Latar Belakang

Latar Belakang

Penjelasan lengkap mengenai latar belakang mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, tujuan, dan contoh yang lengkap secara ringkas. Makalah merupakan suatu karya tulis yang bersfat ilmiah dan isi dari suatu makalah biasanya membahas suatu permasalahan tertentu. Pembuatan makalah memang memiliki aturan tertentu atau aturan baku. Salah satu pembahasan di makalah adalah latar belakang permasalahan dan bagian ini biasanya muncul di bagian awal pembentukan makalah.

Pengertian Latar Belakang

Latar belakang biasanya berisikan berbagai alasan yang melatarbelakangi sebuah penelitian dilakukan dan dalam latar belakang, penulis akan bertindak layaknya seorang detektif yang mengamati suatu perkara atau masalah. Latar belakang masalah harus dibuat dengan rinci, agar proses pembuatan makalah menjadi lancar dan pengerjaan efektif.

Pengertian latar belakang masalah biasanya akan mengacu ke berbagai bidang seperti keamanan, budaya, pertahanan, sosial, ekonomi, politik dan krisis ideologi. Pada bagian akhir biasanya ditutup dengan kalimat kunci yang menjelaskan betapa pentingnya penelitian untuk dilakukan dan akan menimbulkan dampak buruk, apabila penelitian tidak dilaksanakan.

Latar belakang masalah biasanya masuk dalam bahasan bab 1 dan panjang penulisannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya latar belakang masalah jangan lebih panjang dengan beberapa bab lainnya, kecuali bab terakhir yang membahas mengenai kesimpulan dengan saran. Susunlah penulisan dengan baik sehingga makalah bisa terselesaikan dengan cepat.

Struktur Latar Belakang

  1. Identifikasi

Untuk membuat sebuah struktur latar belakang yang baik, maka langkah pertama adalah melakukan penelitian atau identifikasi dan pada bagian ini, penulis harus mencari tau berbagai hal yang berkaitan dengan masalah. Topik masalah bisa dihasilkan dari berbagai sudut pandang dan salah satunya dari lingkungan sekitar.

  1. Fakta Masalah

Untuk menentukan latar belakang masalah yang tepat, sebaiknya tentukan dulu berbagai fakta yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas dan fakta masalah nantinya akan dijadikan fokus pembahasan. Masalah timbul akibat adanya kesenjangan dari sebuah hal yang diinginkan dengan sebuah hal yang menjadi kenyataan.

  1. Tentukan Fokus Masalah

Dengan mencoba menjadi seorang peneliti yang baik, maka penulis harus juga bisa melakukan analisis dengan baik dan analisis permulaan bisa dipakai untuk menyimpulkan fokus masalah yang akan dibahas. Fokus masalah adalah hasil pemilihan masalah yang menurut penulis lebih dominan dan lebih krusial untuk segera dibahas atau diteliti.

  1. Perjelas Masalah

Untuk membuat kerangkan latar belakang masalah yang baik, maka penulis bisa membuatnya dengan memasukan hal yang umum dan berlanjut ke hal yang khusu, namun bisa juga konsepnya dibalik. Dengan latar belakang masalah yang jelas, maka pembaca akan mudah untuk memahami berbagai masalah yang disajikan penulis.

Ciri-Ciri Latar Belakang

  • Dasar pemahaman untuk pembaca
  • Perlu data yang dihasilkan dari fakta dalam ciri-ciri pembuatan latar belakang
  • Memiliki kondisi yang ideal
  • kondisi faktual
  • Solusi diberikan singkat
  • Muncul Perbandingan
  • Adanya penyempurnaan

Latar Belakang

Tujuan Latar Belakang

Tujuan latar belakang adalah untuk menyajikan atau membahas suatu informasi yang berkaitan dengan sebuah topik dan latar belakang memiliki peranan penting untuk menyampaikan masalah secara tertulis, karena skema penulisannya bisa dibuat dengan detail. Tujuan latar belakang biasanya digunakan dalam data makalah, profosal, skripsi dan data lainnya.

Contoh Latar Belakang

  1. Judul : Cara Mengatasi Keong Sawah

Keong adalah salah satu hewan yang biasa hidup di air tawar dan banyak ditemukan di daerah Jawa Barat. Keong sawah memiliki ciri yang mudah dikenali seperti cangkang yang bentuknya besar, warna hijau kekuningan atau ada yang kecoklatan dan biasanya membuat jalur jalan bewarna cokelat diatas tanah pesawahan. Jumlah keong sawah sangatlah berlimpah dan menjadi salah satu hewan pengganggu tanaman padi di sawah.

Keong sawah biasanya mengkonsumsi tumbuhan air dan keong sawah akan bertelur diatas permukaan air, sehingga telurnya biasanya menempel pada tumbuhan air atau berbagai benda lain yang sifatnya terapung. Keong sawah memang bisa dikonsumsi manusia dan menjadi salah satu hewan yang di ekspor ke luar negeri. Keberadaan keong sawah sangatlah mudah ditemukan di area pesawahan.

Keong sawah menjadi hewan yang seringkali merusak tanaman padi petani dan banyak sekali petani yang merasakan gagal panen, akibat banyaknya keong yang bertebaran. Keong memiliki proses kembang biak yang cepat, sehingga memungkinkan untuk cepat merusak tanaman padi dan di beberapa tempat, keong juga sering dipakai untuk pakan ternak bebek.

Kerusakan tanaman yang ditimbulkan keong sawah, tentu menghasilkan dampak buruk buat para petani dan bisa membuat petani kehilangan penghasilan. Dengan tanaman yang mati, tentu tidak akan ada padi yang di panen dan petani tidak akan memiliki beras. Dengan sedikitnya potensi beras yang dihasilkan petani, maka akan berdampak pada kestabilan hidup penduduk Indonesia.

Untuk mengatasi permasalahan itu, pemerintah terus melakukan berbagai inovasi dan salah satunya dengan menganjurkan penggunaan obat semprot hama berbahan kimia. Pemerintah juga mendorong untuk penggunaan pupuk alami, namun lebih efektif pupuk kimia secara kegunaan. Dengan berbagai solusi yang diberikan pemerintah, diharapkan permasalahan keong sawah bisa diatasi dengan baik dan petani memiliki kehidupan yang makmur.

  1. Judul : Proposal Konser Band Kangen Band di Sumedang

Hari kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu momen yang sangat dinanti masyarakat dan Sumedang menjadi salah satu kota yang selalu menyambut hari kemerdekaan 17 Agustus dengan kemeriahan. Dengan perkembangan kota yang semakin pesat dan kemajuan anak mudanya ke era modern, membuat banyak permintaan kreatif dari kaum muda. Semakin kreatif anak mudanya, maka akan semakin maju kotanya.

Dengan merayakan hari kemerdekaan dengan gembira, tentu anak muda akan lebih menghargai berbagai jasa pahlawan kemerdekaat dan lebih memiliki rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Persatuan haruslah dijalin tanpa batasan dan anak muda bisa menjadi pelopor perkembangan. Sumedang terus melakukan pengembangan di berbagai sektor dan salah satu sektor yang paling disorot adalah sektor wisata alam, karena potensi Sumedang yang memiliki kawasan hutan yang asri.

Untuk merayakan hari kemerdekaan, tentu anak muda Sumedang menginginkan digelarnya acara konser Kangen Band dan kehadiran band keren ini, bisa membuat anak muda Sumedang bersatu. Setiap tahunnya sumedang memiliki acara yang berbeda-beda dan pasti memiliki keunikkan tersendiri. Pada perayaan juga banyak anak muda yang berjualan produk asli Sumedang dan penjualan dilakukan dengan harga yang terjangkau.

Acara konser yang digelar nantinya akan dipadukan dengan acara pemberian bantuan sosial ke warga Sumedang yang kurang mampu dan acara ini akan membuat persaudaraan dikalangan masyarakat semakin erat. Dengan acara yang digelar mewah, maka akan menumbuhkan ekonomi masyarakat kecil yang ada di Sumedang dan akan membuat hiburan gratis untuk masyarakat Sumedang, karena konser tidak akan mengenakan biaya tiket masuk.

Sekian bahasan lengkap mengenai latar belakang beserta contoh yang benarnya, semoga semua isi artikelnya bermanfaat bagi para pembaca.