sebagai management trainee di perusahaan. Mulai dari minimal memiliki IPK 3.00 pada jurusan manajemen. Mampu berbahasa inggris dengan lancar dan baik, mempunyai public speaking yang bagus, serta mempunyai pengalaman dalam berorganisasi. Gaji management trainee yaitu mulai dari Rp 4.000.000 perbulan sampai dengan Rp 10.000.000 perbulan.
  8. Akuntan
    Untuk dapat menjadi akuntan biasanya lebih condong terhadap jurusan ekonomi dengan program akuntansi yang lebih diprioritaskan. Namun bukan berarti lulusan manajemen tidak bisa menjadi seorang akuntan, karena lulusan manajemen juga dapat menjadi seorang akuntan. Tentu dengan beberapa syarat yang dibutuhkan seperti mempunyai usia maksimal 28 tahun, berpengalaman minimal satu tahun, memahami serta mempunyai pengetahuan tentang perpajakan, dan menguasai sistem perpajakan. Jika Anda mempunyai sertifikat brevet A&B tentu akan lebih diutamakan atau menjadi nilai plus tersendiri. Biasanya gaji seorang akuntan di perusahaan mulai dari Rp 4.000.000 Perbulan yang belum termasuk dengan tunjangan serta bonus maupun asuransi dan Rp 12.000.000 perbulan untuk perusahaan multinasional.
  9. Staff Bank
    Untuk dapat menjadi staf bank dibutuhkan beberapa syarat khusus seperti mempunyai usia maksimal 25 tahun, dapat berkomunikasi dengan baik, mempunyai penampilan yang menarik, tinggi minimal 155 cm untuk wanita dan 160 cm untuk pria. Mempunyai pendidikan minimal D3 atau S1 Manajemen dengan IPK diatas 2,75 dan berpengalaman minimal 1 tahun. Untuk gaji menjadi staff bank mulai dari Rp 4.000.000 perbulan hingga Rp 6.000.000 perbulan.

Itulah beberapa informasi mengenai prospek kerja manajemen yang bisa Anda jadikan acuan apabila setelah lulus kuliah dan sedang mencari pekerjaan saat ini.