Contoh Teks Tanggapan

Teks Tanggapan

Contoh teks tanggapan kritis yang singkat, padat, dan jelas tentang pendidikan dan sekolah untuk kelas 9 yang mengandung strukturnya ada lengkap disini. Teks tanggapan adalah jenis teks yang bertujuan untuk menganalisis dan menanggapi sesuatu. Sesuatu yang dianalisis dan ditanggapi dalam teks tanggapan bisa berupa peristiwa, sejarah, berita, teks, dan lain lain.

Supaya Anda lebih bisa memahami tentang teks tanggapan, kali ini saya akan memberikan beberapa contoh teks tanggapan. Namun sebelum menuju contohnya, akan dijelaskan terlebih dahulu beberapa struktur dari teks tanggapan. Berikut penjelasan selengkapnya.

Struktur Teks Tanggapan

Sama seperti jenis – jenis teks pada umumnya, teks tanggapan juga memiliki struktur atau bagian yang membangun sebuah teks. Berikut ini adalah 3 struktur dari teks tanggapan yaitu:

  1. Evaluasi

Evaluasi merupakan bagian pertama dari struktur teks tanggapan. Struktur evaluasi berisi pernyataan umum tentang apa yang akan disampaikan penulis dalam teks.

  1. Deskripsi Teks

Deskripsi Teks merupakan bagian kedua dan merupakan isi dari teks tanggapan. Bagian deskripsi teks ini memuat informasi tentang data-data dan pendapat yang mendukung pernyataan atau melemahkan pernyataan yang disampaikan. Pendapat dan data – data tersebut muncul pada paragraf setelah bagian evaluasi yaitu paragraf kedua dan ketiga.

  1. Penegasan Ulang

Bagian ketiga atau bisa dikatakan terakhir dari teks tanggapan adalah penegasan ulang. Bagian ini berisi tentang penegasan ulang terhadap apa yang telah dilakukan atau yang telah diputuskan. Struktur ini muncul pada paragraf terakhir dari teks tanggapan.

Contoh Teks Tanggapan Lengkap

Setelah memahami pengertian dan struktur teks tanggapan, pembahasan yang berikutnya adalah tentang contoh teks tanggapan. Berikut ini adalah beberapa contoh teks tanggapan beserta strukturnya:

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Penggunaan Internet bagi Remaja

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, internet menjadi salah satu hal yang dianggap penting dan tak terpisahkan dalam kehidupan seseorang terutama para kaum millenial. Internet bisa dikatakan sudah menjadi kebutuhan primer dari segala aktivitas masyarakat umum, khususnya bagi kalangan remaja yang kebanyakan adalah para pelajar. Hal ini bisa kita buktikan dengan banyaknya tempat nongkrong seperti cafe yang memberikan layanan berupa akses internet yang super cepat.

Internet dapat dengan mudah diakses di mana saja, bisa melalui PC yang disambungkan dengan modem atau WIFI bahkan saat ini sudah bisa menggunakan internet melalui smartphone. Perkembangan internet merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang semakin lama semakin maju. Perkembangan internet  juga bisa membawa dampak dan pengaruh terhadap kondisi psikologi pada remaja.

Internet bisa menyebabkan efek kecanduan atau ketergantungan pada pemakainya sehingga untuk bisa lepas dari penggunaan internet sangat sulit. Hal ini yang mengakibatkan kita akan sulit untuk bersosialisasi di lingkungan.

Namun, internet juga mempunyai kelebihan jika dilihat dari hal yang positif, seperti internet bisa membantu pelajar untuk mencari materi pelajaran dengan lebih mudah tanpa harus pergi ke perpustakaan untuk membaca buku. Jadi internet lebih praktis, karena dalam genggaman tangan saja sudah bisa mencari materi pelajaran maupun pengetahuan lainnya.

Internet juga bermanfaat untuk menemukan informasi dan pengetahuan dalam lingkup global. Selain itu, internet juga dapat mempermudah dalam menghubungkan orang untuk berkomunikasi walaupun terpisah jarak yang sangat jauh. Hal ini bisa dibuktikan melalui berkembangnya media sosial yang terkadang menuntut kita untuk saling bertukar foto dan mengirim pesan dalam jarak yang jauh. Tetapi, manfaat atau sisi positif dari internet ini belum tentu dimanfaatkan secara benar dan tepat sasaran oleh para remaja.

Sebagai remaja sekaligus pelajar, kita dituntut agar bisa mempertanggungjawabkan tindakan kita ketika menggunakan internet. Dengan kata lain, kita harus bijak dalam menggunakan internet artinya menggunakan dengan benar dan sewajarnya saja sesuai dengan kebutuhan.

Sebagian orang banyak yang sangat setuju jika ada pendapat yang mengatakan bahwa internet memberikan dampak yang positif. Tetapi, pendapat mengenai hal ini perlu untuk dikaji ulang menggunakan metode akademik karena perkembangan internet ini juga banyak dampak negatif yang diperoleh para remaja ketika mereka salah memanfaatkan teknologi ini.

Dari pembahasan tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa tanggungjawab dari remaja itu sendiri dalam menggunakan internet secara bijak dan tepat sasaran sangat diperlukan.

Contoh Teks Tanggapan Singkat

Budaya K-Pop

Saat ini, banyak anak remaja di Indonesia yang menyukai musik K-pop bahkan dikatakan sudah menjadi suatu kebiasaan untuk mengikuti musik ini. Musik K-pop biasanya dipopulerkan oleh boyband atau girlband dari Korea Selatan yang mengusung musik dance, beraliran hip-hop, disertai dengan koreografi dan kostum yang menarik. K-pop berdampak cukup besar bagi para remaja khususnya di Indonesia.

Fenomena K-Pop yang masuk ke Indonesia mulai diikuti oleh masyarakat terutama dari kalangan remaja. Antusias remaja terhadap budaya K-Pop yang begitu membara membuat media tidak mau melewatkan kesempatan emas itu, sehingga pada media memanfaatkannya dengan cara menayangkan hal yang berhubungan dengan budaya K-pop seperti film korea, drama korea, dan idol K-pop.

Yang perlu diperhatikan adalah ketertarikan remaja Indonesia terhadap budaya K-pop membuat budaya asli Indonesia sendiri ditinggalkan dan rasa bangga serta cinta terhadap budaya  tanah air luntur. Namun, ada juga sisi positifnya yaitu untuk menambah pengetahuan tentang budaya dan bahasa korea. Dengan adanya minat para remaja yang tinggi terhadap budaya K-pop membuat mereka lebih semangat mempelajari segala hal yang berhubungan dengan Korea.

Ketika kita menyukai sesuatu, ambilah manfaat atau sisi positifnya. Boleh menyukai budaya negara lain, tetapi tetaplah mencintai juga budaya negara  sendiri bukan malah meninggalkan dan mengabaikan budaya sendiri. Jangan sampai dengan kehadiran musik K-pop atau budaya K-pop, kita menjadi lupa dengan musik asli atau budaya lain dari Indonesia. Sebagai anak bangsa, sudah sepatutnya kita menjaga dan juga melestarikan musik seta budaya Indonesia agar perkembangannya tidak kalah dengan negara lain.

Contoh Teks Tanggapan Kelas 9

Tempat Sampah pada Mobil

Pemerintah Kota Bandung membuat aturan baru mengenai tempat sampah pada mobil. Semua pemilik mobil diharuskan meletakkan tempat sampah di mobilnya. Jika tidak, pemilik atau sopir yang mengendarainya akan dikenai denda yang tak sedikit, yakni 250 ribu rupiah.

Aturan dan sanksi yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Bandung tersebut akan berdampak positif. Adanya tempat sampah di dalam mobil akan membuat sopir atau penumpang terbiasa membuang sampah di situ. Jadi, mereka tidak akan membuang sampah ke jalan. Hal ini akan mengurangi sampah di jalanan dan menciptakan lingkungan yang bersih.

Selain itu, penerapan sanksi berupa denda akan meningkatkan kesadaran masyarakat meskipun pada awalnya mereka melakukannya karena terpaksa atau takut terkena denda. Akan tetapi, lama-kelamaan mereka akan terbiasa. Tingkat kesadaran yang masih rendah membuat pemerintah harus membuat ancaman denda agar masyarakat mau melaksanakan aturan tersebut. Penerapan aturan tersebut sangatlah tepat dan harus kita dukung. Aturan itu berdampak positif terhadap diri dan lingkungan.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

Ujian Nasional Online, Perlu atau Tidak

Wacana mengenai ujian nasional online telah diberikan kepada masyarakat sejak awal 2014, tetapi kepastian akan hal ini masih belum jelas. Pemerintah telah merencanakan ujian nasional online. Tetapi pelaksanaan dalam ujian nasional online harus melewati proses penyesuaian dan harus benar-benar siap dari sisi infrastruktur teknologi di berbagai daerah.

Proses ujian nasional akan diselenggarakan di laboratorium komputer di tiap-tiap sekolah dan jawabannya akan dikumpulkan oleh sebuah server melalui internet. Salah satu tujuan pelaksanaan ujian nasional online yaitu mengatasi pemborosan penggunaan kertas, efesiensi waktu, keamanan, dan kebocoran soal.

Sisi positifnya adalah komputer bisa mengetahui nilai dengan cepat dan siswa tidak bisa saling mencontek. Sisi negatifnya yaitu mengenai jaringan listrik dan koneksi yang bisa saja terputus sewaktu-waktu yang bisa saja dapat menggagalkan ujian nasional online.

Dengan demikian, yang bisa diperoleh dari isu ujian nasional online adalah bahwa isu tersebut dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Menurut saya, ujian online itu perlu karena zaman sekarang teknologi sudah semakin maju dan hal tersebut juga menguntungkan, tetapi sayangnya perlu adanya fasilitas yang mendukung.

Contoh Teks Tanggapan Kritis yang Singkat

Pergaulan Bebas

Pada zaman sekarang, banyak remaja yang terjebak dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas dapat diartikan sebagai perilaku yang menyimpang dan melewati batas serta tidak seperti norma orang – orang timur.

Pergaulan bebas memiliki dampak negatif, yaitu orang yang sudah bergabung dalam pergaulan bebas akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum seperti mabuk atau yang lainnya. Namun, pergaulan bebas juga memiliki dampak positif yaitu mempunyai banyak teman, belajar cara komunikasi, bisa saling menghormati, dan lain sebagainya.

Pergaulan bebas biasanya disebabkan karena broken home, nafsu, rasa gengsi, penasaran, ingin hidup sendiri, faktor keluarga, kurangnya iman, dll. Selain itu orang Indonesia sering meniru hal yang kurang baik dari orang barat seperti berciuman yang dianggap sebagai hal yang wajar bagi orang barat. Teknologi, akses internet dan televisi yang kurang diawasi juga memiliki pengaruh besar yang dapat memicu remaja untuk melakukan gal yang tidak baik.

Ketika sudah mengetahui hal penyebab pergaulan bebas, peran orang tua sangat dibutuhkan. Alangkah baiknya orang tua harus lebih mengawasi dan mendidik anaknya agar tidak terjerumus ke jalan yang salah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memilik tontonan yang baik dan pemanfaatan internet sebaik mungkin.

Contoh Teks Tanggapan Kritis mengandung Strukturnya

Hukuman Mati Bagi Pengedar Narkoba

Saat ini peredaran narkoba di Indonesia semakin merajalela. Yang menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat, pelajar, maupun pejabat negara adalah mengenai masalah hukuman mati bagi para pengedar dan pengguna narkoba.

Sebagian orang berpendapat setuju apabila pengedar dan pengguna narkoba dihukum mati dengan berbagai alasan. Alasan pertama yaitu dampak narkoba dapat mempengaruhi pola pikiran penggunanya sehingga bisa berbahaya bagi orang lain, seperti dapat menyebabkan kecelakaan karena halusinasi dan konsentrasi pengguna narkoba terganggu.

Alasan kedua adalah narkoba dapat merusak generasi pemuda bangsa yang membuat remaja berakhlak tidak baik. Sedangkan bangsa kita sangat memperlukan generasi yang berakhlak baik yang dapat bertanggungjawab kepada negara di masa depan.

Alasan ketiga adalah narkoba dapat menjadikan orang penasaran untuk mencobanya. Setelah orang tersebut mencoba, pasti ia akan kecanduan dan apabila orang yang kecanduan bergaul dengan orang lain, yang lainnya akan terpengaruh olehnya. Hal inilah yang membuat peredaran narkoba semakin luas.

Alasan keempat menurut masyarakat hukuman mati dapat memberikan efek jera bagi pengedar dan pengguna narkoba. Namun, masyarakat menilai bahwa yang lebih pantas mendapat hukuman mati adalah bandar narkoba yang mendapat keuntungan dan sesungguhnya merusak akhlak orang lain dari narkoba yang dijual.

Sebagian masyarakat ada yang memberikan pendapat tidak setuju terhadap hukuman mati terhadap pengedar dan pengguna narkoba alasannya karena masih ada hukuman yang lebih manusiawi dan hukuman mati tersebut merupakan pelanggaran hak asasi manusia sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 A yang berbunyi: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidupnya”. Alasan lain mengapa tidak setuju adalah mengenai besarnya biaya untuk melakukan hukuman mati. Karena hukuman mati dapat menghabiskan uang negara yang seharusnya digunakan untuk keperluan lain yang perlu malah digunakan untuk hukuman mati yang tidak manusiawi itu.

Setiap orang memang sudah diberikan haknya untuk hidup, tetapi seharusnya hidup itu bukan untuk merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Dengan demikian, hukuman mati perlu ditinjau dan dipertegas kembali. Karena pelu diingat kembali bahwa narkoba dapat merusak masa depan generasi bangsa.

Struktur Teks Tanggapan Kritis Hukuman Mati Bagi Pengedar Narkoba

  1. Evaluasi : Paragraf 1
  2. Deskripsi teks : Paragraf 2 – Paragraf 6
  3. Penegasan ulang : Paragraf 7

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Sekolah

Sekolah Adiwiyata Mandiri

Beberapa sekolah baik SD, SMP/MTS, dan SMA/SMK banyak yang berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri.  Adiwiyata Mandiri merupakan penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia kepada sekolah yang dinilai dapat mengadakan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan mengajak seluruh warga sekolah untuk melakukan upaya tersebut. Membudayakan ramah lingkungan dan melestarikan lingkungan sekolah berdampak pada lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Dengan mendapatkan  penghargaan ini tentu menjadi pendorong semangat warga sekolah untuk semakin sadar dan terus menjalankan hidup ramah dengan lingkungan dengan berbagai aktivitas dan kegiatan yang mengarah pada usaha pelestarian lingkungan. Banyak program kerja yang dilakukan untuk upaya pelestarian lingkungan, seperti: pokja sampah, green house, mini garden, kamar mandi, toga,kantin, dan lain-lain

Namun, sejalan dengan berjalannya waktu,  masih beberapa sekolah yang sudah mendapat penghargaan adiwiyata, tetapi sebagian warga sekolahnya masih ada yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Banyak sekali yang masih membuang sampah sembarangan dan tidak ikut serta melakukan program kerja upaya pelestarian lingkungan. Padahal lingkungan sekolah yang kotor dan banyak sampah akan  menimbulkan dampak yang begitu besar yaitu debu lantai yang dapat menyebabkan siswa batuk hingga sesak nafas serta laci meja yang penuh dengan sampahpun dapat dijadikan nyamuk sebagai tempat bersarangnnya, apalagi jika nyamuk tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypty yang dapat menyebabkan seseorang sakit demam berdarah.

Apabila hal tersebut terus berlanjut, tentu predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri sudah  tidak layak untuk kita sandang dan kita bisa kembali menjadi sekolah tanpa predikat apa pun. Budaya cinta lingkungan sekolah harus kembali dihidupkan agar tercipta lingkungan yang kondusif sebagai sarana pembelajaran di sekolah. Kerja keras semua warga sekolah  dalam mewujudkan impian menjadi sekolah berbudaya lingkungan juga harus tetap dipertahankan.

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai teks tanggapan mulai dari pengertian teks tanggapan, struktur teks tanggapan, dan beberapa contoh teks tanggapan dengan berbagai tema. Semoga bermanfaat.