Contoh Undangan Pernikahan

Contoh Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan adalah sebuah contoh surat biasanya dalam bentuk kartu yang meminta penerimanya untuk menghadiri suatu acara pernikahan. Namun kini undangan pernikahan juga disebarkan melalui media sosial dalam bentuk gambar atau video yang biasa disebut undangan digital.

Umumnya undangan pernikahan dicetak pada sebuah kertas, meskipun ada juga pada media lain seperti kain atau akrilik. Sistem pencetakan pada kertas biasanya menggunakan sistem cetak offset maupun digital printing, dalam dunia percetakan undangan pernikahan dikenal dengan 2 tipe: Softcover & Hardcover.

Undangan pernikahan soft cover adalah undangan yang dibuat dari 1 lembar kertas, biasanya menggunakan kertas art carton, aster, jasmine atau BC. Sedangkan undangan pernikahan hard cover adalah undangan yang dibuat dengan berlapis karton di dalamnya, sehingga undangan akan menjadi tebal dan keras.

Selain dari bahan, undangan pernikahan juga tak lepas dari desain, kini para vendor undangan pernikahan berlomba-lomba untuk memunculkan desain-desain yang unik dan menarik. Bahkan sekarang ada undangan pernikahan yang dicetak pada media akrilik menggunakan mesin grafis.

Dari semua perkembangan undangan pernikahan ini, tentunya para pengantin lah yang akan menentukan undangan mana yang cocok untuk acaranya, karena jika ingin undangan yang mewah maka harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Pernikahan menjadi momen yang di mimpi kan, bagi hampir setiap orang. Dalam mempersiapkan pernikahan pun menjadi suatu hal yang menarik bagi setiap pasangan. Persiapan ini akan dipikirkan secara matang-matang oleh setiap pasangan karena inilah yang akan menjadi momen penting dalam hidup mereka.

Salah satu hal yang akan dipikirkan adalah undangan pernikahan. Meskipun bukan surat yang resmi, namun kita tidak bisa membuatnya asal-asalan. Kita tetap harus menuliskannya dengan sopan karena dengan undangan ini kita mengharapkan kedatangan orang yang kita beri undangan ini.

Kata-kata yang dituliskan juga harus jelas agar si penerima undangan tidak merasa bingung ketika membacanya. Jika kamu masih ragu, kamu bisa melihat contoh undangan pernikahan untuk referensi penulisan kamu. Jika kamu sedang ingin melaksanakan pernikahan dan masih bingung dengan cara membuat undangan, berikut contoh undangan pernikahan yang bisa jadi inspirasi bagi kamu:

Baca Juga : Contoh Slip Gaji Karyawan, Wiraswasta, dan Guru

Contoh Undangan Pernikahan Unik

Undangan pernikahan yang unik dan tidak biasa pastinya lebih menarik dan dikenang oleh tamu undangan. Kamu bisa memilih kayu, atau undangan yang bisa ditanam. Pernikahan merupakan sebuah momen yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup saja. Tentunya segala persiapan perlu dilakukan dengan matang mulai dari pakaian, gedung, makanan, hingga undangan. Bagaimana kalau kamu menengok contoh undangan pernikahan unik berikut, siapa tahu ada yang menginspirasi.

  1. Undangan berbentuk Kartu Pop Up. Sebenarnya tren undangan dengan model kartu pop up sudah ada sejak dulu. Mungkin kamu juga pernah menerimanya dalam bentuk undangan ulang tahun atau pesta. Dunia pop up sangatlah luas dan bagi kamu yang mencari desain undangan pernikahan unik dan lucu,mungkin ini solusinya.
  2. Undangan yang Bisa Ditanam. Kartu undangan pernikahan kok bisa ditanam? Pasti dari sini saja kamu sudah penasaran akan ide unik satu ini bukan? Kalau kamu menginginkan contoh undangan pernikahan unik dan bermanfaat rasanya satu ini yang paling pas.
  3. Undangan dengan Motif Sidik Jari. Tipe undangan satu ini sedang menjadi tren karena bukan saja mudah untuk membuatnya, tetapi juga bermakna. Bayangkan saja ada sidik jari kamu dan pasangan yang tertera jelas di bagian depan kartu undangan. Pertama-tama hanya 1 sidik jari, kemudian sidik jari pasangan dan terakhir sidik jari kalian berdua digabungkan membentuk sebuah hati, romantis bukan?
  4. Kertas Undangan Transparan. Untuk kamu yang suka berfoto dan mengunggahnya di Instagram, jenis kartu undangan satu ini sepertinya akan cocok. Kertas undangan transparan bisa diubah menjadi frame instagram yang kekinian. Jadi setelah teman-teman menerima, mereka bisa menjadikannya frame instagram alih-alih hanya memotretnya seperti biasa.
  5. Undangan Pada Papan Kayu. Undangan pada papan kayu ini bisa menjadi contoh undangan pernikahan yang simple dan elegan, sekaligus unik. Mengapa demikian? Ini karena motif kayu yang ditonjolkan saja sudah unik, jadi kalau menambah terlalu banyak ornamen akan terlihat berlebihan setuju?
  6. Undangan Pernikahan Berwarna Hitam. Wah, dilihat dari warnanya saja sudah unik dan tidak biasa ya? Rata-rata undangan pernikahan pasti memilih warna cerah. Jadi kalau kamu lebih memilih warna hitam sudah pasti unik, tidak biasa, dan akan dikenang.
  7. Undangan Pernikahan Karikatur. Alih-alih memasang foto prewedding pada undangan, memilih foto karikatur mungkin bisa membuat undangan pernikahan lebih unik. Ada berbagai macam tipe foto karikatur yang ada, mulai dari yang lucu hingga yang lebih mirip ke aslinya. Tinggal pilih saja mau yang mana dan mungkin disesuaikan juga dengan tema pernikahan.

Contoh Undangan Pernikahan Islami

Biasanya undangan pernikahan islami ini tidak jauh berbeda satu dengan yang lainnya. Mungkin letak perbedaannya adalah pada kata kata mutiara yang akan dipakai nantinya. Biasanya kata kata undangan pernikahan islami dibagi menjadi dua halaman. Seperti yang terlihat pada contoh di bawah ini. Biasanya sudah ada format yang sebenarnya bisa di modifikasi sesuai keinginan dalam penentuan kata kata undangan pernikahan islami ini.

Halaman 1

“Jika ada manusia belum hidup bersama pasangannya, berarti hidupnya akan timpang dan tidak berjalan sesuai dengan ketetapan Allah SWT dan orang yang menikah berarti melengkapi agamanya, sabda Rasulullah SAW: “Barangsiapa diberi Allah seorang istri yang sholihah, sesungguhnya telah ditolong separuh agamanya. Dan hendaklah bertaqwa kepada Allah separuh lainnya.” (HR. Baihaqi).

Ya Allah, dengan Rahmat dan Ridho-Mu perkenankan lah tautan cinta buah hati kami :

(Nama Mempelai Wanita)

Putri ke-2 dari Bpk. (Nama Ayah) & Ibu (Nama Ibu)

Dengan

(Nama Mempelai Pria)

Putra ke-2 dari Bpk. (Nama Ayah) & Ibu (Nama Ibu)

Akad nikah Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Halaman 2

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan memohon rahmat dan ridho-Mu Ya Allah, Kami bermaksud mengadakan acara resepsi pernikahan putra dan putri kami Yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari :

Waktu :

Tempat :

Ungkapan terima kasih yang tulus dari kami apabila Bapak/Ibu/Sdr/i berkenan hadir dan memberikan do’a restu kepada kedua mempelai.

Jazakumullah Khairan Katsira Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Kami yang berbahagia Keluarga Bpk. (Nama Ayah Mempelai Wanita) Keluarga Bpk. (Nama Ayah Mempelai Pria).

Contoh Undangan Pernikahan Simple

Pernikahan yang sudah dinantikan perlu dipersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Termasuk undangan pernikahan, salah satu elemen pernikahan yang penting karena akan disebarkan ke banyak orang. Undangan pernikahan di zaman sekarang ini desain nya simpel. Namun bukan berarti undangan yang simpel ini terkesan murah. Berikut ini desain undangan yang simpel namun tetap elegan dan terkesan mahal:

  1. Undangan pernikahan bunga dengan sentuhan keemasan cocok untuk kamu yang akan menggelar resepsi pernikahan dengan warna nude, kecokelatan atau nuansa alam.
  2. Undangan pernikahan yang hadir elegan dalam warna gelap karena sentuhan emas pada font.
  3. Undangan pernikahan dengan warna putih dan font berwarna hitam. Namun sentuhan elegan dan mahal hadir melalui detail bunga warna-warni pada bagian atas dan bawah undangan.
  4. Undangan pernikahan dengan gaya klasik hitam – putih. Undangan pernikahan hadir simple dalam background putih dan sedikit detail bunga di bagian atas dan bawah undangan.
  5. Undangan pernikahan simple dengan gambar bunga dan bulu yang digambar cantik mengelilingi kotak berisi nama kedua mempelai dan detail resepsi pernikahan.
  6. Penggabungan gambar bunga dan bulu sekarang memang sedang jadi tren desain undangan pernikahan. Buat kamu yang ingin mencoba tren ini, desain undangan berikut bisa jadi inspirasi.
  7. Kamu suka warna ungu? Warna favorit tetap bisa hadir dalam undangan seperti desain undangan pernikahan yang satu ini. Bunga berwarna ungu ditata sedemikian rupa sehingga undangan tetap terlihat elegan dan mewah.
  8. Bunga sakura ala Jepang jadi inspirasi desain undangan pernikahan yang satu ini. Undangan pernikahan tetap simple tanpa terkesan ramai dengan hiasan bunga sakura yang cantik.

Contoh Undangan Pernikahan Digital

Bagi kamu yang sedang berencana untuk melakukan acara seperti tunangan, pernikahan, reuni, ulang tahun, gathering, dan sebagainya yang sekiranya membutuhkan sebuah undangan. E-Invitation atau undangan digital ini cukup efisien, efektif, dan hemat tentunya acara kamu akan terlihat lebih kece dan kekinian.

Tidak perlu repot-repot lagi untuk mencetak undangan nya, kamu tinggal kirim desain digital melalui akun sosial media kamu atau aplikasi pesan instan seperti whatsapp, line, bbm, telegram, dll. Cocok untuk Kamu yang mau mengundang teman-teman kamu dengan cara yang unik, kekinian dan berbeda.

Tapi e-invitation ini tidak di sarankan untuk dilakukan atau diberikan kepada calon undangan yang sifatnya matureatau dewasa, formal, dan sejenisnya. Jadi desain undangan digital ini bisa dikatakan cocok untuk kesesama teman, sahabat, rekan kerja yang sifatnya sudah saling mengenal / membaur.

Contoh Undangan Pernikahan Online

Undangan online biasa digunakan mempelai untuk mempermudah mengundang kerabat atau teman yang jauh tanpa repot mengantarkan undangan hard copy secara langsung. Undangan online bisa disebarkan dengan mudah di media sosial seperti whatsapp, line, bahkan upload di instagram. Hal ini sangat mempermudah serta menghemat waktu dan biaya. Custom tulisan keseluruhan dan custom desain (desain sesuai keinginan kamu).

Contoh Undangan Pernikahan Bahasa Indonesia

Surat Undangan Pernikahan merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk memohon kehadiran orang – orang tertentu dalam acara pernikahan yang kita laksanakan. Meskipun bukan termasuk dalam jenis surat resmi, namun kita tidak boleh sembarangan dalam membuat Surat Undangan Pernikahan ini.

Pernikahan adalah sesuatu yang diimpi-impikan oleh setiap orang. Apalagi, pernikahan adalah hal atau kegiatan yang sakral dalam kehidupan. Saat akan melangsungkan pernikahan, pasti membutuhkan undangan sebagai media pemberi kabar bahagia kepada tamu undangan.

Undangan pernikahan bisa dibuat dengan melihat contoh undangan pernikahan. Namun, untuk bisa membuat undangan yang menarik, tentu membutuhkan kreativitas yang tinggi. Karena undangan pernikahan yang bakal menarik orang lain untuk datang dan menyaksikan pernikahan kita.

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika menyusun Surat Undangan Pernikahan ini, antara lain :

  • Menyebutkan identitas orang yang diundang. Termasuk alamat lengkap dari orang yang bersangkutan.
    Pembuka surat biasanya diawali dengan mengucapkan salam pembuka.
  • Menyampaikan isi Surat Undangan Pernikahan (mengharap kehadiran orang yang bersangkutan dan memohon doa restu).
  • Menerangkan tempat di mana acara pernikahan kita berlangsung secara jelas. Untuk tempat atau lokasi yang sedikit sulit di jangkau atau tidak berada pada akses jalan utama, biasanya akan disertakan juga peta lokasi pada surat undangan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para tamu undangan menemukan lokasi acara.
  • Menerangkan waktu berlangsungnya acara tersebut agar para tamu undangan kita bisa datang tepat waktu.
    Akhiri dengan ucapan terima kasih serta jangan lupa untuk tetap menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Contoh Undangan Pernikahan Via WA

Berikut contoh tulisan undangan pernikahan via WA:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Dengan hormat, izinkan saya mengundang Saudara/Saudari untuk menghadiri acara pernikahan kami, [kamu] dan [pasangan]. Acara pernikahan kami akan diadakan pada:

Hari dan Tanggal:

Pukul:

Lokasi:

Akan menjadi suatu kehormatan apabila Saudara/Saudari berkenan hadir di acara kami.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Undangan Pernikahan Bahasa Sunda

Orang sunda tentu saja tidak akan pernah lupa dengan adat budaya nya, terutama saat akan melangsungkan acara pernikahan, ada beberapa tahap yang mereka harus lakukan baik itu saat upacara pernikahan, lamaran, seserahan, maupun saat akad nikah nya.

Namun, dalam tulisan ini kita tidak akan membahas mengenai budaya tersebut, melainkan memberikan masukan untuk beberapa kata – kata dalam undangan dengan menggunakan bahasa sunda. Karena siapa tahu kamu memiliki rencana untuk membuat undangan pernikahan dengan kata – kata dalam bahasa sunda sendiri, jadi ini untuk sekedar bahan referensi kamu.

Dalam membuat undangan maupun merangkai kata – kata dalam surat undangan dengan bahasa sunda tentu ada satu hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu harus penggunaan ragam bahasa sunda yang halus atau lemes dan juga kata-kata yang cocok atau saluyu pada setiap baris kalimatnya.

Membuat undangan pernikahan menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi para calon pasangan yang ingin melangsungkan acara pernikahannya. Karena tujuan dari undangan pernikahan tentu saja untuk mengajak maupun mengundang orang-orang yang diinginkan untuk hadir dalam perayaan acara pernikahan tersebut.

Bagi beberapa orang, kadang memilih untuk membuat kata kata undangan sendiri dalam urusan acara pernikahan mereka. Ada juga yang beralasan mengapa mereka itu lebih memilih mengurusnya sendiri, karena agar undangan tersebut lebih sesuai dengan yang mereka inginkan dan berbeda dan lebih unik dari pada biasanya.

Maka tidak heran sebagian orang membutuhkan cara membuat undangan pernikahan dalam bahasa sunda yang baik. Tanpa mengurangi esensi acara, tidak ada salah nya untuk membuat undangan pernikahan itu sendiri.

[Tatandang anu bakal midang, balebat mangsana miang, cunduk waktu nu rahayu nitih wanci mustari ninggang mangsana waluya malati ligarna ati, kembang tanjung nu gumulung pameungkeut cangreud kadeudeuh, pakait patali asih pasini rintih ngahiji subaya nyata geugeut layeut laki rabi sareng pamugi dianti-anti nyakseni “Walimatul Nikah” pun anak, anu Insya Allah bade dilaksanakan dina :

Dinten : Sabtu
Kaping : 7 Maret 2021
Waktos : Tabuh 08.00 WIB (dugi ka rengse)
Tempat : Rorompok Pun Istri, Ds. Ambit RT.02 RW.03 Kec. Situraja Kab. Sumedang

Mugia dina waktosna Bapa/Ibu/Saderek tiasa ngersakeun rurumpaheun sumping ka rorompok riung mungpulung ngedalkeun katresna manah sasarengan jajap du’a pamugi ginanjar kawilujengan ginuluran rakhmat Allah kalayan aya dina karidoan manten-Na.]

error: Content is protected !!